Periksa Spam Lewat BackType

Image representing BackType as depicted in Cru...

Kemarin saya jalan jalan dan menemukan sebuah situs yang manfaatnya banyak sekali, dan kelihatannya banyak blogger yang belum memanfaatkannya. Selain sebagai log komentar situs ini (http://www.backtype.com/) juga berguna untuk banyak fngsi yang juga penting....


Backtype Memonitori komentar

Fungsi utama dari situs backtype.com adalah mengawasi lalu lintas komentar pada blog. Kita bisa melihat kita pernah meninggalakan komentar apa saja di berbagai blog yang bisa saja kita telah lupa. Manfaat lebihnya, kita bisa tahu juga apabila ada tanggapan atau balasan dari pemilik blog atau blogger lainnya dan memmngkinkan kita untuk berinteraksi lebih dalam.

Apakah si Pengomentar Spammer?

Dulu seorang spammer masih dengan polosnya terang-terangan berpromosi dan memberikan info. Tetapi seiring berkembangnya jaman Spammer pun semakin canggih. Mereka memanipulasi komentar mereka seakan akan itu komentar pengunjung biasa padahal mereka sangat mengharapakan link back

Nama:
Email: NaturalMail
Website: NaturalSite

Hi, saya senang sekali menemukan blog Anda ini. Artikel Anda sangat menarik, dan berguna untuk saya.

Salam hangat,
NaturalName

atau dengan kata kata lain:

Blog Anda sangat bagusa, Wah info menarik, Tak bosan saya kesini... dan lain lain


Dari komentar di atas, kita sangat sulit mengetahui kalau itu adalah komentar spam. Tentu kita akan mengiranya sebuah komentar biasa dari pengunjung, walaupun dari pengenalan ip asal si pengomentar sudah mengindikasikan ia masuk kotak spam. Apalagi dalam bertutur bahasa sangat sopan dan tidak ada link/tautan ke suatu alamat situs tertentu. Isinya pun sudah tak lagi menawarkan suatu iklan secara langsung. Tetapi siapa tahu, kalau kita mengiranya bukan spam dan ketika kita approve ternyata kita sudah meloloskannya sebagai langkah awal yang akan membanjiri kolom komentar kita dengan spam-spam yang berbahaya???

Jika ragu gunakan situs backtype untuk mengecek komentar-komentar apa saja yang ditinggalkan pengomentar (apakah ia spam? sedikit akan terjawab)

http://www.backtype.com/url/www.blogpengomentar.com

Nah, bakal kelihatan komentar komentar apa saja yang dit. Dari situ kita dapat melakukan perbandingan dan mencoba memastikan apakah si pengomentar adalah spammer atau bukan.

Memang ini hanyalah salah satu cara saja, yang tetap tidak menutup kemungkinan akan tetap lolosnya komentar dari spammer. Karena itu kita tetap harus berhati-hati dalam hal filterisasi komen spam.




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer