Menjaga Untuk Tidak Berlebihan Blogging

Mungkin Anda adalah pecandu blog yang kronis. Tidak bisa tidur sebelum melihat blog Anda dan mengawali hari Anda dengan blogging begitu Anda bangun. Anda tak bisa tenang mengerjakan sesuatu hal sementara pikiran Anda terpusat untuk ingin sesegera mungkin segera menghadap layar laptop Anda. Anda memiliki banyak waktu namun merasa waktu Anda begitu pendek. Mari lebih jaga keseimbangan agar Anda benar-benar tepat dalam blogging. Tepat waktu, tepat dalam keadaan dan itu benar-benar akan menghasilkan yang terbaik.

http://www.penuliskomputer.com/wp-content/uploads/2009/07/blogging.jpg


Saya Mengambil Satu Jam di Pagi Hari
Saya memutuskan mengambil satu jam saja dipagi hari. Itu tekad saya namun kadang bisa lebih atau kurang namun dalam batas wajar. Bangun tidur, setelah ibadah kegiatan yang saya sarankan adalah sekedar jalan santai mencari udara bebas agar Anda Fresh. Selanjutnya? Berkumpul bersama keluarga. Itu Penting.

Saya Mengambil Dua Jam di Siang Hari
Seperti yang saya katakan di atas, ini bisa lebih atau kurang. Namun saya berusaha mempertahankannya. Dua jam sudah sangat cukup untuk blogwalking dan melakukan eksperimen. Tapi saya sarankan bagi Anda untuk blogwalking saja guna membangu traffic.

...Dua jam sudah sangat cukup untuk blogwalking...


Saya Mengambil Satu Jam di Sore Hari
Kalau online sore hari yang biasa saya lakukan adalah bersantai untuk browsing atau masuk ke forum. Perbanyak browsing dan Anda akan mendapatkan ide. Juga menjawab beberapa pertanyaa via YM atau Facebook.

Saya Mengambil Lebih di Malam Hari
Malam hari adalah waktu yang cukup panjang dan tentu kesibukan saya sudah berkurang. Saya bisa mengambil sekitar 3 jam. Biasa saya mulai jam 07.00 dan berakhir jam 22.00. Bisa lebih dan bisa kurang. Yang saya lakukan biasanya adalah merancang postingan. Bisa langsung saya publish dan bisa saya simpa dahulu untuk saya publish keesokan harinya. Jangan lupa untuk blogwalking di malam hari karena ini adalah jam yang padat.

Bagaimana Tipsnya?
- Jangan letakkan laptop Anda dikamar tidur Anda atau Anda akan kesulitan tidur.
- Satu jam blogwalking sebelum Anda pergi akan cukup menenangkan. Kita seakan menabung. Saat kita pergi akan datang beberapa atau bahkan banyak orang akibat blogwalking kita.
- Mencoba mencari kesibukan lain selain blogging. Saya sering futsal bersama teman kantor saya.
- Saat Ngobrol dengan teman Anda usahakan berbicara hal lain juga selain blogging. Pertama kali saya ngeblog saya selalu membahas blog dimanapun dan itu benar-benar membuat terobsesi. Sekarang saya berusaha lebih dewasa.

Tips Terakhir...
Jangan terlalu sering mengamati pertambahan hit counter Anda karena itu akan membuat stress. Sebagai blog baru Anda akan melihat perkembangan yang lamban dalam angka visitor dan itu bisa membuat Anda stress. Jangan terlalu sering. Jika sudah memiliki visitor yang mapan dan banyak nantinya, lebih baik Anda memiliki perbandingan melihat blog Anda dan browsing ke blog lain adalah 50 : 50 agar Anda tidak jenuh blogging. Tapi jika saat ini 90 persen blog Anda yang Anda lihat. Itu adalah hal yang wajar.

Semoga bermanfaat. Salam....

Komentar

  1. Wah jadwalnya hampir sama mas dengan saya. Tapi saya pikir kadang2 saya berlebihan nie. Paginya kadang2 mpe 3 jam. Apalagi sore hari, bisa mpe malam. he.. Nice tips mas. Saya akan coba terapkan di kehidupan saya. Thanks.

    BalasHapus
  2. Makasih tips nya mas Doyok...

    BalasHapus
  3. @DK
    oke semoga jadi lebih fresh
    kebanyakan terlalu banyak malah ide gak muncul :D

    @rock
    oke semoga bermanfaat

    tapi itu hanya saya
    contoh saja
    tiap orang tentu berbeda dalam hal fisik dan kesibukan jadi cari yang pas sendiri ya :D

    jangan berlebihan

    BalasHapus
  4. Oiya, aku ada award utk mas Doyok nich...
    Mohon di terima ya...
    Makasih...

    BalasHapus
  5. makasih rock
    saya cek
    lagi ngumpulin malah pada hilng hiks

    BalasHapus
  6. wah matnap tu mas doy tapi kalau saya dapat itu sering surfing dan posting sudah saya persiapkan sebanyak 100 sampai 300 lah

    BalasHapus
  7. ikutan komengggg ahhhhhhh

    keren juga nih mas doy

    BalasHapus
  8. mantabh mas tips nya,,salam kenal ya

    BalasHapus
  9. kalau saya ngambil waktu malam hari, sementara ayu bobok mas doy, terus kalau kerjaan rumah dah beres termasuk setrika dan masak, tapi kalau lagi males setrika sama masak, ya online online aja hwhwhhww

    BalasHapus
  10. @aex
    300 waaaaaaaa
    plok plok

    @kusanaq
    sip dah follow yo

    @english
    sip lam kenal juga
    makasih sudah koment

    @lusi
    hehee
    ayu ayu tenan ya
    jodohke mbek anaku piye

    BalasHapus
  11. Kayaknya tips menarik.
    Iya Mas jika terlalu lama blogging maka akan jenuh, apabila diteruskan bisa bisa "muak" sama nge-blog.
    Mas jika berkenan kasih saran disini apa yang harus saya lakukan

    BalasHapus
  12. makasih kelir semoga bermanfaat :D

    BalasHapus
  13. harus bisa mengatur intinya...klo saya cuma malam hari saja hehehe

    BalasHapus
  14. itu salah satu trouble ngeblogging mas, gak kenal waktu....apa lagi kalo ada waktu kek akuh...shuahuahsuhauhsauha

    BalasHapus
  15. bener juga nih tips nya, sebagai seorang blogger baru saya mmg sgt terobsesi bgt. skrg mencoba untuk menerapkan tips2 ini...mksh info nya...

    BalasHapus
  16. halah mas doyok ki anake sing arep djodoke sing endi ta? apa putune?

    BalasHapus
  17. Wah,baca postingan ini jadi merasa bersalah kalau lama2 nge-blog. Tapi betul juga sih, kadang jenuh kalau kelamaan. Dah 5 bulan nge-blog. Mungkin aku dah mpe taraf kecanduan juga karena suka mikirin dah ada yang kasih komen baru belum ya. Haha...Maklum blog baru.butuh perhatian. Hehe.

    Kalau aku karena ga ada kerjaan offline yg lain, bisa kadang seharian depan laptop. Laptopnya panas, mpe bisa buat goreng.hihi. Tapi beberapa bulan terakhir dah agak mending. kalau puasa kemarin, wuih malah seharian non stop. Sampe mata dan pundak pegel. Sempet ke optik, soalnya aku kira dah minus, ternyata dinyatakan cuma kelelahan mata doang. Haha..parah banget. Akhirnya aku kurangin dikit2 lah. Kelamaan duduk juga wasir nanti.hihi :)

    BalasHapus
  18. wahh ternyta begtuu to mas doyook kesehariannya....pengenyaa sepertii itu.. tapii lawong dari pagi ampe sore aja di kantor.... trus malemmnya iya kalau pas ada jaringan isa ngenet baru blogwalking... thank tipsnya untuk seorang blogger kronis.hehehheee

    BalasHapus
  19. mas doy >> klo aku lebih rampung lagi mas . .
    cus ada business, kuliah and blogging juga . .
    jadi bener 2 padat ne .
    oh ya mas, masih ingatkan? ingatkan lagi deh, beberapa hari kdepan aku ga ada aktivitas blogging, mohon bantuan trafficnya yah . .
    thanks

    BalasHapus
  20. asal bisa memanage waktu dengan baik. dan selalu diselingi dengan hal2 yang menggembirakan, gak akan bosen

    BalasHapus
  21. @kang ndy
    la ki siang jenenge kang hehehe
    @beben
    iya kalau waktu luang terlalu banyak jadi bingung ya mau apa ?
    oleh kartena itu saya saranin cari hobi lain selain blogging biar badan juga lebih sehat kang ben

    futsal kek, basket kek, golf malahan ntar ketemu cady.... :D

    BalasHapus
  22. @mini
    memang sering menjadi dilema
    blog baru tak akan rame tanpa bw sepanjang wktu
    nah, oke deh kalau pada awalya emmang ngebut tap[i intinya jgn sampe berlebihan
    dan melupakan hal yang lain

    @lusi
    makasih buk sudah komentar
    ya mau yg hasan opo husen wes :D

    BalasHapus
  23. alhamdulliah mas klo sekarang malamnya g' lagi sampe pagi, paling lama sampe jam 2 saja, trus paling asik paginya setelah sholat subuh..sekitar 2 atau 3 jam....pagi tu kan koneksi cepat jadi puas ..

    suon mas Doyok...

    BalasHapus
  24. @mas akhlis
    saya juga pernah mersa saya sudah gak normal matanya
    dan au periksa ke dokter eh ternyata cuma kurang tidur
    jadiya sekarang lebih merhatiin tidur
    dan
    makan mas :D

    BalasHapus
  25. @tubir
    kalau saya kesibukan ruitin cuma jam setegah 8 sampai dzuhur
    nah habis itu free :D
    tapi tetep mbagi sam dunia nyata
    akhirnya bloggingnya saya jadwal

    kalau sambil ngantor juga dulu sering curi curi :D waktu

    @sunrise
    makanya harus diperhatiin lagi ntar malah kuliah dan bisnisnya kacau berabe kan :D

    @dena
    makasih sudahd atang dan berkomentar ya
    iya memang tapi tetp saja jgn berlebihan :D

    BalasHapus
  26. @arie
    termsuk kuat juga kamu itu
    heheh
    gak papa deh
    yg penting imbangin juga dengan browsing biar kemampuan kita berbhasa lebih hebat dan pengetahuan tamah

    jagan cuma lihat blog kita saja kan :D
    bw bw

    BalasHapus
  27. Wah, bagus nih tipsnya, biar ngak terlalu kecanduan..

    BalasHapus
  28. klw saya sih hanya pagi sampai siang aja, klw sore sm malam, jarang... waktunya baut dipake ama yang lebih bermanfaat, kumpul ama keluarga + sosialisasi ama masyarakat... oke juga mas doy... mengingatkan para blogger... jangan sampe kecanduan...

    BalasHapus
  29. @deawa iya
    sip makasih komentarnya
    @masakhyadi
    berarti masih lebih parajhsaya ya
    hehehe
    semoga bisa seimbang mas :D pokoknya

    BalasHapus
  30. Sebagai blogger baru memang biasanya terlalu terfokus untuk tips yang terakhir, sehingga stress sendiri jadinya. Terimakasih telah mengingatkan

    BalasHapus
  31. Tips yang bagus. Jadwal Mas Doyok sudah teratur, istiqamah. Kalo saya jadwalnya tidak teratur, kadang2 tidak blogwalking sama sekali.

    BalasHapus
  32. @afdil iya
    saya juga dulu begitu tapi kali ini mencoba lebih dewasa dgn bebrapa menit baru lihat :D

    @mas much
    kalau soal blogwalking saya juga fgak teratur cuma onlinenya alhamdulillah lumayan terjadwal mas :D

    BalasHapus
  33. Info yang menarik mas.... sangat bermanfaat ni bagi yang kecanduan kayak masdoyk hehehe salah kayak aku maksudna hahahaha

    BalasHapus
  34. Mirip2 dengan artikel di blog saya mas doyok. idem, memang over blogging berbahaya bagi kesehatan jiwa dan raga anda.. hahaha. baca aja ya di blog saya (terbit oktober 2009) ini linknya (maaf bukan spam ) :
    http://www.dudioke.co.cc/2009/10/nge-blog-itu-berbahaya.html

    saya mau juga nih submit artikel di blog mas doyok, boleh?

    BalasHapus
  35. haha, hayoo ygsering begadang mana ntar jadi susah tidur

    BalasHapus
  36. @dudi jaya
    silahkan sempoga bermanfaat mas :D
    gak tahu deh lo mirp hehe
    semoga tetep bermanfaat

    @ocim
    hehe oiya kang heheh
    saya jarang sekarang kang udah lama gak begdang

    BalasHapus
  37. @jaya
    ajku dyulu kecanduannya haha
    nyindir aja nih kang ocim ma jaya hehe :D
    semoga bemanfaat

    BalasHapus
  38. klu aq mgkn gbs spt tu. cz....q gpux komp/laptop,krj jm6-13,kul jm 14-17.30,ngrusi organisasi bentar spulg kul, ngasih privat 19-21.30, lbur krj cm jum'at. jd bsanya nyuri waktu d tgh krj... tp blogwalking doank, jrg bs bedah rmh. hehehheee.. mslh pagerank...have fun az laahh...^_^

    BalasHapus
  39. heheheh
    oke deh yun malah bagus tuh
    aku masih terlalu kecanduan nih :D

    BalasHapus
  40. mas, request, bikin artikel dong biar blogspot bisa nge ping artikelnya sendiri (kayak di WP itu yang comment nya berasal dari artikel lain) gimana caranya ya? ato emang ga bisa ya blogspot?

    saya dah ubek2 nih blog mas doyok, muantep.. saya yang oon ini merasa terbantu ma ilmunya.. bagi2 lagi mas ilmunya

    Info : saya ga melakukan boom comment lho mas di blog ini (abis blog ini ga dofollow seh)

    BalasHapus
  41. kunjungan pagi.
    oooh...ternyata malam justru padat ya. baru sadar.
    tipsnya bagus mas doyok.
    saya ijin link ya

    BalasHapus
  42. thanks mas doy,,,,,,,,bermanfaat banget nih,bgi yang baru kenal blog kayak Q.

    thank juga mas komentnya kemarin,,,

    BalasHapus
  43. emang ngeblog nih kerjaan paling mengasikan mas heheheheeh

    BalasHapus
  44. Ok jg tipsnya Mas...Pengaturan jam untuk mengurusi blog memang penting. Demi untuk kesehatan tubuh dan pikiran, terutama bagi mereka yang bukan fulltime blogger.Betul apa yg dikatakan Mas Doy, Terlalu dini bermimpi untuk mendapat pengunjung yg banyak justru akan menghancurkan diri sendiri. Bisa2 malah psikosomatis nanti

    BalasHapus
  45. Susah e mas doy..
    pernah aku berjanji untuk tobat , tapi sakitnya semakin parah
    sakit blogging :p
    kkkakkkk don't try this at home guy's

    BalasHapus
  46. @mas dudi nta cob sya tanyain pad master blog yg lebih pinter pinter :D

    @lina
    bener mbak
    malem justru ramebanget
    jam favorit saya habis isya :D

    @etik
    semoga bermanfaat
    makasih komennya

    @mas asepemngasikkan tapi membuat lalai :D

    BalasHapus
  47. jduulnya keren bang
    bikin penasarn
    hehe

    BalasHapus
  48. luar biasa emang mas doyok nihilmunya
    hihih

    BalasHapus
  49. @still
    coba utk menhan diri kan mas :D

    @rinto
    saya pernah mengalami paasaat awal blogging
    terlalu sering melihat pergantian hit count membuat stress ketika yg diharapkan tak terkabulkan

    @ramlan
    hehe bener
    jangan coba di rumah tanpa pengawasan ramlan ya :D

    BalasHapus
  50. wah ampir tiap hari depan PC mas :P

    BalasHapus
  51. makasih nada dan gaban dan telcomatas komentarnya
    hehehe sip deh support terus yah semoga aku selalu dapet ide :D

    BalasHapus
  52. betul banget mas doy, kecanduan ngeblog sulit ngilanginya!!!!,hehe...

    BalasHapus
  53. TeOpeBegete mas Lanjoootkan comandan !!

    BalasHapus
  54. Jadwalnya boleh juga nih Mas.... kalo saya sih yang paling rutin di pagi hari jalan2 ke dunia maya antara jam 05:00 s/d 06:30 jam2 lainnya tergantung sikon (situasi n kondisi)nya.

    Makasih Mas Doyok atas ilmunya dah mo berbagi, smg suksess selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  55. Terimakasih mas doy hal inilah yang selama ini saya rasakan. Pikiran semua berpusat pada konsep pembuatan posting. selain itu traffic selalu saya pikirkan . . .

    Mungkin tips dari mas doy kali ini juga dapat meringankan beban pikiran saya . . .

    thnks . .

    BalasHapus
  56. salam sahabat
    weleh lhakok hampir sama mas persepsinya hiks..hiks...thnxs n good luck ya

    BalasHapus
  57. makasih naehatnya mas doyok...:)

    BalasHapus
  58. Hati2 juga. Gara2 saking termotivasi pada bloging, seseorang bisa menjadi terikat lho. Misalnya seperti sudah ada kewajiban untuk posting 1 setiap hari...

    BalasHapus
  59. @amuys
    bukan sulit lagi
    butuh bener bener kemantapan utk sedikit saja ngurangin
    apalagi banyak harus bener bener ada tekad

    @hendrie
    oke sersan D:
    makasih komentnya

    @harto
    intinya bisa bagi aj mas harto :D
    semoga sukses

    @MU
    kita gak janjian lo piter :D

    BalasHapus
  60. @aditx
    oke semoga bermanfaat ya
    da menjadi masukan

    @dhana
    sip deh
    soal di fb maaf ya :D

    @mas acrom
    makasih juga komentarnya :D
    dan supportnya

    @sanman
    kek saya tuh mas
    heheh rtapi saya lagi kebanyakan ide ntar kalo gak di post kedahuluan orang noh :D

    BalasHapus
  61. Kalo aku tergantung waktu dan duit yang aku punya.. soalnya masih tergantung jasa warnet.. ehehe :D

    Thanks tipsnya.. :thumbs up

    BalasHapus
  62. apa kabar mas doy..!

    maaf belum optimal blogwalking saya, masih dalam kondisi sakit.. :)

    BalasHapus
  63. alhamdulillah..aku ga termasuk pecandu blogging kronis, wuihh..bisa lupa daratan nanti!

    BalasHapus
  64. kalau masih warnet
    perlu anyak anggran nih :D
    heheh

    kakve
    iya sakit apa kok di UGD????

    zahra
    masak gak inget ah
    inget
    simbah award gak :D
    jabat erat temanku

    BalasHapus
  65. Meskipun pakai unlimited saya hanya blogging 4 jam sehari, cukup lah aktivitas sehari-hari supaya tidak terganggu

    BalasHapus
  66. @ivan
    semoga bermanfaat
    @kang deni
    oke masberarti masih oarah saya hehehe

    BalasHapus
  67. wah, sy plg kul paling langsung OL mbah...

    tp g mesti blogging....

    buat postingan kadang2, nunggu ide datang....

    g kayak si mbah yg uda teratur kynya...


    thx y tipsnya mbah....

    hohoho

    BalasHapus
  68. baguz.
    kalo aQ, 2 jam cukup maz.
    klo lg pengen, pling mksimalnya sktar 3jam.
    bsa kurng, bsa lbih. :)

    BalasHapus
  69. oke sama makasih ya cu
    sejak kapan gue jadi mbahawas kamu ya :D
    wkwkwkwk

    BalasHapus
  70. wah masih kecanduan saya yus wkwkw :D
    sip deh semoga manfaat

    BalasHapus
  71. makasi akahatm komennya :D
    maju semoga menag 30 jt

    BalasHapus
  72. heheheeee.... aku ngak melok melok yo mas doy

    BalasHapus
  73. kalo saya mengambil 18 jam sehari....hehehe...nice post sob....

    BalasHapus
  74. mantaf infonya sob..bisa dipraktekan ni...biar g kelebihan,,,pa lagi tugas terjemahan masih banyak...

    BalasHapus
  75. intinya jangan lebay ya mas doy?...sip deh

    BalasHapus
  76. Tulisan bagus-bagus ya mas! Minta Dong Tipsnya!

    BalasHapus
  77. klo saya tergntung saat saya punya waktu luang saja dan di saat saya jenuh ingin blogging !!!!

    wajar mas, saya masih berstatus pelajar, jadi masih bnyak hal yang harus di lksanakan di dunia nyata !!!!!

    Thnks info dan tips nya mas !!!

    BalasHapus
  78. wah jam terbangnya master ternyata lebih banyak dari pemula kayak saya, salut mas ^.^

    BalasHapus
  79. komputer sya smpai gak prnh mati

    BalasHapus
  80. Nife info nih bang... :-)
    Patut di coba nih,

    BalasHapus
  81. @kakve
    saya doain saja boiar cepet sembuh :D

    @ramlan
    melu melu apa bang :D
    heheh
    sip sip
    aku coba dirumah ah wkwkw

    @HAPIA
    waduh klo itu mah bener bener nguras :D

    BalasHapus
  82. raezen
    kuncinya jgn over :D

    amuys
    iya kalo lebay malah gludak hehehe

    mas ronaldo
    silahkan yah dibaca :D

    mufied
    benr yg penting dunia nuyata jgn terbengkalai

    BalasHapus
  83. @prafangga iya to hahaha
    malah poarah aku ay :D

    @jaka
    nah kurangin aja mas :D
    perlahan

    @daun muda
    oke sip semoga bermanffaat

    BalasHapus
  84. tips yang mantab sangat berharga dan guna mas

    BalasHapus
  85. y kalau punya kompi sendiri mah enak, kalau rizky y tergantung kalau punya uang y ngenet kalau g punya y diem d rumah

    mampir yuk mas kerumah q

    BalasHapus
  86. Kalau Tuhan bilang : Manusia diciptakan dalam kabad (Terjemahan Depag, "susah payah", dan menurutku bisa juga berarti suka terbelenggu oleh pekerjaan, kesenangan, cinta dan lain-lain emosi serta aktifitas).

    BalasHapus
  87. mas rudi
    semoga bermanfaat

    riuzky
    heh iya juga
    oke yg penting duni nyata tetep terurus

    jayadi
    memang mas
    blgogging termasuk g mudah membuat orang lalai hal lain :D

    BalasHapus
  88. huahahaha...
    PENTING bangedd...
    nihh...
    terutama buad piet yg lagi kena virus blogging disaat menyelesaikan PROYEK TUGAS AKHIR...
    hehehe
    nice posting ka...
    SALAM KENAL ^__^

    BalasHapus
  89. betul mas,kadang kalau kita terlalu memfokuskan diri pada sesuatu..itu akan cepat bosen nya...dan biasanya tdk akan bertahan lama :)...

    BalasHapus
  90. memang semuanya harus tepat dosisnya .... terlampau berlebihan pasti membuat masalah baru lagi ... trims tipsnya

    BalasHapus
  91. mana nich ditunggu postingan keren yang lebih baru

    BalasHapus
  92. tak enteni postingan selanjute nggih mas doy

    BalasHapus
  93. piet
    iya jangan samapi malah yg lebih pentuing seperti itu terlewat gara gara ngeblog kan
    harus bisa menentukan porsinya

    franco
    makasih juga sudah berkomentar ya :D

    international
    ia harus ada hal lain yg dipikirkan biar otak gak jenuh malah gak bisa mikir deh hehehehe

    BalasHapus
  94. ia mas hatta
    setuju deh
    obat saja kelebihan bakal gak baik
    kekurangan juga gak baik :D

    angga dan mag asep
    oke oek lagi mikir nih :D

    BalasHapus
  95. huehehehe... saya mau membatasi blogging pake cara di artikel ini ah hehe

    BalasHapus
  96. makasih mas reza kunjungannya semoga bermanafaat

    BalasHapus
  97. ini tips paling keren,,hebat banged mas doyok.

    lanjutkan..!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer