Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink atau Taut Situs

http://blogs.agriya.com/wp-content/uploads/2009/09/link-building-300x199.jpgSetelah membaca postingan saya terdahulu tentang Sitelink (Baca: Mas Doyok Mendapatkan Sitelink dan Apa itu Google Sitelink), tentunya Anda tertarik juga untuk mendapatkannya. Nah selesaikan tutorial ini tentang bagaimana saya mengamati sitelink dan berikan tips untuk Anda.

Google tidak berbicara banyak soal sitelink,
"Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they’re looking for."

Intinya, Google membaca struktur link dari situs Anda, dan mereka mencari yang terpenting, kemudian menciptakan suatu daftar link untuk memberikan informasi lebih mengenai situs Anda. Yang perlu diingat, sitelink tidak didapatkan sembarang blog, jadi jika Anda memilikinya, itu adalah nilai lebih.

Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan dalam usaha perburuan sitelink.

Tentukan Kata Kunci...
Tidak dapat diingkari, untuk mendapatkan sitelink Anda harus merajai kata kunci tertentu. Misal blog ini merajai kata kunci Mas Doyok. Jadi, Anda harus tentukan dahulu kata kunci yang ingin Anda optimasi. Jangan terlalu panjang, lebih baik maksimal tiga kata. Pilih kata kunci yang unik. Misal jika Anda memililih 'naruto' maka akan sulit mendapatkan sitelink, tetapi blog sahabat saya mendapatkan sitelink dengan keyword 'naruto-r'. Begitu juga dengan keyword umum seperti 'blog tips', maka tak ada hasil blog ber sitelink di halaman utama. Namun cobalah dengan keyword 'daily blog tips'. Intinya Anda harus mempunyai keunikan atau brand, seperti halnya merk suatu produk.

Nama Domain Terpenting
Nama domain memegang peranan penting. Misal saya mendapat sitelink dengan keyword 'mas doyok', itu ditunjang dengan nama domain ini yang sama dengan keyword. Begitu juga 'naruto-r', 'daily blog tips' ataupun 'nba'. Jadi seperti halnya tentukan keyword unik, maka domain Anda juga unik. Jika Anda incar keyword 'sepatu x', maka Anda harus memesan domain sepatux.com atau sepatu-x.com atau sepatux.co.cc atau sepatu-x.co.cc. Yang perlu Anda perhatikan sitelink Anda bisa hilang ketika nama domain Anda sudah tak lagi unik. Misal Anda gunakan domain sepatu-x.com, kemudian bermunculan blog-blog lain dengan domain sepatu-x.info, sepatu-x.net, sepatu-x.biz. Jika bukan lagi unik, tugas Anda untuk merajai keyword tersebut semakin berat.

Dapatkan Back Link dengan Anchor Tertarget...
Cari backlink yang banyak dan usahakan dengan anchor keyword yang Anda inginkan. Jika Anda incar keyword 'mas doyok', maka setelah Anda guanakan domain yang menggunakan kata 'masdoyok', maka Anda pun harus tanamkan link-link dengan Anchor 'mas doyok'. Hal ini bisa dilakukan saat tukar link atau meninggalkan komentar di blog lain. Gunakan nama sesuai keyword yang Anda incar...

Traffic Dari Google Juga Penting
Traffic dari Google akan sangat menentukan. Ini adalah dalam hal Google menentukan list sitelink blog Anda. Jika Anda menginginkan mendapatkan sitelink, maka harus ada beberapa artikel yang sangat sering mendapat kunjungan dari Google. Misalnya saja sitelink saya adalah 'Reset Passwor Blogger Untuk....", itu berarti artikel saya yang berjudul itu sering mendapat kunjungan dari Google dan memiliki pageview tinggi. Anda bisa juga incar dan menciptakan keyword tertentu, misal di blog ini dengan SEO TOUR. Saya menciptakan artikel berseri SEO TOUR, yang membahas SEO. Setiap postingan yang mengandung SEO, saya selalu memberi judul didahului SEO TOUR:....

Lihat listnya di :

Traffic Hebat... dan Usia?
Sekali lagi, soal traffic hebat dan usia Anda bisa sedikit bersuka hati karena ini tidak sesuai prediksi para master tentang usia minimal dua tahun dan visitor minimal 1000 perhari. Saya memiliki pendapat soal ini.
Usia, orang dulu mungkin beranggapan usia yang menentukan. Menurut saya, dulu banyak yang mendapatkan sitelink setelah bertahun-tahun itu karena tehnik pembangunan keyword belum sehebat sekarang. Jadi, asalkan Anda mampu membangun keyword yang Anda incar dengan cepat dan baik, maka Anda tak butuh menunggu dua tahun, setengah tahun pun cukup.
Traffic Hebat, Anda tak perlu bersedih karena traffic Anda dibawah 500 orang perhari. Seperti saya tulis di atas, Anda hanya perlu memiliki beberapa halaman yang sering dikunjungi dari Google dan memiliki pageviews tinggi. Jadi misal dalam 6 bulan Anda dapatkan kunjungan banyak untuk artikel tertentu dan traffic Anda tidak begitu bagus itu tidak masalah.

Itu adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan soal sitelink. Jika Anda menangkap maksud saya, maka Anda sudah bisa memulainya esok hari. Keyword yang mungkin mudah untuk diincar adalah menggunakan keyword nama Anda sendiri. Jika nama Anda umum, tambahkan kata unik di depan atau belakang nama Anda. Misalkan Anda pilih keyword 'EdiJenggot'  atau 'SimbahBudiHartanto'. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. hore,,,,!

    lama gak kujung eh pertamakkss hehehehe

    BalasHapus
  2. PErtama . .. .
    ahahhaha
    ntar baru baca!!

    BalasHapus
  3. wah, ternyata udah ada yang pertama!!
    jadinya pertama yang kedua deh!

    BalasHapus
  4. wuih mantep ms...
    sma gak ama site link di alexa???

    BalasHapus
  5. ok mas doyok keren tutornya...

    BalasHapus
  6. yah gagal Pertamax deh, btw susah juga yah dapet site link...thx infonya mas doy....

    BalasHapus
  7. usia tuh blog biasanya juga ngaruh mas. blog ane yg lama sering dikunjungi via google karena berumur tua. hehehe

    BalasHapus
  8. Info yang menarik mas. Saya lagi berusaha mendapatkan site link nie. Tapi belum bisa menguasai posisi teratas untuk keyword Dunia komputer.

    BalasHapus
  9. OOooo, gitu y mas.. susah juga y ^_^ Sukses dech.. ti2p ini y mas http://sixooninele.blogspot.com Makasih^^

    BalasHapus
  10. Nama blog ane "phonecompi" unik gak ya?

    BalasHapus
  11. say ngeblog aja mas mungkin sitelink masih jauh banget

    BalasHapus
  12. @ Master Doyok

    kalo domain blogspot.com bisa ga?

    BalasHapus
  13. wah makasih mas doy tipsnya...

    BalasHapus
  14. tapi kalo keywordnya doyok doang blon bs ngalahin master...hahaha berarti hrs full domain mas doyok...ada yg menarik nih kalo bahas yg ginian master...ane mau mosting tp males...kwkwkwkw
    good good

    BalasHapus
  15. wah makin banyak aja pekerjaan rumahku mas doy.....

    BalasHapus
  16. Dapet ilmu lagi nih..Makasih mas. Sedot ah..

    BalasHapus
  17. sangat bermanfaat sekali,, TQ

    BalasHapus
  18. hmmmm....gitu ya caranya mas, butuh proses dan ketekunan. Aku juga tetep coba rutin melakukannya. Thank mas buat cara dan sarannya

    BalasHapus
  19. saya mau bgt dpt taut situs kayak mas doyok. Tapi gmungkin yah hahaha :)

    BalasHapus
  20. wah tipsnya mantep sekali ini mas..
    ternyata kita harus pandai2 mencari keyword yang cocok agar bisa di indeks google nih...
    oke mas...

    BalasHapus
  21. hanya perlu beberapa halaman yang sering dikunjungi dari google...hemm menarik nih...
    thanks yak mas doy...

    BalasHapus
  22. mungkin gus akan ngejar keyword, tapi usia blog masih 3 buanan ni, jadi masih lama

    BalasHapus
  23. Mantap Master...mau tak coba ah...ane lom bgtu faham tentang yg ginian....hheheh...makasih infonya Master...

    BalasHapus
  24. haduh, puyenk juga ya mas cara untuk bisa dpt sitelink, hiihi, tapi dicoba dulu dah, makasih infonya mas doy :D

    BalasHapus
  25. mas doyok memang jagonya hehe......makasih tipnya ya mas. semoga blogku jga dapat ah....

    BalasHapus
  26. harus segera pasang kuda - kuda nih...agar blognya bisa seperti punya mas doyok hehe.....

    BalasHapus
  27. Share yang baik.
    Salam damai dari indam.
    Mungkin yang tidak kalah penting adalah rajin update :)

    BalasHapus
  28. wah ini nih mas yang saya cari-cari...langsung praktek deh

    BalasHapus
  29. bagus, gitu baru namanya cara yg benar mendapatkan sitelink...klo pake beritasepakbola kayaknya berat dech aku dapat site link

    BalasHapus
  30. MAS DOYOK KAYAKNYA SAYA MUSTI BERGURU SAMA MAS DOYOK NIH MENGENAI PENGELOLAAN BLOG :)

    MAKLUM PEMULA .......
    THANKS YA INFONYA ....
    MAJU TERUSSSSSS !!!!
    DENGAN ARTIKEL SEGARRR !!!

    http:\\www.info-undangan.blogspot.com

    BalasHapus
  31. saya mw nnya ni mas..rata - rata setiap postingan saya ke index ma google bahkan ada beberapa postingan saya yang mndpt no urut 1 pda pencarian di google,tapi knp saya blom dpt backlink dri situs itu y???trus lo nulis reviews di alexa cr_y gmn?thanks

    BalasHapus
  32. mantab sob, artikel model begini yang saya cari. cuma masih bingung cara penerapannya. maksudnya gak mudah sperti teorinya. salam kenal sob.

    BalasHapus
  33. Wah mantap mas triknya...Bisa dicoba ya, baru dapet satu keyword neh di halaman awal google....Moga aku dapet lg ya

    BalasHapus
  34. Aduh, usia blog ane yang baru masih kurang-lebih satu bulan, wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  35. artikelnya bagus mas doyok, tapi aku masih bingung jg nih, tp tetap berusaha, trims utk sharing nya

    BalasHapus
  36. wah blogku masih muda mas..masih butuh banyak bimbingan hehe

    BalasHapus
  37. wahhh... saya jga mau dpt sitelink hehe, kan keren tuh hihi, oh ya mas, kalau saya bisa ga optimasi nama saya, yaitu, hisyam hananto dengan nama blog Hisyam Hananto WeBlog dengan alamat , hisyamhananto.wordpress.com .Cara optimasi nama hisyam hananto selain komentar bagaimana lagi mas? thx

    BalasHapus
  38. Selain google, yahoo juga menyediakan.. coba deh kunjungi blog saya

    BalasHapus
  39. makasih infonya masdoyok. mantap..

    BalasHapus
  40. aku sudah baca mas, tapi beneran aku masih bingung tentang alexa, pertamanya sih biasa aja, tapi setelah mencoba beberapa bulan dan ternyata tidak ada hasil, site link belom dapat juga, ya disitulah aku mulai sedikit jenuh dengan alexa, klo boleh aku minta pencerahan ada cara lain ngga mas supaya site link web kita ke ditek sama alexa, trima kasih mas...

    nice share,...

    BalasHapus
  41. sangat membantu sekali infrormasinya ... thanks mas

    BalasHapus
  42. makasih tuk infonya,, nitip yaw ..
    http://cepplux.blogspot.com/search/label/Tips

    BalasHapus
  43. Makasih sebelumnya, ada yang mau saya tanyakan tentang "backlink".
    Saya suka membuka submitexpress.com untuk mengetahui backlink saya, disana ada backlink dari yahoo, bing, msn, dan tentu saja google. Yang mau saya tanyakan mengapa untuk google selalu "0" sedangkan yang lain ada bahkan sampai angka ribuan? Makasih

    BalasHapus
  44. :D sama nh...bagaimanapun alexa harus turun sruduk terus gan..Btw bisa bantu review alexa ga gan?

    BalasHapus
  45. MAKASIHHHHH INFONYA BROOOOOOOOOOOO

    BalasHapus
  46. akan saya coba demi sitelink dari google. Kayaknya keyword yang tepat mungking "bolehngeblog" ya?? biar menandakan pemiliknya...

    BalasHapus
  47. oohh begono ya.. saya coba deh.. makasih info sitelink nya .

    BalasHapus
  48. untuk mendapatkan sitelink apakah perlu mengotimasi keyword dengan backlink yang terarah seperti backlik wheel seperti yang diajarkan para mastah?

    Thanks

    BalasHapus
  49. mksh mas infonya, jgn lupa mampir
    http://gratisan92.blogspot.com/

    BalasHapus
  50. waduw umur domain baru 1 bulanan mas.. semoga bisa kaya mas doyok amien.

    BalasHapus
  51. info yang menarik bos, mampir, coment blog ane

    BalasHapus
  52. Blog ini banyak memberi info yang bagus-bagus,tetapi saya masih tidak faham tentang SEO ini

    BalasHapus
  53. saya ,,,,saya dari dlu pengen banget kalo blog saya ada sitelink di google ,,,
    tapi saya msih belum begitu mengerti mas ...

    BalasHapus
  54. mas mta backlink ya doonk plc bantu2 blog ane mas..

    kalo leh..

    kirim ke emai saya yah mas udin.nurrofiq@gmail.com

    BalasHapus
  55. hahaha,,,masih gak gerti dapat site link,,mohon bantuannya mas..

    BalasHapus
  56. keren mas artikelnya, newbie msh belajar. mhn bimbingannya ...

    BalasHapus
  57. mampir comment gan

    http://www.ayu-cyber.info

    BalasHapus
  58. artikel yg sngat bagus dan bermanfaat.
    blog saya juga udh lma lum ada site link...
    gk tw jg caranya gmn.
    cz sya bloger pemula gan.

    BalasHapus
  59. makasih mas tipsnya bisa bikin semangat

    BalasHapus
  60. ok mas, kalau gitu saya akan melaksanakan mulai dari sekarang

    BalasHapus
  61. bagus banget kang infonya,
    kebetulan saya juga sedang belajar soal cara mendapatkan link... :D
    thanks... thanks... thanks...

    BalasHapus
  62. Apakah hanya denga itu bang... kira-kira struktur HTML masuk tidak bang..

    BalasHapus
  63. o gitu ya maas......... Makasih lo ya. Pantesa di blog lain2nya tu sering da tulisn site link in gt.

    BalasHapus
  64. Oh, gitu ya mas? hehe... baru tahu ni, memang mas doyok ini kontennya bagus-bagus dan sangat bermanfaat bagi saya.

    BalasHapus
  65. saya akan bikin blog baru dengan sesuai kriteria yang mas sarankan

    BalasHapus
  66. nice
    http://software-tigasatu.blogspot.com

    BalasHapus
  67. Mantap bisa detrapkan ini mas.. pelan-pelan

    BalasHapus
  68. Kunjungin blog saya jga ya www.fiqihsoul.co.cc

    BalasHapus
  69. mantaf ni Masdoyok.....
    mas kalo bisa kirim aku PR BackLink Generator yang baru lah
    soalya kalo aku pake PR BackLink Generator V.10 gk bisa lagi
    pencariannya selalu gagal.
    kirim ke info@ombare.com ya mas
    thanks

    BalasHapus
  70. Mantab Sekali mas .. !!! thanks ya infonya

    BalasHapus
  71. mantap gan infonya....trimakasih atas infonya semoga web saya ini juga bisa dapat sitelink dari google

    BalasHapus
  72. Makasih banyak mas infonya..
    saya setuju dengan point terakhir bahwa pageview punya peran yg sangat penting untuk sitelink..

    BalasHapus
  73. mantap gan terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  74. gan bagi yang mau berpromosi atau mau mencari iklan silahkan kunjungi http://teropong.web.id web pasang iklan baris dengan kecepatan tinggi

    BalasHapus
  75. gan bagi yang mau pasang iklan gratis atau mau cari cari iklan silahkan kunjungi http://teropong.web.id web loadingnya cepet sekali gan coba sendiri kedahsyatannya

    BalasHapus
  76. Mantab postingannya gan! langsug coba

    BalasHapus
  77. Informasi yang sangat bermanfaat untuk para sobat blogger semua
    Salam Blogger

    BalasHapus
  78. mantap.kunbal gan http://andoroid.heck.in/game-iron-man-3-aplikasi-android-trik-in.xhtml

    BalasHapus
  79. mantapz gan...
    lanjutkan..
    CMIWIWWW.. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer