SEO Tour: Lebih Jauh Menentukan Keyword
Sesuai janji saya, setelah sebelumnya saya menerbitkan metode post terbaru untuk blog saya dengan label SEO Tour, dengan artikel pertama Cara Cepat Mencari Keyword Bagus, kali ini saya akan melanjutkan tour ke tujuan berikut. Masih membahas keyword, namun kali ini mari kita optimalkan lebih dalam lagi dalam penentuan keyword. Menarik ketika saya membaca berbagai pemaparan di banyak blog dan melahirkan suatu pertanyaan, "Bagaimana Anda menilai keseimbangan antara banyak orang yang mencari keyword tersebut dengan banyaknya hasil yang ditemukan?". Pertanyaan cerdas pikirku...
Beberapa hal berikut ini adalah hal-hal yang layak Anda perhatikan dan kemudian Anda pertimbangkan:
1. Popularitas
Untuk mencari kata kunci populer sudah pernah saya bahas sebelumnya pada Cara Cepat Mencari Keyword Bagus. Selain itu untuk lebih optimal Anda bisa menggunakan tool seperti SEO Book Keyword Suggestion Tool dan Google AdWords: Keyword Tool.
Namun, gunakan juga pemikiran dewasa. Pertimbangkan untuk menciptakan keyword baru. Jika ada suatu peristiwa yang baru dan sangat populer, mungkin google belum akan menghasilkan data keyword event tersebut sampai satu bulan kedepan. Anda tak bisa menunggu, yang Anda lakukan adalah menjadikan event itu keyword secepat mungkin.
2. Kompetisi
Mungkin ketika Anda mengetikkan suatu keyword di google seperti football
maka mungkin Anda mendapatkan 504 juta hasil pencarian
Dilain waktu Anda mengetikkan keyword Indonesia football competition
maka hasil yang ditampilkan lebih sedikit sekitar 1 juta saja.
Kebanyakan orang memilih keyword lebih populer, namun mereka tidak memikirkan kompetisi.
Lebih banyak hasil akan menelurkan kompetisi yang lebih berat. Sementara dengan kata kunci lain, hanya menghasilkan sedikit hasil cari, maka kompetisi jauh lebih ringan.
Yang perlu Anda pikirkan adalah top 10. Ketika Anda bertaruh memilih keyword terpopuler, maka top 10 tidak akan kuat dan stabil karena ketatnya persaingan. Di lain sisi, ketika Anda memilih keyword tidak terlalu populer bisa jadi Anda akan sangat kuat berada di top 10 sampai beberapa bulan.
Kesimpulannya, jangan hanya memilih kata kunci yang populer, tapi gunakan juga pertimbangan kompetisi.
Plus... Plus... Plus...
Misal kita kembali ke keyword football dengan banyak pencarian. Bagaimana Anda membacanya di google?
- Keyword: Football
- Top 10: Sudah Adakah Blog Anda?
- Dari: 504 juta
Dari ketiga list tersebut saya memutuskan meninggalkan keyword football
Alasannya tentu karena keyword itu sendiri. Sekarang orang memilih yang spesifik. Coba Anda pikir siapa yang akan ketikkan keyword football? Saya pikir akan sedikit sekali. Sekarang orang sudah lebih pintar dan mereka ingin mendapatkan lebih sedikit hasil namun tepat sasaran. Orang akan langsung ketikkan ke tujuan misal, "Bursa Transfers Liga Inggris" dan bukan 'Bursa Transfer' saja bahkan sangat kecil untuk ketikkan 'Football' saja.
Orang cenderung mengetikkan "Profil David Beckham" dan bukan "Profil Pemain" saja atau bahkan "Football" saja.
Mengapa keyword football begitu populer? Karena google mengumpulkan data dari beberapa keyword yang mengandung kata football, dan itu tidakmengindikasikan bahwa orang ketikkan 'football' saja bukan???
Conclusion...
- Update setiap hari dan tulis berbagai ragam posting yang tidak keluar topik sehingga Anda bisa menggunakan keyword berbeda.
- Gunakan Google AdWords: Keyword Tool (untuk mencari kepopuleran keyword dari arah pembaca). Anda bisa pertaruhkan satu posting untuk keyword populer, namun dengan 2 sampai 3 posting selanjutnya dengan keyword medium saja. Coba lagi keyword populer untuk waktu yang sedikit renggang.
- Gunakan SEMRush untuk mengetahui kompetitor Anda. Melacak berdasar alexa dan Pagerank.
- Perbaiki pagerank Anda dengan rajin bertukar link
- Perbaiki Alexa Anda dengan cara rajin blogwalking
- Gunakan juga logika untuk menentukan keyword, pikirkan masa depan dan mungkin Anda berani menciptakan keyword baru.
- Satu kesimpulan terkahir, jumlah hasil cari dari suatu keyword di google jangan sampai Anda salah mengartikan. Itu bukan mengindikasikan keyword tersebut populer di kalangan pembaca, namun sebaliknya, itu mengartikan keyword tersebut populer di kalangan penerbit.
Semoga bermanfaat, mempelajari SEO memang tidak mudah, sesulit saya mencari kata-kata untuk mempermudah Anda memahaminya. :D
Beberapa hal berikut ini adalah hal-hal yang layak Anda perhatikan dan kemudian Anda pertimbangkan:
1. Popularitas
Untuk mencari kata kunci populer sudah pernah saya bahas sebelumnya pada Cara Cepat Mencari Keyword Bagus. Selain itu untuk lebih optimal Anda bisa menggunakan tool seperti SEO Book Keyword Suggestion Tool dan Google AdWords: Keyword Tool.
Namun, gunakan juga pemikiran dewasa. Pertimbangkan untuk menciptakan keyword baru. Jika ada suatu peristiwa yang baru dan sangat populer, mungkin google belum akan menghasilkan data keyword event tersebut sampai satu bulan kedepan. Anda tak bisa menunggu, yang Anda lakukan adalah menjadikan event itu keyword secepat mungkin.
2. Kompetisi
Mungkin ketika Anda mengetikkan suatu keyword di google seperti football
maka mungkin Anda mendapatkan 504 juta hasil pencarian
Dilain waktu Anda mengetikkan keyword Indonesia football competition
maka hasil yang ditampilkan lebih sedikit sekitar 1 juta saja.
Kebanyakan orang memilih keyword lebih populer, namun mereka tidak memikirkan kompetisi.
Lebih banyak hasil akan menelurkan kompetisi yang lebih berat. Sementara dengan kata kunci lain, hanya menghasilkan sedikit hasil cari, maka kompetisi jauh lebih ringan.
Yang perlu Anda pikirkan adalah top 10. Ketika Anda bertaruh memilih keyword terpopuler, maka top 10 tidak akan kuat dan stabil karena ketatnya persaingan. Di lain sisi, ketika Anda memilih keyword tidak terlalu populer bisa jadi Anda akan sangat kuat berada di top 10 sampai beberapa bulan.
Kesimpulannya, jangan hanya memilih kata kunci yang populer, tapi gunakan juga pertimbangan kompetisi.
Plus... Plus... Plus...
Misal kita kembali ke keyword football dengan banyak pencarian. Bagaimana Anda membacanya di google?
- Keyword: Football
- Top 10: Sudah Adakah Blog Anda?
- Dari: 504 juta
Dari ketiga list tersebut saya memutuskan meninggalkan keyword football
Alasannya tentu karena keyword itu sendiri. Sekarang orang memilih yang spesifik. Coba Anda pikir siapa yang akan ketikkan keyword football? Saya pikir akan sedikit sekali. Sekarang orang sudah lebih pintar dan mereka ingin mendapatkan lebih sedikit hasil namun tepat sasaran. Orang akan langsung ketikkan ke tujuan misal, "Bursa Transfers Liga Inggris" dan bukan 'Bursa Transfer' saja bahkan sangat kecil untuk ketikkan 'Football' saja.
Orang cenderung mengetikkan "Profil David Beckham" dan bukan "Profil Pemain" saja atau bahkan "Football" saja.
Mengapa keyword football begitu populer? Karena google mengumpulkan data dari beberapa keyword yang mengandung kata football, dan itu tidakmengindikasikan bahwa orang ketikkan 'football' saja bukan???
Conclusion...
- Update setiap hari dan tulis berbagai ragam posting yang tidak keluar topik sehingga Anda bisa menggunakan keyword berbeda.
- Gunakan Google AdWords: Keyword Tool (untuk mencari kepopuleran keyword dari arah pembaca). Anda bisa pertaruhkan satu posting untuk keyword populer, namun dengan 2 sampai 3 posting selanjutnya dengan keyword medium saja. Coba lagi keyword populer untuk waktu yang sedikit renggang.
- Gunakan SEMRush untuk mengetahui kompetitor Anda. Melacak berdasar alexa dan Pagerank.
- Perbaiki pagerank Anda dengan rajin bertukar link
- Perbaiki Alexa Anda dengan cara rajin blogwalking
- Gunakan juga logika untuk menentukan keyword, pikirkan masa depan dan mungkin Anda berani menciptakan keyword baru.
- Satu kesimpulan terkahir, jumlah hasil cari dari suatu keyword di google jangan sampai Anda salah mengartikan. Itu bukan mengindikasikan keyword tersebut populer di kalangan pembaca, namun sebaliknya, itu mengartikan keyword tersebut populer di kalangan penerbit.
Semoga bermanfaat, mempelajari SEO memang tidak mudah, sesulit saya mencari kata-kata untuk mempermudah Anda memahaminya. :D
artikel yg bagu mas...
BalasHapussoalnya ku masih nubi kalau soal SEO
Sukses ya mas
numpang tanya, saya sering baca harus pake keyword yg banyak dicari, tetapi klo blog kita tidak ada sangkut pautnya dengan keyword itu apa ya mesti dipake jg hanya untuk populerkan blog kita? misal blog kita berisi gambar lucu, terus pake keyword football, nah gimana tuh?
BalasHapussip tu...mantap ...aq coba ne..hehehe
BalasHapusmas yok makasih ya
BalasHapusalexa siippp
mas ARYO:
jangan sampai seperti itu, pada dasaranya google membenci blog yang berbeda dalam menginformasikan data ke google dengan informasi yg diterima pembaca
jangan lakukan kecuragan dgn keyword palsu mas
terima kasih
postinganya pasti bermanfaat sebab banyak lagi kontes ceo ni..
BalasHapuskalo bicara SEO, aku gak pernah bener2 paham... sulit dan rumit
BalasHapusbangas, kalau soal kontes SEO keywordnya sudah ditentukan, artikel ini tidak tepat lagi
BalasHapusstep by step...biar gak paham tetap mengikuti.
BalasHapuslama-lama pasti paham...
malu bertanya sesat di jalan.
seo, keyword, kontes...
semoga semua sahabat blog tetap semangat walaupun kurang mengerti seperti saya.
Mas Doy memang selalu memberikan yang terbaik...
makasih dennadan dab loverrr
BalasHapussepakat, apalagi kalo kita punya toko online, long tail keyword biasanya menghasilkan penjualan yang lebih baik dari pada sekedar keyword yang hanya satu kata saja.
BalasHapusmantebs deh tulisan mas doyok...good info brader...
BalasHapuswah...telat ni jd pembaca pertama...tp g' ap2...dpt ilmu baru lagi ni ...
BalasHapusmakasi mas Doyok ^_^
wah emang keren nih
BalasHapusmanbtass
bener fcebook
BalasHapussaya akan bahas lebih jauh long tail keyword nanti
tukedit
makasih yah
arie
hehe padahal kamu yg saya kasih bocoran
keren banget nih tip seonya aku coba dulu ya mas
BalasHapusjoin ah..!
BalasHapuscantik tenen postnya...
BalasHapussellu dpat ilmu yg mantab2 dsini, thxs share ilmunya mas
BalasHapussiip mas post nya... perlu di terapin ni... hihihihi
BalasHapusterima kasih semuanyaaa
BalasHapusmantap mas doy penjelsannya ni, saya coba rab-raba kembali keyword aq hehehe
BalasHapusbelajar keyword .... catet, catet lagi
BalasHapusMantap mas. Saya lagi kerja keras nie mengoptimalkan keyword. Makasi ilmunya.
BalasHapusternyata SEO itu ribet..
BalasHapuswah...bisa jadi pertimbangan neh untuk postingan ntar, thank you mas
BalasHapussip, thx semuanyaaaaaaa
BalasHapuswaduh ngiri dengan postny mas doy...
BalasHapuskeren2... hehe
mas doyok nie klau bikin artikel seuanya bermanfaat maksih ya....
BalasHapusbaru dari praktek lapangan aja neh, moga berhasil :D
BalasHapusSEO itu sulit banget yach.. kalo gak telaten bisa putus ditengah jalan gara - gara yang namanya SEO ini.. xixi
BalasHapusya SEO emang rumit
BalasHapusapalagi saya yg barusan ketendang
namun tetep semangat
artikel yang sangat bagus. bikin saya semangat truss.. untuk mendalami SEO,, walopun ter seox-seox.
BalasHapusAlhamdulillah, dapat banyak ilmu SEO di sini. Bermanfaat Mas Doyok. Terima kasih
BalasHapusterima kasih yahhhh siip mas
BalasHapusMantap mas doy....
BalasHapusU coment I coment,
BalasHapusmakasih ilmunya mas, izin baca ya???
wuidih enak nih Tips SEO nya,langsung dicoba mas doyok...
BalasHapusmakasi tips nya
BalasHapusterima kasih semuanyaaa
BalasHapussungguh ulasan yg sangat memberikan gambaran baru tentang cara menentukan suatu artikel, tq mas
BalasHapusmakin mantab aja mas doyok ne, suwun mas
BalasHapuswah keren mas doyok
BalasHapuswah...aliran seo tips ya....keren...mas
BalasHapuswaduh mantap mantap nih
BalasHapusmakin keren aeee iki mas :thumbsup:
BalasHapusmaknyuz mas,, nice posting,, i will try,,bravo mas doy..
BalasHapussalam kangen dari china
BalasHapuswah good posting ya selalu jadi yg pertama dari belakang he..he..good lluck for U
harus baca pelan2 nih...makasih artikelnya sangat bermanfaat.
BalasHapuskapan2 balik lagi deh, lum ngerti nih...
BalasHapusmakasih.
tips yang sangat bermanfaat sekali.. trims ya.. :D
BalasHapusDapat ilmu lagi dari Mas Doyok, pelajari duluuu baru masukkin arsip nanti langsung ke TKP
BalasHapusMas Doyok... lagi kejar tayang yaaa...?
wah komen aku kebaca nggak ya...
BalasHapusmemang masalah utama saya adalah dalam menentukan keyword, walau sudah banyak postingan tapi sedikit yang ke index google
thanks infonya mz... coba praktek dan moga PR ku naik.. amiieenn..
BalasHapussip miss evi, terima kasih semuanyaa
BalasHapusKeyword adalah segalanya...
BalasHapusha ha, nongol lagi he he, coba dech ne , trim mas yok,,,
BalasHapussip semoga sukses
BalasHapuspngen bljar SEO tp posting ja msih minim,,
BalasHapus