Mengulas Perbedaan Domain WWW dengan non-WWW

Kali ini Gus Ikhwan ingin mencoba menulis di rumah Mas Doyok, dan sebelum memposting ini Gus Ikhwan juga sudah memposting di Blog Om Agus yang ber title 'Awas Virus Blog Menyerang Blog Anda' dan artikel ini merupakan postingan Gus Ikhwan yang ke 5 kalinya sebelumnya anda bisa lihat di sini.

Udah ah basa basinya langsung ke penjelasan dan pemahaman tentang 'Mengulas Perbedaan Domain WWW dengan non-WWW'

Apakah anda pernah bertanya, apa sih beda domain www dengan non www? Contohnya www.masdoyok.com dengan tanpa www yaitu masdoyok.com ? Hmm..jika iya, artikel ini akan membahas perbedaan SEO dengan domain www dan dengan non WWW. Sebenarnya sih tidak ada banyak perbedaan, tapi di SEO mungkin ada perbedaan sedikit ^_^
Yang pertama, coba cek blog anda menggunakan www lalu selanjutnya tanpa menggunakan www.

Contohnya:
www.mxwan.web.id atau www.masdoyok.co.cc
dengan
mxwan.web.id atau masdoyok.co.cc

Lalu yang harus anda lakukan pertama adalah, tentukan alamat/domain mana yang akan anda pilih. Jika blog anda bisa diakses menggunakan www maupun non www, pilih salah satu. Tetapi bila blog anda tidak bisa diakses dengan non www tapi bisa dengan www, fokuskan pada yang menggunakan www. Begitu juga sebaliknya. Jika saya pribadi memilih tanpa www, soalnya kebanyakan orang ngetik alamat blog kita tanpa www. Tetapi masih tidak menutup kemungkinan ada orang yg mengetik alamat blog/domain kita dengan www.
Mengapa anda perlu menetapkan salah satu penggunaan alamat domain anda? Hmm.... secara ringkasnya begini :
  1. Untuk menghindari duplicate content. Dan bisa merugikan blog/web anda sendiri.
  2. Memperkuat link building. Manfaat dari membangun/memperkuat link building ini adalah, agar link yang masuk ke blog anda hanya kepada salah satu URL saja (pilih yg menggunakan www atau non www).
Oke lah, supaya lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah. ^_^

Contoh manfaat backlink yang baik bila anda membuat penetapan untuk penggunaan www atau non www

perbedaan www dengan non www

Contoh negatif bila anda tidak menetapkan penggunaan domain/URl dengan www atau non www.

domain dengan www

Jadi silahkan tentukan mana yang anda pilih. Pilihan bijaksana akan membawa blog anda terbang tinggi melayang hohoho. Oh iya, mungkin bila anda menemui masalah blog anda bisa dibuka dengan www tapi tidak bisa dibuka dengan non www, dan sebaliknya..saya jelaskan kapan-kapan karena ini sedikit panjang dan saya sibuk sekolah. hohoho.
Dan jangan lupa untuk langganan newsletter saya disamping kanan artikel ini, cukup masukkan nama, hp dan email saja kok. Insya Allah setiap hari anda dapat informasi menarik tentang SEO, Internet marketing, dan hal hal lainnya.
Happy Blogging !

Komentar

  1. Pertamax ah ??
    Aman ga mas doy Pertamaxnya

    BalasHapus
  2. Maaf Gus Ikhwan Pertamaxnya aman ??
    Habis publish langsung komen???
    Sem,oga dengan penjelasan ini kalian bisa lebih memahami antara www dengan tanpa www

    BalasHapus
  3. wah.. tambah mantep aja nih postingannya. thanks bro udah kasih infonya moga bermanfaat selalu

    BalasHapus
  4. @ Tovazone
    Sama sama Gan udah mampir

    BalasHapus
  5. Pertamaxnya abis...

    tapi good article..

    BalasHapus
  6. @4484387210332968240.0
    aman gak ya ane keduaX :P

    BalasHapus
  7. kl ane sukanya diredirect, bner bgt org suka buka tanpa www... Tapi blog mas doy tetep ja rame.... hahhaha

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum mas doyok! lama gak kesini!

    BalasHapus
  9. @8768410787696767943.0
    aman gus ikhwan
    makasih sudah baca dan mampir ya :D
    eh makasih sduah psot masalah ini

    BalasHapus
  10. @1241634956686906744.0
    makasih ya mas tova kunjungannya

    BalasHapus
  11. @5291136102703180864.0
    semoga bermanfaat riz

    BalasHapus
  12. @1368185231150917275.0
    makasih mas infonya
    tapi pernah post juga :D

    BalasHapus
  13. @ros
    waalaikumsalam
    terima kasih ya sudah berkunjung

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. @8215822767049848946.0
    Ane tahu mas doy, hehe hanya skdar promosi...
    thanks kunjungan baliknya, sering" berkunjung ya ^_^

    BalasHapus
  16. kurang paham saya kang.. :(

    terus kalo blogspot itu untung ato rugi....?

    o.c juga gak bisa kalo gak pake www, apa itu kondisi yang sama dengan blogspot..? adu bingung saya!

    BalasHapus
  17. www dan non sama aja om, tergantung suport keduanya enggak. kalo non www error yah itu masalahnya pada domain tersebut, tp kalo udah clear kedua2 nya menjadi berimbang = sama kedudukan.

    Saya setuju soal ngelink ke url make www atau enggak, karena terkadang juga berpengaruh di PR, kebanyakan kasus make www PR lebih tinggi ketika di cek tanpa WWW. Ini hanya sebagian contoh kecil. so biasakan make www aja ^.^ toh kalo nulis tanpa www juga akan di redirect otomatis ke wwww.domain

    BalasHapus
  18. wah ini info yg dah lama saya tunggu, trimakasih sob, sukses selalu :)

    BalasHapus
  19. wah mantap dah ne mas doy penjelasannya detail ne

    BalasHapus
  20. wwah..bagus iini mas..akan tetapi bagi pengguna blogspotseperti ak ini..bagaimana cara setttingnya agaar bisa mennentukan salah satu domainnya [pake www ata tidak....]

    BalasHapus
  21. mantap..terima kasih atas pelajarannya,,,

    BalasHapus
  22. saya punya domain gratisan, pertama kali saya gunakan untuk redirect misalnya domainsaya.co.cc. Setelah itu saya membuat blog sehingga domain saya www.domain.co.cc. Akan tetapi, kok ketika saya ketik domain.co.cc kok munculnya "your domain is under examination". Saya coba ketik www.domain.co.cc blog saya berhasil muncul.

    Kok bisa begitu yah? Padahal saya sudah setting juga di akun blog saya. Apa masalahnya?
    Tolong dibantu mas doyok.

    NB: domainnya : co.cc

    BalasHapus
  23. blogku bisa dibuka tanpa www dan dengan www mas terus cara milihnya gimana?

    BalasHapus
  24. digoogle webmaster kan ada pilihan ya..mau www saja atau non www atau tanpa di setting. nah semua blog aku gada yg disetting. trus pas update pagerank kemarin. salah satu blog aku yang non www dpt PR 4, yang www PR 0 (cek via add on). bahkan nyaris tanpa backlink. tadi aku coba cek di digpagerank ternyata PR 4 nya warna orange. optimalisasinya gimana boss.

    Sebenarnya aku ga terlalu pengaruh, krn yg dpt yang lebih menitik beratkan sales (traffic) bkn PR

    Agar hal itu tidak terjadi di sala satu blog aku, bagaimana solusinya yah? .. maklum masih pemula.

    thanks

    BalasHapus
  25. mas mending di webmaster mas pilih yg non www :D

    BalasHapus
  26. Artikel yang bagus kang, ini yang lagi dicari...trims

    BalasHapus
  27. thanks replynya mas
    aku baca diforum katanya klo diredirect salah satunya berarti mulai dari awal lagi.

    rada heran juga setelah dpt PR kog backlink yahoo dibabat abis. trus kemarin lusa lagi2 dipangkas backlinknya ...

    BalasHapus
  28. oh gitu ya gan. makasih ya infonya. salam kenal...

    BalasHapus
  29. mas mantap infonya, sudah sy coba dan hasilnya memang cukup fantastis yang tidak pakai www silahkan di lihat juga alexa rank nya langsung melejit, sekali tks berat ya mas wslm

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer