Blog Blog, Lebih Baik Bahasa Indonesia?

Nah, kali ini saya akan membahas sesuatu diluar trik. Lebih benar dianggap sebagai sebuah cerita dan mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan. Apa maksud judul artikel di atas? Blog blog? Maksud saya adalah blog yang menyajikan tentang dunia blog, baik itu tip trik dan info. Yang menjadi pertanyaaan, mengapa banyak orang Indonesia menyajikan tip trik blog yang mereka kuasai dan susah-susah menyajikan dengan Bahasa Asing. Sedikit pertimbangan, dan ada beberapa hal yang mesti dicermati:

1. Gunakan Google Trends
Nah, mungkin mereka berpikir orang luar lebih tertarik dengan dunia blog dan lebih senang membaca soal tip trik blog, sehingga mereka memutuskannya untuk menyajikannya dalam Bahasa Inggris. Padahal jawabannya sama sekali salah. Cobalah Anda buka google trends dan coba Anda ketikkan 'blog tutorial' 'blog tips' 'blog info' 'blogger' 'about blog' 'make a blog' justru paling banyak orang Indonesia. ???? Bukankah lebih baik menyajikan dalamBahasa Indonesia??? bahkan ketika Anda hanya mengetikkan 'blog' Indonesia masih peringkat lima.... Bukankah justru di dunia ini peminat blog 'dari Indonesia' sangat banyak????

2. Mengincar Google Ad Sense
Seperti kita ketahui, sekarang google Adsense hanya respect dengan blog yang berbahasa Inggris. Kalau tujuannya agar dapat memasang AdSense, pertanyaannya? Siapa yang membaca blog mereka? Siapa yang akan klik. Sedang, mempelajari blog yang bisa jadi dengan bahasa Indonesia saja rumit, mengapa memilih bahasa Inggris yang lebih rumit??? Sedang orang luarpun saya lihat lebih senang mempelajarinya lewat forum (pengalaman saya 'mecicil' masuk-masuk forum luar hehehehehe)

3. Target Dari Luar?
Sama sekali tidak menurut saya. Karena bagi orang luar yang menggunakan Bahasa Inggris lebih mudah melahap pelajaran dari situs situs luar yang telah menggunakan bahasa sehari-hari untuk posting artikel daripada bahasa baku seperti yang kita miliki.

Hanya postingan selingan karena saya sedang mempersiapkan trik untuk hari kedepan. Oke. Semoga bemanfaat!


Komentar

  1. Pertama ne....
    bener tuh mas, mendingan pake bahasa indonesia, aq aja dulu pake bahasa inggris di http://kang2jaiman.blogspot.com Tpi akhirnya binggung sendiri, akhirnya mending bahasa iNdonesia aza wez.. khan aq cinta indonesia. hehehehehe.. sip artikelna bos...

    BalasHapus
  2. @kang jaiman oke deh mas siiiiiip

    BalasHapus
  3. betul banget mas, aku juga dulu punya blog bahasa inggris tapi... wuiiih... puyeng banget mau posting opo... akhirnya kuputuskan pake bahasa indonesia kita tercinta, biar gak di approve ama mbah google gak popo wis, kan masih ada yg lain.. heheh...
    sukses buat blog indonesia..

    BalasHapus
  4. Setuju!!!
    indonesia Bahsa satu, Bahasa Indonesia!!
    MERDEKA!!

    BalasHapus
  5. @imam hahahah kayak sumpah pemuda dong mas imam

    BalasHapus
  6. Yoi sob!!
    hhee, sebagai warga indonesia yang baik harus bgitu!!

    BalasHapus
  7. @imam iya emang saya cinta mati BI biar sana banyak sekolah pake RSBI tapi saya tetep milih SSBI

    BalasHapus
  8. RSBI = rintisan sekolah bertaraf internasional
    SSBI = selalu suka bahasa Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer