Lebar Blog Fleksibel Di Monitor Biasa ataupun Laptop

http://1.bp.blogspot.com/_CL7N2Z7HnR8/SUZwJI5sFWI/AAAAAAAAB7o/KBkCDl3WGO4/s400/electronics_paper_display.jpgBerangkat dari pertanyaan salah satu sobat blogger pagi tadi, intinya ia bertanya bagaimana membuat halaman penuh di latop. Blognya penuh di komputer biasa, namun ketika dibuka di laptop, blognya terlalu ke tengah dan ada jarak yang sangat lebar di kanan dan kiri. Kita semua tahu itu karena memang layar laptop lebih memanjang ketimbang monitor biasa. Beberapa orang memilih untuk menyesuaikan dengan layar monitor PC karena sebagian besar pengguna Internet masih gunakan PC seperti di rumah atau warnet, namun sebagian lagi beranggapan laptop akan merajai karena sekarang era hot-spotan di alam bebas.

Baik pendapat satu atau dua ada titik benarnya, dan yang paling benar adalah bagi Anda pemilik blog adalah membuat lebar yang fleksibel, yang bisa menyesuaikan dengan lebar layar. Di laptop OK!, di monitor PC Ok!, dimanapun OK!

Untuk contoh kali ini saya akan menggunakan minima, ini adalah kode css beberapa bagian minima yang telah saya lebarkan (saya ambil beberapa sebagai contoh):

#header-wrapper {
  width:960 px;
  margin:0 auto 10px;
  border:1px solid $bordercolor;
  }
#outer-wrapper {
  width: 960 px;
  margin:0 auto;
  padding:10px;
  text-align:$startSide;
  font: $bodyfont;
  }
 #main-wrapper {
  width: 710 px;
  float: $startSide;
  word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
  overflow: hidden;     /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
  }
#sidebar-wrapper {
  width: 220 px;
  float: $endSide;
  word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
  overflow: hidden;      /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}


Dengan keadaan seperti itu, template minima akan baik-baik saja di resolusi 1024 x 768

Nah, karena sedang tak ada laptop di rumah, saya tes dengan ubah resolusi layar PC saya menjadi 800 x 600 (beberapa orang memilih ini untuk mendapatkan tampilan besar, sehingga lebih jelas bagi orang-orang yang sudah uzur). Dalam resolusi ini, minima saya tampil tidak penuh dan hilang kesamping, sebagai ganti akses ada bantuan otomatis berupa horizontal scrollbar.

Lalu saya ubah lagi menjadi 1152 x 864. Dalam keadaan seperti ini, template minima terkesan mengecil dan lari ke tengah (seperti di laptop), dan ada ruang kosong di kanan dan kiri template.

Ini terjadi karena template mempertahankan lebar yang tertera di css di atasseperti 960 px untuk outer-wrapper, dan 710 px untuk main-wrapper. Agar lebar menjadi fleksibel langkah yang digunakan sangat simple, kita hanya perlu mengganti satuan px ke persen. Agar mudah, saya buat 10 px = 1 %. Sehinggga cssnya menjadi:

#header-wrapper {
  width:96%;
  margin:0 auto 1%;
  }
#outer-wrapper {
  width: 96%;
  margin:0 auto;
  padding:1%;
  text-align:$startSide;
  font: $bodyfont;
  }
 #main-wrapper {
  width: 71%;
  float: $startSide;
  word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
  overflow: hidden;     /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
  }
#sidebar-wrapper {
  width: 22%;
  float: $endSide;
  word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
  overflow: hidden;      /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}

Yang perlu diperhatikan, padding dan marginpun harus diubah menjadi persen juga karena jika tidak, nanti saat lebar templet Anda menyesuaikan monitor dan padding tetap mempertahankan lebarnya, maka akan terjadi desain yang tidak proporsional.

Setelah diubah ke persen, dalam resolusi 800 x 600 hasilnya seperti gambar di bawah ini, lebar template tetap terlihat penuh dan tidak memunculkan horizontal scrollbar.

Sedang di resolusi 1152 x 864, template akan tetap otomatis menyesuaikan dan juga penuh sehingga tidak ada lagi ruang kosong di kanan dan kiri.


Silahkan bagi Anda yang berminat, cobalah dan buat lebar Anda fleksibel dimanapun itu dibuka. Jika Anda pun kesusahan mencari laptop untuk mencobanya, silahkan tes dengan ubah resolusi monitor PC Anda seperti yang saya lakukan. Pada desktop, klik kanan lalu pilih properties, pilih setting. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. wah,,mas doyok pakai linux ya..keren ilmu komputernya,,electronic paper displaynya bagus mas

    BalasHapus
  2. tapi bisa membuat lebih bagus nggk nih di IE yg katanya browser jadul...tak coba sek ya di blog ku yg lain

    BalasHapus
  3. klo lebarnya otomatis biar mobile friendly gtu klo buka di opermamini ato hp gtu gmana bro?
    soalny klo d hp perlu zooming gtu, jd ga mobile friendly...
    jd bsa kyk d wordpress gtu bsa ga?

    BalasHapus
  4. Pertanyaan yg sama seperti koment diatas saya mas doy!

    BalasHapus
  5. iya mas,saya juga dipusingkan hal ini waktu coding kelas online di website saya. Tiap komputer beda..tiap browser juga beda..apalagi kalo browsernya nginstall banyak toolbar..hasilnya beda lagi.hehehe..

    di kelas online, saya menggunakan frame dan iframe... lebar pake satuan persen ternyata gak kebaca di mozila, kalo di opera, chrome dan explorer cukup bagus...Kalo pake satuan pixel, output berbeda untuk tiap browser dan tiap kompi...woalah puyeng juga. Tapi akhirnya,.. biarin aja deh...bodo amat..saya bikin frame dengan javascript ajah... hehehe

    BalasHapus
  6. Saya disable beberapa skrip. Jadi komentar yang sudah masuk tidak nampak.

    Menurut saya, agak berisiko membiarkan lebar konten Web sepenuhnya dengan persen. Walaupun berpeluang fleksibel dan liquid. Karena keterbacaan baris kalimat bisa terganggu jika nampak terlalu lebar di wide screen tertentu. Solusinya:
    a) huruf dalam satuan relatif seperti persen atau em.
    b) memberi max-width, tapi MSIE butuh hacks tertentu.
    c) hacks lainnya dengan javascript.

    Untuk menguji di resolusi berbeda, bisa mencoba pengaya/ekstensi Web Developer di peramban Web Firefox. :)

    BalasHapus
  7. wwah perlu di coba thnxs n good luck masDoy

    BalasHapus
  8. keren sobat...
    memang kita terkadang kurang nggeh dalam hal tersebut..
    ok sobat saya praktikan terlebih dahulu...
    terimaksih banayak sobat...

    BalasHapus
  9. @5998024063313122270.0
    direncanakan masih mas :D
    dalam postingan selanjutnya :D

    BalasHapus
  10. @5998024063313122270.0
    masalah yg sering muncul kan sebatas lebar area postingan yg terlalu lebar jika resolusi memanjang sangat, nah menyebabkan kurang enak dibaca
    utk mengatasi nya gunakan max-width lagi ada rencaa utk jelaskannya :)
    biar artikelnya gak panjang banget

    BalasHapus
  11. trick tipsnya mas doyok emang mantab semua, template ane kecil, jadi ane coba di laptop juga g ada problem. ane coba di blog yg satunya deh!

    BalasHapus
  12. nice share mas doyok..
    bener bnaget mas doyok..mengganggu banget dan gak ena diliat kalo lebar postingan gak sesuai lebar resolusi yang ada..
    happy blogging..

    BalasHapus
  13. Tutorialnya sangat membantu. Contohnya pake blog "MASDOYOKKADIR" boleh juga, membuat pengunjung ingat humor mereka. he he

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  14. Wah Keren Banget mas doyok...

    Di Cuba dolo yah...!!

    BalasHapus
  15. patut dicoba tuh mas...!!! thank's ya

    BalasHapus
  16. saya baru-baru ini juga tahu kalau tampilan web/blog bisa berbeda tergantung resolusi pc atau laptop.
    kebetulan sekarang ini saya pake template minima dan outer wrapernya 790px.

    mas boleh request nggak..??
    tolong dong postingin gimana cara bikin blog kita tampilannya disebelah kiri atau kanan saja...maksudnya tidak ditengah tengah...

    BalasHapus
  17. wah perlu banget nich pny q.. makasih mas udah d share.. tp pertanyaan q kok ga d blz y.. bikinin tutor top comment dengan efek marquee ??

    BalasHapus
  18. Terima kasih atas infonya Mas Doy..Blog ini memang gak pernah absen ngasih info berguna..hehehe

    BalasHapus
  19. Terima kasih atas infonya Mas Doy..Blog ini memang gak pernah absen ngasih info berguna..hehehe

    BalasHapus
  20. wah, boleh dicoba nih mas, tapi masih ngeri juga kalo dicobain di blog utama, hehe

    BalasHapus
  21. Assalamu alaikum wr.wb
    Emank setiap blog seperti itu yah mas?
    Yang saya pertanyakan justru pada saat kita log in di blogger trus masuk ke Page Element, beberapa template malah ga muat view semuanya sehingga harus digeser2, apa yang seperti itu bisa juga diatur mas?

    BalasHapus
  22. Bagi saya tidak masalah, yang penting bisa dibaca..
    thanks mas infonya

    BalasHapus
  23. @1102227200854505059.0
    Mari rebut pertamaxx di http://www.hazel7b.co.cc

    BalasHapus
  24. sangat bermanfaat mas doy, ok sob.

    BalasHapus
  25. Oooo... jadi px nya diganti dengan % ya mas?
    Aku coba dulu mas...

    BalasHapus
  26. hmmm..
    mas doyok..saya ikut nge-save as ya....
    buat di praktekin nanti..

    terimakasih..

    BalasHapus
  27. Terimaksih Mas Dhe,...sangat bermanfaat tipsnya..

    BalasHapus
  28. Ini menjadi tidak berlaku bagi template yang mempunyai gambar beku seperti halnya Falkner Press, coba saja pakai ini, dijamin hancur kombinasinya.. ehehe.. soalnya mereka menggunakan gambar yang dibekukan atau dalam satuan.. lihat pada bagian Falkner press background untuk posting videonya..
    Sepertinya ini tidak berlaku bagi template dengan desain yang dioptimasi yang ada juga content previewnya.. pasti akan rusak juga..
    Tapi baik untuk template yang bermain warna saja..

    Jadi lebih enak, bagi saya tetap dibekukan saja templatenya.. hehe..

    BalasHapus
  29. Waaaah dah jadi ya...
    makasich banget mas...
    langsung saya praktekin...

    BalasHapus
  30. untuk saat ini blog ku normal aja sob.....

    BalasHapus
  31. ternyata tempalte bisa flexible to mas
    sebenernya saya juga punya pengalaman yang sama seperti ini dan selama ini yach diterima apa adanya hehe..
    thanks sharingnya mas
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  32. sudah pernah denger fungsing clear fix di css (nah cari deh, itulah kode yg berfungsi untuk menfleksibelin CSS...kekekekek)
    ayoo hunting lg yok...wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  33. keren nih mas, membuat template blog lebih fleksibel di monitor apapun,,,
    entar tak share ke teman2 ahhh

    BalasHapus
  34. info yg menarik, bisa dicoba nih...
    link back master

    BalasHapus
  35. baru tau saya, ternyata ada trik membuat template fleksibel

    BalasHapus
  36. hmmm...boleh juga tipsnya nih mas, walaupun emang sebenarnya ga terlalu bermasalah sih klo harus sesuaikan tampilan blog dengan lebar layar monitor. Yang penting ya isi artikelnya hehehe. Tapi ini juga bisa jadi alternatif untuk segi kenyamanan. Thank

    BalasHapus
  37. sudah tepat nih caranya..tetapi saya masih trauma dengan penggunaan persen2 itu. Untuk Mas Doy sih gak masalah, tetapi yang tidak tau hitung2 lebar pasti pusing ngeliat sidebar melorot (*Soalnya persentasi makan banyak angka dibelakang koma). wkkkk....

    terus ada lagi...kalau blognya dipatok di resolusi diatas 1024x768 dan dia posting images selebar itu, pas dilihat di resolusi 800...images langsung melorot...
    ...

    Ok gan...nyepam gw panjang banget. btw gw yang ke 45 :P

    BalasHapus
  38. menarik..becak,halah..menarik mas artikelnya,jadi tahu dah ternyata bisa diakali pakai persentase.
    *btw,belum ada tombol like ya mas?padahal mw saya kasih jempol,hihi

    BalasHapus
  39. Wah mantap mas doy... tapi saya malah lebih suka yang kanan dan kirinya kosong.. Lebih gimanaaaa gitu... hahhahah

    BalasHapus
  40. wah ngomongin fleksibel, kalau dalam css memakai persen apa tidak menimbulkan masalah atau kerugian di pihak kita mas doy?

    BalasHapus
  41. bukanya sok tahu!
    Tapi saya rasa tutorial ini kurang relevan.
    Kenapa gak bahas sampai di set css komentnya.

    Dalam dunia design web kebanyakan orang memilih px ketimbang %.
    Karena 1px itu akan tetap 1px walaupun resolusinya seperti apa.

    Lain halnya dgn %, misal kita membuat style untuk body = 100%(sangat salah jika kita anggap = 1000px).

    Karna Nilai 100% ini = nilai resolusinya.
    Jika kita memberi nilai 100% kemudian themenya kebesaran itu disebabkan oleh margin dan padding.

    Saya juga heran kok yang di bahas cuma resolusi?

    Coba lihat tampilanya jika menggunakan browser yang berbeda?(apakah tampilan di ie, fx, opera, chrome sama?)

    Jika anda sering membuat theme dgn browser yang berbeda, saya yakin anda akan tahu mengapa menggunakan px itu lebih banyak.

    saya juga gak yakin anda mengunakan % dalam merancang theme.

    Dulu saya pikir menggunakan % ini akan lebih baik(ia emang kalo di opera dan firefox), coba pake ie!

    Faktanya orang-orang itu gak terlalu pikirin resolusi!(toh ukuran browser bisa zoom).

    Yang terpenting adalah tampilan di semua browser.

    BalasHapus
  42. @4342189572363149865.0
    beberapa kali kamu komentar
    makasih masukannya
    tapi gak baca bener

    kebanyakan
    bukannya ini posting muncul karena ada yg tanyua

    1. itulah bukti mengapa adanya psotingan ini, masih ada yg berpikiran utk menyamakannya :D
    jadi jgn hanya berpikir dari sudut sendiri

    2. saya sudah menyarabnkan ini utk templet simple :D
    jadi jgn salah artikan hehehehe :D

    3. siapa yg bilang 100 persen berarti 1000 px
    kan sudah dikatakn contoh utk percobaan agar mudah hehehhe :D

    lain kali teliti dulu yam sudah berkali kali nih indam kamu komen keliahatn gak memahami...

    BalasHapus
  43. @662436888735113014.0
    Keren...... ^^

    BalasHapus
  44. Mantapz...

    ini artikel yang saya cari mas....

    thanks mas Doyok...

    BalasHapus
  45. wowowowowwowww ok ok brow....thanks banget

    BalasHapus
  46. Wew, kyknya sedikit ada kompor nih..hehe...
    Tapi bener sip mas doyok, banyak yang nyari tutorial kyk gini termasuk ane :D Contoh website yg flexible yaitu kaskus, mau di layar lebar maupun di layar sempit ukuran width dari websitenya tetep aja pas nyesuaiin lebar layar monitor... tp memang sprtinya ada kekurangannya juga sih, seperti tak support di semua browser and kita juga harus ngatur semua widget-widgetnya dengan ukuran dalam persen(%), lagi pula ini juga tutorial atas permintaan orang2 yang bertanya, tu si indam kok gt responnya..Kakakakakaka..... Lanjut..........

    BalasHapus
  47. terimakasih atas petunjuknya. qt coba dulu ya

    BalasHapus
  48. wow... ulasannya keren... manthabh abishz dah...
    makasih... :)

    BalasHapus
  49. keren abizzzzzz.....terim info pencerahannya salam

    BalasHapus
  50. sip mbah..... sangat membantu... hehe

    BalasHapus
  51. mas.. punya saya gak da akode di atas bagaimana? saya pakai template punya blogger sendiri

    BalasHapus
  52. thanks buat pelajrannya. blog saya jd tambah oke penampilannya

    BalasHapus
  53. Thanks Banget Ilmunya Sangat Berguna !

    BalasHapus
  54. Kemarin-kemarin nyari artikel begini belum ketemu, mungkin salah masukin kata kunci. Thanks banget infonya, langsung praktek

    BalasHapus
  55. sangat bermanfaat sekali mas, makasih sudah berbagi salam kenal

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer