Menambahkan Widget di Bawah Postingan - Minima Today #3

Dalam seri minima today yang ketiga, saya membahas mengenai penambahan widget di bawah postingan. Kita dapat menambahkan berbagai widget disini, misalkan Anda ingin menambahkan widget berlangganan via email atau widget bookmarking. Nah, untuk membuatnya sangat mudah.

Add Gadget Langsung
Anda bisa add gadget langsung dengan klik tombol add gadget di bawah area post di tata letak. Jika beberapa template tidak menampakan link penambahan gadget, jangan khawatir, buat saja gadget di sidebar Anda. Jika sudah jadi paksakan geser e bawah area post, dan berhasil... karena memang sebenarnya telah ada kolom disana.

Manual
Kebanyakan lebih suka memasukkan langsung ke template. Alasannya karena lebih mudah untuk menambah kode-kode modifikasinya. Nah untuk membuatnya pertama silahkan Anda sisipkan kode biru di bawah ini di atas ]]></b:skin>


.widgetbawah{
padding:10px;
margin-top: 5px;
background:#ccc;
border:1px solid #000;
line-height:1.6em;

Kemudian tambahkan kode berikut ini setelah <data:post.body/>
<div class='widgetbawah'>
...............................................................................
</div>




Isi titik-titik dengan kode widget Anda atau tulisan Anda. Jangan lupa untuk parse code dulu karena ini masuk ke bagian postingan. Jadi widget yang akan disisipkan di bagian titik-titik silahkan parse dulu dengan gunakan tool centricle (Baca: Kode HTML Tidak Keluar, Parse Dulu).

Nah, sekarang widget Anda akan tampil di bawah postingan. Namun, widget ini juga akan tampil di bawah postingan di halaman depan. Jika Anda hanya ingin menampilkan widget di halaman postingan saja, maka tambahkan kode syarat, sehingga kodenya menjadi seperti ini

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='widgetbawah'>
...............................................................................
</div>
</b:if>

Silahkan mencoba, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer