SEO Tour: Beberapa Bagian yang Membuat Artikel Anda Nyantel di Google

Lama tidak membahas SEO, kali ini saya datang lagi membahas hal-hal dasar tentang menarik perhatian Google. Bagaimana membuat Google menemukan Anda untuk keyword tertentu dan mereka akan menampilkannya di hasil cari. Hal-hal dasar seperti ini bisa membantu Anda, namun perlu diingat lagi SEO bukan lah hal dengan satu macam optimasi, tetapi seribu macam optimasi. Setiap artikel baru dalam SEO TOUR, adalah satu optimasi pembanding, dan saya akan terus bersama Anda belajar dan belajar berkelana ke kota-kota yang lebih jauh di rangkaian tour ini.

Langsung saja, Berikut ini adalah beberapa hal yang akan membuat Google nyantel di Anda..

Judul Blog dan Judul Postingan
Kedua hal ini sama sama penting, karena di hasil cari Google berada dalam satu baris. Jika Anda perhatikan hasil cari Google terdiri dari 3 baris.

Baris 1: Judul
Baris 2: Penggalan Isi
Baris 3: Url Blog


Nah di baris judul, yang muncul bisa Judul Blog atau Judul Postingan. Untuk membuat Google nyangkut dari Judul Postingan atau judul blog, maka yang dibutuhkan adalah Anda membuat judul yang sesuai dengan keyword yang diinginkan. Misal Anda mengincar keyword 'Sepakbola Indah', maka sebaiknya Anda memberi judul blog Anda dengan nama Sepakbola Indah. Yang pasti jangan sering edit judul blog, karena setiap Anda edit, maka Anda mengulangi lagi proses optimasi judul.

Untk judul postingan, sekarang Anda bisa memilih menggunakan judul yang panjang meski terkadang kurang cantik. Misal Anda mengincar pengunjung yang mencari cara membuat blog di blogger, Anda bisa memilih judul "Cara Membuat Blog di Blogger/Blogspot", itu akan lebih baik dalam hal SEO ketimbang judul "Ekspresikan diri dengan Blogger". Judul kedua lebih menarik tapi itu sangat susah bersaing di pemeringkatan. (Baca Lengkap: Optimasi Judul Blog)

Isi Postingan
Nah baris kedua hasil cari google adalah penggalan isi. Disini Google akan membaca kata-kata dari postingan Anda yang relevan dengan keyword yang dicari seseorang. Jika Anda sebelumnya misal telah membuat artikel dengan judul "Cara Membuat Blog di Blogger/Blogspot", maka sekarang Anda harus menyisipkan kata tersebut di postingan Anda. Anda bisa menyisipkannya dimana saja, dan untuk menghindari google menilai spam sebaiknya gunakan sewajarnya dan jangan terlalu banyak.
- Untuk lebih memperkuatnya, letakkan kalimat tersebut di awal paragraf pertama.
- Anda bisa juga menggunakan link loncat dalam postingan untuk menarik perhatian google
-Akhiri psotingan disertai kalimat yang mengarah ke kalimat target. Misal:

"Beginilah kiranya step by step membuat blog di blogger, semoga bermanfaat."

Alamat Blog dan Alamat Postingan
URL blog sangat penting. Mungkin Anda bisa menyingkirkan ego Anda jika ingin benar-benar kuat di google. Misal Anda incar keyword 'Sepakbola Indah', maka alamat blog Anda pun harus mengandung kata itu, misal jika Anda masih dgn subdomain menjadi: sepakbolaindah.blogspot.com atau sepakbola-indah.blogspot.com, akan lebih mantap jika Anda menggunakan top level domain seperti .com (sepakbolaindah.com). Jadi, belilah domain yang sesuai, jangan pentingkan ego untuk membeli domain dengan nama Anda, kecuali jika itu hanya blog pribadi seperti blog ini yang memang tidak ditujukan untuk bisnis.

Sama halnya dengan alamat postingan. Jika di blogspot, url postingan otomatis di buat berdasarkan judul postingan, namun jika di wordpress Anda bisa memilihnya. Misal di blogspot untuka rtikel berjudul "Cara Menjadi Artis Terkenal", maka urlnya menjadi http://alamatbloganda.blogspot.com/tahun/bulan/cara-menjadi-artis-terkenal.html. Nah, karena baris ketiga hasil cari google adalah url tujuan, maka url tujuan (url blog atau url postigan) sebaiknya juga mengandung keyword yang diincar.

Di Akhir...
Kesimpulannya, untuk memperkuat posisi Anda di Google, Anda harus optimasi judul, isi dan juga url.

Seperti yang diperlihatkan gambar di atas, blog ini nyangkut ke Google dengan tiga bagian di atas yang telah saya jabarkan. Intinya, plilih kalimat yang tepat untuk judul dan isi postingan Anda, juga jangan lupakan soal url postingan Anda... Semoga bermanfaat...Satu pesan terakhir....

"Tempat yang bagus untuk berbagi ilmu atau promosi blog Anda adalah chat di blog ini, gratis dan bebas tanpa batasan pesan per menit, beralihlah ke halaman depan blog ini dan lihat yang Anda temukan di kanan atas sidebar saya."

Komentar

  1. Infonya Mantap....moga aja ane nyelamatin pertamax nih.....Gawat..mau nyoba ah..trik nya....

    BalasHapus
  2. aaaaaaaaa...tidaaaaaaakkkk...
    kapan saya bisa pertamax di sini ya...

    makasih sharenya mas...

    BalasHapus
  3. biasanya satrya menggunakan tehnik long tail keyword mas doy, secara tidak langsung membidik satu keyword dengan judul yang agak sedikit panjang.

    BalasHapus
  4. trik yang bagus mas doy...
    tapi nama blog saya beda sama alamat blognya, gmna ya?udah terlanjur sih...

    BalasHapus
  5. Bener mas. Coba dari dulu saya baca artikel seperti ini, mungkin nama domain saya ga kaya sekarang. duniakomputer dot com kayanya yang paling tepat. he.. Thanks infonya mas!

    BalasHapus
  6. satu kata untuk mas doyok....
    KEREN sobat....
    sudah kita di ajak tour SEO...
    banyak manfaatnya di blog ini, semoga saya bisa menerapkannya.... :)
    salam persahabatan mas..

    BalasHapus
  7. saya salah lihat ato gimana nih kang..? kok yang online sampe 2000an..???

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas infonya Mas Doy....

    BalasHapus
  9. Thx mas doy.. tips-nya ^_^ langsung d praktekin http://sixooninele.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Ini yang kadang jadi dilema mas. Maunya kita lebih atraktif dengan judul yang memikat, tapi SEO kurang. Saya kira ilmu ini mantap dan bisa jadi pembelajaran bagi kita yg ingin blognya sering ter-index google.
    Trims sangat atas sharingnya mas doy :)

    BalasHapus
  11. Bagus untuk optimasi blog kita dalam penilaian Google.

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  12. judul emg penting bgt ternyata y...
    apalah artiny nama=bner2 salah.. hhe

    BalasHapus
  13. semua optimasi berlaku bg yg mengincar popularitas dan tujuan tertentu (tak semua impian mejeng di google dg urutan pertama), tp bagi ane...yg penting konten yg berkualitas nah sudah gitu aku simpan deh link2 yg memiliki konten berkualitas itu Master...kalo mejeng paling atas di google tp dak berkualitas aha!!! gak dilirik nah balik lg tujuan kt apa tuh ngeblog...wekekekekkk (nanti dah aku bahas mengenai hal ini jg)
    SALAM BLOGGER!!!

    BalasHapus
  14. Wah Mantab nih mas doyok, Dicoba ah... kedepannya mudah2an Blog aku bisa terindeks dengan baik di google.... Thx banyak nih....

    BalasHapus
  15. apa yang di tulis diatas itu benar-benar ampuh...
    saya juga pernah menjalani nya... sekarang sudah mulai menikmati hasil nya.
    nice post...

    BalasHapus
  16. wis komentar ora bujil, capek ah...

    BalasHapus
  17. Saya baca dulu disini deh .. Mungkin bisa saya ikuti .. Thx 4 shared .. ;)

    BalasHapus
  18. wah makasih mas,, akhirnya saya tahu juga gmna caranya promosi di blog ini .. Thx mas doyok . :)

    BalasHapus
  19. @3412685002281298877.0
    For all, mari kita berebut pertamaxx, keduaxx, dan ketigaxx di http://www.hazel7b.co.cc

    Masih banyak postingan tiada komentar

    BalasHapus
  20. good info mas....
    tapi karang ada orang yg dateng kblog saya dari google

    BalasHapus
  21. wah, kalo kayak gini mah harus sering2 maenin meta tag mas, hehe :D

    BalasHapus
  22. wah, kalo kayak gini mah harus sering2 maenin meta tag mas, hehe :D

    BalasHapus
  23. salam sahabat, selamat malam mas doy
    info yang menarik buat blog newbi kayak saya

    BalasHapus
  24. optomasi seo lagi nih mas doy, berarti meta tagnya juga diganti donk biar lebih afdol

    BalasHapus
  25. kalau saya perhatikan dari postingan mas, saya menyimpulkan bahwa Ilmunya mas doyok tentang SEO udah saya bilang tinggi banget.

    Terima kasih telah berbagi

    BalasHapus
  26. boleh nih ! makasih banget yah mas atas pemberitahuannya. tambah maju nih :)

    BalasHapus
  27. wah saya harus pandai2 posting kalau begitu.

    BalasHapus
  28. maaf mas doy telat nih, btw aku juga ganti biar bisa bersaing, makasih infonya.
    oh ya mas gimana templateku kemarin udah di kerjain lom ya??

    BalasHapus
  29. berarti kita harus membuat banyak blog untuk setiap keyword yang akan kita tembak yah mas?....

    BalasHapus
  30. makasih tutorialnya...wahh kayaknya penggunaan judul blog ku kurang tepat nih dgn kontent ku :)

    BalasHapus
  31. Lumayan Buat Tambahan Ilmu utk SEO WEbsite Iklan Sy.. Terima KAsih Banyak MAs Doyok... Oyah... Backlink yuk!! Ditunggu

    BalasHapus
  32. memang benar sob.. tapi kok kadang-kadang ada postingan aku yang di google... penggalan isinya hanya muncul description blog pada meta tag nya ?? mohon solusinya gimana sob ke emailku imoelbks@gmail.com
    terima kasih.

    BalasHapus
  33. sip mas caranya, emang kaudu kaya begitu biar bisa berasing disearch engine. Thank mas infonya, aku juga udah terapin dan hasilnya udah terbukti :)

    BalasHapus
  34. makasih maz atas share-nya. berguna bgt nich buat aq yg msh newbie

    BalasHapus
  35. kurang ngerti saya mas,...nice info thanks..

    BalasHapus
  36. mantap sekali artikel seo di sini, ditunggu update berita seperti ini

    BalasHapus
  37. Kunjungan malam mencari ilmu tentang SEO, didapat disini ...

    thx mas doy ...

    BalasHapus
  38. baca komik manga di kustommanga.blogspot.com

    BalasHapus
  39. info yang bagus..
    harap terus update...

    BalasHapus
  40. sangat membantu saya dalam memperbaiki blog saya

    BalasHapus
  41. tambah ilmu lagi mas,,gini ne gunanya blogwalking,,jadi tambah ilmu dari master master blog,,hehehe,,salam kenal mas,,

    BalasHapus
  42. Wah manntap infonya, monggo mampir ke blog saya di www.hipnosiskilat

    BalasHapus
  43. tulisan yang sangat bermanfaat,makasih. walaupun sebenarnya saya masih bingung. maklum sy baru belajar ngeblog.

    BalasHapus
  44. selamt siang mas...
    aku mau tanya, blog saya http://f4dlyfri3nds.blogspot.com, apakah sudah termasuk SEO friendly?
    tolong kunjungi dan berikan beberapa saran terkait perubahan tag atau komponen blog agar lebih seo...
    sebagai tambahan, saya mengincar kata "f4dLy, fri3nds, dan rumah persahabatan"
    mksih sebelumnya...di tunggu kunjungannya

    BalasHapus
  45. manteb infonya.. makasih juragan

    BalasHapus
  46. Sayang sekali beberpa link diatas masih menuju alamat co cc masdoyok dulu :)

    jadi mesti search ulang neh di Google buat mencari artikel yg dimaksud masdoyok

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer