Print Screen, Corel Draw...

Lagi-lagi seperti radio dan dapet request posting. Ada beberapa pertanyaan dan akhirnya saya memutuskan untuk merangkumnya menjadi satu postingan walau judul menjadi agak aneh. Sejak SD saya demen banget ma Corel, eh sampe sekarang pun saya selalu ngandelin Corel Draw untuk banyak hal, termasuk dalam dunia blogger. Nah, sekedar pengalaman saya akhirnya saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sobat blogger yang saya bagi menjadi dua hal.

Print Screen
Saat kita menampilkan postingan, kita akan melibatkan banyak sekali gambar dan kadang
gambar itu ingin kit buat bersifat 'eksklusif', yaitu gambar dari tampilan layar monitor kita. Ini bakal dibutuhkan banget bagi blog trik seperti saya. Tanpa gambar pelajaran jadi gak gamblang. Dan menurut anak TK jadi ngebosenin. Nah, berikut saya berikan cara runtut, mulai dari mengambil gambar dari monitor sampai menerbitkannya di postingan.
- Untuk mengambil mencetak layar monitor dalam bentuk gambar gunakan tombol Print Screen pada keyboard, setelah Anda klik maka gambar akan tersimpan di clipboard. Agar gambar
bagus, zooming dahulu layar monitor sebelum pengambilan gambar, gunakan tombol (ctrl+=), lalu baru klik printscreen. (Untuk mengembalikan layar ke ukuran semula klik ctrl+0.
- Jika sudah buka program Corel Draw, buatlah lembar kerja baru.
- Klik Paste, maka akan muncul gambar yang telah anda simpan.
- Buatlah sebuah bangun rectangle/kotak



- Klik gambar yang tadi Anda paste
- Pada Menubar Pilih Effect lalu klik Power Clip, lalu Place Inside Container...
- Maka akan muncul tanda panah besar
- Arahkan tanda panah tersebut ke rectangle yang tadi Anda buat dan klik


- Hasilnya gambar akan masuk ke dalam kotak
- Klik Kanan pada gambar (sekarang sudah dalam kotak), lalu pilih Edit COntents


- Geser gambar atau atur perbesaran gambar sesuai keinginan Anda
- Kalau sudah klik kanan pada gambar dan pilih Finish Editing This Level

Langkah berikutnya Export
- Klik Gambar
- Pada menubar pilih File, lalu klik Export
- Pilih tempat penyimpanan file

- Pada File Name isikan Nama File
- Pada Save as Type Pilih JPG - JPEG Bitmaps, (Anda bisa memilih ekstensi lain seperti .gif atau .png)
- Klik Options
- Centang Selected Only
- Lalu Klik Export
- Klik Yes, Klik OK, Klik OK lagi... beres daaaaaah


Upload ke blogger
- Login ke blogger
- Buat postingan baru
- Klik Upload Foto

- Cari tempat tadi kamu menyimpan foto
- Klik Unggah Foto/Upload
- Jadi deh

Catetan
Untuk mendapatkan URL gambar tidak usah pusing, saat kamu upload gambar ke blogger otomatis file udah tersimpan. Setelah kamu upload foto pada kotak edit posting, pindahlah ke tab Edit HTML



Nah, maka fotonya akan menjadi kode HTML. Jika diperhatikan pada kode HTML itu terdapat dua alamat foto (berawalan http dan berakhiran ekstensi semisasl jpg, gif atau png). Jangan bingung yang mana. Pilih aja alamat yang terakhir. Kalau ragu coba copy alamatnya dan kamu paste ke adress bar. Enter.... Muncul gak gambarnya?????


Oke deh.. udah berusasha sejelas-jelasnya nih :D Tanya aja biar saya bisa sempurnakan bagi yang kebingungan...

Mengapa Saya Menyarankan Menggunakan Corel?
Karena dengan Corel sangat mudah untuk menambahkan berbagai petunjuk seperti lingkaran, tanda panah (insert character, wingdings) ataupun teks. Berbeda dengan di photoshop yang kurang mudah untuk pengeditan semacam ini.

Komentar

  1. Pertamax nggak bensin....

    makasih mas doyok yg udah menuhi request saya semoga mas doyok dipanjangkan umur dimurahkan rejeki di sehatkan badan di empatkan istri dan dibanyakkan anak...canda ya mas

    BalasHapus
  2. kalo aku jadi bingung nih mau requezt apa ya wkkwkwkwk soalnya juga sehari2 agak capek sendiri dg orang2 yg requezt lagu he he he. Di sini aku selau dapet yg baru. Salut.

    BalasHapus
  3. @ivan oiya ya radio ya kamu jadi banyak req lagu wkakakaka

    thx kunjungannya
    thx komentnya

    aku req lagunyasherina cpdt hehehe

    BalasHapus
  4. Tips nya benar2 bagus mass..
    Saya baru tahu ttg screen shoot ini...

    BalasHapus
  5. salam sahabat
    wah siip mas lainnya dah saya praktekkan alhmdLillah berhaisl langkah selanjutnya semoga berhasil thnxs ya mas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer