Hasil Cari di Halaman Posting Anda


Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai Buat Google Anda Sendiri (2), maka kali ini saya akan memberikan trick bagaimana cara menempatkan hasil cari muncul pada halaman postingan Anda sehingga terlihat lebih professional. Sebenarnya cara ini cara lama namun saya yakin beberapa dari Anda belum memanfaatkannya. Contohnya? Silahkan saja ketikkan keyword tertentu seperti 'blog tips' di kotak pencari saya di kanan atas sidebar. Maka hasil cari keyword itu akan muncul di halaman post yang telah kita tentukan.

Jika Anda belum membaca artikel Buat Google Sendiri (2), bacalah dahulu, karena saya langsung menyambung artikel tersebut di tengah jalan untuk trick ini.

1. Buat postingan untuk hasil cari di blog Anda. Berikan judul terserah, misal 'Hasil Cari Blog Ini' atau yang lainnya sesuka Anda. Isi postingan biarkan kosong karena nanti akan diisi dengan kode HTML.
- Publish
- Klik Kanan pada Lihat Entri
- Copy Link Location (simpan pada notebook dan lain-lain)



- Biarkan dulu halaman tersebut terbuka. (nanti kita akan melakukan perubahan isi postingan jadi biarkan dahulu terbuka)

2. Klik Control Panel pada halaman Google Custom Search Engine


3. Untuk mengatur tampilan widget mesin pencari dan kolomhasil cari klik Look and Feel pada sidebar kiri.


Lalu centang pilihan iFrame untuk menampilkan hasilnya dihalaman Anda. Selanjutnya klik Save


4. Untuk mendapatkan kodenya dan bisa diaplikasikan di blog Anda klik Get Code pada sidebar kiri


- Isikan url postingan yang tadi telah Anda buat (nantinya setelah seseorang ketikkan keyword maka otomatis akan membuka halaman postingan tersebut lengkap dengan hasil cari)
5. Nah disana Anda juga akan menemukan dua kode.



6. Kode pertama untuk gadget HTML
- Login blogger
- Tata Letak
- Add Gadget
- Pilih HTML/Java Script
- Masukkan kode pertama tersebut dan Simpan
7. Kode kedua untuk postingan
- Halaman tadi masih tetap terbuka bukan sesuai saran saya? Klik Edit Entri
- Pilih pengeposan model Edit HTML
- Masukkan kode kedua di postingan Anda.
- Terbitkan Entri
Nah, sampai disini semuanya sudah beres. Silahkan buka blog Anda dan coba kotak pencari Anda.

Komentar

  1. Newbie kayak Ane btuh artikel kayak ini Kang,..
    thanks Yaw,..
    Good !!!

    BalasHapus
  2. @fatra maksih deh kunjungannya semoga sukses juga ya

    BalasHapus
  3. << ikut menyimak neh kang.. ^_^

    BalasHapus
  4. wah harus baca dari postingan awal yang tadi baru paham

    BalasHapus
  5. Baru tahu nih.. Thanks ya Om infonya berguna banget nh buat newbie seperti diriku

    BalasHapus
  6. Terimakasih mas. Info bermanfaat lagi nih.

    BalasHapus
  7. sama mas doy, test drive dulu tutornya, mumpung masih pagi ni kenceng koneksinya...makasi mas doyok lagi doyok lagi...

    BalasHapus
  8. salam sahabat
    wah bagus mas makasih ya menambah ilmu saya,jadi betah di sini thnxs n good luck

    BalasHapus
  9. mas doy, blh nanya?...cara buat menu horizontal yg tittle "top of blog" punya mas tu gmn?..kan ada anaknya yg turun kebawah...

    klo ada tutornya bisa kirim ke blog ari mas? di komentarnya..

    he..he..makasi y mas

    BalasHapus
  10. Pas nyoba masih gak keluar hasilnya Mas, akhirnya widget saya hapus lagi.

    BalasHapus
  11. @randy
    silahkansimak dan dicoa saja
    @edi
    wkwkwwwk betul betul hehehe
    @laksamana
    makasih ya laksamana
    sip
    semoga bermanfaat
    @upex
    sama sama makasih komentarnya

    BalasHapus
  12. @lirik lagu sama sama
    ya makasih komentarnya
    @ivan kavalera
    sip semoga bermanfaat
    @kakve
    iya kakve
    soalnya berhubungan :D
    @ramlan
    dicoba ajadulu ram :D

    BalasHapus
  13. @arie oke silahkan sja di test semoga bermanfaat :D
    @alexa
    ol jam brapa kamu heheh
    @dhan
    heheheh syukur deh kalo etah lanjutkanbaca aca dhan
    @arie
    itu pak ul dan li
    aku kaij contohnya aja baca di
    http://www.masdoyok.co.cc/2009/08/mengatur-menubar.html
    @kelir
    coba di hapus dulu cookiesnya
    browsermu ap to???

    BalasHapus
  14. makasih atas infonya mas berguna banget nih

    BalasHapus
  15. Saya juga baru tahu kali ini Mas Doyok

    BalasHapus
  16. Okeh Brdeuh..thanks to mit yu...!!

    BalasHapus
  17. @asep
    oke semoga bermanfaat
    @muchlisin
    oke silahkan dicoba dan
    semoga baik
    @hendrie
    sama sama ya mas
    sudah berkomentar

    BalasHapus
  18. Wh canggih ya... coba dulu ya mas doyok..

    BalasHapus
  19. ilmu yang sangat bermanfaat mas , thank ya

    BalasHapus
  20. thx inponya bang...
    saya coba ah...
    hehehe

    BalasHapus
  21. @kang marno oke semoga bermanffaat
    @boby
    sip silahkan dicoba

    BalasHapus
  22. waalaaaaaahhhh...... baru tau sy mas..ehehehehe

    BalasHapus
  23. oke mascipul dan ihsan
    makasih kunjungannya
    silahkan saja dicoba

    BalasHapus
  24. wah keren nih mas doy baru tau nih...

    BalasHapus
  25. Ouw yang gitu ya...... baru ngerti sekarang ni se....

    ouw ya komen donk mas.... di postingan baruku oke..

    BalasHapus
  26. makasih semuanya yg sudh komentarrr

    BalasHapus
  27. makasih kang sep kunjunganya
    semoga bermanfaat yaaaa

    BalasHapus
  28. Ilmu baru lagi mas doy, thank's yaa!!!!

    BalasHapus
  29. mantep mas doy.... bdw... banner we dh g dipasang lagi nich mas... bles di blog we yak...

    BalasHapus
  30. makasih semoga manfaat muys
    @firex hehe kan muter mas :D

    BalasHapus
  31. keren2 mas...

    ngomong2 dapat kayak gitu dari mana mas?

    BalasHapus
  32. monetize oke sip deh sama sama
    makasih sudah mampir

    BalasHapus
  33. monetize oke sip deh sama sama
    makasih sudah mampir

    BalasHapus
  34. @yusron heheh
    kalo kita mu mneilik fasilitas google sebenarnya banyak banget :D
    dan semua sudah dikasih petunjuk sama google :D

    BalasHapus
  35. mantaaaab triknya mas doyok jadi ingin segera praktek..koment gak panjang keburu pengen dicoba !!!! makasihhhhh

    BalasHapus
  36. mantab mas doy...lanjutkan..tq infonya

    BalasHapus
  37. Saya udah tes masdoyok.. tapi sayangnya error terus pada saat mau di save . terus maksud dari langkah ke 4 saya tidak mengerti, tolong di perjelas.

    BalasHapus
  38. @seo
    oke semoga bermnafaat
    @got
    nomer 4
    klik get code
    nah setelah di klik akan muncul pengisian form di tas dua kode

    iikan dengan url postingan yg sebelumny telah disimpan :D

    BalasHapus
  39. Wah,.mantebh tutorialnya.,makasih mas doy :)

    BalasHapus
  40. Pantesan nyoba yang kayak mas doyok.. gak bisa.. eh ternyata caranya seperti ini yach... ahahaha.. siip thanks.. tapi ajarin yang google custom search engine gak ada logo google dibawahnya dunk.. tapi tetap menggunakan fasilitas dan kemampuan dari google custom search.. trims untuk tutorialnya.. hehe

    BalasHapus
  41. mas.. doyok.. saya masih aneh soalnya saya cuma dapat 1 kode doank dari kemarin tidak 2 kode. terus pas di pasang error terus..

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. @got.... kamu harus baca dari artikel sebelumnya dan coba iktuin lagi mulai dari awal :D

    ini gak masuk tata letak edit html loh :(

    BalasHapus
  44. @tukcor kalo yg versi 12 itu ada.. logonya saja yang rubah

    BalasHapus
  45. Sudah mas saya sudah bener tapi saya masih ga bisa menghubungkan kotak search dengan posting itu doank yang saya bingung sekarang

    BalasHapus
  46. jadi halaman search ama kodenya harus cocok

    sudahkah uat halaman kosong yg dipublish???
    kalua sudah ingat atau simpan URL halaman kosng yang sudah jadi itu

    nah ssaat setelah klik get code
    pada paling atas isikan url postingan itu (bukan hanya url blog)

    kode [ertama masukkan kwidget
    tata letaj
    add gadget
    html code
    masukkan kode simpan


    lalu edit artikel kosng yang sebelumnya dui publish
    pilih mod penegposan edit html
    masukkan kode kedua
    publih ulkang ;D

    BalasHapus
  47. trimaksih atas informasi tips nya

    BalasHapus
  48. seep mas Doy, kayaknya msh banyak yang bingung tuh hehe

    BalasHapus
  49. thanks tutornya ,, nambah ilmu baru lagi ^_^

    BalasHapus
  50. sip deh vienka makasih
    iya kang cim
    padahal keknya udah jelas banget hahaha

    BalasHapus
  51. terima kasih. saya sudah berhasil pasang di blog saya. tapi tidak seperti anda, karena saya bingung dengan langkah ke-5. saya coba cuma ada 1 kode saja. itupun untuk html nya. kalo buat yang gadget misah ga.

    BalasHapus
  52. saya sudah mengerti langkah ke 5. pilih iframe.lalu get code. langkah dari anda kurang lengkap.
    tapi setelah saya test, ko sidebar jadi ketutup. ada solusinya ga.

    BalasHapus
  53. beda kok mas, coba ma mulai dari post yg pertama diruntut nanti ada dua kode mas :D

    BalasHapus
  54. wah dapat ilmu baru lagii thanks mas.. ketkp kedua

    BalasHapus
  55. masih bingung bro caranya gue kan newbie di dunia blogger...
    www.artikeldanphoto.blogspot.com

    BalasHapus
  56. kerja keras
    oke semoga bermanfaaat

    nandi
    dicoba pelan pelan ya

    BalasHapus
  57. errr... Kedua kodenya dipake?

    BalasHapus
  58. Mas Doy .. Nanya ni,aku dah sukses bikinya,ikutin tutor mas Doy,tapi pas di tes ko gede bgt ya,tampilanya ngelebar gtu .. Tulung apa Mas Doy ..

    BalasHapus
  59. Balasan
    1. saya juga sama kayak si Exstacycop gan.

      tolong bantuannya gan??

      Hapus
  60. saya baca di google kita bisa menghasilkan uang dari custom search engine ini. Pemilik nya sendiri boleh menggunakan search engine ini gak ya mas? takutnya nanti kita diblok lagi kalo mencoba memakainya sendiri. Terimakasih

    BalasHapus
  61. mantap udah ane terapkan di blog ane. hanks gan

    BalasHapus
  62. thanks brow...
    http://thazbhy.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer