SEO Tour: Optimalkan Judul Blog

Kembali lagi di seri SEO Tour. Perjalanan semakin panjang namun ini akan sangat berkesan untuk blog Anda dan google. Serangkain artikel SEO di masdoyok adalah penghubung antara Anda dengan google. Banyak hal telah di bahas, coba berlari ke halaman belakang masdoyok dan lihatlah apakah Anda melewatkan banyak artikel sebelum membaca tips SEO ringan ini namun saya jamin akan berdampak besar. Seri kali ini akan membahas mengenai blog title atau judul blog. Beberapa cara bisa dilakukan agar blog Anda lebih hebat di google hanya dengan trik judul blog.

http://www.dataflurry.com/images/seotour_02.jpg


1. Benar dalam Memberi Judul Blog
Banyak blogger melakukan kesalahan fatal ketika mereka membuat judul blog sesuka hati tanpa mempertimbangkan google.

Kasus 1, Memberi judul blog sesuai nama pemilik blog. Misalkan blog Mas Doyok, maka kadang orang berpikir untuk memberi nama, 'MasDoyok's Blog' atau 'Blognya si Doyok' dan masih banyak lagi.
Kasus 2, Penambahan atribut di depan dan belakang judul blog. Misalkan blog software lantas mereka memberi judul, '----Software Gratis----' atau '~~~download software~~~' dan masih banyak lagi
Kasus 3, Menggunakan angka. Misalkan mereka menulis judul blog mereka, 'd0wnl0ad 94me' atau 't1p5 f4c3b00k' dan masih banyak lagi
Kasus 4, Memberi nama blog dengan pesan selamat datang. Misal 'Welcome to my blog' atau 'Selamat Datang; dan masih banyak lagi

Beberapa kasus di atas adalah contoh. Anda harus memikirkan judul blog yang tepat karena sangat mempengarhi SEO. Pikirkan apa yang orang ketikkan. Saya sarankan Anda membuat judul blog dengan tiga kata dan memisahkannya dengan tanda garis tegak (|) atau koma (,)
Misal: Mas Doyok | Blog Tips | Blog Trik atau Tips Facebook | Free Ebook | Free Software
Yang perlu diingat juga jangan mengulang kata tiga kali, cukup dua kali saja. Misal: Blog Tips | Blog Trik | Blog Info (Kata 'blog' diulang tiga kali). Google selalu menganggap yang berlebihan sebagai spam.

Untuk mengganti judul blog cukup login ke blogger, klik Pengaturan kemudian dasar. Disana ada kolom untuk mengisi judul Blog.



2. Tekankan Judul Postingan
Tekankan judul postingan Anda, Trik ini terbukti sangat ampuh. Pada keadaan standart setiap kali orang klik postingan Anda, maka nama blog yang muncul adalh dengan format:
Judul Blog: Judul Postingan

Untuk optimasi SEO Anda yang Anda lakukan adalah hanya menampilkan judul postingan untuk url postingan (saat salah satu artikel dibaca) atau membaliknya menjadi format:
Judul Postingan Judul Blog


Cara Hanya Menampilkan Judul Postingan
 - Login ke blogger
- Tata Letak
- Edit HTML
- Centang expand templates widget
- Cari kode ini : <title><data:blog.title/></title>
- Ganti dengan kode berikut:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>
Mungkin kode Anda lain, tidak ada kode <title><data:blog.title/></title> namun ada kode seperti ini <title><data:blog.pagetitle/></title> maka yg diganti adalah kode tersebut.


Atau alternatif untuk menampilkan Judul Postingan di Depan
Bagi yang ingin menampilkan judul postingan di depan, cari kode berikut <title><data:blog.title/></title>

Ganti dengan kode di bawah ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Semoga bermanfaat dan google semakin mengenali Anda... Jangan sampai melewatkan seri Adsense malam nanti...

Komentar

  1. wah saya sudah tersindir nih, dulu blog saya emang kayak gitu mas saya kasih atribut di depan judul, berkat saran mas doyok saya ganti juga, mantap mas postingan nya n thankzz wasuuuuuuuuuuuuuuup

    BalasHapus
  2. bener mas doy, semua uda saya lakukan mudah2an bisa masuk dalam jajaran terbaik google yah

    BalasHapus
  3. oke malindo dan ais makasih komennya

    terutama buat yg komen pertama emang paling cakep

    BalasHapus
  4. Emang judul blog mesti kaya gitu ya mas. Mesti pake 3 kata? Punyaku 2 loh. Ada saran ga ditambahin apa?

    BalasHapus
  5. ya gak hars tiga kata
    namn kalau tiga kata kan keyword yang disenggol lebih banyak :D

    dealis saya segtu mas sepert halnya meta tag juga :D

    kalau memang pasnya dua kata gak masalah mas :D

    kala pengen 3 kata saya punya ide ntuk memisahkan komputer dan windows itu :D

    BalasHapus
  6. walah mesti di perhatikan juga nih mas, kemarin aku nemu postingan sendiri, isinya mig33, di mesin pencari malah free template, berita, dll heheheee, repot juga yach :p , good info mas doy

    BalasHapus
  7. iya kadang sering terjadi error seperti tu
    ayo semangat untk SEO

    BalasHapus
  8. kalo mau ganti judul blog yg lama dengan judul yang baru, tar ada pengaruhnya ke account feed, alexa, sitemeter gak?

    BalasHapus
  9. salam sahabat
    wah bagus mas Doy...kupelajari ulang biar praktek gampang thnxs n good luck ya

    BalasHapus
  10. @denadna gak pengaruh mas
    hanya oengaruh dalam hal SEO saja
    asal url tetap gak papa
    @Dhana oke semoga berhasil dhana
    emang harus telaten kalau mau blogging

    BalasHapus
  11. aku coba optimasi beberapa topik yang lebih utamanya aja , karna terlalu banyak label mas :P

    BalasHapus
  12. oke bener
    harus yg utama
    jgn terlalu banyak

    terlalu banyak optimasi
    jadi gak konsen mas dan gak terpusat
    hasil gak maksimal

    BalasHapus
  13. wah oke mas mantep punya nih
    kayaknya sindir blog saya karena depannya pake ]]] kayak gini wkwkwk

    BalasHapus
  14. lantas gak ditampilin blognya ya :)

    BalasHapus
  15. bagaimana dengan blog saya mas udah dua kali ganti judul tapi malah judul pertamanya yang paling banyak muncul di google

    BalasHapus
  16. @munir
    jangan lupakan soal meta tag
    mungkin meta tagmu lebh beart ke judul pertama
    :D

    butuh waktu juga utk memantaqpkannya jadi gak bisa instan

    kemungkinan lain judul yg kamu pilih adalah judul yg sangat tenar dan kamu belum mampu bersaing :D

    BalasHapus
  17. mantab infonya nih kang... siip deh.....

    BalasHapus
  18. oke makasih kang riau semoga bermanfaat

    BalasHapus
  19. Niceeee tippss mas doy.... kira2 teplok udah bagus ga ya judul blog dan postingannya???

    BalasHapus
  20. oke segera berangkat kerumahm mas teplok

    BalasHapus
  21. Infonya menarik sekali sahabat,.. di tunggu selanjutnya

    BalasHapus
  22. Kalau yang posting mas doyok,,,
    Siiippp....deh....

    BalasHapus
  23. @kang suroto oke bbeneran nunggu ya
    @smanja oke semoga sukses
    @wong ganteng wkwkwk kalau postnya jelek gimana mas :D
    oke supportnya thx
    @ocim oke terima kasih kang ocim

    BalasHapus
  24. Pencerahan!!! Sebaiknya judul blog saya apa Mas? Karena punya saya isinya gado-gado. Makasih sebelumnya atas wejangannya

    BalasHapus
  25. Mantap nih,, langsung ganti ah!!
    jggn lupa mampir mas?!

    BalasHapus
  26. Aku kok biasa aja ya.. Keder bin bingung mas. Maksh infon.. Salam

    BalasHapus
  27. Mas Doyok aku ingin ikuti sarannya, tapi apaka kalau sering ganti judul blog, apa gak dikatakan lenjeh ( kemaruk sering ganti) soalnta aku sudah sering ganti judul.

    BalasHapus
  28. kalau blog gimana menurut mas doy

    BalasHapus
  29. wah, mantep bangetz neh mas doyok. . thank's bangetz infonya. . udah lama ga mampir ke blog ini. dan ternyata blog ini semakin tinggi traffic ranknya dan bagus. . SALUTT DEH :D

    BalasHapus
  30. bermanfaat sekali nih tipsnya.. tengkyu mas :D

    BalasHapus
  31. mantap nih ilmunya sob... jadi tambah pengetahuan.. ^_^
    salam kenal dan tetap kerja keras sob karena kerja keras adalah energi kita

    BalasHapus
  32. kelir irenk, yang pasti pilih judul yang mungkin diketikkan pembaca dan cukup populer :D

    rock terima kasih kunjungannya]

    kakve la maunya apa kakve :D

    imam sip nanti saya mampir balik

    tukcor semoga bermanfaat untukmu dan semuanya

    dasir... ini bukan satu satunya pertimbangan SEO
    namun akan sangat mempengaruhi

    BalasHapus
  33. mas sulas, jangan se4ring gonta gantio, kalau keseringan bagaimana akan maksimal semua butuh proses, jika optimasi yang satu judul belum selesai lantas sudah ganti gimana, mulai nol lagi dan seterusnya
    oleh karena itu mulai sekarang mantapkan judul blog Anda

    maksudnya cem mana rizky?

    mas eko makasih support dan dukungannya

    blogger ceria terima kaih juga untuk komentarnya

    diktat oke semoga bermanfaat dan makin dikenal google

    BalasHapus
  34. Mantap mas doy....... lanjutkan

    BalasHapus
  35. @mas...artikelnya menarik banget...langsung aku coba ya mas

    BalasHapus
  36. maksudnya blog q menurut mas doy gimana

    BalasHapus
  37. wah nice info banget nih mas, mungkin saya bisa mengkoreksi kesalahan saya, maklum saya gak ngerti sama sekali tentang SEO

    BalasHapus
  38. wah mantap info nya
    mas doy mulai dulu saya menggunakan tip n trick yang pertama... apakah ada mslh dengan seo mas doy ..???

    BalasHapus
  39. jaya bener semoga mantap

    kang setia, utuh proses utk merasakan hasilnya, semoga berhasil

    kurang bagus rizky
    coba poikirkan siapa yang akan ketikkan kata 'rizky home' di google??? jarang skali bukan kecuali temen temen deketmu

    oke rifky kamu sama prmasalahannya dgn rizky tulung agung :D

    ada, berhubungan dgn keyword :D

    BalasHapus
  40. aplg kl jdul blogx ky jdul blogq z master... wakakaka...

    BalasHapus
  41. Musti sering - sering belajar nih sama mas doyok . . . ditunggu lho mas artikel yang lain

    BalasHapus
  42. kenceng baenget sih mas . . .. post nya . .


    kecepatan berapa ne?

    BalasHapus
  43. @yun bener itu kurang frindly di google
    @aditx oke aditx jgn lupa follow atrau langganan via email agar jai yg tercepat
    @sunrise kecepatan turbo mas hehehhee

    BalasHapus
  44. lagi2 mantap! thumbs up deh mas doyok (ama jempol kaki juga heheh)!

    BalasHapus
  45. masih belum paham mas... tolong jelasin detailnya dunk...

    BalasHapus
  46. detailnya gimana ni mas :D
    maaf baru online ini sudah detail kan :D
    ym: masdoyok10@yahoo.com

    BalasHapus
  47. siap mengikutii jejakk kang doyokkkk......

    BalasHapus
  48. kalau judulku gmn mas? Dah Ok lum? Oia, meta tag tuh apa? thanks ^_^

    BalasHapus
  49. @tubir heheh semoga sukses deh
    @akhlis
    intiya buat judul yang mungkin orang ketikan
    jadi judul sebagai keyword : atau kata kunci

    meta tag.... ad YM saya masdoyok10@yahoo.com

    BalasHapus
  50. maaf itu saya ya yang di atas ini

    BalasHapus
  51. thank y tas informasix.pst aq praktekin deh

    BalasHapus
  52. masuk ke artikel ini yang ke 2 x mas he he abis lupa cara2nya hik hik tanks ya mas.....

    BalasHapus
  53. @7789107696828087749.0
    sip m,as :D

    BalasHapus
  54. Terimakasih mas, infonya sangat menarik sekali, Nice Blog ya..:)
    oy, ada info bagus ni. Ikuti SEO Kontes "Bukan Sekedar Blogger Bertuah" Kunjungi Website: http://www.darma-saputra.co.cc/2010/03/bukan-sekedar-blogger-bertuah-ala.html. dan 7 tips menang SEO Kontes "Bukan Sekedar Blogger Bertuah" lihat di http://www.darma-saputra.co.cc/2010/03/7-tips-menang-seo-kontes-bukan-sekedar.html

    BalasHapus
  55. makasih mas infonya, sangat bermanfaat sekali khususnya utk pemula seperti saya ini

    BalasHapus
  56. terima kasih mas,
    judul saya baru saja saya optimalkan

    BalasHapus
  57. Tips SEO dari mas doy menjadi acuan saia...

    BalasHapus
  58. Salam kenal mas doyok. Izin ikut mengamalkan ilmunya hehe...

    BalasHapus
  59. minta ijin juga, mau mengamalkan ilmu mas doyok.. amatiran seperti saya sangat terbantu dengan artikel seperti ini.. tohitem bersyukur bisa mampir ke tempat ini. Matur Nuwun...

    BalasHapus
  60. excellent...muantap...maksih infonya ya mas..

    BalasHapus
  61. thank's banet nih mas...bisa di coba nih..:)

    BalasHapus
  62. newbie nih d dunia o-blog-o-blog :D
    Ada bbrpa model script yg beda di tips2 blogger lainnya. Ngaruh ga, Mas?
    Saya coba 1 gagal. Berhasilnya pake punya Mas Doyok

    Trims, Mas

    BalasHapus
  63. memasang tag yang disarankan blog doyok harus diteliti lagi sebab mas doyok juga nggak gratisan alias didalamnya html kita ada tag dari blog doyok.

    BalasHapus
  64. saya merasa ada yang salah dengan judul blog saya

    BalasHapus
  65. mass doyok..makasi infonya..
    mass bisa bantu aku gak,,tolong di cek dong di blog aku, apa pemasangannya udah bener apa blom..?? itu juga klo mass ada waktu buat mampir ke blog aku..??

    BalasHapus
  66. untuk yang menampilkan judul postingan dulu tag coba kug ga bisa gan, tlg bantuanya ya gan,,

    BalasHapus
  67. yg seperti apa mas, menampilkan hanya judul postingan?
    utk tanya banyak hal gaaubung aja mas di FORUm.MASDOYOK.CO.CC

    BalasHapus
  68. Makasih banyak om,, walau aku terlambat mengetahui info ini, karena ternyata template yang aku gunakan sudah make title seperti ini,,
    pantesan pas aku save selalu erorr...

    iixxixixix

    BalasHapus
  69. owh ternyta begitu hemm sya coba ubah dulu mudahn aja dpat bersaing di serp

    BalasHapus
  70. Tapi di judul blog saya malah jadi numpuk kode seperti itu, hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer