Weekend Evaluate (9) Kapan PageRank Update? Ayo Prediksi PageRank Anda

Meski Pagerank sempat menjadi hal yang 'turun kepopulerannya' (Baca: Jangan terobsesi PageRank), tak dapat dipungkiri itu masih menjadi salah satu hal yang 'paling dikejar' oleh blogger. Menjadi gengsi tersendiri yang dianggap menentukan 'kehandalan' seorang blogger. Ada berepa hal yang perlu diperhatikan soal PageRank.

http://1.bp.blogspot.com/_ZGWGQADVXPQ/SkhlcVNhGcI/AAAAAAAAAXA/hzRnoa13YUw/s400/google-page-rank-update.png

Pertama, kembali saya ingatkan PageRank sangat kental dengan backlink. Itulah sebabnya mengapa pagerank postingan (kontes, biasanya) sering lebih tinggi dari pagerank blog keseluruhan. Karena saat mengikuti kontes Anda mencari backlink sebanyak-banyaknya. Baik melalui permintaan langsung untuk di pasang di postingn atau homepage blog seseorang ataupun dengan menanam komen di banyak blog. Jadi, bisa saja seorang pemula mendapatkan pagerank jauh lebih baik dari pemain lama. Tergantung usahanya bukan... Kesimpulannya, saya katakan bahwa untuk mendapatkan pagerank cara paling baik adalah berbru backlink...

Kedua, pagerank bukan satu-satunya patokan untuk mennetukan pemeringkatan Google. Jadi bukan berarti ketika pagerank Anda bagus lantas peringkat Anda pasti bagus. Ada banyak pembanding lain yang juga mesti dioptimasi.

Tapi Ketiga, pagerank benar-benar bisa mengisi uang Anda. Jika Anda selama ini 'mengejar' bisnis online, tidak ada salahnya Anda mengejar pagerank karena itu baik untuk job review. Semakin baik pagerank Anda maka akan semakin mudah Anda mendapatkan job dan tentunya peluang uang... uang... dan uang...

Keempat, update pagerank tidak ditentukan secara pasti tanggal tertentu atau bulan tertentu. Menurut perkembangannya Google sering update dalam kurun waktu 3 sampai 4 bulan sekali meski beberapa bulan lalu pernah terjadi 2 kali update dalam masa dua bulan. Jadi, Anda perlu was-was karena diperkirakan PageRank akan update akhir bulan ini atau awal April. Satu lagi fakta adalah pagerank diupdate setiap hari dengan nilai-nilai dan koma-koma, namun PageRank tool (yang selama ini Anda tahu) biasa mengkalkulasi pembulatan setiap 3 - 4 bulan sekali.

Kelima, PageRank sebenarnya tidak hanya ditentukan dengan angka  1 - 10 saja, melainkan jutaan angka dengan koma dan koma. Yang Anda lihat di toolbar adalah pembulatan. Itu adalah cara mudah Anda menilai meski sebenarnya dua blog dengan PageRank sama memiliki kelas kepentingan yang berbeda di mata Google.

Keenam, Pagerank awal suatu blog adalah 0,15. Google menentukannya dengan rumus (1-d) dengan d adalah redaman yang bernilai 0,85.

Ketujuh, Link keluar diperkirakan tidak akan mengurangi pagerank Anda. Yang menyebabkan PageRank Anda turun adalah turunnya popularitas blog Anda dari hal link masuk. Bisa terjadi karena link-link Anda dilepas dari beberapa blog.

Lepas dari semua hal menarik di atas, sebaiknya kita kembali berkosentrasi untuk optimasi blog karena 'sekali lagi' diperkirakan pagerank update bulan ini atau awal bulan depan. Tentunya Anda juga tahu setelah membaca list-list di atas, PageRank di update setiap saat sesuai perkembangan kepopuleran link. Bukankah sekarang Anda tertarik utuk prediksi kalkulasi nanti saat PR Toolbar update?

Berikut beberapa tempat yang bisa Anda gunakan untuk prediksi meski nilai ketepatan tidak akan mencapai 50 persen. Silahkan bagi Anda yang penasaran ke link-link berikut ini.


Pagerank... pagerank... pagerank... Sebagian sangat terobsesi dan sebagian lagi berkata itu tidak begitu penting. Yang pasti siapapun itu saya tahu akan 'senang' ketika melihat pageranknya naik...

Semangat blogging dan tunggu lagi yang menarik sembari Anda menunggu beberapa menit menjelang penerbitan WE... WE... WE... pagi minggu depan...

Komentar

  1. moga aja GPR nanti update pas april kl PR q naik bisa jd kado yg sangat spesial mas doy

    BalasHapus
  2. thanks kak!!

    smga pr kakak naik, dan aq jg!

    BalasHapus
  3. BOleh juga nich sob..
    makasih ya dari newbie seperti aku..

    BalasHapus
  4. tes dulu ya mas doyok matur nuwun postingannya yang membantu ini.....

    BalasHapus
  5. saya blm brfikir ttg PR nih, hehe....

    BalasHapus
  6. kalo dilihat dari prediksi sih, blog saya PR-nya jadi 2,8 mas doy, dibuletin jadi 3, hehe...

    BalasHapus
  7. PR blog saya ga turun aja uda syukur mas. Apalagi klo naik jadi 4. he.. Btw, maksudnya kalimat terakhir apa mas? "tunggu lagi yang menarik sembari Anda menunggu beberapa menit menjelang penerbitan WE... WE... WE... pagi minggu depan"

    BalasHapus
  8. coba aahhh.....
    waktu itu sih PR blog seru kakcipa 1, trus PR MP ku 2

    BalasHapus
  9. Aku mah nggak mikirin PR.

    Males, orang update paling cuman 1. lagi-lagi 1 (pesimis)

    BalasHapus
  10. saya ke tkp mas doyok untuk melihat prediksi nya..

    BalasHapus
  11. blog baru ni mas,semoga saja dilempar pagerank dari google...
    makasih infonny mas

    BalasHapus
  12. @Zacky
    Aq sms joe sandy dlu deh....

    BalasHapus
  13. yaaa,semoga pagerank blog saya dapat naik...
    makasih kawan,info yang bermanfaat...

    BalasHapus
  14. saya nggak menampik peduli ama PR habis punya pengalaman dicuekin malahan dibilangin ama seseorang siap lu belum punya PR berani ngajak tukeran link

    BalasHapus
  15. wah tau banyak mas doyok,tentang pr memahami bnaget

    BalasHapus
  16. Wah g2 ya mas..ane bru tau lho..trims ya bwt infox..salam

    BalasHapus
  17. Sesuai jadwal, google akan melakukan update page rank sekitar 3 bulan sekali. dan kemarin telah melakukan page rank akhir desember, tapi saya juga mendapatkan google update page rank pada bulan januari kemarin kalau aku google mau update page rank akhir bulan maret inu atau awal april nanti...

    Mbah, tak tamnbahi Tool untuk Cek Prediksi Google Page Rank situsnya http://www.ablewise.com/tools/predictPageRank/

    makasih, dingapuro nek agak nyepam

    BalasHapus
  18. page rank ??

    waks.. ane lom dapet . .huahua. ..

    nyesek di hati. .

    BalasHapus
  19. Wah...wah...wah...jadi gugup neh.
    blog saya masih seumur jagung.
    ayo dong mas, skalian tukaran link dengan saya.
    link blog anda (Masdoyok!) sudah saya tampilkan di halaman utama blog saya (divineperformance.com). Mohon link balik ya.

    BalasHapus
  20. Wah Moga2 Naik yaw... hehehe

    BalasHapus
  21. Informasi baru ni ... terima kasih mas ...

    BalasHapus
  22. Nice tips mas Doy...thanks sharingnya^

    BalasHapus
  23. saya masih blogger pemula belum tau tentang page rank...tapi kenapa di indonesia blogger membanggakan google ya..padahal kan banyak search engine yang lain..mungkin karena ada adsense nya ya,, bayarannya lumayan katanya

    BalasHapus
  24. semoga dapat peningkatan lah masdoy...

    BalasHapus
  25. mas doyok sedikit nanya donk. saya pernah masuk suatu website,sebuat saja dengan keyword "cara mendapat uang dari twitter" nah,saya baca baca tuh artikel. pas di akhir artikel ada tulisan begini "keyword yang fimasukkan untuk menemukan artikel ini :
    1. cara mendapat uang dari twitter (250)
    2. cara memperoleh uang dengan twitter (40)
    3. cara dapat uang dengan twitter (5)"

    nah bikin kaya gitu gimana ya mas, kan lumayan kita mengetahui artikel kita di cari lewat keyword apa aja. tolong ya mas cari tau jawabannya. saya sudah cari dengan keyword "cara membuat related keyword" dan sejenisnya ga nemuin cara bikin kaya begitu

    BalasHapus
  26. awal bulan depan berarti sebentar lagi dong. ngecek prediksi dulu Mas.

    mudah2an prediksinya sama dengan hasil pada saat update pagerank...

    BalasHapus
  27. awal bulan depan berarti sebentar lagi dong. ngecek prediksi dulu Mas.

    mudah2an prediksinya sama dengan hasil pada saat update pagerank...

    BalasHapus
  28. Oke banget nih postingannya mas doyok...gimana cara dapat inspirasinya ya??

    BalasHapus
  29. was-was nich, kemaren sempet turun,, mudah mudahan update nanti,, jadi kemabli lagi,,atau bahkan naik amien ,, amin

    BalasHapus
  30. Wow,lengkap bgt tutorial tentang page ranknya bos.
    Mantap, thanks berat.

    BalasHapus
  31. Wah...Bagus banget artikelnya

    BalasHapus
  32. nggak ada yang akurat, mas. hehe.

    BalasHapus
  33. wah gitu ya mas...thx dah mas dah membantu informasi..

    BalasHapus
  34. mas doy,
    blog saya masih aja transparan ni alias lom ada angkanya, masih harus banyak cari backlink ni kayanya?!

    BalasHapus
  35. page rank,,,,bener mas ketika page rank kita naik satu yang sangat membahagiakan. tapi di balik semua itu ada satu hal yang lebih penting,,,yaitu artikel karena menurut saya salah tujuan dari membuat blog adalah untuk dibaca oleh para pengunjung blog kita.

    blog dengan artikel yangbagus otomatis akan mendapatkan page rank yang bagus pula.

    makasih infonya....

    BalasHapus
  36. sangat berharap Page Rank bisa naik di kenaikan kelas mbah gugel berikutnya

    BalasHapus
  37. wah jujur blog saya kalau masalah Pagerank susah naiknya . . tapi tidak masalah masdoy semangat ngeblog masih ada ^_^

    BalasHapus
  38. blog aku page rank mya turun ne gara2 ada link broken n sampai saat ini belum naik2 napa yach ?

    BalasHapus
  39. wah .. nais info gan,
    smoga z blog ane juga naik PR-nya, biar bisa cari rejeki .. hehe

    BalasHapus
  40. saya masih slow ngejar PR mas, masih mikir blognya mau di konsen ke materi apa.tp kalo mas doy mau bagi PRnya 1 bwt saya boleh ko (emang bisa dibagi ya) :P

    BalasHapus
  41. lanjut lagi optimasinya, karena walau bagaimanapun pagerank masih jadi ukuran posisi blog disearch engine. Thank mas buat infonya

    BalasHapus
  42. wah...
    semoga waktu update PR ku naek lagi....

    BalasHapus
  43. Kulonuwun masdoyok, sepertinya update page rank belum hari ini ya?
    met aktifitas :)

    BalasHapus
  44. mudah2an nanti pr kita semua naik, minimal tetap.:D

    BalasHapus
  45. s4 deg-degan juga nih, mau update pagerank y..

    BalasHapus
  46. thx mas, infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  47. mksh info nya bos,aq ini pemula dan gak tau soal pagerank,baclink,dll,yg aq tau cm kirim komen dan posting.Oh ya bos kunjungi blog aku ya and ikut gabung,aku jg dah gbg di blog ini

    BalasHapus
  48. PR segitu pentingkah?... ya yang penting dollar naik walaupun PR turun.. betul gak boss..

    BalasHapus
  49. PR bener2 salah satu hal yang diburu blogger..
    semoga saja PR ku tetep posisi atas..
    amiiinn..
    happy blogging mas doyok

    BalasHapus
  50. numpang komen ah :)



    blog ane masih bisa diitung jari jadi PR na msh 0 tapi bsa masuk 10 besar XD



    www.tulisanngawur-narazeiku.blogspot.com/

    BalasHapus
  51. menanti lama menanti rembulan kian berganti..
    akankah diri ini mendapat google page rank hehe....
    kayaknya baru 2011 nih dapet google page rank.. thank gan info nya..
    siap bersabar lagi soalnya masih kelas 0

    BalasHapus
  52. betul mas doyok, PR bukanlah harga mati..

    BalasHapus
  53. wah, makasih banget gan atas infonya , buat par newbie bner bner membantu.
    .
    kunjungi tempat saya yah gan.
    .
    http://resep.galaxishop.com/
    .
    http://www.galaxishop.com/

    BalasHapus
  54. bagi bagi link dong.....

    thanks infonya

    BalasHapus
  55. makasih mas...aku mau nanya mengapa aku posting selalu di alihkan artikelku yang dulu,,,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer