Agar Domain .co.cc Bisa Diakses Tanpa WWW (Redirect Tanpa www ke www)

Saya benar-benar meralat tulisan saya hampir setahun lalu mengenai dua pilihan untuk memilih CNAME atau URL Forwading saja. Saya katakan jika URL Forwarding maka blog bisa diakses tanpa WWW namun alamat tidak bisa khusus ke postingan, saya katakan lagi jika CNAME maka harus dengan www meski alamat bisa khusus ke postingan. Saat itu saya memang belum tahu dan sekarang ada solusi yang lebih baik. Ini saya dapatkan dari salah satu sahabat blogger di Lembar Coretan.


Informasi: 
1. Domain .co.cc telah dianggap spam oleh Google. 
2. Google telah membuat penyesuaian terbaru pengaturan domain. Silahkan baca: Memperbaiki Alamat Blog Gagal Tanpa WWW

Kenapa Anda Terapkan Trik Ini?
Pertama... Seringkali orang saat ketikkan alamat di adress bar cenderung ia ketikkan tanpa www. Jadi, jika blog Anda tidak bisa diakses tanpa www itu sangat merugikan. Kedua.... saat bertukar link beberapa blogger memasang link Anda tanpa www, alhasil jika blog Anda tak bisa diakses tanpa www akan rugi lagi.

Langsung Saja... Dapatkan IP
1. Ping blog untuk mengetahui IP Address. Klik Start - Run. Ketikkan pada kolom CMD dan Enter untuk membuka Command Prompt.
2. Masuk jendela command prompt, silahkan Anda ketikkan ping www.alamatanda.co.cc
3. Tekan enter dan Anda akan mengetahui IP Address blog Anda.
 

Add Record
4. Login ke akun .co.cc Anda
5. Masuk ke bagian zona record. Dan masukkan data sebagai berikut
Host isi dengan alamat blog Anda tanpa www, misal: masdoyok.co.cc
TTL biarkan default
Type, pilih A
Value, isi dengan IP yang telah Anda dapatkan
6. Klik tombol Setup

Atur Redirect
Login blogger. Masuk ke pengaturan. Klik Publikasikan. Centang checklist redirect/mengarahkan namabloganda.co.cc to/ke www.namabloganda.co.cc

Sekarang Anda memiliki 2 list pada zona record, yakni pengaturan awal dengan CNAME dan juga pengaturan di atas agar penulisan tanpa www di redirect menjadi dengan www. Dengan begini, kemungkinan orang salah alamat saat menuju blog Anda semakin kecil. Tunggu hingga 48 jam untuk penyesuaian... Semoga berhasil....

NB: PENTING!
Jadi untuk rangkaian membuat domain .co.cc sempurna di blog Anda, silahkan Anda ikuti:
- Buat Domain Gratis di .co.cc
- Menerapkan domain Anda
- Agar Domain Bisa Di Akses Tanpa WWW (Postingan di atas)

Jadi Anda mempunyai dua record, yang pertama dgn Zone record CNAME value ghs.google.com seperti pada tutorial list pertama, dan yang kedua adalah zone record (A) dgn value IP Address seperti tutor ini.

Ini bukan kelanjutan dari tutorial .co.cc yang hanya menggunakan URL Forwarding saja
- URL Forwarding Saja

Dan jangan takut soal domain .co.cc yang hanya untuk satu tahun
- Perpanjang Domain .Co.CC Gratis

Komentar

  1. hmm, jadi meski orang nggak nulis pakai www tetap bisa diarahkan ke blog kita ya..

    BalasHapus
  2. thx mas infonya, untuk domain lain sama aja nggak sih mas caranya ??

    BalasHapus
  3. @artikel
    bisa juga gunakan trik ini
    sesuaikan saja kan dimana tempat kamu domainnya

    BalasHapus
  4. blog aku udah redirect dr dulu!
    yudhaime.co.cc bakal mengarah ke blog.yudhaime.co.cc

    BalasHapus
  5. bagus ni info ya

    salam buat mas doyok

    BalasHapus
  6. mas, kelebihan pake .co.cc apa ya, jika dibanding kita dengan .blogspot.com?

    BalasHapus
  7. @denadnan
    yg jelas kan lebih pendek lebih mudah diingat

    BalasHapus
  8. akhirnya dapat juga solusi nya mas...
    kemaren sempat penasaran juga kok nggak bisa di akses.

    info yang bermanfaat.

    BalasHapus
  9. pakde juga mengaklami yang demikian banyak kawan pakde yang klik alamat pakde tanpa www., sehingga error

    terimakasih mas ada sharingnya.

    BalasHapus
  10. oke deh.. Thx ya sharenya.. Kalau cara memperpanjang domain co.cc gimana? Soalnya katanya kalau udah satu tahun, suruh memperpanjang..

    BalasHapus
  11. naaah sekarang sama dech...

    BalasHapus
  12. kalo aku pakai dot tk,lho..
    kakcipa.tk

    BalasHapus
  13. @7702380452106717584.0
    gado gado
    coba baca ini
    http://www.masdoyok.co.cc/2009/11/domain-cocc-bener-bener-gratis-renew.html

    BalasHapus
  14. Saya masih gagal mencoba mengalihkan blogspot.com ke co.cc

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  15. Kalau blog Al-Ummah mau dijadikan .co.cc bagaimana caranya ya? terimakasih petunjuknya

    BalasHapus
  16. terimakasih mas,, sangat berguna sekali ..
    kbetulan saya memakai domain co.cc

    BalasHapus
  17. @al-ummah
    http://www.masdoyok.co.cc/search/label/domain

    BalasHapus
  18. wah, ternyata punya ane dah otomatis bisa mas. tu apanya ya??? kan belom ane edit

    BalasHapus
  19. @ahmad
    punyamu maih url forwarding aja

    BalasHapus
  20. lumayan mas, hosting en domain gratis di co.cc bisa untuk berbisnis,...thanks untuk pencerahannya...

    BalasHapus
  21. Saya belum semat mempelajari tentang co.cc sob.
    tapi Infonya sangat membantu sob.
    Terima kasih

    BalasHapus
  22. perlu di coba ini sob aku coba dulu ya....

    BalasHapus
  23. masdoyok agak sedikit ribet ntar aku cobain mas
    thanks infnya keren nih

    BalasHapus
  24. really2 nice info buddy
    i think this is the number one posting i look for
    thanks for sharing

    BalasHapus
  25. Wah mantapp Mas doy!!!
    mampir donk ke blog ane... ga pernah mamppirr!!!

    BalasHapus
  26. ho. . . ho. . . ho. . . Mas doyok waktu itu ngambek disini http://www.masdoyok.co.cc/2009/08/tip-blog-masalah-link.html, sekarang udah nemu solusinya. Salam kenal dari blogger Nokia N70. Biarpun ngeblog dari hp saya bangga mas, bisa mengedit template. Pokoknya.

    BalasHapus
  27. Saya gak pernah berhasil mas bikin subdomain .co.cc ada post yang dari awal banget ga ? hehehehe....

    BalasHapus
  28. wah nie bermanfaat mas doyok....!!
    .
    .bwat di coba

    BalasHapus
  29. wah mantap om.... ane jadi makin seneng ngeblog nih...

    BalasHapus
  30. makasih banyak tutorialnya mas ngebantu bnget buat saya yg bru beli domain .

    thanks :)

    BalasHapus
  31. saya masih agak takut ni gan..
    takut semua ke reset seperti waktu dulu..

    BalasHapus
  32. sip mas langsung jadi...
    thanks berat......

    BalasHapus
  33. Wah ini info sip, jd intinya ada 2 pengaturan di co.cc-nya atau gmn?

    BalasHapus
  34. Makasih Mas, Baru saja disesuaikan, kalau tidak tidak bisa diakses tanpa www.

    BalasHapus
  35. thanks infonya, sangat berguna.

    BalasHapus
  36. Mau tanya mas. saya kebetulan pake 0fees.net dan ngeset addon domain di marcchiodi.co.cc trus setting di co.cc lewat zone record. Karena saya mau pake fasilitas co.cc otomatis saya pake settingan url forwarding dulu, dan karena di 0fees udah make addon domain otomatis aku ga biosa kan forward ke marcchiodi.co.cc, makanya saya forward ke root direktori 0fees ku. setelah itu baru saya set zone recordnya. Semuanya lancar termasuk mail.marcchiodi.co.cc bisa diakses. Yang jadi masalah adalah ketika aku cek webku tanpa www jadine malah ga isa akses ke joomlaku. saat aku ping juga ga reply...mohon bantuannya mas, maaf kalo kepanjangan

    BalasHapus
  37. Mau nanya, klo udah di rubah domainnya, perlu daftar lagi ga ke search engine

    BalasHapus
  38. Makasih bang..udah aku praktekin dan berhasil.

    BalasHapus
  39. buat yang pake domain ni pasti bisa berguna banget nih, tapi sayang aku belum pake domain .cc. Mungkin tar klo ada waktu buat blogging lagi aku cek mas. Thank

    BalasHapus
  40. gni mas saya mau tanya ? sya punya blog yang domainya sudah saya ganti menjadi .co.cc tpi setelah itu saya mau share contet blog ke fb tpi kok mlah ada keteranganya kayagi(Pesan ini berisi konten yang diblokir, yang sebelumnya ditandai sebagai kasar atau spam. Beri tahu kami jika menurut Anda ini kesalahan.)ini maksudnya apa ? ap msalahnya blum melalui waktu 48 jam itu ya?
    bantu saya ya mas

    BalasHapus
  41. mantabz... thanks banget ya mas...

    http://bobbysetyawan.co.cc

    BalasHapus
  42. disetup gak berhasil msh tetap emty...ada yg punya sulusi agar domain tanpa www?

    BalasHapus
  43. lewat fb aaja gimana mas?
    facebook.com/masdoyok

    BalasHapus
  44. Informasi:

    1. Domain .co.cc telah dianggap spam oleh Google.

    2. Google telah membuat penyesuaian terbaru pengaturan domain. Silahkan baca: Memperbaiki Alamat Blog Gagal Tanpa WWW

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer