Bertahan Diantara Maraknya (Apa itu?) Blog Auto Content

Sudah pernah dengar blog auto content atau blog auto post? Blog auto post adalah blog yang secara otomatis ter update sendiri sehingga kita tidak perlu lagi bersusah payah mencari ide postingan dan menulisnya setiap hari. Yang perlu dilakukan hanyalah mendaftarkan feed suatu blog yang sering update dan kita mengambil keuntungan dari update mereka. Jadi, setiap blog itu update blog auto content juga otomatis terupdate.

Jujur, Anda boleh suka boleh tidak, kebanyakan pemilik blog personal seperti saya ini 'kurang suka' dengan blog seperti itu. Alasannya?

Pertama, pemiliknya biasanya membuat blog auto content untuk kejar target bisnis online dan dalam benak adalah income... income.. income... Karena tidak ingin susah update dan bisa saja mereka punya sangat banyak blog, maka mereka cari jalan pintas dengan 'nyomot' artikel-artikel blog orang. Seperti blog ini yang sudah sangat banyak di temukan di blog auto content.

Kedua, terganggunya hasil cari Google. Update yang cepat kadangkala membuat posisi SERP blog itu bagus sehingga mereka bisa nangkring di tangga atas Google. Padahal, blog auto content kebanyakan hanya berputar-putar di dalamnya. Jadi ketika orang ketikkan hasil cari di Google, maka akan muncul sepuluh hasil cari terbaik dan beberapa kemungkinan blog auto content. Cirinya? ketika Anda klik judul di blog itu, maka bukannya tampil artikel keseluruhan tapi hanya berputar-putar di blog tersebut. Alapagi, sampai ke artikel asli. Itu seperti mustahil karena mereka sangat pelit link back, bahkan untuk blog yang artikelnya mereka ambil. Menurut saya ini membuat hasil Google tidak relevan lagi, karena akan banyak orang yang masuk dan tertipu sehingga tidak mendapat artikel sesuai yang merka kehendaki. Sayangnya, Google masih kurang canggih untuk detect blog seperti ini meski beberapa bulan terakhir terjadi lonjakan angka banned blog Auto Content.


Seiring semakin banyaknya blog auto content, akhirnya pemilik blog personal seperti saya ini tidak bisa berbuat apa-apa selain ikhlas. Apapun yang kita lakukan, baik itu menyalahkan mereka atau menuntutnya, sama sekali tidak akan berpengaruh. Yang bisa kita lakukan hanyalah ikhlas. Yang penting jangan sampai patah semangat untuk posting setiap hari.

Tapi tetap saja, ada beberapa tips untuk Anda. Baik bagi pencari artikel lewat Google atau bagi pemilik blog-blog 'manual' yang bersusah payah setiap hari menulis seperti blog ini.

Bagi Anda Pemilik Blog
- Anda bisa singkat feed Anda, sehingga artikel yang ditampilkan di blog auto content tidak penuh dan hanya ringkasan saja. Caranya: Artikel yang Terkirim Kepada Pelanggan Hany Ringkasan
- Anda bisa atur Judul postingan di Tab Bar, menjadi Judul Artikel - Alamat Blog Anda. Hal ini memperkkuat posisi Anda di Google dan pada title artikel kita muncul alamat blog kita. Sehingga banyak orang yang nyasar ke blog auto content akan melihat alamat blog kita. Caranya: Baca Tentang optimalkan Judul Blog. 
Namun kode yang Anda gunakan menjadi:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - alamatbloganda.com</title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>


Bagi Anda Pengguna Google
- Cermat sebelum klik link hasil cari Google. Perhatikan dulu URL blog yang Anda tuju, Bisanya menggunakan format:

www.namadomain.com/search/key+key+key
www.namadomain.com/search/key+key+key.html
www.namadomain.com/search/key-key-key
www.namadomain.com/search/key-key-key.html

Jadi jika linknya mengandung /search/. Tidak usah di klik saja jika tidak ingin akhirnya hanya bingung.

- Jika sudah terlanjur masuk, dan kemudian Anda temuka alamat URL postingan asli, copy dan paste ke address bar. jangan klik saja atau klik judul lagi, karena itu hanya akan berputar-putar di dalam blog tersebut. Atau kalau tidak perhatikan dulu link di status bar sebelum Anda klik karena mungkin beberapa blog auto content masih berbaik hati menyertakan link asli.


Di Akhir...
Namun, sekali lagi sangat susah menyalahkan siapa di dunia maya ini. Setiap orang punya kepentingan berbeda dan 'cara' sendiri-sendiri. Yang Anda bisa hanyalah 'menguatkan' semangat sharing Anda untuk terus berbagi lewat postingan tanpa mempedulikan ini. Mari bertahan di antara blog auto content, karena menurut saya, tidak ada yang lebih membahagiakan selain mengisi blog yang benar-benar dibangun dari kecil dan disayangi dengan sesuatu yang asli dari diri sendiri.

Seperti status saya di facebook, kemungkinan postingan ini akan melahirkan banyak kontroversial, banyak komentar kontra, Anda bebas setuju dan mendukung untuk memberi saya semangat, dilain pihak Anda bebas tersinggung dan marah-marah ataupun terpaksa membenarkannya....... Semoga bermanfaat...

Komentar

  1. yang namanya nyuri tu te2p az buruk... mencegah ato mengurangi pencurian tu langkah terbaik.

    BalasHapus
  2. wah pertamax nih...mantab mas doy infonya...
    comment balik ya..

    BalasHapus
  3. pertamax....

    setuju banget mz qw jg g suka banget dengan blog auto content baik sbg user google maupun sbg blogger....

    arrrgggghhhh

    BalasHapus
  4. terpentin lageee.... jha-jha-jhaa... ^0^

    BalasHapus
  5. iya mas, kurang suka dengan metode ini, tp tentu sangat berguna bagi yang suka metode ini

    BalasHapus
  6. Turut berduka atas meninggalnya hak2 dan privasi para blogger... heuheuheuheu

    BalasHapus
  7. waks... auto content y..? dolo sempet muncul juga di pengguna joomla...auto pilot tapi namanya, inti kerjanya sama...kalo bagi aku pribadi, sangat tidka setuju dengan adanya auto content, auto apalah itu namanya...bikin males... !!!!

    BalasHapus
  8. cocok buat magazine blog yg nyuri rssnya detik.com tuh hehehe

    mending posting biasa. terserah adminnya. kalo auto conetent malah ribet ntar

    BalasHapus
  9. kan pernah d bahas d chat, tp sampai sekarang aq masih belum ngertti juga auto content, lagian aq belum pengen jd blogger matre, buat yang pengen nyoba monggo silakan d coba he... he...

    BalasHapus
  10. Auto content memang sudah banyak membuat rugi yang di ambil contentnya, sudah tentu menjadi duplikat content dan itu sangat merugikan artikel asli.

    BalasHapus
  11. wekekekekekkk...kalo mmg bener auto content pasti ke detek ama googlenya kok master doyok, aku pernah baca disalah satu blog mengenai blog yg auto posting ini (dan dia kena banned)...
    Nah yg susahnya tuh mereka yg pake auto content yg ngerti script, yaa lolos deh...hehehehe
    Kalo murni auto post/content pasti ke banned kok

    BalasHapus
  12. weleh , kok yg co dot cc malah full artikel pi yang dot com g ada ;)

    BalasHapus
  13. terima kasih infonya mas doy, ternyata itu ya yg dimaksud dengan blog auto content..

    BalasHapus
  14. wah aku setuju nih mas doy, pernah aku ketemu satu blog yg isinya postingan blog ku semua...anehnya semua susunan postingannya sama...lebih baik Copy paste aja, ada usahanya gitu..Heheee seperti aku ketika di awal2 blogging..

    BalasHapus
  15. Memang akhir2 ini saya lihat banyak hasil cari google yang seperti itu. Sayangnya google tidak bisa membedakannya dengan yang memang bener2 relevan.

    BalasHapus
  16. wah... kalau aku sich kurang setuju dengan blog auto content sob... soalnya orang yang membuat blog auto content tersebut tidak niat untuk ngeblog kali ya.. tapi cuman sekedar jalan menuju income yang didapatkan dari jalan yang kurang profesional.

    BalasHapus
  17. Kalo aku sih agat setujuh karnah aku susah bagat blogger di daera ku ga ada telpon dan kalo moden lambat bagat.blog ku 1 artkel arti ya 2 migguh baru updata heeee

    salam mas doyok

    www.topblogakbar.co.cc

    BalasHapus
  18. wih untung tulisan aku nggak menarik jadi pasti nggak banyak yang subscriber di feedburnernya

    BalasHapus
  19. seharusnya google lebih teliti...
    karna disini ada pihak yang dirugikan
    sudah nggak post sendiri, malah nggak ngasi link ke post yang aslinya.

    mudahan google banned aja tu yang punya blog auto content

    BalasHapus
  20. Saya kurang setuju dengan blog auto conten seperti itu.
    Karena tujuan dasar blog adalah menyalurkan hobi menlis kita di dunia maya. jika harus menggunakan robot, maka sama saja mematikan kreativitas pemiliknya...

    oke mas doyok...

    BalasHapus
  21. mas...jangan dikasih tau tipsnya...kaya' kita yg nulis2 n ngetik2 make tangan sendiri ni jadi gmn lah... biarin aja mas... lagian ko' cuma income doang yg diincer...

    BalasHapus
  22. @3305691070483343178.0

    walaupun kita g udah menyerang mereka..tapi setidaknya g usah dikasih tips aja...

    BalasHapus
  23. Blog auto content menyebalkan.

    Tidak memberi informasi, malah bikin buang-buang waktu. Saya sendiri sempat tertipu ketika searching via google.

    Untungnya kita bisa belajar dg mengabaikan url yg mengandung 'search'. Thx mas doyok, telah menyebarkan informasi untuk ditelaah bersama. Lama2, blog spt itu akan tersisih dg sendirinya kok..

    salam kenal :-)

    BalasHapus
  24. wah saya juga sering masuk ke blog yg seperti itu...

    BalasHapus
  25. lah gunanya rss feed go opo?blogtutorial ku isinya kopas semua.maklum awam tp tujuannya ngasih info ngrangkum ilmu.tp yg personal ya tlaten ngetik.btw nice info mas doy.moga tetep sabar n smangat.hehe

    BalasHapus
  26. Saya juga sering kesal dgn blog2 autocontent. Mereka mengacaukan hasil pencarian di search engine.

    BalasHapus
  27. saya kalo cari2 yang agak baik ya saya ke yahoo..

    BalasHapus
  28. @6289207691732754094.0

    tapi bagaimana pun memang susah menghindari itu mas.. memang dengan menempelkan nama blog kita di setiap judul postingan menjadikannya lebih terjaga keasliannya...

    BalasHapus
  29. saya belum mengerti point kedua atur Judul postingan di Tab Bar, menjadi Judul Artikel - Alamat Blog Anda

    BalasHapus
  30. thx mas infonya, sering banget nih kejadian, pas klik link yang ada dalam blog, tetep aja ada di blog itu, diputer-puter..

    BalasHapus
  31. klo yang niatnya mencari income, pasti sangat menguntungkan nih pake cara auto content...

    BalasHapus
  32. kalau itu namanya blogger apa yah..??

    BalasHapus
  33. oh,,,,jadi begitu caranya auto blog!!!

    BalasHapus
  34. bagi blog yg auto content emang menguntungkan banget, krn mereka gk perlu repot2 posting. tapi bagi blog yg dicuri ato bhs halusnya dipake mereka, gak ada untungnya sama sekali bhkn rugi besar. mgkn ini yg harus diperbaiki..... org yg copas ja pake posting, alias msh susah, kok ini enak bgt.... gk ngapa2in..... xixixixixixixixi

    BalasHapus
  35. mantab mas...yg penting ahrus berjuang...agar lebih baik...

    BalasHapus
  36. saya dulu malah berniat buat blog auto content lho mas,tp ngGak ngerti caranya.terus akhirnya saya pasang saja RSS dari blog saya yang lain,pikiran saya sih agar bisa otomtis update gitu.haha

    bener,labih baik berawal dari kecil ya mas.sekalian belajar,nambah ilmu,nambah pengalaman.Kadang yang instant malah banyak penyakitnya.hahaha

    siip mas,info yang menawan.Matur tengkiyu....

    BalasHapus
  37. Yah Memang tuh mas Doy... aku juga dah apal, kalo belakangnya .../serach/keyword+keyword+keyword.html pasti itu Tipuan dan Bikin Pusing... karena pertama dah diketahui kalo terdapat (+) dalam url. yang kedua ada "search" dalam url tersebut... Tx mas doy infonya

    BalasHapus
  38. iya mas, banyak banget aku sampe jengkel, mesti di google alert keluar terus, emang jengkeli tu website, contohnya masb*c*in.com , wah payah banget tu blog, gak kreatif ,

    BalasHapus
  39. auto search content...
    kalo auto blog seeh beda,bos...
    beda plugin seeh...

    BalasHapus
  40. setuju2....blog auto content kadang ngeselin juga. Soalnya nyomot berbagai kutipan artikel yang mengandung main keyword (termasuk artikel aku juga sering nemuin diblog auto content). Btw caranya boleh nih mas, tar aku coba deh. Biar bisa lebih maksimal untuk menangani auto content hehehe.

    BalasHapus
  41. saya tidak setuju juga... tapi ya gimana lagi... blog we dah terlanjur di auto contenin sama orang.. fuuhhh... biar aja... sing penting ikhlas.. btul g mas doy... heh e he...

    BalasHapus
  42. Blog auto content biasanya mengambil content melalui pintu RSS Feed.. atau sindikasi.. sindikasi dlm dunia internet rasanya sah2 saja. Kalo content-nya tdk ingin disindikasi.. matikan saja RSS Feed-nya..atau dialihkan.. namun hal ini beresiko.. thdp trafic blog. Ini hanya opini..Peace

    BalasHapus
  43. Klu Menurut Ane Siii Diemin Aja Kang Cuz Nanti Juga Mereka Yang Rugi Saat Kena Banned Google
    hahaha

    BalasHapus
  44. terima kasih atas petunjuknya. saya juga mengalami hal yang sama, konten saya di bajak dan tidak disertakan url aslinya. padahal saya sudah memberikan warning, kalau mau copy-paste harusnya diberi link back. ternya tidak demikian. dengan adanya artikel ini, setidaknya hati saya sudah meresa agak mendingan dibandingkan kemarin yang tidak ada semangat lagi untuk berkreasi, karena hasil penelusuran di google pun tidak muncul, yang muncul malah miliknya si pencuri konten itu, mau tahu alamatnya? ini dia : http://datahardisk.blogspot.com emang bangsat!

    BalasHapus
  45. manusia berbeda-beeda mas ada yg punya ide tiaphari ada yg gak punya ide nulis blog sama sekali. nah selama blog auto konten gak membuat blog kita buruk dimata gugel, menurut saya sah-sah saja blog auto konten tersebut... toh kalo yang disebarkan di blog auto konten itu bermanfaat bagi banyak orang kita kan dapat pahala masdoy, sing penting ikhlas dan ikhlas.

    Klo di blog saya yg mau kopas silahkan saja.. makin di kopas makin senang saya..

    BalasHapus
  46. sbenernya c, paling kasian ma orang2 yg masi awam... mreka d bikin pusing... nyari2 ssuatu d innet, n ga ktemu2... :(

    BalasHapus
  47. Positif dan Negatif dari Semua hal yang ada di dunia ini ada dan tidak bisa di tiadakan,

    kala ada kebaikan pasti ada kejahatan, positif negatif, hitam putih, laki=laki perempuan..

    dari sini, alangkah baiknya kita menyikapinya dengan bijak, dengan bijak dan dengan bijak.

    BalasHapus
  48. aku kontra mas,, blog auto ku banyak sekali

    BalasHapus
  49. terbaik dan ter good good?? ajib nih article.. pengungkap blog auto content... memang kesabaran adalah salah satu cara menghadapi blog begitu... wah wah wah

    BalasHapus
  50. blog gw juga di auto content , http://sgenk.blogspot.com ada di http://blogger.wapsport.org tapi bagiku ga masalah, malah menguntungkan kok, silahkan di CEK gan ? http://sgenk.blogspot.com

    BalasHapus
  51. Betul sekali mass.... blog autoblog itu sangat merugikan dan menyakitkan... pageview saya turun drastis gara itu

    BalasHapus
  52. iza maz bro, paling sebel ma namanya agc, cari info tapi gak ketemu2,

    BalasHapus
  53. begitulah kalo content content sering di update dan mengijinkan orang untuk berlangganan, sehingga dimanfaatkan untuk membuat autoblog.

    BalasHapus
  54. perangi AGC !!! menjengkelkan

    BalasHapus
  55. Saya sangat setuju dengan tulisan ini. Kita tidak bisa berbuat apa-apa karena semua punya kepentingan yang berbeda-beda..... Ayo semangat terus.... bagi ilmu bermanfaat.....

    BalasHapus
  56. ahaha, kalo saya baru-baru ini menjebaknya dengan membuat posting yang isinya link-link unggulan di blog saya, biar nyahok tu auto blog! walhasil sempat dapat beberapa backlink yang lumayan. tapi kayaknya udah dihapus oleh si pemilik.... akhirnya ya emang, saya persingkat feed hingga tampil 350 kata saja. kalo saya sih tetep, tetep benci ama yang namanya autoblog, autoblogging, autoblogger, auto pilot, atao apalah namanya. mereka bukan blogger sebenarnya! salam

    BalasHapus
  57. Kalo saya mending buka yang domain dot blogspot atau dot co dot cc deh daripada dot com.
    kecuali pake google yang google.com, bukan co.id

    BalasHapus
  58. Tapi juga akan merugikan sipemilik AGC sendiri,,,sebab user tak akan mau lagi berkunjung karena kapok dan bahkan mem-blacklistnya.Mending yang alami saja sebab user suatu hari akan balik untuk mencari konten update.Yg penting keep posting..........................suatu saat AGC juga akan ditinggalkan

    BalasHapus
  59. memang autoblog ajibb karena artikel saya selalu di copas,dan tak kalah menjengkelkan saya kalah serp nomor satu sama autoblog/agc.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer