Kompetisi Antar Blog Timbul Secara Alami

Sebelumnya saya pernah posting mengenai bagaimana cara mencari blog sejenis di google (baca: Mencari Blog Sejenis dengan Google). Dan belum lama ini saya membuat postingan dengan judul, Tips Agar Anda Lebih Baik dari Kompetitor. Lantas ada bebrapa komentar menanggapi dua hal tersebut, misal:
"Ah, blogku masih baru mana mungkin ada pesaingnya...."
atau
"Aku ngeblog, ya ngeblog aja gak mikirin soal kompetitor"
atau
"Aku gak berniat saingan sama blogger lain"

Kalimat-kalimat di atas saya rasa kurang tepat. Selalu saya ingatkan blogger kompetitor bukan berarti musuh dan bukan selalu timbul karena Anda yang menabuh genderang. Di dunia perbloggeran, blogger kompetitor tumbuh secara alami. Karena ada blog lain yang memiliki nama domain mirip dengan Anda, otomatis secara alami menjadi kompetitor. Karena ada blog lain yang postingannya memiliki topik mirip dengan Anda, otomatis menjadi kompetitor. Dan karena Google selalu mencari yang terbaik untuk hasil cari mereka, maka mau tidak mau Google harus terpakan jurus banding-membandingkan antara banyak blog. Disinilah kompetisi akhirnya terjadi.


Intinya, Andapun akan tetap berada pada jalur kompetisi, meski Anda akui atau tidak. Meski Anda akhirnya lakukan optimasi atau tidak. Yang pasti, ketika Anda berada di peringkat pertama Google, Anda akan tersenyum dan ketika Anda dapati Anda anjlok di Google, akuilah ada perasaan kecewa.

Di Akhir...
- Meski menduduki peringkat pertama Google akan sangat menyenangkan, tapi itu bukan segalanya... Berbagi, berbagi dan terus berbagi... Sebaiknya Anda tetap bersemangat lakukan optimasi dan bandingkan dengan kompetitor Anda, namun siapkan mental Anda juga jika hasil tak sesuai
- Bertarung secara sehat dengan postingan berkualitas.
- Kompetisi bukan berarti hal negatif saja, tapi kita bisa mengambil manfaat sebagai pemicu untuk lebih baik lagi. Selidiki nilai lebih mereka dan contohlah untuk membuat blog Anda lebih baik lagi.
- Untuk memperkuat posisi Anda di mesin pencari, sebaikya Anda mengetahui peta kekuatan kompetitor Anda seperti jumlah backlink dan seberapa sering meraka posting juga darimana mereka dapatkan traffic.
- Belajar dan belajar dari Kompetitor Anda (Baca: Belajar dari kompetitor untuk membuat blog lebih baik)

Terakhir sekali, menurut saya Anda memang harus berkompetisi.... karena sekarangpun Anda telah ada ditengah-tengah lomba yang sudah di mulai tapi belum akan berakhir.... Semoga bermanfaat dan membuat Anda lebih semangat...

Komentar

  1. wahhhh benar sekali mas doy....
    kayaknya memang tumbuh dengan sendirinya yah

    BalasHapus
  2. klo menurut saya biasnaya topik tutorial yang paling sengit persaingannya dalam blog.
    sebenrnya apa yang di cari para kompetitor itu yaa??
    Maap bener2 gak ngerti soal kompetitor dalam blog

    BalasHapus
  3. xixixixi... Roxx Dukung sepenuhnya Blog ini....

    BalasHapus
  4. Ya.. khususnya para blogger matre lebih merasakan akan kompetisi ini... ehehe.. :D

    BalasHapus
  5. semoga semua blog berkompetisi dengan sehat dan fairplay kaya bola aje^^

    salam blogger :D

    BalasHapus
  6. bener bung...pertama-tama gw jg ngerasain kayak gitu...mosok sih ada persaingan...ternyata setelah bersimbah darah didunia persilatan blog ternyata emang ada sedikit rasa kompetisi..tp bukan iri dan dengki...

    BalasHapus
  7. mantep mas....
    tapi mau nanya nih, backlink itu bisa berkurang ya...
    coz kemarin cek turun drastis

    BalasHapus
  8. setuju mas, kadang merasa kecewa juga klo posisi anjlok di google, meski itu bukan tujuan utamannya...

    BalasHapus
  9. belajar dan terus belajar, meski nggak merasa berada dalam kompetisi.

    BalasHapus
  10. Mas doy tolong saya, saya kan baru mengganti template blog saya tapi kok gak ada icon tong sampah untuk menghapus komentar yah? bagaimana cara memunculkan icon tersebut mas doy?

    BalasHapus
  11. keren banget nih artikel...
    pepatah pernah mengatakan: sambil menyelam minum earning :D

    BalasHapus
  12. @cool
    blogmu kok tidak ditemukan

    BalasHapus
  13. Mas Doyok, saya justru menemukan kompetitor tidak alami. Seperti yang diposting Mas Doyok sebelumnya, (Apa Itu?) Blog Auto Content. Misalnya saya mengecek keyword "Menghidupkan Suasana Tarbawi". Beberapa pekan setelah posting saya masih di urutan pertama, sekarang hilang dari halaman pertama Google. Yang muncul justru yang sama tapi di blog-blog auto content. Setiap saya posting, segera ada beberapa konten sama dari blog-blog autocontent itu. Alhamdulillah, tidak semua keyword kalah dari mereka. Tapi, adakah cara untuk mengatasi itu?

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  14. uhm... setidaknya saingan saya masih sedikit.. :P

    BalasHapus
  15. hehe...
    bener banget tuh mas....
    ngena banget topicnya...

    BalasHapus
  16. wah..thx nih..kita memang gak boleh menganggap kompetitor kita sebagai musuh...

    BalasHapus
  17. Kompetitor lahir disemua aspek bidang mas , termasuk Dunia Blogging. Ini tergantung bagaimana cara kita menanggapinya. Kalau saya sih menganggap kompetitor sebagai pemacu agar kelak kita menjadi lebih baik lagi ( EVALUASI ). Artikel bermanfaat mas doy terimakasih. ^_^

    BalasHapus
  18. betul mas... sesama blogger tetap selalu berbagi,, meski saling bersaing... tetapi bersaingnya yg sportif...

    BalasHapus
  19. benar sekali mas,bisa bikin otak panas kl perasaannya gitu trus

    BalasHapus
  20. benar mas,apalagi buat kami yang newbie,mohon dukungan.makasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer