Geographic Target di Webmaster Tools - Set Indonesia

Mungkin beberapa blogger berpikir ingin go internasional, namun, jika kontennya masih berbahasa Indonesia, seperti blog mas doyok tentu akan sangat susah bersaing. Kalaupun orang luar nyasar mungkin akan ditutup walau telah diberi fasilitas google translate yang hasilnya belum benar-benar bagus. Nah, jika Anda sudah bermain-main dengan webmaster tools untuk optimalkan blog Anda, pada settingan default, target geografis masih ter-setting global, nah saran saya untuk blog berbahasa Indonesia silahkan Anda set target geografis Anda menjadi Indonesia, agar lebih khusus bersaing di Indonesia.

 http://www.blogtrepreneur.com/wp-content/uploads/blog-traffic-with-micro-niche.jpg

Apalagi sekarang google otomatis berpindah dari google.com ke google.co.id bagi pengguna google di Indonesia. Oleh karena itu dengan keyword-keyword tertentu Anda akan banyak sekali menemukan blog indonesia di atas blog luar negeri, karena google otomatis berpindah sesuai lokasi pengguna.

Nah, akan rugi bagi Anda jika pembaca blog Anda saja kebanayakan di Indonesia dan Anda masih ter set global maka Anda akan bersaing dengan seluruh blog di dunia dan terbang ke banyak hasil pencarian di berbagai negara namun berada di halaman 10. Tentu tidak akan tersentuh. Saatnya Anda lebih khsus. Incar persaingan lebih kecil hanya untuk Indonesia jika pembaca Anda kebanayakan di Indonesia. Kabar baiknya lagi ini bukan berarti menutup akses Anda untuk muncul di hasil pencarian di luar negeri, hanya saja tak akan sekuat SEO Anda di negara yang anda set sebagai default...

1. Klik untuk masuk ke googlewebmastertools
2. Pada bagian sidebar kiri, klik Site Configuration


3. Klik Settings
4. Pada Geoagraphic Target, pilih Indonesia.



5. Klik Save.

Mudah sekali bukan dan semoga bermanfaat.

Komentar

  1. mas doy curang prtama hu...

    sip mas, komen dulu baru baca

    BalasHapus
  2. kulino ngono kuwi. ndisiki mesti...curtang ach!!

    BalasHapus
  3. mantap mas, segera setting for indonesian only

    BalasHapus
  4. wokeh-wokeh. tr dcoba lagee.. ^_^

    BalasHapus
  5. Sip mas. Saya coba dulu. Makasi infonya.

    BalasHapus
  6. oke semuanya semoga bermanfaat ya :D
    kak roni monggo
    dk monggo
    yun monggo
    yusron
    monngo hehehe

    BalasHapus
  7. gambar apaan wkwkw
    gak paham yus hehehe

    BalasHapus
  8. manteb mas doy..biar target lebih mengena ya sob...

    BalasHapus
  9. mantap infonya mas doyok... berguna banget buat kita2...

    BalasHapus
  10. Masih pikir - pikir mas untuk GO Internasional ilmunya masih kurang maklum Newbie mas . .he..3x

    BalasHapus
  11. ali hasan okee

    aditx
    justru ini buat merka jgn mikir international dulu heheh
    mantapkan lokal :D

    BalasHapus
  12. mangstab,,,, ke TKP dulu,, liat barang bukti,,,

    BalasHapus
  13. oke monggo mas :D
    terus laporin ke kejaksaan

    BalasHapus
  14. punya saya settingannya global apa indonesia yaa, ok akan saya cek dulu.

    wiih mas doy hebat menanggapi comment comment nya gak ada tuh orng yg kaya mas doyok, pokoknya salut deeh...

    BalasHapus
  15. Bagus nih. kalo buat blog Indonesia yang mau Fokus ke Indonesia saja gak ke mana-mana.

    BalasHapus
  16. Sip mas. Saya coba dulu. Makasi infonya.

    Numpang Tenar Posting di blog Mas Doyok ah...

    "Sebelum mencoba layanan ini saya sempat berpikir juga, kira2 apa bedanya ya layanan RedAnyWay dengan follower dan GFC-nya blogger. Dari sisi fungsi jelas kedua layanan ini hampir sama sebagai penjaring pengikut (follower). Nah kalo gitu ngapain ..." baca selengkapnya di www.ikhwaners.co.cc

    BalasHapus
  17. Wahahaha blog aku di Indonesia aja masih diposisi terjongkok, apalagi di Dunia :)
    Nice info ams doyok, kutunggu artikelmu yang tidak pernah tidak menarik

    BalasHapus
  18. wah, salut deh. buat mas doyok..
    ga pernah lelah membagi info kepada juniornya .. salut dah mas.

    thank's mas udah mmpir ke blog saya !!

    BalasHapus
  19. satu lagy mas doy,

    saya mau kasih info.
    ternyata bukan google aja yang ada webmasternya.
    tapi yahoo juga ada..
    silahkan coba sendiri deh. saya udah coba, traffik blog saya http://www.echokom.co.cc dari 700 lebih sampe sekrg 600. peringkat alexa. silahkan coba mas doy. .

    BalasHapus
  20. coodelz
    kalau ada waktu pasti saya tanggapi :D
    mungkin kan dari kalianada pertanyaan yg harus tak jawab
    palinag gak bilang terima kasih :D

    rayhan
    sip
    semoga makin mantep di 10 besar google

    BalasHapus
  21. gus ikhwan
    monggo dicoba :D
    semog bermanfaat

    de jakarta
    makasih dhen atas komennya
    sangat suport saya :D

    BalasHapus
  22. ekochom saya juga sudah tahu kok
    saya pernah beberapa kali bahas yahoo :D
    makasih komentarnya

    BalasHapus
  23. fahrani
    makasih kunjungan dan dukungannya ya :D
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  24. sepertinya mbah google bikin co.id biar cakupan blog lokal jadi terbatas; blognya dibuat versi inggris juga dong mas; biar go international + tambah tajir .. halah..
    ane tunggu tips lapak flip webnya jg he he.. maju terus

    BalasHapus
  25. untuk apa ini mas doy heheheheheh

    BalasHapus
  26. untuk seo ya ini mas mantap nggak nih buat blogku

    BalasHapus
  27. sip alkatro
    tapi soal inggris kurang fasih hehehe :D

    mas asep
    tany dijawb sendiri wkwk
    aduh aduh :D
    makasih mas komentnyaa

    BalasHapus
  28. belajar belajar disini di rumah mas doyok

    BalasHapus
  29. oke mas munir semoag bermanfaat ya :D

    BalasHapus
  30. kalau mslh SEO bhs indo kita bakal keok YOK, tapi kalo mslh tutor bhs Indo jgn takut...wong yg mrk liad bukan bahasanya, tp trik dan prosesnya...hahaha

    BalasHapus
  31. ben justru kalo dgn key umum kalah mending mengkhusus saja di Indonesia hehehehe :D

    BalasHapus
  32. wah Mas... beraaat niih kalo harus berbahasa asing, makluuum.... tapi kalo yang sedang2 aja apa bisa? Yang penting saya mah enjoy aja... berbagi ilmu untuk sesama.....

    BalasHapus
  33. mas harto
    makanya kuatin saja di indoesia :D
    set jadi indonesia biar google lebih menepikan kita ke hail pencarian di Indonesia

    BalasHapus
  34. Makasih infonya mas. Sedot ilmunya ah...

    BalasHapus
  35. ma kasih mas doyok atas infonya, semenjak berkunjung blog ini dapet banyak ilmunya, thanks ya

    BalasHapus
  36. Wah mantap nih mas langsung ke TKP perlu di coba

    BalasHapus
  37. alhamdulillah ilmu gak lagi seret setelah baca2 gini...sukses bwt masdoy...

    BalasHapus
  38. mantebbb tips nya mas,
    di praktekkan n siap meluncur ke TKP !!!

    Thanks mas !!!

    BalasHapus
  39. msa doyok kok sekarng mainnya ke guglewebmaster nih...?

    BalasHapus
  40. mohon bantuannya mas, knp setiap kali sy masuk ke webmaster tool sya tdk menemukan menu dash board disana, thx b4

    BalasHapus
  41. wah mas doy saya ... lokasinya di amerika ne wkwkwkkw gimn mas doy wkwkwk

    BalasHapus
  42. ivan
    makasih juga komentar
    dan dukungannya'

    heru
    oke heru silahkan simakmterus ya

    abbertg :D
    monggo semoga sukses

    BalasHapus
  43. van
    oke sep sep van :D

    mufied
    monggo sil.ahkan dicobi dan moga sukses :D

    ramlan silahkan ramlan semopga berhasil yaa

    BalasHapus
  44. kakve
    mintanya opo nih???
    kebanyakan pembaca minta ini he

    suschenko
    selarang aku ol YM

    alexa
    siapa yg di amrik wkwkwk

    BalasHapus
  45. gotu yak mas, tapi kayaknya pake yg default aja deh, soalnya content saya campur sari bahasanya hehe

    BalasHapus
  46. maksud ane bkn mslh key ato apanya YOK...tuh contohnya kek ane tuh yg datang si fun blog (auk tuh orang mana), aku ninggalin jejak kan kalo postingannya ttg tutor dia mah gak baca bhsnya, tapi liad prosesnya. BUKAN KEY ato geo geo apanya. Lebih menitik beratkan kt meninggalkan jejak manual dr web/blog seseorang YOK...kalo content kek ocim ato ente mah yaaa...minimal bahasa indo yg digunain hrs baku, biar bs di translate.

    BalasHapus
  47. ioya kang punya kamu kan konten inggris kebanyakan

    BalasHapus
  48. oke ben biar kalo ditranslate rada nyambung ya :D sip sip..
    guna screenshot itu jgua yg gak begitu poaham bisa kira kria dari gambar yaa

    BalasHapus
  49. thanks banget master... ini artikel sangat mencerahkan ... langsung ke TKP .. untuk setting blog aku...
    succes 4 U

    BalasHapus
  50. nda cukup dengan webmaster doank mas doy, coba cek blog ane ampir 20 post terbaru muncul semua hehe...

    BalasHapus
  51. oke linggau silahkan
    semoga bermanfaat :D

    amuys
    sepppp
    semoga makin mantep amuyss
    tapi muncul dimana nih....

    BalasHapus
  52. ga mau ketinggalan ah ikutan komentar juga

    BalasHapus
  53. heheh kang sep
    makasih yah supportnya lewat komentar

    BalasHapus
  54. waduh....telat bc replynya mas doyok

    BalasHapus
  55. Tengkyu berat mas tips nya nih, langsung ke tkp bos

    BalasHapus
  56. langsung menuju TPK...tengkyu sam...mohon bimbingannya

    BalasHapus
  57. sip
    semua semog bermanfaat

    suschenko am saya di ym
    muhammad hidayatullah

    BalasHapus
  58. makasi infonya ...
    sudah saya terapkan ... .

    BalasHapus
  59. google nya berarti muter muter terus hehehe

    BalasHapus
  60. Makasih mas doyok utk sharingnya... lgsg menuju TKP...

    BalasHapus
  61. mas doyok lg ol kah?

    BalasHapus
  62. oke semoga bermafaat rock
    suschenko seeep :D

    BalasHapus
  63. oke semoga bermanfaat ya intermedaite
    seo makin mantep

    BalasHapus
  64. Bagaimana bila diset untuk semua Negara (misalnya), apa pertarungan seo semakin sulit

    BalasHapus
  65. walaupun postingan lama, tapi w acungin jempol ya mas!

    BalasHapus
  66. oke mas, punya saya sudah saya set khusus negara indonesia saja
    thanks infonya :)

    BalasHapus
  67. mantap tak tes sekarang...

    BalasHapus
  68. oiya bozz...
    ak set dulu ya... :)

    BalasHapus
  69. @mas infonya sangat bagus nich, saya dulu mentargetkan pengunjunga dari luar negeri dengn mengeset geograp, itu saya lakukan dari beberapa info dari blogger juga sich

    BalasHapus
  70. makasih ilmunya semoga bermanfaat...
    masih bingung juga sih sebenarnya....

    BalasHapus
  71. terimakasih banget ilmunya,,, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  72. sekali lagi,,makasihbanyak atas infonya yg udah di sharing..info ini bener nge bantu saya blogging yg statusnya masih newbie..salut buat mas rizky ... :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer