Blog Konsultasi (4)

Selasa malam. Sedikit mendung. Membuka email dan menemukan beberapa pertanyaan. Ada 11 pertanyaan. Lumayan juga. Beberapa saya balas langsung via email. Namun tiga pertanyaan ini menarik perhatian saya. Ketiganya tidak sekali dua kali ditanyakan teman blogger. Atas dasar itulah akhirnya saya memilih postingan ini untuk artikel blog konsultasi edisi empat. Pertama, soal membuat daftar isi otomatis, penggantian olderpost newerpost, dan yang terakhir adalah Thank You Page.... Mari ikuti hingga tuntas...


1. Daftar Isi Otomatis
Tanya:
"........ mas kalo buat seperti punya KR itu gimana? klik olderpost, maka muncul hanya judul saja...."
"........mas, gimana cara membuat seperti daftar isi lengkap punya mas? apakah itu otomatis?"
"........kalau kita menggunakan daftar isi seperti tutor nya mas doyok, manual dong bakal capek...."

Jawab:
Itu beberapa pertanyaan yang saya anggap mempunyai penyelesaian sama. Nah sebenarnya saya pernah posting tentang hal ini. Namun, memang saat itu saya tak mengatakan secara khusus untuk fungsi pembuatan daftar isi otomatis.

Bagi yang ingin membuatnya sebenarnya sangat mudah. Pembuatan daftar isi otomatis hanya menggabungkan dua fungsi. Pertama adalah melakukan edit agar hasil cari hanya menampilkan judul. Kedua adalah fungsi penampilan semua postingan.
Step 1: Hasil Cari Hanya Judul, Step 2 : Tampilkan Semua Postingan.


2. Mengganti OlderPosts dan NewerPosts dengan Text
Tanya:
"......bagaimana cara mengganti navigasi older post itu degan text yang diinginkan. Misal artikel lama gitu mas...."
"......saya coba eksperimen mengganti older newer dengan text tapi kok terjadi pesan keslaahan ya...."

Jawab:
Mengatasi masalah ini sangat mudah. Sebelumnya saya pernah posting soal penggantian menjadi gambar. Nah pada dasarnya untuk menggantinya dengan text sama saja.

Cari kode berikut ini <data:olderPageTitle/>
untuk older posts/postingan lama dan ganti dengan text sesuai keinginan Anda. Misal dengan 'Yang lebih lama'
Untuk newerposts/postingan baru yang diganti adalah <data:newerPageTitle/>
dan untuk home yang diganti adalah <data:homeMsg/>

3. Thankyou Page EmailMeForm
Tanya:
".... saya telah buat emaimeform sesuai tutor mas, namun pas saya cek setelah coba kirim email kok malah ke home ya mas?..."
"....sob, di Kang Rohman itu kalau selesai kirim email kok bisa ya muncul halaman terima kasih? sementara aku dan blog kamu selalu kembali ke halaman depan...."

Jawab:
Untuk pertanyaan pertama, justru itu fungsi thankyou page bekerja. Itu menandakan kalau pengiriman telah berhasil. Nah, langsung saja saya bahas menyambung dengan pertanyaan kedua tentang pembuatan thankyou page.

Pertama, buat postingan yang berisi halaman terima kasih.
Kedua, Perhatikan pada saat Anda mengikuti proses pembuatan emailmeform, maka Anda akan dihadapkan pada beberapa kolom isian. Salah satunya kolom isian thank you page, nah isi kolom tersebut dengan URL atau alamat postingan terima kasih Anda yang telah dibuat sebelumnya.

Jadi, setelah seseorang selesai melakukan pengiriman dengan contact form, maka akan otomatis di arahkan ke url yang anda isikan pada kolom thank you page.

Klik untuk pembuatan emailmeform lengkap

Sekian, semoga bermanfaat dan pertanyaan terjawab.

Komentar

  1. pertamaaaaaaaaaaaaaax
    tidur ahhh ngantukkk

    BalasHapus
  2. owwwwwww gitu ya mas doy, makasih atas ilmu dan dongengnya mas doy, hehe....

    BalasHapus
  3. lo yang pertaamaax kok mas doy sendiri...?
    mas problemku ada dua nih :
    1. Avatar kolom komentarku jika sudah lebih dari lima yang komentar gak muncul avatarnya. ( yang muncul avatar default )
    2. Menampilkan Top Commentator Namaku sendiri ikut muncul ( malunya malah teratas sendiri hik ).
    .........
    makasih ya mas...

    BalasHapus
  4. tuh avatarku disini muncul...
    tapi di blogku suka error...

    BalasHapus
  5. JIIIAAAHHH...


    pertamax enak bner ??

    yang punya blog lsg ketik pertamax..

    curang amad loe YOK !!!

    huahaua...


    NICE tips... !!!
    kren" tipsnya sob...!!

    keep $Miles... :)

    BalasHapus
  6. t q infonya mas..
    ini doyok yg di tipi bukan!? :D

    BalasHapus
  7. Trims Mas Doyok dah berbagi ilmunya, Semoga Allah SWT selalu memberikan ilmu yang lebih & bermanfaat.

    Terus berkarya tuk para sahabat blogger & terus berbagi ilmu tuk kita semua. TETAP SEMANGAT.....

    BalasHapus
  8. terima kasih semuanya, NULL coba nanti ya :D

    BalasHapus
  9. emangnya ini konsultasi dari siapa ja mas doy...kan sudah mas doy posting smua kan...?

    BalasHapus
  10. iya lex, namun ioni akan lebih mudah dimengerti :D

    BalasHapus
  11. aku belum sampeksitu bang doy..msh bljaran

    BalasHapus
  12. sip mas mantap nih keren ah ijin konsultasi ya mas

    BalasHapus
  13. wah jadi enak nich....bisa konsultasi kapan2x

    BalasHapus
  14. banyak banget nich dapat ilmunya..makasih banyak mas doyok

    BalasHapus
  15. mas doy bisa bantuk perbaiki css ngga yach maklum gaptek banget bukannya rapih malah jadi berantakan

    BalasHapus
  16. mkasih semuanya
    buat bisnis
    silhkan add YM saya masdoyok10@yahoo.com

    BalasHapus
  17. terima kasih atas blog konsultasinya..
    sukses selalu buat mu sob..

    BalasHapus
  18. makasih juga untuk komennya bang

    BalasHapus
  19. blog konsultasi yang ini emang ajib,...........

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah, ada ilmu bloging banyak di sini. Terima kasih mas Doyok

    BalasHapus
  21. terima kasih sudah mampir dan komentar di rumah saya buat yoma dan mas much

    BalasHapus
  22. siip mas do (emot cap jempol) #(emot pake kaca mata item) :D

    BalasHapus
  23. Mantap mas tutorialnya, saya tunggu blog konsultasi selanjutnya

    BalasHapus
  24. salam sobat
    wah baru pertama kali saya menjumpai blog yang artikelnya konsultasi ini..
    bermanfaat untuk semua para blogger termasuk saya yang akan bertanya tentang kesulitan.

    trims mas DOYOK doanya

    BalasHapus
  25. terima kasih semuanyaaaaaaa
    telah mampir dan bersedia
    comment

    BalasHapus
  26. terima konsultasi pribadi ngga sih
    hihih

    BalasHapus
  27. terima kasih semua yg telah komen

    BalasHapus
  28. ManTeB bgt infonya mas..ntar gw coba jg.. ayoo sob ikutin TutoR di atas... ;-)

    BalasHapus
  29. Makin CANGGIH aja, OTAK Mas Doyok neh...!!!
    BRAVO, Mas Doyok

    BalasHapus
  30. hmmm info yg menarik..perlu dicoba neh...sekalian blajar otak atik html kekekek

    BalasHapus
  31. Yun sdh bkunjung mas Doyok.. dg dmkian, Murid Anda btambah. Hihihi.. (ktawa setan)

    BalasHapus
  32. nyooooooo.. thanks pencerahannya master doyok hehehe

    BalasHapus
  33. pertanyaanku blm ada solusinya mas Doy.. :(

    BalasHapus
  34. trims mas doyok.. ternyata yang aku cari selama ini ada disini.. thanks

    BalasHapus
  35. mau maaf kurang nyambung ma, mau bertanya tempat hosting file yg bagus, cause di fileve dan sifmirror, aku sering error, site ku jadi rusak

    BalasHapus
  36. @lina ada kok di konsultasi sebelumnya
    buat semuanya terima kasih yaaaa

    BalasHapus
  37. @smilerteam
    kalau pengen bagus mending puinya sendiri
    gratisan sampai saat ini semuanya gak stabil :D
    kalau pengen yah cpba hotlinkfiles.com
    googlepages
    dan ripway
    namun sama saja gak stabil

    BalasHapus
  38. konsultasi nih sob, apa rahasianya nih alexanya bisa dibawah seratus ribu, keren sob

    BalasHapus
  39. @rachmat
    sampe sekarang aku masih ngumpulin data
    soalnya rahasia alexa sudah di posting dimana mana hahaha

    BalasHapus
  40. jadi avatar kalau begini lebih baik dibuang saja deh mas....
    kayaknya aku stress masalah avatar komentar...

    BalasHapus
  41. @rachmat
    sampe sekarang aku masih ngumpulin data
    soalnya rahasia alexa sudah di posting dimana mana hahaha

    BalasHapus
  42. Semua pertanyaannya sdh pada dijawab dah !!!

    BalasHapus
  43. @NULL bgener juga yah null
    aku gak sada
    @hendrie thx thx bro sob

    BalasHapus
  44. aku tunggu artikel selanjutnya ya mas sukses selalu

    BalasHapus
  45. arek elek mampir dolan tok mas...hehehe...:D

    BalasHapus
  46. jiah mas doyok membuka lapak klinik tah salut dah lanjutkan boz xixixixi.....

    BalasHapus
  47. Mantap... tapppp.... klinik konsultasinya mas doy :thumbsup:

    BalasHapus
  48. mas doyok jadi dokter ya,, hahahaha.. ad alat dokter tuh tp roomen g tau namanya apa

    BalasHapus
  49. tambah siipp...gan!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer