Hak Link Yang Hilang

Maaf sebelumnya karena dua hari ini masdoyok tanpa postingan. Ada beberapa alasan sehingga saya tidak bisa berelancar bersama Anda di dunia maya. Setelah beberapa post terakhir membahas blog tutorial, saatnya kita kembali ke blog tips yang 'cukup' lama menghilang. Ini lebih karena permintaan pembaca dan kontrol yang lepas dari saya. Bagaimana seo tour berjejer di 3 judul dan blog trik berjejer hingga 4 judul. Saya mencoba lagi teratur dengan mengatur jeda masing-masing seri lebih konsisten.


http://iphoneroot.com/wp-content/uploads/2008/07/copy-paste.jpg

Ada dua hal yang saya harapkan setelah membaca postingan ini, namun saya tidak memaksa karena saya bukan pengadil.
1. Blogger membenahi blog mereka
2. Blogger mencoba lebih jujur

Sesuai judul di atas saya membahas akan beberapa hak link yang hilang dari orang 'pertama', orang yang mempunyai gagasan awal. Bisa jadi dia tukang desain template, atau dalam hal yang lebih sering kita temui adalah penulis blog. Dalam kedua hal template dan tulisan tentu ada seseorang yang pertama kali mempunyai ide dan menuangkannya. Ternyata hasil mereka benar-benar bagus, baik itu dalam bentuk template elegan atau tulisan yang berbobot. Lantas, beberapa pihak menyukainya dan mereka membawanya ke ranah blog mereka. Jika ia suka sebuah template ia akan memasangnya untuk blognya, atau lebih jauh bagi mereka yang mempunyai blog kumpulan template menyajikannya ulang untuk memperlengkap koleksi mereka. Sama halnya dengan postingan, banyak blogger yang mengambilnya lalu posting ulang di blog mereka.

Seharusnya, dalam kasus seperti itu pihak pertama mendapatkan haknya yaitu link. Namun, semakin banyak pengetahuan soal skema tautan dan mulai memikirkannya soal peringkat google para blogger melupakan yang seharusnya.

Bagian Credit Pada Template...
Jika Anda perhatikan pada bagian bawah template (diluar template asli standart yang disediakan blogger) selalu ada baris credit.



Sekarang ini banyak sekali yang dengan mudahnya mengganti tulisan credit tersebut dengan nama dan link blognya sendiri pada bagian designer. Atau beberapa dengan menghilangkan bagian itu. Bahkan saat Anda sudah memodifikasi tampilan itu seharusnya Anda tetap mempertahankan naa designer dan Anda boleh menamabahkan dibelakangnya Modified by NAMA ANDA. Yang pasti hak link seorang designer template tidak hilang.

...dan tidak mempermasalahkannya walau sebenarnya ia berharap mendapatkan haknya...

Jika Anda melakukan pengubahan yang tidak seharusnya atau penghapusan, mungkin tak akan langsung terasa bagi Anda, namun yang pasti proffesionalitas Anda akan berkurang di mata blogger lain yang mengetahuinya.

Sumber Postingan Yang Tak Benar...
http://mrho.net/blog/wp-content/uploads/2009/10/plagiarism.pngMeskipun banyak blogger yang tak mempermasalahkan artikelnya dicopas termasuk saya, namun saya hanya menyajikan apa yang seharusnya penulis dapatkan. Banyak sekali blogger yang hanya menggunakan artikel hasil copas untuk blognya. Itu sah-sah saja menurut google, asal diberi sumber. Beberapa nekat tanpa sumber dan beberapa tidak benar dalam penulisannya. Soal yang tidak mencantumkan sumber tentu sudah jelas, mari kita bahas soal kesalahan dalam penulisan sumber.

Penulisan Harus Benar
Misalkan saja anda mengutip dari google.com lalu Anda tulis google.net. Atau misal untuk blog yang harus mencantumkan www untuk akses, jangan sampe lupa mencantumkan www. Saran saya lebih baik Anda tulis lengkap dari depan.
Contoh: http://www.masdoyok.co.cc/2009/10/whats-new.html

Link Target Harus Benar
Saat Anda memberikan link sumber pastikanlah mengarah ke tujuan yang benar. Jadi Anda perlu check setelah Anda posting. Jika Anda menulis link yang salah justru akan merugikan karena menambah link rusak di blog Anda.

Lebih Baik Langsung Ke Postingan
Sama seperti halnya pada postingan saya yang sudah lama ada beberapa kekurangan kecil soal sumber. Seharusnya link sumber langsung mengarah ke postingan asal dan bukan homepage. Saya masih berusaha memperbaikinya dan cek, semoga Anda juga...

Harus Bisa Ditemukan Pembaca
Saya sering menemui fenomena aneh ketika blogger ingin melakukan kecurangan, misalnya saja tetap mencantumkan link sumber namun menyembunyikannya. Contohnya menulis link sumber dengan warna putih pada background putih. Ini tidak baik bagi kaidah per-bloggingan juga tidak baik untuk google. (Baca: Link dan Tautan Tersembunyi). Dalam penulisan link sumber harus bisa ditemukan oleh pembaca dan tidak sengaja disembunyikan.

Saya tidak mempermasalahkan juga ketika penulis blog hanya mencantumkan sumber berupa teks dan tanpa disertai link. Atau postingan saya yang benar-benar dicopas tanpa sumber. Beberapa blogger beranggapan sama. Merelakan dan tidak mempermasalahkannya walau sebenarnya ia berharap mendapatkan haknya...

Komentar

  1. kalau saya sudah ada konfirmasi sama pembuatnya gimn mas doy

    BalasHapus
  2. Yang saya ketahui banyak artikel saya yang dicopas. Syukur deh ada beberapa yang menyertakan sumber. Namun, ada juga yang ga. Dan herannya posisi artikelnya di goolge lebih bagus dari punya saya.

    BalasHapus
  3. Wah...itu adalah resiko internet marketer...

    Produk fisik aja bisa ditiru, apalagi produk lunak seperti ini...

    Yang saar mas, hampir semua blogger mengalaminya...

    BalasHapus
  4. dengan begitu akan lebih adil ya....

    BalasHapus
  5. kayaknya asyik copas(copy-paste)daripada buat artikel sendiri yang mengbingungkan.................
    hahahhaahhaahah

    BalasHapus
  6. Saya terkadang copas artikel juga Mas, tapi selalu menyebutkan sumber dan linknya. itupun setelah persetujuan dari yang punya artikel.

    BalasHapus
  7. maling2 di dunia maya!!
    hmmm....model majalah z...great job. ajarin caranya dunk..^_^

    BalasHapus
  8. @alexa
    kalau sudah ijin sama pemilik
    sih lain soal :D
    sah sah saja kan :D

    @DK
    nah itu yang sering dikeluhakan ketika peringkat SE kalah maka kita juga akan kelah meski original, tampaknya ini yg terus dibenahi google dalam sistem duplicat content
    akhirnya lebih baik kita terus optimalkan berusaha posting dan SE daripada mengejar pengcopas :D

    BalasHapus
  9. @negerihijau
    iya mas emang harus berlapang dada
    saya tidak mempermasalahkan kok :D
    saya bahkan tidak menyinggung artiken mana yang dicopas
    hanya saja saya menuturkan yang seharusnya

    untuk urusan apakh akan dipakai da dicermati atau tidak
    itu adalah pilihan masing-masing
    dan tentunya saya tidak akan memaksa

    kembali lagi pada intinya kita berbagi agar bermanfaat
    kalau ada yg membantu membagikan ya gak papa :D

    monggo monggo saja
    makasih mas kunjungan dan komentarnya

    BalasHapus
  10. denadnan
    lebih memuaskan saja bagi yg posting pertama :D
    dan sesuai anjuran google

    witular
    emang asyik copas mas
    tapi blogger yang jantan biasanya mencantumkan sumber :D

    BalasHapus
  11. setiawan
    wah kalau itu sangat bagus sekali mas :D
    apalagi ijin
    walau tak ijinpun sebenernya sudah sah asal ada sumber :D

    yun
    ajarin apa saya gak paham :D
    baca yg tuntas ya :D

    BalasHapus
  12. Setuju. Hargai hak cipta dan hak kreasi orang lain.

    BalasHapus
  13. mantap mas Doy, mudah2an makin sadar diri aja yg copas template hehe

    BalasHapus
  14. @muchlisin
    oke mas :D
    kalau ada yg menghargai ya syukurlah :D

    @ocim
    ya sip :D
    kalau udah ijin sih gak papa
    tpi kalo ijin doang dan belum da respon soal ijin udah bertindak buat itu mah sama aja ya kang :D

    BalasHapus
  15. aku suka sich copas,..tapi selalu ikut aturan,...setiap artikel yg aq copy pasti aku cntumin tuh link sumbernya. thx infonya

    BalasHapus
  16. @muchlisin
    oke mas :D
    kalau ada yg menghargai ya syukurlah :D

    @ocim
    ya sip :D
    kalau udah ijin sih gak papa
    tpi kalo ijin doang dan belum da respon soal ijin udah bertindak buat itu mah sama aja ya kang :D

    BalasHapus
  17. bener tuh,....bnyak yg maen copas ajah. kasian kan yg prtma bikin itu artikel.

    BalasHapus
  18. rumah curhat
    oke mas ::D
    semoga bermanfaat
    kalau blog tutorial lebih terikat lagi, meski gak copas total kalau script dapet dari tempat lain tetp nyantumin hehehe
    kecuali mau host ulang dan bakal sulit kedeteksi siapa yg pertama asal dimodif sedikit

    bagus lah yg selama ini pake sumber

    BalasHapus
  19. ajarin bikin post yg ky majalah tu...dcuplik sbagian n dtampilin lbh besar. ms' mta diajarin copaz? wkwkkw..

    BalasHapus
  20. online D:
    kalau soal kasihan tergantung orangnya lgi ya
    kalau orangnya sih ikhlas dan sekedar berbagi pasti gak papa

    tapi kadang laen cerita ketika di google yg copas justru lebih atas
    jadi ngedongkol sekali utk sebagian blogger :D

    BalasHapus
  21. ow yu sudah pernah tak post
    kamu baca aja "pullquote" :D

    BalasHapus
  22. makanya ngak ada artinya buat template mas doy, mau harap sedikit backlink saja gak ada. Kalau kopas aku malah sering kasih domain utama situs sebagai sumber, heheeee

    BalasHapus
  23. ramlan :D
    sebenernya kalau mau baik ya kasih langsung ke artikel
    seperti halnya dalam penulisan karya tulsi atau buku kan :D

    semakin mudah orang meneukan sumber semakin profesional kita

    bukan semakin pintar menyembunyikan :D yg justru maklin prof

    BalasHapus
  24. pencerahanya bagus banget mas,terus terang pertama kali aku "tersesat" di blog , aku betah lama2 disini,,postinganya keren2..

    BalasHapus
  25. aan
    semoga bermanfaat ya :D
    dan menjadi petimbanagn utk ngeblog selanjutnya

    BalasHapus
  26. Ya bener mas doyok kita harus menghormati orang yang pertama menciptakan suatu karya tulis atau apa saja. paling tidak dengan mencantumkan nama linknya.

    BalasHapus
  27. iya kang tapi sayangnya sering kurang teliti ya nulisnya gk bener :D

    BalasHapus
  28. Jujur dalam dunia BLog akan terlihat Profesional ya Mas!!!

    BalasHapus
  29. iya mas
    mencantumkan link sumber itu tidak mengurangi kredibel
    malah justru mencerminkan kita pengalaman soal blogging

    jadi jgn takut utk mencantumkan sumber :D

    BalasHapus
  30. postingan yg bagus, setuju sekali mas....

    BalasHapus
  31. ya mas moer
    kembali lagi ke hati yg punya artikel dan hati yg copas
    tapi lepas dari itu tujuannya berbagi sekali algi saya bilang
    jadi ini sekedar apa yg seharusnya
    tapi tidak memaksa :D
    internet kan bebas :D

    BalasHapus
  32. Saya selalu berusaha menampilkan sumbernya Mas, termasuk hak cipta template tetep tidak saya ubah...
    Saya harus introspeksi, termasuk kritikan-kritikan dari orang lain... mohon koreksi Mas kalo ada, saya akan berterima kasih.
    Khawatir saya, jika tanpa sengaja saya ambil hak orang lain tapi saya tidak menyadari.
    Saya yang masih terlalu dangkal, berharap selalu ada yang memberi masukan dan kritikan.
    Makasih sharenya

    BalasHapus
  33. saya menghargai hak cipta... dan saya memberi link sumber (biar kalo ditanya dan ga bisa jawab saya bisa segera memberikan link nya ke penanya - tanya langsung ke sumbernya gitu lho)

    BalasHapus
  34. Itulah mengapa saya jadi malas menulis versi Indonesia dari blog saya Mas Doy. Dari 10 artikel yang saya tulis, 3 artikel di copas orang dengan izin. Sedangkan 6 artikel dicopas tanpa izin dan sumber...

    BalasHapus
  35. Artinya, dua dari tiga orang yang meng-copas lebih suka meng-copas tanpa minta izin dan tanpa menuliskan sumber...

    BalasHapus
  36. salam sahabat
    ehm setuju denagn ugkapan tauatn links-nya msDoy,nah sekarang kalo mempostingkan yang pasti dikethui dan menyebutkan sumbertanpa pasang linksnya boleh ga mas???oh iya maaf sebelumnya kalo memang masDoy sibuk ga papalah biarin belum bisa cek buat artikel terkait saya maaf yach.good luck

    BalasHapus
  37. kelir
    ya enaknya terbuka seperti itulah
    makanya sayapun seneng kalo dapet kritikan
    bisa buat intropeksi yg pasti kritiknya membangun
    dan tidak pernah ada niat untuk menjatuhkan kan :D

    blogger indonesia yg leih dewasa

    BalasHapus
  38. rio
    nah rio, salah satu ciri pengcopas kalau ditanya lebih jauh biasanya gak bisa jawab :D. Lebih baik yg copas denganterang terangan menampilkan sumber, soalnya bkal ad komentar tindk lanjut, jadinya gampang untuk melimpahkan pad si penulis

    enaknya juga tidak perlu menjdi pagkal tanggung jawab :D

    BalasHapus
  39. rosmana
    :D lari ke bahasa inggris ya, memang lebih aman walau tidak menjamin tidak di copas juga

    kalau perbandingannya 2 dari 3 waduh parah juga ya

    BalasHapus
  40. kalau saya pribadi sih tidak apa apa :D
    bahkan tanpa sumber saja saya monggo monggokn :D

    soal tanpa link itu lebih baik pakai link juga
    udah terlanjur lanjur nulis kan

    pakaikan saja atribut nofollow

    BalasHapus
  41. oke mas asep :D semoga mencerahkan

    BalasHapus
  42. Hmm.. kalau saya.. berhubung blog saya membahasa mengenai info seputar anime dan satunya blog tutorial yang kebanyakan saya biasanya mencari sumber yang lebih dari satu, bahkan bisa sampai 10 sumber hanya untuk satu artikel. Saya tidak pernah copas artikel, saya hanya copas script. hehe :D Saya mengambil script dan memodifikasinya agar lebih mudah dan lebih indah dan nyaman untuk dipakai. :D Dan saya selalu mencantumkan link sumber. Walaupun link ke homepage. karena blog sumber artikel saya berasal dari blog trick, jadi harapan saya, kalau saya mengarahkan ke homepage mereka yang membaca bisa mendapatkan trik yang terbaru dari blog sumber dan mereka lebih mudah mengingat dan mencatat kedalam catatan mereka. :) Karena kadang beberapa posting asli biasanya sudah terhapus. :) tidak tau kenapa, mereka menjadikan blog mereka hanya menjadi sebuah domain parking. :) Itulah yang sering saya temui saat mengexplore link terkait dari sumber - sumber script. :)

    kalau Soal template.. saya tetap pakai yang asli ..hehe :D

    Thanks for share mas.. :)

    BalasHapus
  43. Iyah mas ini menyangkut hakcipta saya juga pernah mempostingnya kok mas Pengaturan Footer yang baik pada blog

    BalasHapus
  44. saya setuju mas...walaupun artikel saya ada yg dicopas tanpa konfirmasi dan tdk mencantumkan link sumber dari blog saya.. tapi tetap sabar mas, mudah-mudahan masih ada yang bisa menghargai artikel saya nanti...tks

    BalasHapus
  45. Thanks pencerahannya mas.....

    BalasHapus
  46. waduh saya melanggar yang pertama tuh mas doyok, hehe
    trus kalo psotingan pernah ada beberapa blogger yang mengambil article software dari blog saya ada yang mencantumkan sumber dan ada juga yang tidak, mau negur gk enak, Allah maha mengetahui^^ hehe

    salam blogger :)

    BalasHapus
  47. oemar
    kalau widget memang biasnya ditujukan ke halaman utama
    masalhya jika artikel keseluruhan nah arahkan ke artikel asli

    aditx
    okesaya ke tkp dan baca ah :D
    semoga tetap mencerahkan

    BalasHapus
  48. ponsel
    yang penting jaga semangat posting trus kan
    dengan begitu perlahan posisi kita juga naik sendiri

    mufied
    makasih juga komentarnya
    semoga membantu artikelnya

    local download
    seperti saya bilang
    mau bagaimanapu yg penting tetep share saja dan berusaha jadi yg pertama

    BalasHapus
  49. Wah keren nih mas...
    mas, komentar balik yah...dah jarang nih..

    BalasHapus
  50. baguz maz.
    memang iya. bagian creditnya saya hapuz.
    hehe..
    buad yg bikind template yg saya gunakan,
    "saya mohond maaf" :p

    BalasHapus
  51. akahatm
    makasih ya komennya

    herman
    maaf mas
    bebrapa hari gak ol :D

    yuzrond
    seharusnya tidak nih yus

    BalasHapus
  52. begini..ni..ni..ni, begitu...tu..tu..tu
    satu kalimat saja nih...
    "orang yg gak mau cantumkan link sumber tuh PENGECUT!!!"
    kalau mau kreatip yaaa kreatip, tapi jgn kreatip ke negatip...orang mah capek2 buat...ini malah kopas (modifikasi) cuma narok link ajah gak mau???
    gak tau untungnya berarti dg mencamtumkan link itu, liad tuh yg buat script pasti cantumkan link yg buat kan??? untuk apa hayoo???? pikir saja sendiri

    BalasHapus
  53. hehehe....

    saya juga pernah copas mas tapi saya cantumkan link sumbernya kog....

    BalasHapus
  54. memang kita gak bisa lepas dr beberapa org yg nakal,copas tanpa sumber :). dlm hal ini kita bersabar saja lah. mau di protes juga gak akan digubris.

    BalasHapus
  55. BEBEN
    saya rasa juga gak rugi kalaupu dikash nofollow sumber juga sudah senang :D. BEtul mas beben.. makasih yaa

    eri
    oke kalau itu ih bagus mas :D

    atax
    yang penting kan selalu berusaha post saja dan berbagi ya anita

    BalasHapus
  56. ya mas..seharusnya yang menggunakan jasa template dan jasa copas bersyukur coz dah di kasih secara cuma2...
    setidaknya saling menguntungkan lah.. si copas bisa mengisi blognya dan si yang punya artikel mempunyai haknya..yaitu di cantumkan sumbernya/link ke sumber...

    trus cara qt tau artikel kita di copas gimana mas...
    kan ga mgkin kita cek ribuan blog...

    BalasHapus
  57. Oke dah mas Doy :D infonya bagus nih buat para blogger, kalau untuk masslah template pasti saya pertahankan tuh si pembuat aslinya (kredit), mungkin yang saya otak-atik adlh posisi/letaknya, mungkin sebelumnya ada di sidebar lalu saya pindahkan ke footer (kan lebih kelihatan bagus kalau kreditnya di footer), dan yang satu lagi kalau template-nya dah saya otak-atik abies nanti pasti saya sisipi Edited By: nama saya (namun seperti yg mas Doy katakan, nama kreditnya harus tetap ada). Lalu untuk mslah postingan, kalau saya ambil dari suatu blog pasti saya cantumi ancor teks+link langsung ke artikelnya, namun untuk hasil eksperimen pribadi (hasil nyoba2 sendiri) maka gak ada link sumber^. Saya senang skali ketika mas Doy membahas maslah ini, hehehe biar yg ngotak-ngatik template bikinan org lain tahu diri....GoOd LucK Mas Doy....[Tutorial Blogger]

    BalasHapus
  58. *Ngotak-ngatik maksudnya "mengganti nama kredit menjadi nama dan link sendiri"

    BalasHapus
  59. Mas Doyok, sumber gambar di postingan ini dari punya mas sendiri atau tidak? Jika bersumber dari arsip orang lain, apakah memasangnya di sini berarti mengambil bandwidth mereka? :)

    Untuk pranala, bukannya awalan www sudah dianggap deprecated, dan admin mestinya menyetel bahwa www dan tanpa www adalah sama? :)

    BalasHapus
  60. lagi belajar ya itulah seharusnya :D
    kalau mau begitu pasti tidak akn muncul perdebatan di kalanagan blogger

    iqbal
    bener saya post karena menemui banyak hal seperti itu kan L:D
    sip kalau bisa begitu

    @dani
    masalahnya tidak semua blog diset begitu..
    nah kalau berani copas ya maka seharusnya berani dengan benar dan terjamin bahwa link sumber bisa diakses

    soal gambar anyak sekali blog luar yg bilang gambar yg terdetek
    images.google.com adalah gambar bebas :D

    kalau gak mau diambil bebas ya mesti ke webmaster dan kunci gambarya biar gak kedetect google

    BalasHapus
  61. koment lagi makasih masDoy ilmunya saya bawa pulang....eh salam sahabat keri rek...good luck

    BalasHapus
  62. Waktu masih pakai template oom walau dah ngedit dan modifikasi habis2x smpai jd nuansa pink anaa ttp jg mnjg link creditx.

    Anaa tak tahu asli scriptx dari mana pernah nanya ke ardi katax asli dari publisher? Akhirnya dapat ilmu ngedit script dari iqbal.

    Klu kita mengeditnya, dan momodifikasi template yg asli disediakn blogger dan menulis link credit sbg desain kita?
    Seperti yang sudah anaa hasilkan dari belajar desain template disini? Cara penulisan link credit anaa niru oom.

    Bagaimana dgn image yg kita copy dan pindahkan t4 hostingx?

    Anaa belajar juga diblog kang rohman dan lihat hasil desain template awal2x yg linkx ada pada postingan lama anaa pikir itu jg modifikasi dari minima?

    BalasHapus
  63. diana
    oke diana makasih ya :D
    semoga bermanfaat saja

    indahnya berbagi
    kalau soal blogger ada daua pendapat mbak
    karena blogger menyebarkannya gratis tapi credit

    nah sebagian emag menganggap itu sah dan tidak menyertakan credit

    tapi saya lebih setuju ke klompok yg kedua yg tetap menuliskan bahwa itu dari minima

    lalu soal orang g mencontoh css secara manual da orang yg tadinya sudah pake minima itu lalu edit edit langsung di template susah kan membedakannya

    jadi kembali lagi pada kita nganggepnya gimana
    yg penting tidak secara sengaja menghilangkan credit kepunyaan orang

    BalasHapus
  64. Semoga semua blogger jadi semakin baik dan beretika dari hari ke harinya....karna benar kata mas doyok, ga enak banget rasanya liat yang Co-Pas artikel kita ngecantol lebih tinggi di Google, om Googlenya Oon juga....

    BalasHapus
  65. mampir juga ke blog saya ya mas:
    http://loviabatikdancraft.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer