Kredibilitas Situs Part. 2 : Template

Sebelumnya saya pernah posting tips membangun kredibilitas situs. Masih banyak hal selain yang pernah saya sebutkan yang menetukan profesionalitas Anda dalam dunia blogging. Kali ini saya membahas lebih jauh mengenai template. Jika Anda ingin terlihat professional, maka perhatikan segala aspek hingga yang terkecil termasuk template. Apakah template Anda sudah mencerminkan Anda seorang blogger pro? Ambilah kesimpulan setelah Anda membaca tuntas artikel ini.

1. Jangan Terlalu Berat
Semakin berkembang jaman, waktu adalah hal yang berharga. Jadi jangan membuat pengunjung ilfil hanya karena terlalu lama menunggu load blog Anda. Usahakan blog Anda ringan dibuka.

Blog terlalu berat bisa terjadi karena:
- Terlalu banyak widget (apalagi widget realtime seperti recent posts, recent comments)
- Terlalu banyak gambar di halaman utama
- Memang template dasar sudah berat (perhatikan kilobyte template saat Anda akan download)
- Terlalu banyak animasi
- Terlalu banyak menampilkan posting
- Terlalu banyak javascript
- Sedikit Script namun rusak (bisa jadi script tidak rusak, namun hostng tempat script tersebut mengalami gangguan, bahkan bisa membuat load blog berhenti)

2. Simple Adalah Pilihan
Sesuai judul tersebut, saya tidak mengatakan semua blog professional menggunakan desain simple, namun simple adalah sebuah pilihan. Beberapa situs professional memang melibatkan berbagai animasi menarik namun mereka telah tahu bagaimana menangani masalah loading sehingga blog mereka tetap cepat walau berisi berbagai animasi.

Simple adalah sebuah pilihan karena sebagian besar blog professional menggunakan desain simple.

3. Buat Template Anda Spesial
- Ganti Background Header Anda
Pertama kali yang orang lihat begitu membuka blog adalah Header, oleh karena itu ganti header Anda dari template dasar agar terlihat berbeda dan spesial. Untuk mengganti header cukuplah anda menuju bagian css.

Tips buat pemula:
Untuk mencari kode background sangatlah mudah. Pada template kode background dengan gambar di tulis seperti ini:

background: url(http://alamatgambaranda.com);

Nah isikan alamat gambar Anda pada bagian yang berwarna merah.
Jika Anda kesulitan mencari kode background asli, silahkan Anda buka blog Anda. Nah, pada bagian gambar yang ingin anda rubah, silahkan klik kanan. Lalu klik View Background Image (gambar paling belakang) atau View Image (bukan gambar background). Nah setelah klik gambar tersebut akan terbuka, perhatikan url gambar pada adress bar.
Masuk ke editing template, cari url tersebut dan bisa kamu ganti dengan url gambar baru sesuai keinginan.

- Ganti warna bagian-bagian template
Jika warna asli template tidka diganti tentu akan ada sejuta kesamaan di dunia ini, oleh karena itu gantilah sesuai keinginan dan tema blog Anda.

Tips Buat Pemula:
Kode background dengan warna pada template adalah:

background: #kodewarna;

Ganti yang berwarna merah dengan kode sesuai keinginan Anda. Untuk emlihat kodenya, silahkan baca kode warna HTML.

4. Jangan Hilangkan Copyright
Jika Anda belum menggunakan template buatan sendiri jangan sekali-kali menghilangkan bagian credit template. Akan sangat memalukan ketika seseorang ternyata mengetahui template Anda adalah hasil adopsi sementara Anda mencoba menghilangkan jejak pembuat dengan menghapus bagian credit.

5. Panjang Antar Sisi di Halaman Utama Sama
Bagi Anda yang menggunakan template dilengkapi sidebar, bahkan mngkin hingga 3 kolom selalu usahakan untuk membuat panjang yang sama. Kebanyakan kasus adalah kolom posting terlalu panjang ke bawah. Sehingga ketika scrooling ke bawah terkesan sidebar kosong.

6. Atur Tinggi dan Lebar Widget
Setiap Anda menambahkan widget jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan dimana widget akan ditempatkan. Atr width dan height widget sehingga benar benar pas, tidak ada bagian yang hilang atau menutup sidebar. sesuaikan juga warna widget dengan template.

++ Gunakan Template Karya Sendiri

Bagi Anda yang telah benar-benar mahir.
Semoga bermanfaat...

Komentar

  1. wah great info mas doyok... nih aku lagi perbaiki seluk beluk templateku... hehehe

    BalasHapus
  2. makasih infonya mas gmn ada template buat aku gak yang 4 colum desainya kayak kang rohman

    BalasHapus
  3. hm...Meski gw Blogger newbie tp tetap MERDEKA sukses buat Blogger Indonesia segera Patenkan Blog anda Masing2, Bukan begitu mas !!!

    BalasHapus
  4. Blogq berat banget mas doy sepertinya perlu ngelakuin tips yang nomer 1 tuch... makasih mas doy..

    BalasHapus
  5. makasih mas, atas info2nya yg begitu bermanfaat terima kasih

    BalasHapus
  6. heuumm (baca2)..sy tertarik point buat template sendiri -> step2 cara buatnya gimnaa mas..eeh..waah tpi udah part 2.. gw mo bca yg part 1 dulu.. mas dodoy siapin kopi yaa gw masi lama baca2 disini..buruuuuAAN mas kopinyaa.. huss..huss

    BalasHapus
  7. oke oke wkkaakaka
    silahkan silahkan dibaca

    BalasHapus
  8. siap mas ntar aku buat spesial deh template ku hehehehe

    BalasHapus
  9. ya ya oke oke , punya mas asep header udah digant ya :)

    BalasHapus
  10. Kayaknya Menarik neh, boleh di coba kan, mas doyok...??!!!

    BalasHapus
  11. salam sahabat
    good posting walah jadi teringat peristiwa yang terjadi ingat ga hayo....xie xie nei alias makasih ya..good luck 4 U..

    BalasHapus
  12. Makasih banget ilmunya mas..punyaku msh asli sekali..

    BalasHapus
  13. Cobain deh tar malam..ubah template..

    BalasHapus
  14. Makasi mas. Aku rencananya mau ganti template nie.
    Ntar klo ada masalah aku nanya ya?

    BalasHapus
  15. keren habis Mas paparannya,detail lagi Mas (emot jempol) ,sekalian mau ucapin terima kasih karna udah rata-in sidebar dan postingan blogku, puas banget mas :p . good job mas

    BalasHapus
  16. tambahan dikit lagi neh, gimana tuh caranya ngatur background body tapi sekaligus jadi header? sulitkah itu mas?kok kadang gambar yg sudah ku upload resolusinya berubah mas? misal aslinya width 678, habis upload kok ngak sampai segitu mas? thank mas

    BalasHapus
  17. Thanxs dah mampir mas,saya emg lg nyari template yg pas buat blog saya.Kayaknya tmplate kang rohman lumayan bgus,ntar mau ganti bground nya di warnet,maklum saya kelola blog cuma di handphone saja.

    BalasHapus
  18. mantap tu..mas doy sip ...

    BalasHapus
  19. mas kalo aku pake url forwading/redirecting co.cc ada pengaruh nggak dengan loadingnya dan rating alexa

    BalasHapus
  20. wah.. manteb ne....
    pengen sih pake template buatan sendiri..
    tp, males buatny.. hehe

    BalasHapus
  21. mantap om, tutorialnya, tapi no.5 kok blm di implementasikan di blog anda om !!!

    BalasHapus
  22. wah, manteb mang mas doyok, trims bro

    BalasHapus
  23. wah bang ocim sudah sama kok :)

    BalasHapus
  24. Ini kelanjutan yang mana mas doyok,koq aq gak liat yang part 1 nya...

    BalasHapus
  25. sampai detail tiga kali aku membacanya...
    ternyata sangat bermanfaat masalah template.
    aduh kalau begitu mesti cek up lagi nih templateku.
    menurut mas Doy, templateku berat gak mas?

    BalasHapus
  26. alexa lo tambah gila sob gw turun lagi nih mudah mudahan ngejar walau postingan baru 25 biji maju terus pantang mundur wokeeh

    BalasHapus
  27. pelajaran yang sangat berharga dari seorang mas doyok...mas berkunjung ke tempatku yach..tlg di koment yg kurang dan bgm cara perbaikkannya..maklum gaptek banget nich

    BalasHapus
  28. ndafender hwhehe makasih :)
    oke adek gak berat banget kok

    BalasHapus
  29. ow, episode satu ada di tips membangun kredibilitas situs mas :)

    BalasHapus
  30. Sepakat deh kalau masalah kredibilitas ini!
    Salam..........

    BalasHapus
  31. Muantaaaaab... Makasih Mas dah mo berbagi ilmu

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. semangat terus yooooooook ha ha

    BalasHapus
  34. mas doyok emang blogger favoritku deh

    :-D

    oke banget tips nya mas,tapi aku juga pake template yang simple ko
    :-P
    cuma kebanyakan gambar,hehehehehe
    jadi blog aku juga lumyan lama sih di load nya,tapi untung g lama banget juga

    happy blogging y

    BalasHapus
  35. @admin(masdoyok)
    mmm. . . izinkan saya bekomentar.!
    saya sependapat dengan anda, mengenai simpe the best.
    saya memiliki 2 blog, yang satu lumayan simple, satunya lagi full animasi terutama di css dan script yang banyak saya tambahkan(widget gratisan hanya 1 biji).[dua duanya tentang tips blogging]
    anehnya setelah saya cek di google analysis, wow waktu rata-rata di situs(lebih memihak ke blog animasiku).!

    oia mas, ternyata css itu mudah banget di baca beda ma javascrit, kok rumit ya.!(bisa bantu gak.?),
    mmm. .html 4(alhamdulillah udah bisa baca+nulis), html 5(stenganya), css(cuman bisa baca+ngedit), javascript(gak ngerti), php, mysql,dll(gak ngerti sama sekali+gak niat plajarin abisnya ga punya compi).
    0ia maaf ya mas coz komentar saya gak nyambung.

    gak tau kenapa ya, blakangan ini rasanya saya malas banget ngeblog. ku pengen banget bikin tutorial html, cuman gak punya punya compi, saya ngeblog cuman pake handphone. ku slalu bdoa agar saya mampu membeli komputer(mungkin 2020).
    sekedar share for blogger, disarankan gunakan album web picasa(untuk image host) dan site.google untuk (simpan file.js, .css), dulu saya pake photobucket(img host) dan ripway(file host), sekarang koneksinya/ngereload luman cepat beDa ma dulu.

    HAPPY BLOGGING

    BalasHapus
  36. sama halnya membangun citra blog di dunia maya

    BalasHapus
  37. oke semuanya semoga bermafaat :"D

    inTHEAM
    nah saya sendiri soal html masih terus mempelajrai
    kalo css mah emang simple dan modifnyapun mudah :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer