Tip Blog: Bagaimana Menentukan Nama Domain?

Mungkin artikel ini hanya tepat buat para pemula atau orang yang baru saja membuat blog seperti saya, karena kebanyakan blogger telah mendapatkan nama domain mereka. Tapi pertanyaannya, apakah mereka memiliki nama yang tepat? Setelah mempertahankannya berbulan-bulan? Nah, bagi pemula yang 'masih akan' menentukan nama domain Anda, baiknya Anda jangan terburu-buru sebelum menuntaskan membaca artikel saya, karena saya menyajikan beberapa kasus yang 'sangat' bisa Anda pertimbangkan.

1. URL dan Nama Blog
Mungkin Anda kurang memperhatikan ini. Keterkaitan nama blog dan URL blog sangatlah penting. Ketika Anda mempunyai nama blog "Tip Komputer" dan URL blog Anda adalah "sekedarngoceh.com" maka itu sebuah hubungan yang sangat tidak baik. Seharusnya ketika orang mendengar tentang situs Anda, maka mereka tahu kemana mereka harus mengarah dan mengetikkan URL. Bayangkan jika mereka mendengar desas-desus tentang blog "Tip Komputer", otomatis kebanyakan orang mengetikkan "tipkomputer.com" dan tak ada sedikitpun yang berpikir ke "sekedarngoceh.com". Anda akan kehilangan satu pelanggan yang membawa lari orang-orang yang seharusnya menjadi pelanggan Anda juga.

Jika Anda masih bingung menetukannya, mengapa Anda tidak memesan domain gratis seanyak mungkin jika Anda tidak ingin tertinggal. Dapatkan domainnya terlebih dahulu dan sebenarnya Anda telah satu langkah di depan dan domain itu siap digunakan nanti... Meski sekarang saya mengurusi satu blog, tetapi domain .co.cc yang saya punya adalah 24... Wow... hehehehe. Itulah yang harus Anda lakukan jika tak ingin kalah dalam internet.

2. Khususkan Nama
Jika kebanyakan orang berpikir nama blog harus lah nama umum itu salah besar. Jika blog Anda mempunyai jasa dalam penjualan mobil, maka salah besar jika Anda menggunakan nama blog anda "mobil.com" karena orang yang 'benar-benar ingin membeli' bukanlah orang bodoh dan mereka telah menentukan merknya terlebih dahulu. Mereka akan mengetikkan hal yang spesifik di google search. Bukan mengetikkan kata bodoh "beli mobil" yang menghasilkan lebih banyakpencarian, tetapi (misal) mereka akan mengetikkan "beli mobil toyota murah" yang memberikan mereka sedikit pilihan tetapi tepat sasaran.

3. Panjang Pendeknya Nama
Ada dua pihak yang memperdebatkan 'baik buruk' nya nama panjang dan pendek. Golongan pertama menyebutkan nama yang pendek lebih mudah diingat. Misal saja "wifi.com" daripada "wirelessfidelity.com"

Lain lagi menyatakan nama domain pendek kurang bagus karena menganggap memori manusia lebih mudah mengingat yang 'agak panjang'. Misal untuk kata "aehm.com" justru akan sulit dihafal ketimbang "alatelektrohargamurah.com". Golongan kedua berpendapat juga panjangnya nama domain lebih mudah dicari di mesin pencari, karena sekali lagi lebih 'spesifik'.

Nah, tinggal bagaimana kebijakan Anda. Ini semua digunakan pada kasus yang berbeda sesuai dua contoh di atas.

Saya pribadi lebih suka menggunakan nama yang singkat, tetapi dengan syarat unik dan mudah diingat.

4. Masalah Tanda
Jika Anda membubuhkan tanda pada domain Anda ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan.

Kerugian:
-Pengunjung sangat mudah melupakan tanda saat mengetikkan URL. Pembaca lebih mudah mengetikkan www.computerhero.com ketimbang www.computer-hero.com Nah satu perbedaan kecil dalam mengetikkan URL telah memberi nilai lebih situs pesaing Anda.
-Jika seseorang menceritakan situs Anda secara lisan, "Aku kemarin download video di computer hero dot com, cepat dan gratis". Mereka yang mendengar tentu cenderung mengetikkan "computerhero.com" dan bukan "computer-hero.com"

Keuntungan:
-Search Enginee akan lebih mudah menemukan blog Anda karena kata kuncinya menjadi jelas.
-Domain yang tanpa tanda seperti computerhero.com mungkin telah terjual sehingga ada banyak pilihan domain jika dengan membubuhkan tanda. Setidaknya dengan menambahkan tanda Anda masih kebagian domain. Hehehehe

5. Bentuk Jamak
Kadang ketika Anda meminta permintaan domain, misal computer.com, dan ketika domain itu telah diambil orang lain, maka secara otomatis Anda diberi alternatif seperti:

MyComputer.com
TheComputer.com
Computers.com

Nah, jika Anda memilih menggunakan My atau The, saat Anda promosi harus selalu dengan nama penuh dengan menyertakan "My" atau "The". Oleh karena itu saya selalu mengiklan kan blog saya dengan nama "www.MasDoyok.co.cc" dan bukan "Doyok" saja.

Nah, saya sarankan anda tidak memilih Computers.com karena kemungkinan sangat besar orang lalai mengetikkan huruf "s" dan itu mengarah pada situs pesaing Anda. Anda akan kehilangan pelanggan Anda.

Nah sekali lagi saya katakan pikirkan dahulu domain Anda sebelum memulai bisnis Anda di Internet yang begitu "sensitiv".

Semoga bermanfaat







Komentar

  1. artikel yang bagus...bener jangan salah pilih nama, memang banyak yang bilang apalah arti sebuah nama, namun buat saya nama adalah awal orang mengenal diri kita...jadi saya setuju semua dnegan isi artikel ini, sukses terus...

    BalasHapus
  2. yup kang,dengan semakin unik namakita akan semakin cepat di kenali di SEO,oiya kang bannermu dah ku pasang wa cari bannerku kok ndak ada ya ,apa mungkin jatuh kang ???he he he sukses kang silahkan ambil award persahabatan dariku kang klik yuukk bunuh diri part -2.nuwoen,salam indonesia damai

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. @devianty iya setuju, Mas Doyok sudah menjadi nick saya sejak sekolah hahaha
    @peace oke mas maaf bannernya segera saya pasang
    @danang iya, bener banget mas danang

    BalasHapus
  5. @bachabe thx banget udah mau coment yah

    BalasHapus
  6. mantap mas infonya... jadi tambah ilmu nih... makasih banyak mas...

    BalasHapus
  7. @cahyadi sama sama mas, seneng bisa kasih info

    BalasHapus
  8. ouw ide bagus nieh, hatur nuhun alias tararengkyu mas doyok, nice information.

    BalasHapus
  9. Mitos huruf "o", ini perhatikan situs2 top dunia banyak yg mengandung huruf "o" misal : google.com,yahoo.com,hotmail,microsoft,facebook.com,youtube.com,kompas.com,nokia,dst...walaupun bukan sebuah kepastian: sebab ada jg site yg ngetop tanpa ada huruf "o", misal: twitter,friendster,detik.com,gatra,dst...dst...
    dan kepada nama blog ini yaitu masdoyok.co.cc itu gampang saya ingat...hehehe karena mengandung huruf ooooooo hohoho

    BalasHapus
  10. Bermimpi punya domain sendiri, ah akang mingin2ni

    BalasHapus
  11. salam sobat
    trims infonya mas,,
    memang saya juga sering tuh ngga memperhatikan tanda pada URL,,makanya terjadi error, ngga bisa muncul blog saya.
    ternyata kurang titik saja,, jadi error juga ya,,

    BalasHapus
  12. selalu ajja ada hal bermanfaat baru tiap saiia maen ke sini.. maksii kang infonya.. ntar saiia mo bikin domen somay.com dehh biar gampang :(

    BalasHapus
  13. Trims infonya, sangat bermanfaat nambah ilmu.
    Sekarang terima pasang iklan yaa...? boleh nih ikutan.

    BalasHapus
  14. wah info yang sangat bagus!!!

    BalasHapus
  15. salam mas....
    Informasi yang amat menarik. Ia juga berguna kepada yang baru mengenali blog seperti teman disini.

    BalasHapus
  16. @ocim thx juga udah comenttt
    @danang bener juga
    mas dooooooooooyooooooooooooooooooooooooook hehehe
    @prafangga hahah aku gak pengen ah :D
    @NURa kala gak error malah lari ke blog lain kan...
    @genial hahah kayak makanan aja neeeh
    @harto iya mas silahkan pasng mrah kok wkekeke
    2wahyu sip deh mas thx yaaa
    @perngumpul makasih yah udah comentttt

    BalasHapus
  17. wah kalau nama domain yg cocok bwt saya apa ya?
    saya pengen gnti url nih jadi apa ya?

    BalasHapus
  18. Saya lebih suka dengan domain yang cukup panjang.

    Dan kocaknya lagi saya membuat blog dengan domain yang tidak nyambung dengan isi blognya.

    Isi blog: SEO

    Domain blog: siapayangpantas.blogspot.com

    BalasHapus
  19. @7sins topiknya apa sob
    @rizki iya pengaruh terhadap SEO tuh :)

    BalasHapus
  20. saya ucapkan terima kasih informasinya,

    BalasHapus
  21. Saya baru-baru ini membaca artikel mas doyok, oh iya saya mau tanya gimana cara ngubahnya? Saya selalu tidak bisa mengubahnya mohon info nya ya ?

    BalasHapus
  22. nice share mas doyok :)

    salam blogger.

    ksks-blog.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer