Tip Blog: Siapkah Anda Dengan Blog Anda?

Ketika saya berkunjung ke berbagai blog Ada beberapa hal menarik yang saya tangkap. Salah satunya banyak sekali blog yang 'ngambang' dengan artikel yang berbeda-beda tanpa mempunyai satu tema yang jelas. Pertanyaan saya... Siapkah Anda dengan Blog Anda? Siapkah Anda menatap pasar pemirsa? Siapkah Anda benar-benar membuat blog Anda tampil dalam dunia yang luas? Nah, untuk itu ada satu hal yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda sendiri, "Apakah blog Anda benar-benar dibaca oleh pasar?"

Baik, saya langsung masuk ke dalam bahasan. Tidak sadarkah Anda, misal bagi blog pemula yang dalam sehari sudah mencapai seratus hingga dua ratus pengunjung. Anda melakukan berbagai editing dan lain sebagainya, membalas comment juga hal hal lain. Anda tak sadar '50' angka pada pertambahan hit counter adalah Anda sendiri. Nah, '50-150'sisanya anda tidak sadar juga itu adalah teman blogger yang saling berkunjung, mungkin juga teman dekat Anda akbat Anda senang melakukan blog walking.

Lalu dimana nilai bagi 'pemirsa' dalam hal ini adalah orang 'awam' selain blogger yang justru 'lebih memiliki tujuan' untuk mendapatkan informasi???
Dan kembali lagi, bagi mereka orang awam adalah mencari 'hal yang spesifik'. Dan jika blog Anda memilki hal yang 'bercampur' maka mereka tidak mau 'kebingungan' mendatangi blog Anda dan hars memilah informasi terlebih dahulu sementara mereka punya sedikit waktu.

Khusus bagi pemula! Siapkah Anda dengan blog Anda?
Bila Anda memutuskan memiliki sebuah blog Anda sebenarnya harus mempertimbangkan hal ini dahulu sebelum memulainya, agar Anda 'benar-benar siap'

1. Tujuan Blog
Anda harus tahu "untuk apa Anda membuat blog" dan "apa yang akan Anda lakukan dengan blog ini" Tentukan dulu tujuan atau kalu tidak blog Anda akan berhenti di tengah jalan nantinya.

2. Menentukan Target Pemirsa
Nah, ini hal yang sangat penting sekali. Tanyakan pada diri Anda "Siapa yang akan melihat situs saya?" "Apakah mereka punya dana atau teknologi untuk akses blog saya"
Ini penting jika blog Anda ingin benar-benar dilihat pemirsa. Jika Anda berhasil menjawab "Siapa yang akan melihat situs saya?" baru Anda ke tahapan "Apa yang mereka inginkan" dan itu lebih mudah membantu Anda dalam penulisan Artikel karena Anda sudah tahu pasar Anda.


Dua hal penting yang menentukan 'jangka panjang blog Anda' dan bukan hanya 'kepuasan sesaat'


Komentar

  1. menarik banget nih, mas. setuju. pemula semacam saya perlu mengikuti tips2 mas nih. thanks.

    BalasHapus
  2. @sastra wah makasih banget, jadi yg first neh

    BalasHapus
  3. Siip bos setuju banget deh pokoknya..

    BalasHapus
  4. kok telat bacanya yah.. sip.. sipp.. sipppp..
    tapi masih mikir, hikz..
    Belum ketemu juga mas, mo bikin blog yang kaya apa gitu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer