6 Alasan Traffic Menurun


Banyaknya keluhan mengenai menurunnya traffic, mendorong saya menganalisa berbagai masalah baik dari pengalaman ataupun membaca referensi-referensi hebat dengan blogwalking. Nah, ternyata ada beberapa masalah yang kadang 'belum' terpikirkan dan hebatnya lagi 'sebenarnya' telah ada tip untuk mengatasinya. Nah, kali ini saya posting "6 Alasan Traffic Menurun" dan semoga tip nya bisa bermanfaat dan membuka pikiran Anda mengenai 'rumitnya' masalah perbloggingan.

1. Traffic Musiman
Jika Anda masih berada dalam tahun pertama blogging tentu Anda belum memahami apa yang di sebut 'grafik satu tahun' yang mana menginformasikan kepada Anda bulan-bulan apa saja blog Anda benar-benar naik dan bulan-bulan lain dimana blog Anda tenggelam. Bisa jadi Anda bahkan shock ketika mengetahui fakta penurunan yang begitu drastis atau bahkan traffic off. Kini saatnya Anda memahami tentang traffic musiman.

Misal saja kita memiliki sebuah situs yang menyangkut tentang dunia pendidikan dan menyediakan berbagai soal-soal untuk ujian dan sebagainya. Begitu, mendekati tanggal-tanggal ujian situs kita begitu hebat dengan 'booming' pengunjung yang antusias mencari referensi soal untuk persiapan ujian. Tetapi begitu ujian selesai otomatis mereka akan melupakan situs kita karena mereka tak membutuhkan lagi sehingga situs kita 'terlalu sepi'. Nah, inilah contoh traffic musiman. Dimana ada satu waktu puncak ledakan pengunjung, tetapi di lain waktu itu situs kita sepi. Tentunya hanya situs-situs tertentu yang mengalami dampak seperti ini.

Tipsnya:
Bagi Anda yang mempunyai situs semacam ini harusalah pandai-pandai dalam strategi posting. Mempublikasikan hal yang tepat dengan keadaan. Misal anda posting "Bagaimana menghadapi sekolah baru?" di bulan Juli, atau "Bagaimana menentukan jurusan?" sebelum kenaikan kelas. "Liburan bermanfaat" pada masa liburan. "Tips mengatasi kejenuhan belajar" atau "Cara mengejar ketinggalan pelajaran" di pertengahan masa sekolah.
Anda harus menyesuaikannya dan menjaga pengunjung Anda mendapatkan obat dari blog Anda akan sakit yang tentu berbeda dalam waktu yang berbeda.

2. Objek Anda Habis
Begitu Anda membuat blog seharusnya Anda menytadari pentignya objek. Sekali lagi saya selalu berkata 'jangka panjang'. Jika Anda sudah mempunyai maka akan mudah bagi Anda posting dari hari ke hari. Langsung saja saya beri contoh. Ketika sebuah turnamen berlangsung misal saja Piala Dunia. Anda menyajikan hasil pertandingan cepat dan informasi yang komplit. Maka Anda hanya perlu membuat satu judul 'Hasil Piala Dunia' dan Anda hanya perlu update maka Anda bisa menikmati pengunjung banyak dan stabil setiap harinya. Tetapi ketika Piala Dunia berakhir maka Anda terhenti dan otomatis pengunjung menurun....

Tips: Anda sebenarnya justru bisa memanfaatkan saat blog Anda ramai untuk promo. Makanya bagi blog-blog seperti ini harus sudah tahu jadwal-jadwal kedepan secara akurat. Sehingga Anda bisa menulis iklan "Kembali lagi dan Dapatkan Update Seperti Ini di Carling Cup" atau sebagainya. Salah satu yang menjamin kesusksesan blog adalah 'Anda sudah punra rencana kedepan'

3. Frekuensi Posting
Sudah jadi rahasia blog yang digemari adalah blog yang selalu update. Jika traffic Anda menurun mungkin Anda perlu berpikir 'seberapa sering Anda posting'. Saya tidak menyarankan untuk update lima kali sehari dan kemudian Anda bingung tak ada ide untuk hari kedepan. Bahkan seminggu sekalipun bisa berhasil asal Anda consisten. Yang penting Anda mempunyai jadwal kapan Anda posting. Sah-sah saja bagi mereka yang posting dua hingga tiga kali sehari asal 'yakin' mereka punya sesuatu untuk hari-hari yang akan datang.

Tips: Selalu update blog Anda. Jangan terlalu sering karena mungkin beberapa artikel Anda tak akan tersentuh karena pembaca tak mengetahuinya. Jangan terlalu jauh karena ini dunia 'penuh' persaingan. Usahakan jadi yang pertama. Penting juga untuk mengamati perkembangan blog sejenis Anda.

4. Kualitas Posting Yang Buruk
Kualitas post yang buruk tentu akan membuat pembaca Anda lari.

Tips: Jika akhir akhir ini kembali 'rame' dengan copas... copas... copas.... Nah itu salah satunya. Usahakan anda punya inovasi sendiri. Jika memang terinspirasi dengan suatu artikel di blog, buatlah ulang dengan gaya Anda. Berkaitan dengan list nomer tiga, Anda jangan terburu-buru untuk posting, lebih baik pastikan dulu artikel Anda. Setelah Anda publikasikan cek dulu dan baca sampai tuntas lewat tampilan blog Anda. Jika saya posting hingga dua tiga kali sehari bukan karena terburu-buru melainkan banyaknya bahan kajian yang selama ini saya reka-reka dan hanya tersimpan sebagai draft. Nah, saya berusaha mengurangi draft itu setiap harinya...

5. Anda Malas Promosi
Banyak complain dengan masalah copas lagi, "Saya post terlebih dahulu, mengapa mereka yang hanya copas justru ada di peringkat teratas di google?" Jika Anda merasakan hal serupa coba selidiki link Anda. Banyak kejadian suatu blog dulunya benar-benar berada pada halaman pertama google dan ketika saya lihat memang content blog tersebut bagus.Tetapi mengapa bisa tiba-tiba hilang dan kalah oleh mereka yang memuat artikel serupa, padahal kalah dalam gaya. Alasannya backlink.

Tips: Yang perlu anda lakukan adalah menjalin relasi. Sering blogwalking dan promosikan artikel Anda. Kecuali seperti kangrohman yang jelas sudah bertahun-tahun dan mempunyai pelanggan setia.

6. Google oh Google
Jika Anda merasa hal-hal di atas bukan masalah Anda, jangan panik karena google senang mengubah algoritmanya. Kadang-kadang ia menetapkan pemikiran atau perhitungan yang berbeda.

Tips: Apa yah yang ini? Jangan panik hehehehe.... Selalu berusaha saja bikin content yang bagus dan update.

Banyak hal yang menyebabkan traffic Anda menurun, tapi banyak hal pula trik untuk menaikkan traffic Anda. Keep post.....

Komentar

  1. ooo begitu ya mas... matur nuwun yo mas, sekarang berarti harus konsisten n rajin posting... biar kaya mas doyok.. :)

    BalasHapus
  2. 2joeniar bisa aja nih.. thx lo komentnya :D

    BalasHapus
  3. Aduh mas.. keren niy postingannya.. bener bener membantu saya,,kadang saya juga bingung bagaimana mengakali agar pengunjung tuh stabil frekuensi kunjungannya.. dengan artikel ini sedikitnya membuka wawasn saya tentang dunia per-Blogan.. maklum blogger baru mas...hehe..

    BalasHapus
  4. @indra siiip, thx yah comentnyaaaa

    BalasHapus
  5. inovasi sendiri dalam artian apa neh? Materi atau bahasa/kata?kalo dalam artian kata dan bahasa saya sih selalu, tapi kalau dalam hal materi? lha wong semua sudah ada di internet kok. Tp kadang saya suka copas jg, terutama menyangkut "statement" dalam pemberitaan, wong klo ketik sendiri jg sama kata2nya,spt kasus marshanda/surat nurdin m top, ya aku copas aja statement dia, tp aku jg dengerin dl sih sebelumnya.

    BalasHapus
  6. ya inovasi misal jika kita dapet suatu hal trik, kita bisa buat trik yg agak berbeda dari sumber, utk kyran, warna dan lain-lain biar beda

    tapi buat blog yg berita yah
    asal cara penyampaian udah berubah udah bagus banget tuh

    dan berarti ia tidak asal copas :D

    BalasHapus
  7. tambahan yg ada di internet ga sema komplit, kadang hanya menyampaikan masalah saja dan hanya ada pemberitaan

    mas Aryo kan dapat berinovasi dengan menambahkan tips Anda menghadapi stuasi seperti itu

    bagaimana menanggapi hal tersebut dan lain-lain

    iya kan

    kalo sudah begit past dunia maya makin siiip dan positif

    BalasHapus
  8. aku sering kasih solusi troubleshoot,itu bedanya liat aja tutorial blog ku, biar basi tapi hasil sendiri, itu saya dapatkan dari pengalaman bikin blog yg susah. Contoh alat pengukur berat blog, nah itu kan aku share kronologisnya, biar simple tp berguna, orang mana tahu berat file pic, link, widget berapa?nah dengan share kronologisnya kan sedikit banyak org bisa tau. Ada yg pernah share kronologisnya? gak kan? Biasanya aku cm merujukan link kalo tidak mau repot nulis, spt di http://aryosp.blogspot.com/2009/07/membuat-domain-gratis.html

    BalasHapus
  9. nah siiiiiiiiiiiip, maksud aku itu mas :D

    BalasHapus
  10. Tak ada lidah yg "kelu" terhadap kekhilafan, tak ada sifat yg "merajuk" krn ego diri, Mohon maaf lahir dan bathin.. Marhaban ya Ramadhan...

    BalasHapus
  11. @ateh sama sama ya mas.. selama BW pasti banyak salah

    0 - 0

    siiip

    BalasHapus
  12. iya bener tuh masalah2nya takut ahh..

    BalasHapus
  13. ough, begitu. .
    thank's infonya mas doyok. .

    berkunjung balik yah. .

    http://www.echokom.co.cc

    BalasHapus
  14. Kurang blogwalking termasuk promosi yah?
    Komeng juga gak?
    Thx dah mampir

    BalasHapus
  15. @blog informasi jangan akut asal ngejalanin kewajiban BW hehehehe
    @echo segra kunjung balikkkkk
    @uke poet komen juga bagus , karena dgn koment otomatis dapet backlink

    BalasHapus
  16. wah bener baget tuh sob.. saya juga sering berfikir seperti itu tapi kok untuk mmecahkan msalah seperti itu susah juga ya :D

    BalasHapus
  17. trims postingannya. hihi...ngalami nih aku. stay cool

    BalasHapus
  18. @ebenk siiip dah syukur saya bisa kasih sedikit tips
    @pur based true story nihhhhh

    BalasHapus
  19. walah telat lagi nich.... padahal ini informasi yang sangat berguna bagi blogger baru seperti saya mas..... telat mulu aq..

    BalasHapus
  20. @jaiman yang penting thx banget udah berkunjung dan comment siip deh mas

    BalasHapus
  21. salam sobat
    trims infonya
    jadi gitu ya alasannya trafic menurun.
    apalagi yang malas promosi..kaya blog saya ngga ada yang pantas untuk dipromosikan ,,jadi gimana dong?

    BalasHapus
  22. @Nura yang penting blogwalking mbak

    BalasHapus
  23. gosh there is a change? info thank friends

    BalasHapus
  24. @don not thx juga udah commentt

    BalasHapus
  25. nice post sobat, aq juga pernah ngalami kaya' gitu, bahkan sekarang pun blogq lagi meriang juga tp aq mencoba tuk semangat lagi

    BalasHapus
  26. @tovarossi
    iya mas kuncinya semangat.... siiip deh pokoknya mas keep post

    BalasHapus
  27. hmmm... kayak blog ku nih mas lagi turun trafficnya, keknya karena males bewe ya hiii....

    btw lam kenal mas doyok...

    BalasHapus
  28. Wow keren sob infonya, yang penting jangan malas update dan promosi aja. lakukan ping tiap ada update baru...

    BalasHapus
  29. @zujoe keep post dan rajin bw sob
    @digital life thx udah comment yah mas :D

    BalasHapus
  30. B

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  31. a

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  32. g

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  33. u

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  34. s

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  35. 2blog gabus.. thx commentnya kompliiiiiiiiiit bvanget sob :D

    BalasHapus
  36. @narti siiip deh mbak makasih coment2 nya

    BalasHapus
  37. @ronaldo rozalino sip thx yah commentnya :D

    BalasHapus
  38. trus gmn dg traffic yg tak pernah naik dan tak pernah turun...blogku pengunjung segitu2 aja...biasanya nyuman dr blogwalking...ada beberapa traffic dr se terutama amerika tp ngga banyak...ada solusi biar posting ngga muncul tenggelam di SE

    BalasHapus
  39. @rinto banyak postingan saya bilang kita perlu koreksi kalo sebenernya banyak blog yg pendatangnya 'cuma' dari balasan blogwalking dan belum ada pengunjung beneran..

    mungkin harus bersabar hingga bener bener ada pelanggan buat sebuah blog

    BalasHapus
  40. mm,, menurut saya sih, cuma perlu konsisten ajah, melewati tahun demi tahun, karna blog akan menjadi profesional jika blog tersebut memiliki banyak postingan yg berkualitas, jadi jangan cuma 1-2 tahun terus berhenti, karna percuma jadinya ntar kerja kerasnya, hehe, titip link, http://baktwogreen.blogspot.com

    BalasHapus
  41. mungkin kita harus berpikir bahwa nge-blog bukan hanya sekedar traffic...tapi lebih kepada kebebasan berpendapat...he..he...jadi kita nge-blognya seriusan..

    BalasHapus
  42. siiip, jadi semangat posting terus, tapi biasanya lo traffic sedikit jadi males posting ... padahal harusnya malah terpacu yaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  43. wach mantap mas doyok info, emang malas and malas mas izinkan AQ copas yach

    BalasHapus
  44. wah,

    artikel anda bagus sekali,dan sesuai dengan apa yang saya butuhkan saat ini, saya sangat terkesan dan setuju dengan postingan di atas.


    saya akan kembali lagi lain kali untuk membaca postingan anda yang lain.

    terima kasih dan tetap semangat.



    dari sobat Bloggermu,
    Luthfi Fuadi Majid

    BalasHapus
  45. mantap mas. hampir mirip dengan kisah blog saya. Harus diubah nih. Thanks

    BalasHapus
  46. owh gt y mas....
    makasih y mas infona...sangant bermanfaat bagi saya yang masih sangat pemula....
    semangat trus y bos...keep blogging...

    BalasHapus
  47. nice info mas doyok.
    info mas foyok selalu berarti buat saya. hehehe
    baru 4 hari blog saya udah terindeks google dan alexa, terus udah tenar gara2 mas doyok ^_^

    BalasHapus
  48. Luar biasa! Tips yang bagus. Pencerahan buat wawasan saya tentang dunia blog. Terima kasih mas doyok

    BalasHapus
  49. Mantab abiees deh infonya...

    Mas Doyoknya juga mantab deh...keren tu Alexa..

    BalasHapus
  50. memang kita mst harus konsisten intinya bukan begitu mas doy

    BalasHapus
  51. terlambat lagi...
    begitu ada postingan terbaru langsung paaannnjaaang kebawah komentarnya.
    padahal semalam aku buka e-mail lum ada. berarti e-mailnya telat kirimnya.
    tipsnya sangat bermanfaat bagiku...
    teng ki yu mas ...
    masku memang hebat ...

    BalasHapus
  52. sep mas doyok,, makasih ilmunya

    BalasHapus
  53. wao bener-bener di ulas sampai habis tuntas sip-sip sangat lengkap
    Tanks boss aku bisa ngoreksi blog ku

    BalasHapus
  54. makasih semua supportnyaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  55. keep posting selalu om
    saya tunggu updatenya... maaf nda bisa tinggalin pesan di sm soalnya nda bisa kebuka sm nya hehehe

    BalasHapus
  56. Mantap mas doy, penggunjung saya kayaknya berkurang tuch padahal saya udah BW sama ngasih comment banyak huhuhuhuhuhu

    BalasHapus
  57. betul itu yang di katakan oleh mas doyok

    BalasHapus
  58. Ya Senior Mas Doyok Saya setuju...hehe.

    Yang penting terus update.. :D

    BalasHapus
  59. Hm.... Mantap Saya Sendiri juga rada males promosi..., Lagian isi punya saya kebanyakan Copas... haha sub namanya juga kumpulan artikel

    BalasHapus
  60. makasih infonya mas doyok,aq praktekin nih...

    BalasHapus
  61. ternyata gitu ya mas doyok.. pantesan blogku kadang turun naik traffiknya.. trims pencerahannya

    BalasHapus
  62. makasih semuanya udah coment suwun sangetttt

    BalasHapus
  63. good info....
    http://gooddell.blogspot.com/

    BalasHapus
  64. jadi terinspirais setelah membaca postingan ini! thanks ya mas. jadi semangat lagi membuat blog lebih ramai pengunjung! selalu mendapatkan ilmu bermanfaat di blog ini. salut!

    BalasHapus
  65. boleh juga infonya...,satu lagi om doyok...,memang untuk traffic rank alexa secara global, banyak blog yang usianya belum 1 tahun mengalami penurunan drastis termasuk punya saya, tetapi selain hal tersebut diatas, ternyata traffic rank alexa secara regional (Indonesia) mengalami peningkatan yg signifikan. Kemudian untuk 'Site Linking In'-nya juga berubah ke arah data yang valid dari blog kita, bukan lagi Site Linking In' default punya alexa.

    BalasHapus
  66. bagus banget kang centrallll
    makasih semua udah comentttt

    BalasHapus
  67. good article mas doyok... lanjutkan tutorial dan tips nya...

    BalasHapus
  68. semoga traficc ku gak pernah menurun...

    BalasHapus
  69. Mungkin postinganku gak sesuai dengan apa yg pembaca inginkan kali ya mas. Makanya bisa disebut musiman?? bukan begitu mas doyok??

    BalasHapus
  70. hmmm tapi kalau punya aq trafiknya gak naik-naik, gimana ya biar naik?? mohon bantuanya dunk....

    BalasHapus
  71. Anda benar mas doyok.. Yg penting tetep konsisten

    BalasHapus
  72. hmm!! gtu ya kak??
    sip lah mantabz abiz. ini sangat bermanfaat buat aku kedepannya, biasa pemula. thanks

    BalasHapus
  73. ok setuja ehh setuju .....setelah itu Trus rajin silaturrahmi kali yaaa....saling kunjung and mengunjungi baik lewat komentar yg baik maupun lwt shoutmix and ikutan situs jejaring sosial, group atau komunitas tertentu

    BalasHapus
  74. oke semuanya makasih sudah komentar di artikel ini
    maaf gak saya jawb satu2

    BalasHapus
  75. mohon petunjuk cara menaikkan traffic sama PR : )

    BalasHapus
  76. wah artikel yang bagus, saya memang mengalami penurunan alexa rank, dan memang betul karena kesibukan jadi agak sulit mengupdate website saya, jadinya alexa rank terus mengalami penurunan ranking.. terima kasih banyak ya artikelnya salam kenal mas...

    BalasHapus
  77. Bagus naih artikelnya untuk semangat naikkan traffic. Tapi disamping itu diperlukan teknik SEO tingkat tinggi yang sampai sekarang saya sendiri belum bisa.

    Tapi untuk blog besar seperti mas ini, mungkin udah master,, hehe..

    BalasHapus
  78. trafik musiman dan rencana kedepan syaa suka dua istilah ini mas.. makasih nih, langsung bikin rencana ah :D

    BalasHapus
  79. Udah 3 bulan lebih blog ga ku update, hasilnya peringkat di alexa turun drastis, ckckck, nice info gan

    BalasHapus
  80. PR saya jadi n/a setelah ganti domain ada penjelasannya gak..maklum maseh nubie ni.. tq

    BalasHapus
  81. disini tipsnya banyak yah, numpang belajar degh :D

    BalasHapus
  82. OH gitu makasih infonya sangat berguna sekali makasih mo berbagi...

    BalasHapus
  83. ini sangat bermanfaat sekali bag saya mas... seuksess selalu

    BalasHapus
  84. Mantap mas bro thank infonya...

    by : www.penabugis.com

    BalasHapus
  85. Trimakasih ulasannya yg bagus dan sangat bermanfaat..

    salam dari bloger baru
    http://www.gedepramascompssion.com

    BalasHapus
  86. great info gan
    kunjunga balik ditunggu

    http;//indomovi.com/

    BalasHapus
  87. salam kenal. saya posting sehari 3 sampai 4 kali artikel tapi content artikel satu dengan lainnya sama hanya saya ganti judul dan tagnya, tiba-tiba saja alexa saya menurun drastis, apakah itu penyebabnya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer