Mengapa Takut Artikel Anda di Copas?

Tidak tahu kenapa akhir-akhir ini saya sering membuat judul yang rada "menantang". Sudah menjadi rahasia kita, tak sedikit blogger yang hanya melakukan kopas untuk memenuhi postingan-postingannya, dan tentunya... tak sedikit pula blogger yang miris dan jengkel bisa juga takut kalau artikelnya dicuri atau dicopas. Nah, banyak sekali pengamanan dilakukan mulai dari mengakali script HTML kita sehingga artikel tak bisa dicopy atau ketika di paste malah menampilkan kata-kata yang lain. Tetapi, itu tidak menjamin artikel kita aman. Para pengcopy juga pintar, merekamelakukan segala cara. Nah, mengapa Anda takut artikel Anda di Copas? Padahal begitu sulit mengamankannya? Anda sebenarnya tak perlu takut, jika:

1. Anda Posting Lebih Dulu
Jadilah yang pertama mempublikasikan suatu ide itu.

2. Anda Selalu Update
Dengan selalu update blog Anda, Anda menjadikan artikel itu "kadaluwarsa". Dalam artian, itu artikel lama bagi blog Anda. Sehingga para tukang copas jelas jauh tertinggal dengan Anda. Dan mereka akan kecewa. Hehehe

3. Anda Memiliki GoogleRank Yang Bagus
Jika Anda memiliki Googlerank yangbagus sudah dipastikan Artikel Anda akan ditemukan lebih dahulu. Maka dari itu tingkatkan GoogleRank Anda dan juga Search Engine Lain.

4. Anda Mempunyai Gaya
Anda harus mempunyai gaya dalam menampilkan artikel Anda. Gaya yang berbeda dan pelanggan Anda mengenalinya. Maka jika suatu Artikel Anda ditampilkan dengan copas langsung di blog lain, pelanggan Anda akan mengingat Anda. Gunakan gaya Anda dalam setiap artikel, ciri khas Anda, tetapi postingan harus tetap mudah dicerna.

5. Nih yang terakhir, Anda Ikhlas

Nah yang ini bener-bener susah. Mas Doyokpun masih susah menata hati. Yah namanya bagi-bagi ilmu tujuannya, tidak apa-apalah ada yang "ikut membagikan" Yang menilai biarlah Tuhan dan semoga saja menjadi amal kita. Amiiiiin.....

Tapi saya tetep punya tip: Bagi yang bener-bener kecewa jika artikelnya dicopas, maka salah satu cara adalah "memaksa mereka mengedit artikel kita". Caranya, sisipkan link menuju halaman kita sendiri di beberapa kata. Kalau yang PD tidak apa-apa kadang sisipkan nama kita atau nick kita. Bisa juga kita mempunyai kata-kata "khusus" yang selalu tampil pada setiap postingan. Jika ada gambar, gambarnya juga diberi link. Nah, mau tidak mau tukang copas harus ngedit dan bikin mereka males.... Bener nggak Mas Doyok??? Lho.....


Komentar

  1. berarti artikelnya bagus tu jadi di copas, nah yang copas ga kreatif haha

    BalasHapus
  2. Kunjungan sesama peronda he he he. Setuju mas Doyok. Hidup copas..eeh maaf, salah ..hidup blogger!

    BalasHapus
  3. iya hehehe, apakah ada gaya baru nentuin kualitas sebuah blog, bukan lagi link back, tapi jumlah copas atau artikel yg mirip??? tapi mana yg beneran pertama buat??? jadi bingung wkakakaka

    BalasHapus
  4. hahah hidup copas mas kavalera copy panas enak banget niiiiiiih

    BalasHapus
  5. saya sependapat untuk gaya tulisan, itu memang mencirikan kekhasan masing-masing blogger, dan akan menjadi bukti yg tepat....

    BalasHapus
  6. Klu di compas sah aja menurut aku asal udh ada ijin dr pembuatnya.
    lagian klu artikel or tulisan kita dicompas brarti bagus dunk tulisannya...

    hidup compas...

    BalasHapus
  7. Sebaiknya kalau mau copas ijin dulu. Kalau boleh ya lanjut, kalau tidak ya stop

    BalasHapus
  8. @dilla iya bener banget mbak Dilla walau kadang agak susah bedain
    @serba serbi kita sama sama sobat

    BalasHapus
  9. @giri iya kalau saya di copy juga gapapa kok mas... hehehe, itung itung amal kali yaaaa
    @wahyu widodo ya bisa juga seperti itu, menghargai yg bikin dan punyaide yah

    BalasHapus
  10. copas ya??sebenernya ga msalah, apalagi kalau yg copas masih rela sebutin link kita,,,
    saya sndiri juga sering memakai tulisan di web2 lain, majalah, dll, meski bukan "copas", kita tulis dengan gaya sendiri, bukan hal yang susah sebenarnya, jika ada kemauan,,,
    kecuali jika orang itu sudah terbiasa main copas2 aja, mulai dari bangku sekolah sampai pada kehidupan blogging...
    :-)

    BalasHapus
  11. wow info yang sangat menarik sob maksih ya

    BalasHapus
  12. @hardware sebenernya kalo sebutin sumber dan ada link sih bers deh, malah seneng kan kita
    @asep sama sama mas, makasih comentnyaa

    BalasHapus
  13. wah...wah wah.. mas doyok ni bisa aja ya bikin artikel kayak begini... jadi meri deh...

    BalasHapus
  14. wah biasa nih joeniar, cuma dapet mimpi aja hehehe

    BalasHapus
  15. Kawan...
    ada postingan baru d blogku...
    ditunggu komentarnya..
    Thank's
    Happy blogging!
    -Desti Hamster Land-

    BalasHapus
  16. Oke mbak desti.. sama sama thenks banget

    BalasHapus
  17. saya sih ikhlas aja kalau dicopas, kalau tulisan kita bersipat informasi.

    BalasHapus
  18. memaksa... gimana caranya yang copas khan biasanya tidak memberitahu kepada pemilik blog.

    jujur aku sangat sedih karena baik gambar dan artikel aku sering diambil orang. sebenarnya sih tak masalah selama yang mengambil memberikan link dimana ia mengambil. tapi masalahnya masih banayk orang yang tak sadar.

    aku pernah kejadian. aku membuat artikel dan gambar yang aku ambil aku berikan link. hasilnya beberapa bulan kemudian. artikel dan gambar yang aku buat diambil dan hanya diganti sisi judulnya. lebih parahnya link gambar yang aku tulis dihapus dan nama aku yang saya tulis dihapus dan diganti dengan namanya.

    dan baru-baru ini kutemukan dan juga membuat aku sedih. gambar saya diambil oleh salah satu web berita.

    nah apa maksud anda dengan memaksa..... dan itu yang membuat aku penasaran. :) maksudnya bagaimana cara menyampaikan hal tersebut secara baik-baik

    BalasHapus
  19. Tentu saja kita gak rela karya kita diklaim oleh orang lain. Tetapi apa daya kemajuan IT membuat proses bajak-membajak semakin mudah dan marak..
    Terimakasih atas idenya, Mas..
    Sangat membantu.

    BalasHapus
  20. Kok bisa kebetulan yah?... Postingan kita saling berhubungan... thanx komentarnya, ada award lho bagi komentar PRO pertama..

    BalasHapus
  21. @bayu nature iya saya juga kok mas, gapapa kita kan mau bagi-bagi...
    @zener_lie
    memaksa disini adalah lewat artikel kita mas, misal jika anda menggunakan kata 'saya' dalam artikel Anda berilah link pada kata saya tersebut blog Anda, dan berikan beberapa artikel yang berkaitan yang juga link ke judul lain artikel blog Anda sebelumnya. Dalam gambar pun juga diberi link ke blog kita. Nah, kalau di copas langsung kan link-link nya ikut berfungsi malah bagus bat kita, nah kemungkinan besar jadi sumber artikel itu terdeteksi (dalam hal ini yang menjadi sumber adalah blog kita). Mau tdak mau, pemnbajak pasti ngedit artikel itu habis-habisan kalau terlal banyak hal yang mengarah pada blog kita seperti link, gambar berlink dan gaya bahasa juga artikel yang berkaitan. Nah kalau sudah begitu pasti lebih memakan waktu dan menurut saya sah sah saja karena mereka akhirnya hanya mendapat intisarinya saja dari artikel kita

    @smahir iya memang seperti halnya penemuan kita jadi gak rela apalgi blognya jadi lebih terkenal daripada kita.

    Kuncinya disini Anda Update, dan jadikan berita itu berita lama bagi Anda...

    BalasHapus
  22. @mas feri, gak tahu kenapa tadi saya berkali kali coba comment dan jadi yg pertama galat terus... huhuhuh, padahal nyoba empat kali... eh pas berhasil udah ada mbak nofiiii.......

    BalasHapus
  23. Iya, komentar nya kedetek SPAM oleh akismet, udah aku approve yang paling atas kok..

    BalasHapus
  24. Mas Doyok, ada inspirasi juga nih, kalo mas Doyok setuju dengan OSBP, bisa untuk postingan berikutnya :D

    BalasHapus
  25. hahahaha... mas doyok positif thinking banget. Emang bener sih apa yg mas doyok bilang, cuma tetap aja jengkel rasanya hasil peras otak di copas seenaknya. Kalo si copas ngebuat darimana sumbernya sih ga apa2...

    BalasHapus
  26. @ferie iya mas ide baru nih, oke oke
    @loves iya juga ya.. makanya saya gunakan tip trik sasya di atas aja hehehe

    BalasHapus
  27. hmmm maunya sih walau di copas..tetap buat sumbernya..saya saja kalau upload image, tetap buat sumbernya:)

    BalasHapus
  28. yaiya maunya semua gitu ya, masalahnya yg copas mau gak ya???? :D

    BalasHapus
  29. keren mas infonya... makasih ya...

    BalasHapus
  30. sep...ya q juga sering copas soale.hehhe

    BalasHapus
  31. iya kalo aku gak masalah asal jangan total, bagusnya lagi kasih sumbernya :D yang penting kan kita post lebih dulu

    BalasHapus
  32. wah,, terima kasih pencerahannya mas,, :D

    BalasHapus
  33. salam mas, akhir-akhir ini memang banyak juga yang persoal tentang copas. saya mungkin agak baru dan tidak begitu tahu tentang link atau blog. tapi dari prinsip penulisan, seharusnya kita minta keijinan sebelum copas sesuatu artikel. ini bukan sekedar lebih legal dan sopan tapi juga untuk menghargai kreativitas penulis asal. sebagai blogger pastinya keijinan disertakan syarat linkback, saya fikir ini lebih baik untuk semua penulis dan blogger.
    ...semoga semua suksess...

    p/s; mohon maaf kalau bahasa Indonesia saya tidak baik. Tapi saya memang bangga dan cinta pada bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  34. iya mas, saya sendiri juga anggep gitu, tapi khusus buat artikel blog saya silahkan saja

    dulu saya sempet kecewwa begitu tahu banyaknya penjiplakan blog saya

    tetapi saya ingat lagi niat saya dulu untuk berbagi ilmu

    jadi saya ikhlaskan


    tetapi saya akan lebih mengharga mereka mereka yang ma menghargai saya dengan meletakkan link saya pada post mereka

    BalasHapus
  35. weh keren artikel nih juju r aja aku pernah copas artikel orang tapi aku selalu menning kakt kan seo hinggag saat ini banyak yang men crai artikel itu pengun jung ku banyak deh hahahaha......
    tapi bukan blog ku yang ini

    BalasHapus
  36. @harri thx yah comentnyaaaaaaa

    tapi jgn asal copas yah sobbbb

    BalasHapus
  37. Betul juga ya masss. nape takut d COPAS, kan kita bs ber GAYA lebih dulu.

    bagaimanapun juga ini LUNA MAYA. so mendingan nyobain JURUS TERAKHIR: IKHLAS, walau susah

    BalasHapus
  38. @JT da ada aja hehehe bener
    tujuan kita kan buat berbagi :D

    BalasHapus
  39. jangan pernah anda remehkan amal apapun yang telah anda kerjakan, bila dilakukan dengan niat yang ikhlas. Amal sedikitpun jika dibarengi dengan ikhlas akan menjadi banyaklah pahalanya.
    Gpp postingan kita di Copas oleh sahabat2 lainnya.... namanya amal toh, harus ikhlas toh...

    BalasHapus
  40. Kalo saya ga yakin tulisan saya ada yang mau copas, hehe.

    BalasHapus
  41. @blog bbc, hhahahaha.. yg penting keep post sobattt

    BalasHapus
  42. setujuuuuuuuuuuuuuuuu...
    yang penting gak disalah gunakan aja...

    BalasHapus
  43. Copas-copas an...ada kalanya hati kecil aku bangga jg karena karya aku ada yang menghargai/menyukai walau si copas...sebagian ada yang izin ( untuk FB, untuk Fs, ada juga buat sang pacar dan bahkan ada jg buat posting blognya )dan sebagian lagi ada langsung maen copas saja...
    Mau ngelarang jg susah...ambil segi positifnya sajalah...

    Terimakasih ceritanya Mas Doyok

    BalasHapus
  44. @osi iya mbak semua dibalikin lagi ke hat kita
    niat untuk berbagi :(

    BalasHapus
  45. Mas Doyok, saran2nya oke nih. Kalau saya sih ikhlas aja lah kalau dicopas... Etikanya sih yang copas tetap mencantumkan link sumbernya.

    BalasHapus
  46. @lina bener mbak setuju
    ikhlas saja....

    cuma mereka pengcopaskan tahu sendiri yg bagus dan baik

    BalasHapus
  47. biar bagaimanapun copas emang nyebelin mas
    dolo tulisan di salah satu blog saya tentang "tips cari pacar buat anak kos biar ga kere" ampe dicopas ama 67 orang
    dan hanya 14 orang yang mencantumkan link ke saya

    BalasHapus
  48. wah mantep tuh artikelnya
    jadi banyak dong yang terinspirasi ma kamu sob :D

    BalasHapus
  49. Berbagi ilmu kan Ibadah Mas...?
    Ilmu kan ga ada habisnya, tergantung kitanya bagaimana mencarinya. Tapi kalo soal Copas mengcopas di dunia maya yaa... sulit juga untuk ditindak lanjuti.
    Kalo saya mah ga mau ambil pusing, silahkan aja Copas postingan saya. Asal jangan ditambahin kalimat2 yang negative.

    BalasHapus
  50. alhamdulillah... Atrikel yang menyejukkan hati..

    BalasHapus
  51. mas doyok, jujur saja. saya sering sekali copas artikel tentang tips and trik ngeblog kayak gini...

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  52. tapi maaf, saya belum ijin.

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  53. artikel itupun tidak saya pasang di blog, cuma saya simpan dan pelajari, maaf ya, moga-moga blogger seperti mas doyok bertambah pahalanya karena artikelnya bermanfaaat

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  54. bagi aku
    membagi artikel adalah sebagian dari pahala
    silahkan aja lo mau dicopas
    ada kebanggaan tersendiri bila punya kita dicopas
    berarti punya kita dianggap bagus

    BalasHapus
  55. hihihihi....kopas ahhh **tuing**

    keren banget Mas infonya.. jadi tambah semangat lagi nih bloggingnya yuk mari duluan bikin postingan... I love your style dehhh ^o^

    sukses terus buat mas DOyok

    BalasHapus
  56. @mas hartoi amiiiiiiiiiin
    @mas eris bener masss
    @fauzan sip seneng kok mas fauzan kalo artikel kita bermanfaat
    @shanusy bener mas :D
    @setiawan siiip
    @cyntia siiiiiiiip

    BalasHapus
  57. yg terakhir sip deh...
    eh tapi secara keseluruhan sip juga tipsnya
    makasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  58. itulah pentingnya link in link out ya? ah,mengapa baru tahu sekarang?

    BalasHapus
  59. tak kopas ah mas doyok artikelnya...

    BalasHapus
  60. nilai yg terakhir mas ==> ntr smg di blez oleh ALLAH S.W.T amiiin

    BalasHapus
  61. wah ketinggalan berita nih.....hihihi

    BalasHapus
  62. Shogun Dilawan...
    Siapa Takut.. hehee

    BalasHapus
  63. yang namanya ilmu tuh harus dbagi... entah bagaimana caranya itu... toh apabila kita paling dulu mosting toh kita juga dpt informasi dari orang lain (guru kita/siapalah...) jd mnurutku sih niatin aja dg mbagi ilmu... g akan rugi ko... ikhlas mas... ikhlas.... brarti keahlian kita tdk sia-sia... heheu....
    so wise pisan....

    BalasHapus
  64. waaahhh penasaran neh sama postnya mas doyok jd pngin mampir lagi...

    terus maju mas ==> biar sejahtera bangsaku

    BalasHapus
  65. Sebenarnya aku 50 : 50 gitu. menurutku terserah mo dicopas atau apalah yg penting secara ga langsung lewat arikel yg kita buat n di copas, bisa mencerdaskan generasi bangsa yang laen yg ngebaca artikel kita di "sana" .... iya ga? he..he....

    BTW, kalau mau copas, ingatlah selalu kasih Link postingan aslinya donk..... (That's JANTAN)

    Salam Kenal

    BalasHapus
  66. Sip bozz emang benar copas bikin gak enak ati
    tapi kalo copas ditambahkan link kita, sangat enak "serasa dihargai"
    Kecuali copas sumber artikelnya aja sob
    itu sudah prah.

    sukses selalu mas doyok

    BalasHapus
  67. wach mantap nich gan artikelnya...diawal-awal ngeblog saya juga pernah copas..tapi sekarang ngga lagi dech kayanya sih lebih enak nulis sendiri..lebih sreg ke hati gitu looo

    BalasHapus
  68. tetapi dengan copas ini kita bisa ikhlas dan mendapatkan pahala hanya dengan blogging saja. . betul tidak mas. ??

    heheh, berkunjung balik yah ke sini.

    http://www.echokom.co.cc

    BalasHapus
  69. tulisan aku asal2an kalau ada yang copas kelewat dah :D

    BalasHapus
  70. aku baru bikin blog baru neh :D anti copas
    salam kenal sob

    BalasHapus
  71. Bagi aku pribadi sih, copas bukanlah merupakan masalah serius, kalau artikel aku di copas silakan, "Copy aje". mau di kasih link sumber, silakan, mau tidak silakan juga. hehe...

    Hak cipta hanya milik Allah SWT.

    BalasHapus
  72. tetep ikhlas aja
    mudah2an diterima amal ibadahnya ups lol

    BalasHapus
  73. Biar agak telat ikut andil juga komentar masalah kecewa dan sedih jika artikel susah payah di posting dengan enaknya di Coppas.
    Hanya ada satu cara menhadapi sekian juta blogger yang ingin ikutan blog-blog yang sudah ternama.
    Tetap PD (percaya diri) dan mesin pencari web (google,yahoo,msn dll) pasti tahu mana yang asli dan mana yang Coppas.
    Biarpun editan / link yg membuat artikel di ikut sertakan kadang kecewa masih ada.
    Tapi saya rasa bagaimana bisa menghadapi karakter dari ribuan bahkan jutaan blogger yang berbeda?
    ya jawabnya terakhir ikut mas Doyok...Ikhlas.

    BalasHapus
  74. @mbak narti sip deh mbak thx yaaaaaaa
    2mas akrom silahkan kopas link saya wlelelele
    @riz kalo bisa mantep banget tuh

    BalasHapus
  75. @mas yok hehehe
    mantep
    @mas imoel apa hubungane???
    2P3Y bener setuju banget ma lu

    BalasHapus
  76. @riz sip hahaha
    @ancis emang ssah nata hati sob
    @BBB nambah backlink lagi manteppp

    BalasHapus
  77. @my bisinis yg penting ada perubahan
    @nah kalo bisa menata hati semuanya enak sob
    2sedy semangat utk konten yg lebih bagus sob

    BalasHapus
  78. @weebmaster langsung mas
    @ferie selalu promo hehehe
    @ocim makasih bang
    @kluwan itya dej ikhlas ikhlassss

    BalasHapus
  79. @yudha wah toing the point
    sip deh

    BalasHapus
  80. hahha..
    iya, kaLo aRtiKeL di CopaS mustinya kita jadi bangga,,,
    :)
    yang penting ikhlas and
    KeeP Blogging mas Doyok..
    ARtikelnya keren² lhoh..
    banyak belajar neh dari mas doyok
    SiP deh!
    :)

    BalasHapus
  81. @ismi lumayan makasih ya udah support

    BalasHapus
  82. @ism makasih banyak udah nongkrong disini lama lama

    BalasHapus
  83. jujur aja saya malah senang kalau ada yg copas artikel saya. itu tandanya artikel saya bermanfaat.
    Toh saya juga sering minta tetangga blogger ijin copas dan saya sportif kasih backlink.
    adakah yg mo copas punyaku monggo neng bahasane sok inggris hahaha...ngoyak pasaran

    BalasHapus
  84. aku juga ngga
    tapi lo ad backlink bakal berterima kasih banet

    BalasHapus
  85. @STOP MAKASIH YAH COMETNNYAAAAA
    eh maaf gak sengaja

    BalasHapus
  86. Saya juga begitu. Saya mengizinkan orang-oranguntuk meng-copas artikel di blog saya. Karena saya tahu, dilarangpun percuma. Biarin saja yang meng-copas artikel saya posisinya dijamin menurun di Search Engine.

    BalasHapus
  87. Wah...
    bagus banget infonya mas...

    BalasHapus
  88. Dstiap sisi khidupan slalu ada pecundang,,doain aj dn iklas

    BalasHapus
  89. Maju pantang mundur kang doyok,maju nek ono seng bayar lah nek gak ono yo doa aja

    BalasHapus
  90. thx infonya mas, sekalian mau nanya apabila kita copas artikel orang lain baik gambar maupun teks apa akan menaikan backlink mereka ???

    BalasHapus
  91. tapi kalo copas disertai dengan sumber dan diedit gk masalah khan.........?????

    Apalagi kalo berbahasa Inggris.........

    Nice share.........

    BalasHapus
  92. Artikel di blog ini bila dicopas akan muncul sumbernya secara otomatis, gimana cara membuatnya mas doy

    BalasHapus
  93. mantaf gan buat infonya...
    tapi mneding di protect saja biar terjaga originalitasnya.....

    BalasHapus
  94. karena orang yg copas artinya "terinspirasi"

    okesip

    (skrpsit.com)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer