Pindah Gadget Manual Jika Terjadi Galat

Akhir-akhir ini banyak yang menanyakan kepada saya perihal terjadinya galat ketika pemindahan gadget. Memang saat gadget di geser akan normal saja, namun begitu tombol simpan di klik, otomatis akan di bawa ke halaman galat seperti gambar berikut ini:

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan cara manual. Itung-itung belajar kode sedikit mesti tidak sesimple jika pakai fasilitas drag dan drop.

Yang perlu dicermati, pada template Anda widget Anda berada diantara kode berikut ini
<b:widget id='idwidget' locked='false' title='Judul Widget' type='typewidget'>
..............................
...........................................
...........................................................
</b:widget>

- Tiga baris titik-titik adalah bagian widget Anda.
- Id Widget adalah hal yang unik yang dimiliki masing-masing widget dan tidak mungkin sama. Otomatis diberi saat penambahan widget secara berurutan.
- Type widget adalah jenis penambahan widget yang Anda lakukan, misalnya saja HTML.

Nah untuk memindahkannya secara manual, silahkan
1. Tata Letak
2. Edit HTML
3. Centang Expand Template Widget
4. Anda temukan widget yang ingin Anda pindah. Bisa dengan cara menemukan judul widget atau id widget. (Baca: Cara cepat mengetahui id widget)
5. Lakukan pemindahan dengan benar, sesuai rambu-rambu yang saya paparkan di atas. Jadi pindah keseluruhan kode widget Anda di antara <b:widget ......... </b:widget>

Perhatikan screenshoot di bawah ini


Itu adalah sebagian kode dari gadget-gadget blog saya. Urutan kode di atas menentukan urutan penampilan widget pada blog Anda. Yang ditulis lebih dulu maka, widgetnya pun posisinya lebih atas. Nah, Anda bisa pindahkan keseluruhan kode dalam kotak merah ke bagian bawah keseluruhan kode di kotak yang biru untuk mengganti urutan gadget Anda. Jadi, jika Anda mengalami galat saat pengaturan letak widget dengan drag dan drop, Anda mempunyai alternatif lain yang sama-sama sukses.

Komentar

  1. Mas doy saya mau tanya , , Apa perbedaan kode locked='false' dg locked='true' pada id widget blog ?? mohon pencerahannya mas doy . .

    BalasHapus
  2. he....

    keren.. q biasanya kalau error gitu q hapus cookies browser q...

    BalasHapus
  3. mantap mas infonya, aku sering ngalamin tuh...
    tp bingung mau diapain jadi dibiarin aja hehe...

    BalasHapus
  4. wah, klo sekarang widget aku engk bisa digeser-geser dari elemen halaman, akhirnya aku geser2 dari edit html....

    BalasHapus
  5. Makasih mas infonya. Biasanya kalau ada galat kayak gitu saya klik tombol "Previous page" di browser.

    BalasHapus
  6. mas.. mw tanya ni. di home saya artikelnya ada yang jelek n ada yang bagus menurut saya.. trus yang mw saya tampilkan di home tu otomatis yang saya suka aj. gmn mas

    BalasHapus
  7. jiah mangtabs mbah... sedikit info yang sering galat edit widget template arthemia mbah v1 !~_~.... selamat berkreasi lagi...

    BalasHapus
  8. Kalau mau cepet lagih refresh halaman yg terjadi galat, kalau masih back pada tombol toolbar browsingannya...
    sekedar penutup pulang...aw aw aw

    BalasHapus
  9. mas doy, saya mau tanya
    widget ku kok tidak bisa digeser-geser ya, gimana caranya biar widget ku bisa digeser lagi lewat elemen halaman ?

    BalasHapus
  10. @alam yuda
    coba pada preferrednya diaktifkan
    kamu masuk edit html
    centang ETW
    lalu pada section ada kode preferred di 'yes'

    BalasHapus
  11. @beben
    aku berkali kali gitu masih galat terus kang

    BalasHapus
  12. @iphud
    arthemia bener juga
    pernah pake dan ngalamin itu :D

    BalasHapus
  13. @J H
    di jadwal aja
    coba pas post kamu perahtikan bagian bawah esitor postmu

    kan ada tuh mas post option
    dijadwalkan pada nah isi aja tanggalnya yg paling muda

    BalasHapus
  14. @muhammad
    iya memang tapi jadinya belum kesimpen pergantian widgetnya

    BalasHapus
  15. @berita bola
    blogger kok sedang seneng ngaco terus yak

    BalasHapus
  16. @dimas
    oke semoga dengan postingan ini jadi tahu ya dan bisa bermanfaat :D

    BalasHapus
  17. @yusron
    ini kok tetep aja ya
    kenapa ya yus :D

    BalasHapus
  18. @aditx
    kalau saya baca di forum sih dit biar widget itu terkunci di section itu dan gak tergeser geser lagi :(

    udah pernah coba ganti kode itu?

    BalasHapus
  19. mnatap mas doyok tipsnya..
    jdi dpet ilmu baru...

    BalasHapus
  20. @alfi
    semoga bermanfaat bener aja mas :D

    BalasHapus
  21. makasih mas penjelasannya
    saya sering dapat kayak gtu
    untung ada artkel ini
    thanks sekali lagi

    BalasHapus
  22. @8567399803081902665.0
    Belum sih tapi akan saya coba mas doy

    BalasHapus
  23. ah.. saya sering main gini kang.. habisnya di dasrbord gag bisa di pindah2 tuh... alias error. hehe

    BalasHapus
  24. @seca
    yaudah kakve sukses aja pokoknya
    semoga bermanfaat buat yg laen

    BalasHapus
  25. @sms cinta
    semoga bermanfaat yaa

    BalasHapus
  26. wah kalo aku suka liat postingan yang eror tuh......

    BalasHapus
  27. alhamdulillah tempat saya ga rewel mas,tapi baca-baca dulu,siapa tau error

    BalasHapus
  28. @1652852258233153410.0
    jarang amal...wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
  29. aku juga belum pernah ngalamin galat sih mas, tapi cara ini bisa bermanfaat dan buat jaga2 klo nanti jadi error. Btw thank infonya mas

    BalasHapus
  30. @2902216325984233144.0
    wah maksudnya pas posting publish kak?

    BalasHapus
  31. @ureh
    oke mas :D
    semopga nanti bermanfaat aja yak

    BalasHapus
  32. @andy
    oke deh mas
    di bookmark dulu aja buat jaga jaga :D

    BalasHapus
  33. yaaaa mas thanks yaaaaaaaa ... coba sekarang

    BalasHapus
  34. galat memenuhi permintaan Anda...
    wkwkwkwkw

    BalasHapus
  35. aq juga sering ngalamin ini mas doyok trims sharing infonya ya

    BalasHapus
  36. Mas doy, Q mao nanya nich, Q punya template tapi g' d' RSS atomnya, kan biasanya d' icon rss diAdress Bar ini g d'...
    Jd g' bs daftar diFeedBurner
    Tulisannya :
    The URL does not appear to reference a valid XML file. We encountered the following problem: Error on line 7: The reference to entity "zx" must end with the ';' delimiter.

    Tololng pencerahannya yach mas, Ini e-mailQ : afridho@pisangsma4.co.cc
    Sorry melanggar artikel, soalnya dah stress mao nanya siapa lage...
    Tolong yach

    BalasHapus
  37. Kalo mau cara yang gampang atasi error yang sejenis seperti ini kunjungi aja,
    http://uangkanidemu.blogspot.com/2010/10/cara-mengatasi-error-saat-drag-widget.html
    Mudah-mudahan bisa membantu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer