Bersihkan Not Found Link di Google Webmaster Tools

Sebelumnya, silahkan Baca Artikel berikut ini: Apa Yang Tidak Bisa Dilakukan Alat Penghapus URL Google?. Anda mempunyapi pilihan untuk tidak melakukan tips di postingan berikut karena bisa saja sia-sia, namun Anda boleh meniru saya yang tetap melakukannya.


Jika Anda menginginkan hasil yang optimal untuk posisi Anda di Google, maka Anda harus mau merepotkan diri dengan Google Webmaster Tool. Beberapa kali saya membahas google webmaster tool (baca: kumpulan tutorial webmaster tool). Jika kemarin berkutat pada masalah pendaftaran dan verifikasi, mari sekarang kita lebih jauh dengan 'pembacaan data' webmaster. Menganalisa dan kemudian menemukan jalan keluar terbaik.

Not Found - - - Crawl Errors
Sekarang silahkan Anda klik untuk menuju ke webmaster tool. Login dengan akun gmail Anda. Masuk ke dashboard halaman webmaster Anda. Pada bagian kanan perhatikan kolom crawl errors yang memberikan daftar kesalahan saat google bot mengunjungi blog Anda. Lalu perhatikan ke lis Not Found yang menunjukkan link-link yang bot dapat dari blog Anda namun tidak ditemukan ketika ditelusuri lebih jauh. Salah satu sebabnya adalah Anda menghapus postingan Anda. Setelah Anda menghapus postingan tersebut, sebenarnya google akhirnya akan tahu dan tidak akan menjadikannya sebagai daftar Not Found. Namun, bisa jadi di postingan Anda yang lain Anda menulis link tersebut dan itu menyebabkan seakan-akan halaman yang Anda hapus masih Ada. Hal lain yang menyebabkannya adalah adanya blog lain yang menaut link blog Anda namun salah dalam penulisan.

Remove URL
Nah, tugas Anda sekarang adalah membersihkan link-link yang hilang tersebut. Tak perlu kuatir karena google webmaster sudah menyediakan fasilitas ini.
- Klik Site Configuration
- Klik crawler access
- Klik tab Remove URL
- Klik New Removal Request
- Tandai radio buttons Individual URL's untuk menghapus bagian blog Anda secara spesific. Klik Next
- Isi kolom pengisian URL yang akan dihapus. Klik Add
- Anda bisa memasukkan beberapa link sekaligus hingga 100 link. Jika sudah klik Submit Removal Request
- Tugas Anda sekarang adalah menunggu sampai link tersebut dibersihkan dan cek lagi webmaster tool beberapa saat kedepan.

Telusuri Lebih Jauh
Saya melakukan lebih dengan menyelidiki sumber kerusakan. Silahkan anda masuk pada bagian daftar Not Found anda. Pada bagian Linked Form terdapat data berapa banyak halaman yang memuat link hilang tersebut.
Klik saja link itu dan Anda akan di bawa ke daftar halaman penaut link hilang tersebut. Anda bisa cek jika ternyata halaman penaut adalah dari blog Anda dan kemudian membenarkannya.

Hati-Hati Dengan Kesalahan Kecil
Banyak sekali blogger yang melakukan kesalahan kecil ketika memasukkan alamat link. Ketika Anda membuat link pada suatu postingan seharusnya Anda masukkan lengkap dengan http://.

Benar:
<a href="http://www.themasdoyok.com/">mas doyok</a>
Salah:
<a href="www.masdoyok.co.cc/">mas doyok</a>

Pada penulisan kedua ditulis tanpa http:// akibatnya link tersebut menjadi link anak blog. Link yang dimasukkan tanpa http:// akan otomatis menjadi
http://www.themasdoyok.com/www.themasdoyok.com

Akhirnya google tidak menemukan link tersebut dan menambah daftar link sampah Anda. Bersihkan kotoran dan buat Google lebih lancar menyambangi Anda. Semoga bermanfaat.

UPDATE!!!!
Ada perubahan sistem pada webmaster, saat penghapusan silahkan Anda masukkan URL penuh, kemudian klik Terus

Pada alasan pilih salah satu. Centang radio buttons Laman yang menghasilkan 404/410, lalu klik Kirim permintaan.
Bersabarlah hingga webmaster selesai memroses permintaan Anda....

Komentar

  1. Info yang bermanfaat mas. Beberapa bulan yang lalu saya sempat mengalami hal ini. Setelah saya terapakan seperti langkah2 yang mas berikan, sekarang semuanya link rusak tersebut hilang. Tapi satu lagi yang membuat saya sedikit bingung. Bagaimana cara menghilangkan item yang di restricted by robot.txt? Saya ada 10 item yang seperti itu. Makasi!

    BalasHapus
  2. makasih mas doyok,,saya banyak belajar di sini...

    BalasHapus
  3. THAnks mas Doy... lagi..lagi postingannya bermanfaat... yg baca postingan ini segera follow blog mas doy... jgn mpe ktinggalan postingan2 bermanfaat dri blog mas doy... ( promosi modeOn..:D )

    BalasHapus
  4. wah mantap mas doy sip dash heheheh

    BalasHapus
  5. makasih mas,,
    langsung saya pelajari nih..

    BalasHapus
  6. @yoyok
    makasih jgua kunjunga dan komentarnya kang yok

    BalasHapus
  7. @denad
    oke semoga bermanfaat saja ya dena

    BalasHapus
  8. @aan
    semoga sukses yah mas
    dan mudah diterima

    BalasHapus
  9. @alex
    sipp
    semoga cepet selesai PKL nya
    dan cepet blogging lagi

    BalasHapus
  10. @pekanbaru
    iya betul tuh
    langsung follow aja :D
    hehehe

    BalasHapus
  11. wah.. ternyata bisa disiasati dengan cara seperti tiu yach. Makasih banyak nih..

    BalasHapus
  12. @berita untuk
    terima kasih supportnya
    semoga bermanfaat saja ya :D

    BalasHapus
  13. @my pc
    harap bersbar sampai seri selanjutnya mas

    BalasHapus
  14. @kharis
    iya kang
    semoga bermanfaat ya

    BalasHapus
  15. setelah saya cek, ternyata engk ada tuh mas data yg crawl errors...

    BalasHapus
  16. @berita
    yaudah berarti bagus banget tuh mas :D

    BalasHapus
  17. kebetulan mas doyok saya membutuhkan informasi ini, karena sebelumnya saya punya kendala seperti Link Not Found dan masih belum paham penyelesaiannya. sementara saya masih menggunakan widget (google search) dari webmaster tools yang diletakkan bagian bawah blog untuk pengalihan link not found tersebut, mohon koreksinya apa penggunaan widget tersebut sudah tepat?..trims

    BalasHapus
  18. @blogging
    bisa juga mas :D
    ada juga yg pake cara manual ketikan hasil cari di google utk c\nyari link link duplicat
    yg penting cek diwebmaster itu
    kalau disana ada ya benerin
    kalau gak ada ya biarin saja :)

    BalasHapus
  19. Okelah Kalo begitu.. langsung dibersihkan mas. sukses selalu

    BalasHapus
  20. wah pas nih aku ada 3 yg not found, kira2 direspondnya berapa lama ya mas....

    BalasHapus
  21. @life
    yg itu ane gak tahu mas :D
    mungkin gak sampe 2 hari

    BalasHapus
  22. @tova
    oke mas
    semoga jadi bersih :D

    BalasHapus
  23. Makasih ni buat infonya mas...

    BalasHapus
  24. @jaya
    semgoa bermanfaat
    makasih kunjungannya

    BalasHapus
  25. Tips yang manis mas Doy. kayaknya udah 2 minggu nggak ke halaman web master tools nich. saya coba dulu ya...

    BalasHapus
  26. satu lagi informasi yang mantab, btw mas doy, link mas udah tak pasang, terimakasih sudah mau bertukar link, happy blogging

    BalasHapus
  27. Mantab Ma Doyok infonya. Untuk mempercepat blog juga ya. Thank's

    BalasHapus
  28. wah bersyukur punyaku nggak ada mas alias "0" terimakasih atas tutornya mas . . sukses untuk mas doy

    BalasHapus
  29. @aditx
    oke nggak masalaha kalau gitu
    seeep :D

    BalasHapus
  30. @parenting
    ini murni agar bot lebih optimal menghabiskan waktunya di blog kita

    BalasHapus
  31. @blog
    sama sama mas
    juga sudah mapan di blog saya

    BalasHapus
  32. @akhm
    saatnya kembali lagi dgn tugas cek blog mas :D
    hehehe

    BalasHapus
  33. Nice post.. punyaku ada gak yach.. udah lama gak masuk area gugel..

    BalasHapus
  34. Bagus euy artikelnya, jadi merasa gak ada apa2nya dalam pengetahuan

    BalasHapus
  35. bagus, infonya mas. langsung kucoba tadi.... ditunggu edisi selanjutnya tentang web master

    BalasHapus
  36. wah thanks mas doy.. yang saya banyak bgt nih not found linknya...

    BalasHapus
  37. Mas Doy sebelumnya makasih udah nambahin gambarnya
    Gus copy gambar HPnya ya
    oia mas doy, makasih infonya gus langsung coba ke tkp ah

    BalasHapus
  38. Wah trik menarik mas doyok... iya nih pernah ketemu yang kayak gitu... Tx ya mas!!

    BalasHapus
  39. mantab mas..aku cek TKP dulu

    BalasHapus
  40. makasih banyak atas Tipsnya sobat.
    salam Taksim.

    BalasHapus
  41. @seti
    oke sama sama mas :D
    makasih kunjungannya
    semoga bermanfaat saja

    BalasHapus
  42. @ureh
    monggo monggo semoga sukses ya

    BalasHapus
  43. @akhatam
    monggo langsung dibenarkan saja :D

    BalasHapus
  44. @gus
    oke deh semoga bermanfaat gus :D

    BalasHapus
  45. @el
    udah banyak serinya
    klik aja label webmaster :D

    BalasHapus
  46. @membangun
    sama sama belajra breng kok mas

    BalasHapus
  47. @oemar
    monggo langsugn di cek aja :D

    BalasHapus
  48. iya thu he..he jadi ke ingget pas dulu aku minta bantuan ma U masukin link banner di blogku ha..ha....ga pake http ternyata penting juga ya

    BalasHapus
  49. wah makasih tipsnya masdoy...
    artinya 404 di setiap not found apa sih mas...

    BalasHapus
  50. Thank buat info buatnya mas... aku coba doloe siap menuju tkp

    BalasHapus
  51. td sudah aq cek mas doy dan sudah aq bersihkan, makasih mas doy

    Parse Code HTML Ala Mbah Google

    BalasHapus
  52. @rizk
    sama sama
    semoga bermanfaat ya

    BalasHapus
  53. @tubir
    monggo mas
    semoga bermanfaat saja ya

    BalasHapus
  54. owh gtu ya caranya baru tau aku mas doy heheheheheheheh

    BalasHapus
  55. @Qmun
    semoga bermanfaat saja ya
    monggo ditelaah dan digunakan

    BalasHapus
  56. @hery
    iya mas makanya jadi not found link deh :D

    BalasHapus
  57. @asep
    semoga bermanfaat saja kang

    BalasHapus
  58. wah ternyata google bisa jadi tukang sampah juga yak...hihihihi
    oke lah kalo begitu!!!

    BalasHapus
  59. makasih kang doyok... informasi yang yang sangat berguna buat saya... akan kutunggu lagi postingan yang bagus bagus dari kang doyok... maju terus kang doyok

    BalasHapus
  60. cool info lagi nih mas, aku langsung cek deh ke TKP, mudah2an sih ga ada tapi klo ada tinggal dibenerin kaya saran mas diatas. thank ya infonya

    BalasHapus
  61. makasih mas doyok,,,
    hebat,, mas doyok selalu punya ide baru dalam postingannya euy

    BalasHapus
  62. @kusanaq
    oke semoga bermanfaat aja ya kang

    BalasHapus
  63. @kusana
    semoga bermanfaat wae kang
    monggo dilakasanakan

    BalasHapus
  64. @simple sli
    iya mbak :D
    berguna kan...
    semoga bermanfaat juga buat yg lain

    BalasHapus
  65. @sukore
    makasih mas kunjungan
    dan makasih juga supportnya

    BalasHapus
  66. @andy
    tenang kang
    kan ada solusinya :D
    google emang mantep

    BalasHapus
  67. @fare
    makasih supportnya
    jadi tambah semangat post :D

    BalasHapus
  68. @beb
    kekeke
    bener juga ya tukang sampah kang

    BalasHapus
  69. @afey
    makasih kunjunganny dan komennya mas afey

    BalasHapus
  70. terima kasih mas doyok,, sory neh ketinggalan mulu

    BalasHapus
  71. Mas puya saya kok gak ada data sama sekali alias 0 apa maksud nya.padahal udah lama terferivikasi.

    BalasHapus
  72. baru mampir disini, salam kenal dulu dengan http:kuta-bumi.blogspot.com,
    kebetulan blog saya seperti ditulis pada artikel ini, akan saya pelajari selanjutnya. terima kasih.

    BalasHapus
  73. yo nak iki bermanfaat banget mas

    BalasHapus
  74. webmaster gugle ini memang mantep mas... 3 hari saya optimalisasi, web langsung berada di halaman pertama. Malah nomor satu untuk beberapa keyword yang saya tembak. Padahal usia web saya baru satu minggu..

    BalasHapus
  75. wew..tempat saya 0 mas.trus kalau bersihin yg restricted by robot.txt gimana mas??tmpt saya ada 15 tuh.ditunggu postingan selanjutnya,prikitiew..

    BalasHapus
  76. Halo mas
    Data saya kok semuanya nihil atau kosong
    seperti ini : No data available
    saya add site nya sekitar 2 hari yang lalu kenapa ya mohon pencerahannya. trims
    jawabannya ditunggu sngat
    bls ke email jg boleh : usupnew[at]gmail.com

    BalasHapus
  77. @5325533104686484156.0
    pasang met tag nya sudah kan :D

    BalasHapus
  78. Waaah.. ini nih yg dicari, trima ksh mas doyok

    BalasHapus
  79. masdoyok, barusan saya coba utk bersihkan link rusak/notfound tsb...Tandai radio buttons "Individual URL's'" ngak ada...cuma button "Enter the URL that you'd like to remove (case-sensitive)" :-), setelah dihapus statusnya 'pending' dulu ya mas?

    BalasHapus
  80. langsung masukkan saja kara seakrang udah berubah, tapi hati2 jgn asal hapous lihat pesannya dulu bias bisa malah terhapus url utamanya

    BalasHapus
  81. ya mas...sya menemukan tulisan ini,dan disusruh centang ..apa artinya mas?
    The page returns a 404/410, or has been blocked by robots.txt or a noindex meta tag

    BalasHapus
  82. Saya sudah verifikasi google dan tertulis add or remove owner, kenapa seperti itu yach, bukankah seharusnya tertulis verified. Mohon pencerahannya , Thanks

    BalasHapus
  83. terimakasih infonya mas, sangat berguna..
    kunjung balik ya mas,, mohon sharing ilmunya..

    BalasHapus
  84. Makasih yah Mas Doyok.. sekarang jadi tambah mudeng nih, setelah baca2 artikel disini.. sukses selalu Mas..

    BalasHapus
  85. mas saya punya masalah ketika verifikasi, seharusnya bila sudah terverifikasi ada tulisan verify kan?
    tapi kenapa punya saya ada tulisan add or remove owners? maksudnya apa itu y mas?

    BalasHapus
  86. Mas Doyok, saya mau tanya bagaimana kalau broken link tersebuat berasal dari blog luar (blog yg ngelink ke artikel kita dengan dengan asal seperti blog auto content). Sebab ada banyak link error yg ternyata berasal dari luar, contohnya link ini

    - http://esalesjob.com/search/14 tipe cowok yg paling disukai oleh cewek
    - http://esalesjob.com/search/13 tipe cewek yg paling disukai oleh cowok

    Apa bisa dihapus juga dari webmaster google. terima kasih...

    BalasHapus
  87. keren mas, bermanfaat banget, ini salah satu kelemahan free cms yang lagi saya pakai, duplicate content terus :D

    BalasHapus
  88. sangat-sangat bermanfaat mas doyok ilmunya,setelah kita menunggu,apa lagi yang harus dilakukan mas

    BalasHapus
  89. thanks infonya mas..langsung ke tkp deh ....

    BalasHapus
  90. saya sudah membaca tutorialnya, dan sudah saya sedot ilmunya masuk ke ubun2. terimakasih ya

    BalasHapus
  91. Tutorialnya sangat membantu Mas,
    Terima kasih banyak..

    BalasHapus
  92. terima kasih infonya...

    http://www.cyberdatalink.co.cc

    semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  93. kalau not found ny gini mas?:
    http://kutulis-apapun.blogspot.com/2010/04/&target=email
    http://kutulis-apapun.blogspot.com/2010/04/&target=twitter
    tu ada dlm semua aritkel pada bulan yng dtunjukkan... aq cek dimana2 g da, mulai EDIT HTML, artikelny, smpe aq cek pake add-ons cek link satu halaman g ktemu... tp webmaster nemuin.. gmn??

    BalasHapus
  94. oh y lupa,, nanti kalau saya hapus linknya saja,, takutnya tuh format dah nempel ama blog saya,, masa tiap nulis artikel mw hapusin notfound.?

    THX bgt

    BalasHapus
  95. Makasih mas sarannya.... namun ada solusi kalo di denied gak mas??
    saya sudah nyoba namun di denied sama si google... :)

    http://loewyi.com

    BalasHapus
  96. Di coba dulu ya mas...Makasih infonya...

    BalasHapus
  97. ternyata banyakk sekali broken link punya say...
    makasih atas ilmunya pak...

    BalasHapus
  98. tp kalu diakses perayap ,hapusnya harus masukan link yang not found satu2 atau bersamaan mas? trims sebelumnya

    BalasHapus
  99. Wah, penting juga neh ternyata...

    BalasHapus
  100. terimakasih untuk tips nya, kebetulan kemarin di webmaster tool saya menemukan beberapa link yang rusak.. :)

    BalasHapus
  101. Thanks ya, artikel anda sangat bermanfaat.salam kenal, pasti sukses. Saya tunggu artikel menarik berikutnya.........thanks bro

    BalasHapus
  102. terima kasih mas doyok pencerahannya..kami lihat posting ini sudah setahun lalu. tapi baru bulan ini kami baca dan langsung praktek,untuk etika tidak ada salahnya kami berikomentar.

    oh ya google friend connect mas dayak kami fallow, dengan tujuan bisa mengikuti update terbaru mas doyok, kalau tidak keberantan tolong di fallow back ya...terima kasih

    BalasHapus
  103. hadehhh..... akhirnya...nemu juga artikel yang ngebahas tentang webmastertools dengan lengkap.... thanks buat mas doyok sang Admin.... langsung ane follow n berlangganan.... bermanfaat bnget buat aq yg newbie....

    BalasHapus
  104. Info yang sangat membantu untuk seorang pemula seperti saya terima kasih banyak

    BalasHapus
  105. Nice article...very helpfull and usefull. Nice to visit here...by http://fikrisu.blogspot.com

    BalasHapus
  106. mantap bener artikelnya kumplit abis

    BalasHapus
  107. sudah dikasih kode ini belu mas?

    removeRelatedDuplicates();

    BalasHapus
  108. wah sepertinya belum mas, mank di letakin di mana code removeRelatedDuplicates(); ??
    mhon bntuannya mas doyok, saya selalu ke sini untuk toturial blog. ^^

    BalasHapus
  109. (script type="text/javascript")
    removeRelatedDuplicates();
    printRelatedLabels();
    (/script)

    dikasih di dalam gadget relatednya itu, di bawahnya

    jgn lupa kurungnya ganti yg lancip

    BalasHapus
  110. kurung yang baris petama dan terakhir saja yg dilancip
    yg dua tengah tetep kurung gitu

    BalasHapus
  111. itu di masukin di halaman edit html, atau di di hlaman page elements ? dan gmna mngetahui gadget yg related'y mas ?

    BalasHapus
  112. code itu saya truh di setiap gadget, dan saya truh di atas contoh'y :
    (script type="text/javascript")
    removeRelatedDuplicates();
    printRelatedLabels();
    (/script)
    TEXT WIDGETNYA DISINI TEXT WIDGETNYA DISINI

    bner ga' mas ? tnda kurung'y saya gnti dengan yg lancip

    BalasHapus
  113. cukup buat satu widget HTMl aja diisi itu tok gak papa

    BalasHapus
  114. wah thanks bnget ya mas ats info'y ^^,
    mudah2an aja ngilang tuh broken link.

    BalasHapus
  115. wah mntap mas, skrang berkurang linked fromnya, bekas 100 skrang mnjadi 9 aja. trus spya mnjadi 0 gmna mas ?

    BalasHapus
  116. Ternyata aku juga sama seperti komikblaze nih ada broken di related-content.g?q=, tapi skr udah dapet jawabannya berkat mas doyok.
    terima kasih ya mas.

    BalasHapus
  117. mas tolong bantuannya, blog saya 404 semua karena error /related-content.g?q=, mas ada ym gak?

    BalasHapus
  118. terdampar di sini gara2 indexed nya ga nambah2,, malahan menurun.. kemungkinan error related-content juga.. sambil nunggu pendingan sambil komen..

    makasih ilmunya boss..

    BalasHapus
  119. @linda
    fb saya
    facebook.com/masdoyok

    BalasHapus
  120. thank's alias makasih banyak, not found di tempat aku udah di bersihkan, tinggal nunggu clearnya aja. Aq mo nanya mas, kalau alamat url "http://www.domain.com/cse" itu ga' apa2 dihapus ? maksud dari cse itu apa sih ? Aq ada kasus not found untuk cse itu mas. dibantu yach...

    BalasHapus
  121. Iya ni, mesti satu-satu.
    nggak bisa memasukkan link removal 100 sekaligus

    BalasHapus
  122. saya menemukan ada yang error, sebagian dari tautan link, sebagian dari link sendiri...
    untuk masalah dari link sendiri, saya memakai http, tapi masuk kategori not found...apa ada penyebab lainnya Mas?
    lalu kalau misalnya sudah di remove, apa bisa kembali di baca oleh robot google?

    BalasHapus
  123. @Yohanes
    saya memposting lanjutan artikel ini tnetang apa yang tidak bisa dihapus google

    utk penghapusan itu bisa dikatakn prcuma karena google membutuhkan waktunya sendiri utk menghapus link link rusak semisal halaman yang dihapus admin dari blognya
    - ini kata google -

    dan kata google lagi,
    penghapusan ini hanya dilakukan utk kondisi darurat semisal...
    halaman yang terkena malware atau berisi konten berbahaya yang disisipkan pihak jahat :D

    dan menurut saya...
    entah itu berisi konten jahat
    atau entah itu hanya berupa halamn biasa yang telah kita hapus sebenernya tidak ada perbedaan
    dengan meremove lewat webmaster tools, sebenernya kita hanya memasukkan url tersebut ke antrian penghapusan permanent hasil cari Google, statuta google bisa jadi cuma menjaga agar tidak terlalu banyak URL yang di request penggunanya utk dihapus :D

    sekian terima kasihhh

    BalasHapus
  124. Ternyata caranya seperti yang sudah dan masih saya lakukan, kirain ada cara praktisnya. Thanks mas doyok... Jadi tahu kalau bukan cuma aku saja yang melakukan ini. xiixi

    BalasHapus
  125. Mas doyok... apakah tidak ada cara yang lebih praktis? karena url not foundnya itu-itu saja. capek...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer