Siapa Saya??

Salam kenal..... Senang juga jika halaman ini dibuka dan ada orang yang ingin lebih tahu tentang saya. Nama lengkap saya Muhammad Hidayatullah. Tak punya gelar. Tamatan SMA dan hanya berusaha membagikan ilmu yang masih 'sedikit'.

Kenal Blog...
Dulu ketika pertama mengenal blog kelas satu SMA saya tidak paham apa itu template apa itu html. Kala itu saya belum mengenal blogspot. Saya selalu 'pamer' tentang blog, maklum sekolah saya di desa dan saat itu mendapat apresiasi dari temen wkekekeke.

Blogspot Pertama.....
Mulai kelas 2 SMA saya sudah tidak pernah masuk sekolah. Tidak tahu apa materi pelajaran dan saya lebih seneng dirumah saja. Akhirnya untuk mengisi waktu luang karena males sekolah saya membuat blog di blogspot. Oh, ternyata sangat mudah. Tetapi sama saja saya tidak mengerti apa itu template, shoutmix. Pokoknya 'nol' banget. Cuma ada foto dan artikel tanpa modifikasi sama sekali dengan template bawaan blogger. Sekarang sudah hilang hehehehe.

Nah, kelas 3 SMA sama parahnya. Sebulan sebelum ujian saya tidak tahu sama sekali materi pelajaran untuk ujian. Tak pernah sekolah tak pernah les whehehehe. Ketika di daftarkan di bimbelpun gurunya jadi bingung sendiri. Saya sama sekali gak tahu apa-apa.

Saya memang males banget belajar. Dan satu sifat lagi saya itu pelupa banget. Jadi apa yang saya pelajari biasanya untuk saat itu juga. Jika mau ulangan yah paginya sebelum ulangan. Jika ulangannya setelah istirahat yah saya belajar pas istirahat. Pokoknya super pelupa. Bahkan, masalah sandal saya selalu lupa bawa atau tidak kalo ke masjid, sandal yang saya bawa warna apa pokoknya super pelupa.

Begitu juga dengan ujian, apa yang diujikan paginya saya pelajari malamnya. Karena emang sifat saya yang cuek, ujianpun tenang walau hanya bermodal belajar semalam. Habis ujian mandi disungai di belakangrumah temen...freshhhhhhhh.... yang pada belajar dari lama aja sehabis ujian ngebahas soal, saya mendingan mandiiiii disungaiii wkekekeke.... Nah, alhamdulillah tanpa di duga saya mendapat rata-rata lebih dari 8 pas pengumuman ujian. Saya cuma bisa bersyukuuuuur...

Ketemu Kang Herman....
Setelah masa SMA saya dibelikan modem oleh kakak saya. Waktu itu sangat senang karena setiap hari saya bisa melihat 'mbah google'. Beberapa hari mendapat modem saya menemukan blognya Mas Herman. Wah, saya kaget, apa yang selama ini saya banggakan (blog saya yang dulu) ternyata sangatlah kecil. Begitu banyak trik dan tips. Semalam suntuk saya tidak lepas dari blognya mas Herman dan mempelajari satu persatu. Malam itu juga saya mulai mengenal template dan saya download banyak-banyak. Saya coba satu persatu dan akhirnya cocok dengan model yang sama dengan blognya Kang Rohman. Jujur kala itu saya belum tahu blog kang rohman. (Ndesooo banget deh). Awalnya blog ini bernama lulus-biologi.blogspot.com

Pelanggan Istimewa, Pemacu....
Nah, mulanya saya berusaha membuat situs biologi. Alasannya saya pikir saya tidak harus terus memikirkan ide, tinggal nyontek buku kalo mau posting (mental copasnya tinggi duluu wkekeke).
Sampai di tengah jalan saya males kalo mesti mengetik hal-hal tentang biologi yang sama sekali tidak saya senangi. Lalu sok berlagak saya pengen membagikan mengenai artikel trik blogging saja. Dan setelah blogging dua hari saya dapet pelanggan istimewa anak SMA yang ketemu lewat chat di HP. Setiap dia bertanya saya posting caranya dan tanpa sadar saya sudah buat sekitar 20-an artikel karena dia. Terima kasih banget kepada Wawan, tanpa sadar kaulah yang membuatku merintis blog ini. Saya sangat 'tlaten' menanggapi setiap pertanyaan Wawan bahkan mengeditkan blognya. Maklum satu-satunya pendatang blog saya kan dia.

Kang Rohman dan EPG, Guru Saya setelah Herman...
Sekitar lima hari setelah itu saya mengenal Blognya Kang Rohman. Wah banyak sekali tutornya. Lalu saya mulai kenal juga denga EPG-Studio. Saya merasa kecil banget. Akhirnya karena berbagai tutor dari mereka terlahirlah shoutmix di blog Saya dan Saya mulai melakukan apa yang disebut 'blogwalking'. Ehhh, selama BW saya melihat berbgai macam blog... aduh saya tambah merasa kecil...

Berpetualang di Head dan /Head jua Body dan /Body .... Hehehehe
Dari sekian banyak blog, kok kebanyakan blog tutorial yah.. mungkin karena pengalaman sendiri buat blog sehingga lebih mudah untuk posting. Saya berpikir begitu banyak blog tutor seperti saya, saya masih baru tentu akan tertinggal. Akhirnya saya melupakan dulu BW dan saya rajin lihat mbah google. Semua keyword yang berhubungan dengan blog saya masukkan. Eh tanpa sengaja saya terlempar ke sebuah forum, saya sendiri lupa (kan saya pelupaaaaaaa). Bahasanya inggris dan saya hanya mengerti sedikit. Tapi tak menyerah. Tanpa sengaja setiap hari ikut di forum membuat saya mengenal script dan tanpa sadar saya terjerumus di dalamnya (wkkeke). Banyak sekali inovasi dan saya melihat selama ini masih jarang sekali yang posting di Indonesia. Biasanya ada suatu pertanyaan dan ada beberapa yang memberi jawaban. Dan ketika dicoba script itu tidak bisa. Akhirnya saya masukkan pertanyaan itu untuk keyword di 'Mbah Google'. Waduh, susah juga. Sekedar saran, jika Anda mencari suatu di google jangan hanya berpikir di halaman pertama yang terbaik, bahkan saya sendiri (semangat anak muda) menelusuri hingga halaman ke sebelas bahkan dua puluh eh terkadang ada blog kecil tak terkenal tetapi justru penyajiannya simpel dan mudah.

Dapet script dari forum dari blog tutor luar, eh biasanya nggak bisa dicoba. Bener dehhh.... Nak kalau sudah gini komputer saya akan hidup seharian karena saya akan melakukan eksperimen wkekekeke. Mencoba memadukan berbagai script, merubahnya sedikit atau banyak. Mengurangi dan menambahnya... Pokoknya sebelum jadi belum mau berhenti kecuali sholat dulu hehehe.... Makanpun lupa....

Kalau sudah berhasil betapa senangnya sayaaaaa... Tapiiii berbeda template kadang jadi memberikan hasil yang berbeda. Hiks... hiks.... Nah inilah awal saya memperdalami template. Saya download puluhan template saya aplikasikan satu-satu di blog, saya pindahkan scriptnya ke word. Saya banding-bandingkan, eh tanpa sadar jadi tahu bagian-bagian template dan semakin dalam tahu script... (walau dalamnya tuh masih kalah dibandingkan sobat blogger semua). Suatu saat mau publish template ah tapi belum PD sekarang...

Seminggu mulai kenal template tadi akhirnya mulai lahir tulisan tulisan saya dan mungkin terlalu awal bagi saya yang 'sok' menulis berbagai tips ngeblog. Tapi motto saya maju terus pantang mundur. Yang penting berdasar pengalaman dan saya akan menularkannya.

Eh, sebuah rejeki tak mengira artikel saya banyak juga yang comment dan akhirnya sekrang jadi lebih rajim ngeblog dan blogwalking.....

Terima kasih bagi sobat saya yang telah 'menerima' dan memberikan 'apresiasi' kepada blog saya yang sederhana dengan artikel yang 'masih' belum berbobot pula. Semoga bermanfaat.....

Ditulis oleh.....
Muhammad Hidayatullah, Tanpa Gelar
Semoga saya mendapatkan apa yang mereka raih dengan kuliah dari internet, karena orang tua saya memang kurang mampu untuk menyekolahkan saya tinggi....

Tapi saya bersyukur sekarang malah sudah bekerj sebagai desaingrafis di sebuah perusahaan di kota saya.

Terima kasih...
Allah SWT
atas akal yang membuat aku berpikir
atas tangan yang membuat aku mengetik berbagai hal
atas mata yang membuat aku melihat ilmu
atas rasa keinginan berbagi
atas nikmat modem ini
atas ujian yang membuat aku tak mengeluh dalam keterbatasan
atas segalanya yang membuat akuharus bersyukur atas badan ini jiwa ini kesehatan ini

Nabi Muhammad SAW
aku ingin mencontohmu, berusaha walau setan terus mengganggu
berusaha dan berikan lah syafa'atmu

Abdulchaq, S.PdI ayahandaku yang telah meninggalkanku selamanya,
kata orang0orang aku mirip kamu Ayah dan aku sangat bahagia mendengar itu...

Nur Azizah, Ibundaku tamatan SMA seperti aku...
Ia keras mendidikku tak seperti Ayah
jika bukan karenamu aku akan menjadi 'super manja' karena ayah hehehehe....
terima kasih kau begitu keras mengenalkan agama padaku
begitu keras memberi batas
walau aku selalu menyakitimu dan belum membahagiakanmu.....
aku ingin berbakti

Muhammad Faisol Reza, penopang keluarga, pencari nafkah, yang membiayai sekolahku
terima kasih sekali.... tanpa persetujuanmu modem ini tak terbeli
Terima kasih masih mau mengingatkanku padahal aku terkenal di rumah, sekolah, di jalan aku 'egois' dan 'keras kepala'

Terima kasih buat saudara kandungku lain yang mendukungku...
Zahrina Wardah, telah aku buat cerpen untukmu kakak...
Mahya Qubailatul Firitya, betapa aku sangat puas membuat kisah untukmu dalam balutan latar Rusia yang mempesona...
Muhammad Nurul Huda, adik yang gak mau dipeluk kakaknya nih hiks hiks......

Semua saudaraku, sahabat blogger yang telah memberikan commentttt...........

Ditulis di
Purworejo, Aku selalu lupa tanggal bahkan terkadang bulan................

Komentar

  1. BLOG INI SUDAH DILINK RELAWANDESA

    SALAM JAYA DESA NUSANTARA

    BalasHapus
  2. @relawan desa oke deh mas.... ntar saya link back

    BalasHapus
  3. Weleh..weleh...blog sampeyan iky apik tenan Mas...top marsotop

    BalasHapus
  4. Oh ini to orang dibaliklayar blog yang mantabs surantabs, top markotop ini... hehehe... Salam kenal ya! Jangan lupa di link... :)

    BalasHapus
  5. "palagi...
    ada cewek cantik..
    trus kenalan
    aduuuh
    trs..jadi pacar
    aduuuh"

    MANTAP MEN!!

    BalasHapus
  6. @danag thx yah dukungannya
    @just2live oke mas sip
    @doi hehehe tahu aja saya jomblo

    BalasHapus
  7. blognya bagus, salam kenal mas

    BalasHapus
  8. salam kenal tuk semua...

    kalo cewek2 cantik mah saya juga mau..haha

    BalasHapus
  9. @senamptn thx loh sip
    @iphincow heheheh siapa gak mau apalagi bohay :D wkekekeke

    BalasHapus
  10. manthb bener nih si kakak.wekekrkrk

    nama mirip

    BalasHapus
  11. merinding kenapa, hehehe, kayak titanic aja

    BalasHapus
  12. WAH BLOG NYA SHAE SANGET X 100000000

    BalasHapus
  13. @anonim matur swun, siapakah ini hahaha

    BalasHapus
  14. bagus mas doyok ente memang aduhai menulis artikel,saya jadi kecil sendiri nih...

    http://tempat-dollar.blogspot.com/2009/09/trik-sangat-cepat-tingkatkan-alexa-rank.html

    BalasHapus
  15. @mas akrom wah sampai sini mas, thx deh mas

    BalasHapus
  16. Terbawa aku dengan alur atau gaya tulisan mas muhammad Hidayatullah, sempat aku ikut menitikkan air mata...
    terharu,tersenyum dan tertawa menjadi satu.

    maju terus dan tambah maju buat masku...

    BalasHapus
  17. aku sangat terharu mas doyok,,, semoga ajah,,, blogmu rame sobat,,,

    BalasHapus
  18. makasih banget lo ericaaaaaa

    kluwan adek makasih yah love youuu hehehe

    BalasHapus
  19. wah bagus bgt blognya.. tips-tipsy tuh mantab mas..
    salam kenal.. tuk semua kakak2 n mbak2

    BalasHapus
  20. Hmmm mas doy... saluuuuuut buat mas doyyyyyy... penuh perjuangan sekali ceritanya, gak kayak aku... tapi ada yang sama tuh, sama-sama pelupa berat, hahahaha


    Semangaaaat mas doooooy!

    BalasHapus
  21. maju terus pantang mundur mas,......Merdeka.

    BalasHapus
  22. salut mas.....smua jempol aku acungin!

    BalasHapus
  23. makasih semuanya udah dukungggg

    BalasHapus
  24. tulisan nya keren mas, mudah2n suatu saat bisa nyaingin Jk Rowling tu....amin....

    BalasHapus
  25. saya sangat salut dengan mas doyok...
    tuisan2nya bagus...
    teruslah berkarya teman

    BalasHapus
  26. makasih arie dan iphin supportnya :D

    BalasHapus
  27. Makasih atas suport dari mas doyok. Nanti insya Allah saya akan baca-baca ilmu dari mas doyok.

    BalasHapus
  28. Uhuk.. uhuk..
    Kok nadanya sedih banget..
    tapi bagaimanapun juga Mas Doyok jellas lebih tau banyak dibanding saya yang punya gelar...
    B.Apak .... he he ...

    BalasHapus
  29. Perjalanan hidup yg penuh makna kang doyok. Selamat and sukses. TERUS BERKARYA BERBAGI ILMU TUK SESAMA KAWAN... salam

    BalasHapus
  30. wah.. jadi terkesan sob mendengar curhatnya..
    hiks..hiks... ada tisu gak ya...

    BalasHapus
  31. SubhanAllah....ga krasa netes air mataku baca artikel ini,wes ga ada selain makasih semoga mendapat berkah amien...

    BalasHapus
  32. Mas Doyok yang baik,,,
    Saya suka dengan ulasan Mas. Sistematis, runut, dan tak bertele-tele. Menurut pantauan saya (chiee,,,), Mas Doyok ini sebetulnya salah seorang blogger senior. Yang dulunya sama sekali tidak tau apa itu HTML, ALhamdulillah sekarang sudah memberi manfaat kepada orang lain dengan ulasan-ulasannya yang cemerlang.

    Saya kira, ngeblog sejak kelas satu SMA bukanlah waktu yang singkat, sebuah waktu yang panjang sekali bahkan. Saya membaca ihwal Mas Doyok yang tanpa gelar, hanya lulusan SMA, tapi mau berbagi. Inilah contoh yang baik. Terus terang, saya terkesima membaca ihwal ini. Sebuah capaian dan perjalanan hidup yang tak biasa.

    Ini bukan memuji, hanya apresiasi kepada seorang blogger sejati. Dialah Doyok alias Muhammad Hidayatullah, orang biasa yang tanpa gelar dan hanya lulusan SMA tapi berusaha membagikan ilmu yang masih 'sedikit' kepada khalayak. Ini yang menjadikannya luar biasa.

    Selamat berkarya sobat. Jangan menyerah menjadi blogger. Karena kita terkadang tidak sadar, bahwa banyak hal yang kita dapatkan dari aktifitas blogging. BUkan hanya sekedar lupa tanggal dan bulan.

    Maju terus sobat.

    BalasHapus
  33. terima kasih sekali pak administrator
    saya sangat senang setiap kali ada orang yg membaca ini dan benar benar memperhatikan saya

    mari kita bangun bersama
    :D

    saya juga terus berusaha utk membagikannya walau sekarang sudh seirng skali kurang fit jika harus begadang

    BalasHapus
  34. tank's yo mas, mau nyempetin nengok & coment.....
    jadi malu mas.... maklum mas masih tk kecil.
    isih Ndesoooo.

    BalasHapus
  35. Sampean cocok untuk ngeblog...sebab pelupa :-D
    Peace yach, just kidding :-))
    Sekarang jadi webdesigner yach ? Hebat bro...itu keahlian yang sulit untuk dipelajari, butuh sentuhan khusus.
    Sukses yach...

    BalasHapus
  36. Menarik juga latar belakangnya. Makasih sudah berkunjung di warecares. blog itu cuma sekedar blog. bukan blog maju seperti yang kamu punya ini. cuma buat sharing :)
    makasih supportnya ;)

    BalasHapus
  37. latar belakang mas doyok unik y...mirip2 sama Arie uyg super pelupa...tp itulah kelebihan dari sebuah kekurangan...
    duh artinya apa y?...^_^y

    BalasHapus
  38. wah jadi malu nih punya gelar tapi malah ketinggalan sama yang di purwoerjo. Keep in touch ya mas. Pengen belajar buta blog yang menarik

    BalasHapus
  39. Wah menyentuh banget alurnya . . . memang kita harus mulai dari nol mas... utk dapat hasil yang maksimal,,,,,,,,

    BalasHapus
  40. seneng jika halamn ini dibuka maksaih semuanyaa

    BalasHapus
  41. aduh..sob ..jadi terharu...ternyata saya jga baru mengenal blog...mungkin juga butuh waktu panjang untuk bisa meningkatkan page rank sejauh ini saya hanya menggunakan gaya2 haccker, tp biarlah... ku jga punya keinginan untuk buat blog indonesia yang ga copas kebanyakan postingannku copas.. gue suka banget tu gaya nahasa kamu bsa tu jadi penulis terkenal

    BalasHapus
  42. mas doyok apa kabar ?
    mau tnya mas, knpa ya adsense saya ko di nonaktifkan ?
    trims

    BalasHapus
  43. Postingan ini ditulis di Puworejo,
    asli Purworejo atau pas mampir Puworejo , saya juga gak asing dengan Purworejo .... ok semangat terus Mas ...buat contoh yang lain bahwa sebuah ketekunan, keuletan, kesabaran dan semangat pantang menyerah suatu saat akan memetik hasilnya.
    Man jadd wa jadda gitu kali ...sing sopo temen-temen bakal tinemu ....

    BalasHapus
  44. wwahh kerenn...
    salut buat masdoyok

    BalasHapus
  45. jadi terharu membacanya.....,inilah barangkali salah satu profil blogger sukses di dunia per blog an tanah air. tapi jujur aja....ucapan terima kasihnya itu yang bikin saya lebih terharu lagi.....ingat kepada Allah, nabi Muhammad saw, kepada ayah ibunya....jadi ingat ayah ibuku yang juga sudah tiada......(semoga Allah mengampuni dosa keduanya dan memberi tempat yang layak di sisiNya...amin)eh.....jadi curhat....
    mungkin ucapan terima kasihnya itu akan saya pakai juga.....kalau di beri izin itu juga. salam dan maju terus pantang menyerah.

    BalasHapus
  46. Uuups baca disini gak terasa waktu menunjukkan hampir tengah malam, apalagi ditambah baca cerpen-nya... judulnya apa yaa...? wah jadi ikut-ikutan pelupa hehehe.

    Ada ungkapan Jawa "lali digawa mati",
    bener juga Mas untuk "berkelit" cara mudah untuk menjawab adalah "lupa".
    Bahkan katanya kalau dipengadilan kata "lupa" adalah kata sakti.... hehehe.
    Tapi herannya tidak pernah lupa dengan ilmunya bahkan tiap hari ada saja artikel yang menarik.

    Btw, ada satu yang di"lupa"kan, cerita dong kenapa nickname selalu pakai DOYOK...?

    Salut kisahnya.
    Sudah dulu ya Mas kapan-kapan disambung lagi... nah lho lupa kalau ini komen, bukan menulis surat hehehe
    (Waduh lupa dimana tempat "Poskan Komentar")

    BalasHapus
  47. Duh,...mo kasih komen apa ya? Lupaa!

    BalasHapus
  48. Salam kenal.......makasih ya masdoyok udah mau berkunjung ke blog saya and makasih atas komenx....semoga sukses selalu.....

    BalasHapus
  49. salam kenal mas doyok
    keren blognya, jgn merendah gitu mas
    asal kita telaten siapa pun bisa walaupun ga punya gelar sama sekali

    BalasHapus
  50. dah lama banget ya blognya .. saya baru 1 bulan ini mas hihihi

    BalasHapus
  51. Duh ketinggalan koment nih apa yah :(? Dulu lupa sekarang ga inget :s. Saluttt ajh mas

    BalasHapus
  52. cerita yg sungguh mengharukan. hiks..hiks..
    Semangat terus Mas Doy!

    BalasHapus
  53. terharu bang...hiks hiks...sampe pengen menitihkan air liur..hiks..hiks

    BalasHapus
  54. Terima kasih sudah mampir di blog saya. Semoga sukses terus di tahun depan.

    BalasHapus
  55. duh kurang jempolku buat mas doyok,,,

    BalasHapus
  56. wekeke..mas doy kocak..harusnya yang baca cerita ini terharu,tapi malah ngakak :D
    salam kenal mas,saya masih newbie..

    BalasHapus
  57. @rosidah
    sama sama ya
    makasih jgua sudah membuka halaman ini

    BalasHapus
  58. @etika
    heheh pinjem adiknya to
    makasih ya :D

    BalasHapus
  59. @ureh
    biar kalau sedih ndak nangis
    kalau tawa ndak ngakak
    dicampur aja ya hahaha

    BalasHapus
  60. keren semangat blogging yah...

    BalasHapus
  61. terima kasih gan

    infonya menarik sekali

    salam kenal dan salam spesial

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer