Atur Pesan Pemberitahuan Berlangganan Via Email

Sempat berniat untuk tidak posting hari ini karena ada beberapa kesibukan, akhirnya masih ada waktu beberapa menit sebelum tengah malam, kejar tayang jatah posting hari ini. Di sisa waktu ini, saya akan bahas hal simple saja namun layak Anda optimalkan.

Jika Anda sudah mulai mempunyai pembaca lewat email, pastikanlah Anda terus berpromosi agar bertambah. Semakin banyak yang tahu ketika Anda update, itu semakin bagus. Berbicara soal pelanggan via email, ada hal menarik yakni seseorang yang mendaftar untuk berlangganan postingan kita lupa atau bahkan tidak tahu untuk konfirmasi dahulu agar dapat menerima update postingan di inbox mereka. (Baca: Jangan lupa konfirmasi untuk berlangganan via email). Link konfirmasi akan mereka dapatkan di inbox setelah mereka melakukan pendaftaran untuk berlangganan.

Nah, ada banyak sebabnya seperti yang saya sebutkan tadi. Mungkin karena tidak tahu atau mungkin juga karena lupa. Sekarang tugas kita untuk membuat link konfirmasi yang dikirim kepada calon pelanggan sesaat setelah mereka mendaftar lebih mencolok. Caranya? atur saja subyek dan isi email pemberitahuan dengan kata-kata kita. (Mungkin sebagian orang malah menganggap email yang datang dengan bahasa Inggris adalah spam, karena saking banyaknya inbox seperti itu setiap harinya).

1. Seperti biasa silahkan ke feedburner.com
2. Akan muncul daftar feed Anda, klik feed yang Anda inginkan.
3. Pada bagian tab atas pilih Publicize
4. Pada sidebar kiri klik menu Email Subscriptions.
5. Muncul menu baru di bawahnya, pilih Communication Prefences.
6. Anda bisa atur sesuai keinginan Anda disana.
 

Pada Confirmation Email Subject isi dengan judul yang akan dirampilkan saat Email diterima.
Defaultnya adalah seperti ini
Activate your Email Subscription to: Mas Doyok!
Misal saya ganti dengan
Konfirmasi Untuk Berlangganan: Mas Doyok


Pada Conformation Email Body, isi kolom tersebut dengan isi pesan keterangan untuk konfirmasi. Defaultnya adalah seperti ini:
Hello there,

You recently requested an email subscription to Mas Doyok!. We can't wait to send the updates you want via email, so please click the following link to activate your subscription immediately:

${confirmlink}

(If the link above does not appear clickable or does not open a browser window when you click it, copy it and paste it into your web browser's Location bar.)

Yang berwarna merah adalah kode link konfirmasi. Jadi, jangan ganti link tersebut.
Misal isi keterangan petunjuk konfirmasi saya ganti sebagai berikut:
Halo sahabat Blogger,
Terima kasih Anda telah mengirim permintaan berlanggana artikel Mas Doyok! sebelumnya. Untuk mendapatkan update setiap harinya di inbox Anda, silahkan klik link berikut ini:

${confirmlink}

(Jika link tidak bekerja, silahkan copy dan paste di address bar browser Anda. Semoga berhasil)

Jangan lupa untuk gabung komunitas blogger Mas doyok! dengan klik link berikut
http://www.blogger.com/follow-blog.g?blogID=4099787211392655306
Terima kasih sekali lagi! Sukses selalu dengan artikel-artikel kami esok hari di Inbox Anda.
Yang berwarna merah tetap saya pertahankan kartena itu link konfirmasi, dan yang berwarna hijau adalah tambahan link untuk follow blog via google Connect agar pembaca email saya tertarik juga.


Sangat mudah bukan? Hal terakhir yang Anda lakukan adalah klik tombol Save agar pengaturan ini berjalan.



Semoga bermanfaat, sudahkah Anda berlanggan artikel blog ini? Sementara saya update setiap hari........

Komentar

  1. Owh begitu ya mas, bru tau aq..trnyat harus konfimasi jg ya..oc decg mas..ane tengkiuperimatz bgt atas infox..ane langsung ke TKP..;-)..

    BalasHapus
  2. wah ternyata bisa diubah jg ya,,baru ngeh nih,,makasih masdoy..

    BalasHapus
  3. Trims untuk infonya.. sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  4. wah ini yang saya cari dari kemaren
    makasih mas doyok

    BalasHapus
  5. Ini dia yang aku tunggu-tunggu... Makasih untuk tutorialnya mas...

    Maaf jarang berkunjung, koneksi error terus nich...

    BalasHapus
  6. sepertinya harus di coba nih mas doy...makasih infonya ya

    BalasHapus
  7. Terimakasih mas doy udah sharing ilmu baru ^_^

    BalasHapus
  8. boleh juga niih Mas Doyok buat nambah pengunjung... n berbagi ilmu dengan sesama...
    trims ilmunya nih, smg sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  9. Wah ..ini yang dicari ni... terima kasih gan..

    BalasHapus
  10. wah cocok nich mas doyok buat blog yang terpasang berlangganan artikel, pernah juga aq pasang tp sayangnya cuma 2 0rang yang berlanganan, y akhirnya aq lepas dech..... g aku pasang lagi

    BalasHapus
  11. keuntungan lain juga bisa menambah traffic ke blog kita,,,,

    BalasHapus
  12. oh bisa gitu ya mas, mantep juga ya jadi lebih friendly. Sip lah langsung tak coba mudah2an bisa lebih tertarik pembacanya hehehe

    BalasHapus
  13. Ya orang pasti tau juga kalo itu dari feedburner kali. Meski pake bahasa Inggris.

    BalasHapus
  14. pas banget! ini mas yang lagi aku cari, kebetulan banget...makasih mas artikelnya keren...

    BalasHapus
  15. aku belum punya subscriber kasihan deh, berkunjung mas setelah jumatan

    BalasHapus
  16. terima kasih Mas infonya... tapi saya belum punya subscriber nih... hehehe.. jadi kotak langganannya saya lepas...

    BalasHapus
  17. wah lebih atraktif ya mas,,, seperti web profesional...

    iya..tapi kita berusaha menjadi profesional blogger..

    BalasHapus
  18. wah
    thx infonya mas doyok..
    saya jadi ngerti sekarang manfaat berlangganan via mailnya..

    BalasHapus
  19. @herman
    oke mas silahkan dicoba yaa

    BalasHapus
  20. @hapia
    iya mas kalau manfaatin fasilitasnya banyak banget kokya :D

    BalasHapus
  21. @maniak
    siip
    silahkan dicoba ya :D

    BalasHapus
  22. @akhatam
    makasih ya kunjungannya kang

    BalasHapus
  23. @seputaR-inter
    mulai dibangun atuh mas :)

    BalasHapus
  24. @munir ardi
    dipasang mas :D
    biar banyak yg langgan

    BalasHapus
  25. @ryan
    oike silahkan ya dicoba diterapkan
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  26. @rizki
    jgn anggap remeh
    kalau kita dapet tumpukan pesan banyak berbahasa inggris
    dari fb dan lain2 dari spam spam juga
    nah pasti otomatis tgn ini bisa asal hapus

    BalasHapus
  27. @ndoro seten
    oke sip mas :D
    hehehe........
    aku sudah ndak masuk hhhheee

    BalasHapus
  28. @andy
    oke sipp :D
    mas andy
    makasih ya kunjungannya

    BalasHapus
  29. @belajar internet
    iya itu kalau sudah jad pelanggan mas :D
    ini tehniknya biar kita lebih terlihat pro

    BalasHapus
  30. @the mets
    kurang sabar nih riz
    aku dulu juga sedikit :D

    BalasHapus
  31. @5965214441369480680.0
    kurang sabar nih
    aku dulu juga awalnya kan dikit juga riz

    BalasHapus
  32. @tips
    online
    oke monggo dicoba
    semoga bermanfaat ya mass

    BalasHapus
  33. @harto
    oke mas.. sip
    silahkan dicoba ya
    semoga ebrmanfaat

    BalasHapus
  34. @aditx
    oke udah lama sebenernya mungkin cuma ndak ada yg bahas aja

    BalasHapus
  35. @berita untuk
    silahkan dicoba..
    semoga berhasil ya mass

    BalasHapus
  36. @rock
    ndak pap rock
    sama aku juga akhir akhir ini jarang online

    BalasHapus
  37. @blogdunia
    oke deh
    semoga bermanfaat saja yaa

    BalasHapus
  38. @daun muda
    sipp
    silahkan ya mas dicoba

    BalasHapus
  39. @van
    heheh monggo dicek biara lebih jelas

    BalasHapus
  40. @ratasoe
    sipp hehe
    iya kebanyakan ndak di konfirm
    ane lihat di data feed ane

    BalasHapus
  41. wah lama ndak kunjung kang..
    ini yang aku cari kang...

    BalasHapus
  42. Thanks dah langsung aq coba, and It's work, matur nuwon, Mas Doyok...!

    BalasHapus
  43. @saputra
    siiip
    semoga bermanfaatsaja kdepannya mas

    BalasHapus
  44. @wawan
    sepp
    gimana kabar nih wan ndak pernah nongol hehehe

    BalasHapus
  45. Dengan lebih memperhatikan pelanggan feed via email, makin banyak pembaca yang tertarik sehingga makin banyak pula yang tertarik untuk mengunjungi web kita. Artikel yang sangat bagus, terima kasih.

    BalasHapus
  46. yg ini juga langsung saya pasang mas doyok.. hehehe

    BalasHapus
  47. terima kasih mas, yang ini baru saja saya coba
    berhasil :)

    BalasHapus
  48. Makasih mas infonya... salam kenal..

    BalasHapus
  49. walah kok baru tau aku ada cara ke gini? hahahhaahha..asem ki ketinggalan aku....nuwun yo mas...

    BalasHapus
  50. makasih ya sudah mau bebagi ilmunya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer