5 Tips Uangkan Blog

Sebelumnya saya membahas mengenai jenis-jenis iklan di blog. Banyaknya permintaan membuat saya untuk segera posting lebih lanjut mengenau masalah 'Monetize a Blog'. Walau saya sendiri juga belum bisa dibilang 'mendapat' uang dari blog tetapi setidaknya saya mempunyai berbagai tips yang patut dicoba bagi sama-sama pemula tentang bagaimana membuat blog Anda lebih menguntungkan. Perlu diingat sebelum Anda berpikir untuk menguangkan blog Anda, lebih baik Anda membaca dahulu mulai awal apa yang terdapat pada menubar saya, "Start a Blog" tentang bgaimana Anda mengawali Blog Anda dengan lebih rapi. Kemudian "Grow a Blog" yang menyajikan tentang bagaimana Anda mulai membangun Blog And sedikit dan semi sedikit hingg akhirnya Anda lihai dalam soal urusan tampilan yang terangkum dalam "Design a Blog". Meski semuanya tak harus diterapkan, khususnya dalam hal desain tetapi setidaknya Anda mengerti dan telah siap untuk memasuki tahapan keempat tentang menguangkan blog. Berikut tips bagaimana mendatangkan uang untuk blog Anda.

1. Melalui Iklan per-Klik
Meski ada berita buruk yakni iklan paling dipercaya, "Google Adsense" sudah tidak 'care' lagi terhadap blog berbahasa Indonesia, kita tetap bisa memilih berbagai alternatif lain Yahoo.
Sedangkan di Indonesia Anda bisa memilih kumpulblogger atau Adsensecamp

Tips: Karena Anda akan dibayar setiap kali iklan di-klik oleh pengunjung maka tempatkan iklan Anda di tempat yang menarik. Tetapi demi jangka panjanag sebaiknya jangan sampai mengganggu content Anda, misalnya terlalu banyak iklan dalam postingan. Sah-sah saja postingan diselingi iklan untuk lebih menguntungkan jika masih sewajarnya. Ada juga berbagai trik iklan akan otomatis ter-klik jika kursor 'hanya' melintas di atasnya tetapi saya kira itu bukan lah 'pelayanan' yang baik bagi pembaca awam.

2. Dagangan
Lihatlah betapa banyaknya orang sukses berdagang di Internet. Menggunakan blognya sebagai 'warung online'. Menyajikan rewiew produk mereka dan juga lengkap dengan harga. Beberapa kata-kata promo yang membuat pembaca tertarik. Contohnya adalah Alnect Komputer

Tips: Berikan pelayanan yang terbaik. Bagaimana seseorang mengirimkan uang dahulu pada hari ini dan Anda harus segera siap mengirimkannya secepat mungkin demi pelayanan. Anda tidaklah berbeda dengan pedagang kaki lima, hanya saja produk dan cara berjualan Anda lebih modern.

3. Ulasan
Jika Anda pintar menyusun kata dan pintar promosi alangkah baiknya Anda memilih ini. Ketika Anda mendaftar di Blogsvertise, bersabarlah beberapa saat. Beriring meningkatnya traffic blog Anda, Anda akan mendapatkan emaildari blogvertise mengenai perintah untuk menulis sebuah postingan yang topiknya telah mereka tentukan. Anda membuatnya dalam Bahasa Inggris, dan mengirimkan URL postingan itu ke Blogvertise. Jika diterima oleh mereka maka dollar akan memenuhi kantong.

Tips: Jangan gunakan blog yang Anda proyeksikan sebagai blog utama karna google 'kurang suka' dengan review bayaran seperti ini. Blog bisa dibanned. Gunakanlah blog lain tetapi juga harus Anda perhatikan trafficnya agar Bidvertiser senang memberi Anda Job. Ada suatu usaha penting karena terkadang Anda meminta comment kepada blogger lain mengenai review Anda untuk membuat job Anda lebih mudah diterima oleh Bidvertiser, padahal blogger sama sekali tidak suka, begitu juga Anda karena topic itu bukan dari Anda.

4. Ebooks
Jika Anda seorang master buatlah E-books mengenai sesuatu. PEmbahasan komplit Anda tulis. Tinggal bagimana Anda promosikan di Internet. Telah banyak sekali orang membuat E-books dan mempromosikannya di Internet. Memberikan gambaran kecil mengenai E-booksnya dan mendatangkan ketertarikan ribuan orang untuk segera memesannya. Banyak blog tutorial luar negeri yang mengambil keuntungan dengan cara membuat e-books berisi tutorial blog dan SEO. Syaratnya Anda harus sudah benar-benar tahu topik Anda sehingga tulisan Anda berkelas.

5. Sumbangan
Bagaimana sebuah blog 'sukses' berhasil mendapatkan jutaan pelangan yang setia setiap hari menongkronginya. Konten yang bagus membuat pembaca rindu dan haus untuk konten-konten kedepan. Menanamkan kecandauan dan keharusan pada pikiran pembaca untuk kembali mendatanginya. Begitu kuatnya dan baiknya konten Anda, membius pembaaca dan Anda bisa meminta sumbangan dengan alasan kelangsungan Blog. Perhatikan banyaknya kata 'Donate' di berbagai blog luar negeri. Secara tidak langsung mereka meminta biaya 'cetak'. Kadang juga cara mereka cerdik dengan menuliskan kata-kata, "Jika Anda menyukai blog ini mengapa Anda tidak membeli secangkir kopi?" yang mengarah pada link Paypal.

Berikut artikel mengani monetize a blog. Berikutnya akan lebih banyak lagi demi kepuasan pelanggan saya. Tak lupa saya sisipkan trik lagi mengenai design dan SEO. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Nhaaa.... ini info yang paling penting nih, buat tambahan ibunya anak2 beli garam ama bawang sekalian ama temen2nya

    BalasHapus
  2. keren neh postingannya mbah, aku juga agy mulai2 sedikit demi sedikit bisnis online neh

    BalasHapus
  3. Wah boleh juga tuh di coba siapa tahu bisa sukses di bisnis online..

    BalasHapus
  4. wah saya baru menjalankan yg iklan tuh...
    perlahan merangkak

    BalasHapus
  5. mantep mas, aku pelan-pelan ke arah sana mas.. :)

    BalasHapus
  6. @gula juga mas wkekekeke
    @msafru iya doakan saya juga yah
    @angga sip deh pokoknya sambil nyelem minum cukak
    @joeniar iya aku juga jo
    @mbak nphie semoga sukses yoh teh

    BalasHapus
  7. wah mantap tuh, bener bro .. lagi pengen belajar monetize blog neh. thx infonya .. nice

    BalasHapus
  8. Sepertinya ada yang salah dengan info di atas, Bidvertiser yang anda maksud adalah sejenis PPC juga bukan merupakan sebuah media paid reviu. Kalau yang anda maksud paid reviu mungkin blogvertise. Iya bukan?

    Kalau mau daftar dilahkan coba liat disini:
    http://www.blogsvertise.com/?rid=b20403

    terima kasih.

    BalasHapus
  9. th xbanget byat gandhi, iya saya salah nulis
    kemarin maelm saya sehari post 35 artikel karena banyak alasang
    sehingga nulisnya cepet cepet

    makasih gandhi segra saya rubah, thx diingetin kalo gak gak bakal ketahuan

    saya lupa cek artikel setelah post

    BalasHapus
  10. sangat inofatif sekali artikelnya.
    tidak seperti blog saya di http://fufupixel.blogspot.com
    masih terlalu newbie.

    terimakasih masdoyok.

    BalasHapus
  11. @f.uf.u thx yah udah mampir makasih comentnyaaa

    BalasHapus
  12. siip shobat
    bisa mulia belajar cari duit nih

    BalasHapus
  13. @shanusy thx yah comentnya sobbbb

    BalasHapus
  14. @pandu makasih yah cometnnyaaaaa

    BalasHapus
  15. MAKSICH MAS.........BAGUS BANGET INFONYA

    BalasHapus
  16. ada cara cepat menghasilkan duit lewat BLOG g yach....???

    BU nih....hicks²....

    BalasHapus
  17. ok, makasih banyak infonya mas doyok yg baek...
    salam kenal y, ditunggu lo kunjung baliknya (promo, hehe)

    BalasHapus
  18. mangtafff Mas....oiya cuma mau menambahi neh. Ketika pertama kali membuat blog, jgn berpikiran untuk segera bisa menghasilkan uang dr blog..perlu proses yg cukup rumit dan panjang ( sebagai gambaran salah satu blog saya perlu waktu kurang lebih 10 bln untuk bisa menghasilkan duit, cukuplah buat tabungan, mostly hampir $120 per bln). Jgn memonetize blog yg punya pengunjung setiacukup tinggi dg paid review...krn yg ada justru mereka akan lari...cukup gunakan yg bertraffic sedang, 20-100 pengunjung per hari cukuplah untuk bisa menghasilkan uang. Gto aja deh, cuma pingin share pengalaman aja...mohon dikoreksi klo ada salah

    BalasHapus
  19. betul sekali sahabat aku sobt rinto ;d
    makanya mas doyok sama sekali gak ada adsnya :D

    BalasHapus
  20. Benar sekali bro. makasih infonya??

    BalasHapus
  21. yang blog vertise bneran gpp gan kalo dipake??

    tar kena banned lagi blog ane???


    www.rajopatuih.blogspot.com


    mampir yaa gan..

    BalasHapus
  22. gak papa mas haris
    asal reviewya jgn terlalu banyak :D
    kasih jed dgn post lain :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer