Perbedaan Blogger dan Wordpress

Saat berniat blogging, mungkin anda bingung mau membuat blog dimana. Sebab banyak sekali pilihannya. Mulai dari blogger,wordpress,multiply, blogdrive, indosiar, boleh, detik, dan dagdigdug, dan lainnya.
Di antara sekian banyak pilihan tempat blogging itu, kali ini mari kita ulas dan obrolkan tentang dua penyedia blog yang paling banyak dipakai saat ini, Blogger.com dan wordpress.org.


Hal ini sama jika Anda menggunakan blog gratis Wordpress.com. Untuk yang satu ini lebih sensitif karena Anda dibatasi dalam berekspresi seperti memonetisasi dalam blog yang mengakibatkan blog Anda langsung disuspend.

Apa saja kesamaan keduanya? Dan apa pula yang menjadi kelebihan
keduanya? Dan sudah tepatkah pilihan anda dengan membuat blog
di blogger atau wordpress.org?

1. Mudah digunakan. Keduanya sama-sama mudah digunakan. Semudah anda mengetik di program pengolah kata. Sebelum posting dipublikasikan, anda pun bisa melihat review-nya terlebih dulu. Membuatnya pun tidak sulit. Kita tinggal mengikuti petunjuknya yang cuma dalam beberapa langkah, maka jadilah blog kita.
2. Tersedia pilihan template (theme). Keduanya sama-sama punya pilihan theme. Namun, secara jumlah, pilihan lebih banyak terdapat di Wordpress.

Meskipun sama-sama sebuah platform blog dan memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai jurnal yang up to date, namun kedua platform tersebut memiliki banyak perbedaan.
Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih perbedaannya?

Berikut perbedaan antara Blogger dan Wordpress :
1. Wordpress dapat mengimport postingan yang ada pada Blogger / Blogspot sebaliknya Blogger tidah bisa mengimport postingan yang ada pada Wordpress.
2. Wordpress menyediakan form komentar yang user friendly sedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar, tapi jika Anda bisa mensettingnya tentu saja bisa user friendly
3. Blogger menyediakan menu Drag Drop yang mudah untuk di gunakan, sedangkan Wordpress sulit Drag Drop edit element halaman.
4. Blogger support Google Adsense yang mudah untuk kita gunakan pada Edit elemat halaman, sedangkan Wordpress tidak mensupport Google Andsense, meskipun banyak yang menyediakan plugin google Adsense
5. Wordpress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam, Sedangkan Blogger dapat di lakukan dengan moderation order dari commenting systemnya.
6. Apabila Anda telah mempunyai domain dan hosting sendiri software Wordpress telah tersedia dan siap di install di cPanel Anda. Sedangkan Blogger tidak tersedia disana. Tetapi Anda juga bisa menggunakan domain Anda dan hosting pada Blogger.

Di samping itu, blogger memiliki keunggulan pada:
1. Bisa mengubah desain. Dengan mengedit berkas style (CSS), kita bisa mengubah desain seperti yang kita inginkan.
2. Bisa dibuat adsense. Mayoritas peraup uang dari Adsense yang menggunakan blog gratis, biasanya memakai blogger. Mungkin karena blogger dan adsense adalah sama-sama milik Google. Jadi lebih mudah untuk disetujui adsense-nya. Wordpress pun sebetulnya bisa, tapi harus memakai yang versi berbayar.

Sedang wordpress memiliki kelebihan antara lain:
1. Adanya fitur kategori. Adanya kategori akan mempermudah pemilik dan pengunjung blog. Pemilik blog mudah untuk menentukan cakupan topik yang akan dibahas. Bagi pengunjung, fitur ini memudahkan untuk mencari topik tertentu yang diminati. Di wordpress, fitur ini secara otomatis muncul. Di blogger pun sebetulnya bisa dimunculkan, tapi perlu sedikit usaha.
2. Mudah untuk berkomunikasi. Menurut saya ini merupakan salah satu kelebihan terpenting wordpress. Yaitu bisa melakukan pingback atau trackback. Sebab, pada hakikatnya setiap pemilik blog adalah makhluk sosial. Suka untuk bergaul dengan pemilik blog lainnya. Selain berkomentar, melakukan pingback dan trackback adalah cara lain berkomunikasi dengan pemilik blog lainnya.
3. Ada statistik. Di wordpress tersedia plug in yang bisa menampilkan statistik, baik secara harian, mingguan, maupun bulanan. Ada juga informasi tentang jumlah pengakses setiap halaman beserta kata kuncinya. Semua informasi ini penting untuk memantau perkembangan blog anda. Sehingga anda pun bisa mengambil tindakan tepat untuk perkembangan blog anda.


Jika Anda mencari solusi yang lebih permanen, gunakan Wordpress. Perlu Anda ketahui Wordpress selain yang gratisan juga ada yang versi berbayar yaitu Wordpress.org. saya sangat menyarankan menggunakan platform Wordpress.org untuk keperluan ngeblog Anda terutama yang digunakan untuk kebebasan berkspresi seperti monetisasi atau hal lainnya. Tapi saya ngga menyarankan untuk menggunakan blog untuk memuat hal-hal yang berbau spam, plagiatisme


Wordpress.org menawarkan script gratis yang bisa didownload di http://wordpress.org/download/latest.zip di mana Anda bisa menempatkan script tersebut pada server hosting sendiri. Untuk menggunakan platform wordpress.org tentunya Anda harus menyiapkan dana untuk domain dan hosting sekitar 250 ribu untuk satu tahun atau Anda bisa mencoba domain gratis di co.cc dan hosting gratis di byethost.com


Salah satu faktor yang sangat penting dari Wordpress.org ini adalah tersedianya banyak plugin-plugin gratis untuk meningkatkan performa blog. Plugin-plugin ini yang pasti tidak tersedia di blogger.com, jadi ini adalah perbedaan antara keduanya. ada plugin yang ditawarkan di Wordpress.org untuk membuat blog Anda lebih unggul pada mesin pencari dan banyak jenis plugin lainnya untuk berbagai kegunaan dibanding dengan blogger.com yang tidak memiliki plugin.

Satu hal lagi yang perlu diingat, inti perbedaan antara Wordpress dan blogger.com adalah bahwa dengan Wordpress Anda memiliki kontrol penuh atas blog Anda, sedangkan pada blogger.com Anda tidak memilikinya. Memiliki kontrol penuh blog Anda adalah hal paling penting yang harus Anda punya jika Anda membangun sebuah blog untuk keperluan bisnis dan jangka panjang.
Bagaimana dengan Anda? Mau menggunakan yang mana? Atau Anda masih bingung?

Komentar

  1. Makasih infonya mas doyok...

    BalasHapus
  2. WORDPRESS lebih SEO Friendly dibanding Blogspot, kalau Blogspot kita musti usaha kutak kutik lagi agar sedikit lebih SEO Friendly, terkadang sampai pusing tujuh keliling sampai rambut pada rontok tetep aja masih belum di lirik sama mbah Google, satu-satunya jalan kita musti sabar berusaha di sertai dengan DOA, jadi itulah yang namanya nikmat belajar, penuh dengan perjuangan.
    Walah komen'e panjang banget..., terima kasih atas sharenya mas doyok, artikel di atas sangat membantu buat saya yang masih belajar.
    Sukses selalu buat Mas Doyok, Semoga di limpahkan RahmatNya, banyak rejeki, kesehatan, dan selalu dalam Lindungan ALLAH swt. Amin...

    BalasHapus
  3. wah berguna sekali mas, apalagi saya masih baru di dunia blogger. terima kasih buat informasinya mas.

    BalasHapus
  4. Pakai mesin wordpress rasanya lebih stabil, kalo blogspot biasanya lambat karena teman2 suka memaksimalkan kelebihannya yg javasript friendly.

    Blogspot punya kelebihan bisa dipasang aneka script, shg memancing 'kreativitas' para sobat blogger. Tapi sayangnya, lama2 saya melihatnya justru menjadi kelemahan karena makin banyak blog yg loadingnya lambat.. huehe

    just opinion, sob.. salam kenal :-)

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya, mas. Saya jadi tahu nih perbedaan keduanya.

    BalasHapus
  6. kalau wordpress mungkin lebih seo friendly karena menggunakan bahasa pemrograman PHP bener nggak sih gus ???

    BalasHapus
  7. wah jadi bingung mau bikin blog yang baru dimana... sama-sama bagus... ada saran dari Mas Doyok ngga??????

    terima kasih atas infonya mas...

    BalasHapus
  8. Artikel yang bermanfaat nie mas. Salut juga buat gus ikhwan. Perlu diketahui agar kita bisa menentukan pilihan. Makasi infonya buat mas doyok and gu sikhwan.

    BalasHapus
  9. Makasih infonya jadi tembah pengetahuan sayaaa

    BalasHapus
  10. mantap tu mas doy sip dah

    BalasHapus
  11. he..? di mas doyok.co.cc..??
    hehe

    saya pikir tadi di halamannya gus ikhwan sendiri.. :)

    BalasHapus
  12. tapi kalo mas doyok pilih yang mana?

    BalasHapus
  13. Kalo saya sih masih make Blogger...

    BalasHapus
  14. terima kasih mas doyok, saya msih nubie dalam bloger, blum ada sebulan, dengan ini saya juga berniat buat belajar wordpress. Thanks infonya mas, berguna ngt nih :peace:

    BalasHapus
  15. kalau buat aq mach blogger tetep numero uno

    BalasHapus
  16. @rock
    sama sama
    semoga bermanfaat ya

    BalasHapus
  17. @8653521018728130648.0
    wp lebih seo friendly
    lebih banyak plugin
    banyak alat optimasi

    blogger benere bener dituntut kreatfi utk mengembangkannya

    BalasHapus
  18. @7193253236450120045.0
    ya bagusnya sih bisa dua duanya mas :D

    BalasHapus
  19. @305647835617437172.0
    semoga bermanfaat ya semua yg baca artikel ini

    BalasHapus
  20. @1921257670057102301.0
    sedih juga mas akhir akhir ini blogger sering baut pengumuman mencengangakan
    bikin tidak tenang sajaaa

    BalasHapus
  21. @3178809838251215862.0
    sipp
    semoga bermanfaat ya mas ivan

    BalasHapus
  22. @4421322772893343944.0
    semoga bermanfaat saja mas :D

    BalasHapus
  23. @1040762021529631165.0
    bener gak gus?
    saya mah pemain blogspot
    gus ikhwan yg ngepost gimana pendapatnya?

    BalasHapus
  24. @74079808100712487.0
    ya masing masing ada kelebihannya mas :D
    coba saja baut dua blog baru
    update dibuat sama dan lihat mana yg lebih menjanjikan dan dikuasai

    BalasHapus
  25. @228416312227689212.0
    sama sama
    semoga selalu bermanfaat ya mas :D
    ,makasih baut gus ikhwan yg udeh post guest

    BalasHapus
  26. @3969783035852223630.0
    semoga bermanfaat aja :D
    sip, erima kasih mampirnya

    BalasHapus
  27. @6717211643451658779.0
    semoga bermanfaat alexa...

    BalasHapus
  28. @1047711681545102456.0
    maksudnya dimana kakve?

    BalasHapus
  29. @2630553708450825541.0
    saya setia dengan blogspot :D

    BalasHapus
  30. @2341162012287562486.0
    sama
    terkadung cinta rasanyaaaa

    BalasHapus
  31. @7560114007548412211.0
    berterimakasihlah pada gus ikhwan :D
    semoga bermanfaaat saja ya...

    BalasHapus
  32. @6340318990595032639.0
    saya jgua kadung cinta nih hehehe

    BalasHapus
  33. ilmu baru neeh.. mas doyy... thx....

    BalasHapus
  34. namun sayangnya kalau wordpress.com, ga boleh nyantumin alamat /link referal mas doy....

    BalasHapus
  35. @5259777269861885165.0
    aip
    psot gus ikhwan nih :D

    BalasHapus
  36. @2759960732897150688.0
    ada kelebihan dak kekurangan masing masing kan...

    BalasHapus
  37. Hmm.. yang dibahas disini Wordpress hosting sendiri nieh.. bukan Wordpress numpang yach.. ahaha :D
    Kalau menurut saya.. lebih baik yang baru terjun kedunia blogging dan baru lihat script. pakai blogspot saja. Kalau pakai Wordpress ( yang numpang ) jadi tidak bebas.. dan kuasanya lebih kecil dari pengguna blogspot. Kalau pakai Wordpress hosting, newbie blogging dan internet pasti sebagian besar kebingungan ini.. :)

    Jadi untuk yang baru mengenal dunia beginian pilih saja blogspot atau detik, blogsome atau yang platformnya sama dengan Blogspot. Bila sudah mahir atau pengen belajar lebih lanjut ya pilih Wordpress Hosting.. hehe :D

    Saya pilih dua-duanya ahaha.. :D
    Asyik sich.. dua - duanya bisa nambah ilmu dalam perbedaan mereka masing - masing.

    Tapi tetep ajah namanya Blog.. hihi..

    Nice Post :D

    BalasHapus
  38. @4949727314708598866.0
    sebagai perbandingan saya punya
    30 lebih blogspot'
    dan hanya 4 atau 5 wordpress yang tidak keurus :D

    i love you blogger

    BalasHapus
  39. Wah keren mas infonya... Btw, mas doyok bisa gak kalau pake wordpress??

    BalasHapus
  40. Wordpress memang ga ada matinya.

    BalasHapus
  41. Aku lebih suka BLOGGER gituloh!

    BalasHapus
  42. tetep wp yang terbaik, blogspotku yg ber pr3 ku tinggalin demi wp.

    BalasHapus
  43. @3395018327824165026.0
    cuma bisa tapi gak mahir

    BalasHapus
  44. @8104734753119723563.0
    ya saya akui tapi kadung cinta ma blogspot

    BalasHapus
  45. @3451598687839537732.0
    sama kak :D
    hehehe

    BalasHapus
  46. @7731316745111057410.0
    ya mas :D
    tapi saya sudah love blogger FULL hehehe

    BalasHapus
  47. mas doy mo nanya nih, blog ku akhir2 ini kq dak bs drag & drop lagi ya dimenu elemen laman nya apa mmg blogger uda gak bs lg drag & drop? mohon bantuannya mas, makasih...

    BalasHapus
  48. mas makasih postingannya nambah ilmu....
    tapi menurut pribadi sih mendingan pake blogger. saya juga ada blog di wordpress tapi karena lebih sering make blogger. jadi lebih nyaman di blogger.

    BalasHapus
  49. @3022779793894727912.0
    mas coba mas drag ke palign atas dari bagian sesi sidebar
    jadi bukan ketengah

    misal ada 4 widget
    1
    2
    3
    4

    pindahkan 3 ke atas 1, jadi langsung ke atas tidak bisa dari 4 ke antar 1 dan 2 atau antara 2 dan 3

    BalasHapus
  50. @3417426721429985062.0
    sama mas
    kalau saya suadah terlanjur bener bener tertarik ma blogger

    BalasHapus
  51. saya pake dua2nya mas...

    sekalian buat belajar blog,biar lebih luas dalam pengetahuanya...

    makasih infonya mas...

    BalasHapus
  52. kalo wordpress yang gratisan (wordpress.com) gak bisa dipasang iklan2 seperti adsense ya.sayang :(

    BalasHapus
  53. pake blogspot aja ah,pengaturanya enak....

    matur tengkiyu mas doy..

    BalasHapus
  54. @3871112598321582251.0iya mas harusnya begitu
    tapi kenapa ya saya kok males wp hahah
    terkadung love full ma blogger mas

    BalasHapus
  55. @3871112598321582251.0
    tapi kenapa ya saya kok males wp hahah
    terkadung love full ma blogger mas

    BalasHapus
  56. @89586121189268357.0
    padahal iyu intinya ya mas :D hehehe

    BalasHapus
  57. @5983581785893450207.0
    karena sudah terbiasa saja mungkin ya mas :D

    BalasHapus
  58. Mas Doyok sungguh berjiwa besar. Sekaliber Mas Doyok mau mengintip blogku, blog pemulabahkan ninggali comment. Matur nuwun Mas Doyok.

    BalasHapus
  59. kok nulisnya lebih prefer ke wordpress ya...

    BalasHapus
  60. sangat menarik sekali infonya.....
    makasih banget ntuk penulisnya... sepertinya ini merupakan jawaban dari pertanyaan yang selama ini terpendam dalam pengoperasian SEO. untuk itu saya berharap ini merupakan langkah awal yang baik bagi kita kedepannya.
    salam kenal dan tetap semangat

    BalasHapus
  61. saya punya di wordpress dan blogspot. ternyata blogspot lebih nyaman pake nya..wordpress masih belajar. karena sedikit bingung juga sih mas.
    tapi kendala nya emang gitu. blogspot lebih lambat bukanya.. apa lagi saya pake modem becak..wkwkwkwk

    BalasHapus
  62. Mas Doy, tutorial wordpres yang enak, ringkas, mudah, simple, dimana yo? cos, dah pernah nyoba (sendirian, otak-atik gathuk) gak gathuk2, malah mumet. Pdhl pengin buanget lho mas Doy. Tq

    BalasHapus
  63. infonya bagus bgt mas, jd ngerti bedanya.. boleh nanya dikit kn mas,, kalo blogger yg berbayar contohnya apa aja? tnks >>newbie

    BalasHapus
  64. infonya bagus bgt mas, jd ngerti bedanya.. boleh nanya dikit kn mas,, kalo blogger yg berbayar contohnya apa aja? tnks >>newbie

    BalasHapus
  65. wordpress menyediakan cms nya, jadi bisa kita install di host sendiri, sedangkan blogger hanya di host di blogspot saja, :)

    BalasHapus
  66. gan view balik ya????? bisa tukar link gan hwhwhwhwhw....^_^

    pensil69.blogspot.com

    artilel semoga bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer