Membuat Link Ke Baris Tertentu Pada Suatu Postingan

http://images.clipartof.com/small/16326-Four-Gold-People-Holding-Hands-While-Standing-On-Connected-Gold-Puzzle-Pieces-Symbolizing-Teamwork-And-Interlinking-For-Seo-Website-Marketing-Clipart-Illustration-Graphic.jpgJika Anda seringkali melihat aturan-aturan dari Google, pasti Anda tahu Google akan mengawalinya dengan daftar aturan dalam link-link, dan ketika link di klik, itu sama sekali tidak berpindah halaman, ia hanya bergeser ke bawah menuju item yang lebih khusus. Contohnya klik saja link-link di bawah ini:

Artikel ini terdiri dari
1. Penentuan Baris Tujuan Link
2. Pembuatan Link Ke Baris Tertentu

Nah, cobalah klik link-link di atas. Apakah Anda merasa itu akan berguna untuk Anda? Silahkan saja coba dengan mengikuti tutorial di bawah ini:

Penentuan Baris Tujuan Link
Yang pertama Anda lakukan adalah menentukan baris tujuan link. Kita gunakan satu kata, dua kata atau bahkan kalimat untuk menandai. Itu terserah Anda. Penulisannya seperti berikut ini (baut postingan dalam mode edit html)

<a name="labeltujuan">Kataataukalimatdisini</a>


Yang berwarna merah pertama (labeltujuan) adalah label unik yang nanti akan dihubungkan dengan link. Label unik ini harus sama dengan label unik yang dimasukkan pada link. Jika Anda mengganti label tujuan, maka Anda harus menggantinya juga label pada bagian link nantinya. Yang berwarna merah kedua adalah teks atau kalimat bagian dari postingan Anda. Misal Anda akan mengarahkan link ke paragraf kedua suatu postingan, maka letakkan script tersebut mengawali pargaraf kedua Anda, dan kata pertama dari paragraf kedua dimasukkan ke bagian Kataataukalimatdisini



Pembuatan Link Ke Baris Tertentu
Sekarang saatnya Anda membuat link yang akan memanggil baris tertentu dari postingan Anda. Penulisan linknya adalah sebai berikut.


<a href="#labeltujuan">anchorlink</a>

Yang berwarna merah pertama (labeltujuan), harus sesuai dengan label yang telah ditentukan di atas. Jika di atas menggunakan label: labeltujuan, maka untuk link-nya pun, diisi dengan tujuan: #labeltujuan (awali dengan tanda pagar). Pada bagian berwarna merah kedua (anchorlink) adalah nama link atau teks yang akan muncul sebagai link, misal ketika Anda ingin mengarahkannya ke paragraf kedua, Anda isi bagian anchorlink dengan 'Menuju Ke Paragraf Kedua'.

Jika Anda meletakkan link tersebut satu postingan dengan tujuannya, maka gunakan penulisan seperti di atas. Tetapi jika link tersebut terletak di luar (tidak pada satu postingan), penulisannya adalah sebagai berikut.

<a href="http://alamatpostingan.html#labeltujuan">Anchorlink</a>

Dari link di atas dapat disimpulkan, ketika Anda membuat suatu label tujuan pada postingan tertentu maka link ke bagian tertentu postingan adalah cukup menambahkan tanda pagar (#) dan label di belakang url postingan. Semoga bermanfaat.

NB: Jika Anda gagal membuatnya, silahkan simpan artikel Anda dalam mode Edit HTML, karena ketika Anda simpan artikel dalam keadaan Compose, link akan sering berubah karena ini bukan link utama.

Komentar

  1. Mantab! Komen pertamaxx nih? Beruntung q ^_^

    BalasHapus
  2. Weleh...jadi pengen main loncat-loncatan nih...makasih infonya om...

    BalasHapus
  3. sip, meski mata ini sedang tidak dalam keadaan baik dan badan juga sedang dalam kondisi kurang fit, alhamdulillah saya paham artikel sodara doyok, hehehe formil banget gak mas :D

    tapi keliatannya sama kayak kita ngeklik link yg menuju ke komntar suatu halaman, kalo gak salah ada tanda # sebelum menuju pada komentar tertentu di post kita :) makasih mas, keep shared

    BalasHapus
  4. oh gitu to... maklum pemula buanget

    BalasHapus
  5. @2204019106753795835.0
    Aku masih bingung nieee

    BalasHapus
  6. mantaps info'a,,,ada cara link loncat menarik sekali buat tambahan trik.thanks mas doyok,,

    BalasHapus
  7. keren mas... ini yang saya cari2 selama ini... thanks mas...

    BalasHapus
  8. wah ini dia resep yang aku cari...tak coba mas mudah2han manjur

    BalasHapus
  9. Kok bisa? Duh, bingung.... ?@!#$%^&

    BalasHapus
  10. Oh begitu yah caranya. Mantap sekali tutorialnya.

    BalasHapus
  11. waduh mantaps, ini yang aku cari dari dulu, terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer