Memasang Tombol Suka/Like Button di Blog Untuk Promosi di Facebook

Facebook dan Blog memang sulit dipisahkan. Baca postingan saya berjudul Kolaborasi Blog dan Facebook untuk banyak keuntungan, dan Anda akan tahu betapa banyak yang bisa dikolaborasikan antara keduanya. Jika SEO Anda masih belum kokoh, jangan takut karena Andapun bisa mendapatkan traffic dengan berbagai tehnik promosi lain, salah satunya memanfaatkan social bookmark seperti facebook.

Yang terbaru yang benar-benar saya suka dari tim pengembang facebook adalah dikenalkannya tombol suka/like. Tombol ini memudahkan pengunjung karena ia bisa merespon postingan hanya dalam sekali klik. Setelah suka, namanya akan terpampang dan langsung otomatis nge-link ke profil facebooknya. Bagi yang ingin membangun jaringan difacebook, cukup simple karena Anda cukup suka, dan nama Anda terpampang, mungkin beberapa orang akan add Anda.
Bagi pemilik blog, tentu akan sangat diuntungkan, karena link ke artikelnya akan tampil di profil facebook orang yang klik tombol tersebut.

Pemasangan Tombol Suka
Nah, untuk membuatnya sangat mudah. Silahkan tambahkan kode berikut ini di bawah kode <data:post.body/>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=100&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:410px; height:40px;'/>
</b:if>

Keterangan:
- Widget ini akan tampil di bawah setiap postingan Anda hanya pada halaman postingan. Jika ingin menampilkannya juga di halaman depan silahkan Anda hapus kode yang berwarna merah.
- Atur lebar widget, sesuaikan dengan lebar main-wrapper Anda. Ganti pada bagian width:410px
- Jika Anda menemukan dua kode  <data:post.body/> karena adanya fasilitas readmore, silahkan letakkan di bawah kode yang kedua.

Facebook dan blog memang pas, semoga artikel ini pas di hati Anda... Silahkan coba tombol di bawah ini...

Komentar

  1. pertamax dapat ga ya gan
    wah mantab nie tipsnya..

    BalasHapus
  2. pertamaxx...!!!
    pakah aku pertamaxx...?
    hehe gud post mas doy...dari tombol ini kita bisa dapat traffik ya...? oke dehh...hhe

    BalasHapus
  3. yah dapet no 3 gpp deh, aq pernah coba g berhasil, moga dari sini bisa berhasil

    BalasHapus
  4. gan ko di blog ane ngga mau muncul...

    BalasHapus
  5. berhasil aq pasang mas doy, makasih yah

    BalasHapus
  6. oke mas doy, saya sudah mencobanya...btw mau nanya nih, apa sih yg dimaksud setelan parameter di Webmaster Tool????

    BalasHapus
  7. thx tutorialnya saya udah coba mas, btw ingin nya nih, apa sih yg dimaksud setelan parameter di webmaster tool??? tujuannya apa???

    BalasHapus
  8. makasih banget mas tutornya...
    ini benar" bermanfaat...
    salam kenal juga mass....

    BalasHapus
  9. wah terima kasih mas,
    tombolnya sudah terpasang di blog saya :)

    BalasHapus
  10. dapat ilmu baru lagi niih dari Mas Doyok, sebenarnya saya jarang sekali main di FB, tapi untuk nambah ilmu pengetahuan mohon izin tuk saya save n bila nanti lagi iseng main di FB baru digunakan OK

    trims atas ilmunya mas, sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  11. terimakasih atas sharingnya mas, button ini pasti banyak disuka para blogger

    BalasHapus
  12. siip mas,sudah saya pasang di blog musik saya ni....
    makasih tipsnya mas :D

    BalasHapus
  13. ya kok di blogspot ya, kalau di wp saya harus utak atik function.php ni dan coding²

    BalasHapus
  14. tutorial yang mantap mas, ntar ane ikutin tutorial ini ... thnkas udah mw sharing sama sahabat blogger semuanya... keep posting mas

    BalasHapus
  15. Wah saya sudah pasang dari dulu hehehe :)

    BalasHapus
  16. efbe emang top abizz tuk dikolaborasikan ama blogger,,,:D

    BalasHapus
  17. Kelemahannya..itu sepertinya hanya untuk blog dech mas.
    Kalau untuk postingan..masing-masing post akan mendapatkan jumlah post yang sama .. karena hanya diperuntukkan bagi blog.. bukan postingan..
    saya melihat ini pada kasus tombol salah seorang blogger juga yang sempat saya like postnya..
    eh.. berlanjut juga pada post selanjutnya..padahal saya baca saja belum..

    BalasHapus
  18. sukses dengan promosi yang kaya ginian nih :)

    BalasHapus
  19. @8111757347718716366.0
    beda mas
    lihat kodenya udah dimodif
    kalau cuma ambil dari facebook mah emang begitu

    BalasHapus
  20. @ Nadia K. Putri
    artikelnya bagus n berguna buat blogger newbie...

    BalasHapus
  21. mas, cara gantinya gimana? jelasin yang detail donk.. tq

    BalasHapus
  22. @femmy
    tata letak
    edit html
    centang expand template widget
    lalu cari kode

    BalasHapus
  23. eh ternyata bisa tooh di akalain di bikin kayak FB..
    Kukira untuk domain yang berbayar aja..

    BalasHapus
  24. ehm...alternatif yg lebih bagus ini dibanding tombol bookmark facebook yg sebelumnya. ya sudah terpasang lama tombol ini di blog ku.

    BalasHapus
  25. udah coba dari dulu, tapi selalu kalau di like jadinnya error..trus ak coba pakai kode mas doyok juga sama ya..mohon pencerahannya

    BalasHapus
  26. wah baru tahu ane gan....mau coba dulu
    blog walking http://fukyu.co.cc

    BalasHapus
  27. udah lama di cari,,, dan ternyata mas doy... posting disini..


    mantaaaaaaaaaaaaaaaaap!!!


    thanks.. aku coba dulu ya...
    doain berhasil ya,,

    he

    BalasHapus
  28. oh gitu ya???
    makasih ya mas infonya....

    BalasHapus
  29. Ga ngerti cara pasangnya mas bos... Bingung sayah... Hikss...

    BalasHapus
  30. terimakasih mas, berhasil di blog saya...
    kunjung balik ya mas...

    BalasHapus
  31. Mantab bangetz perlu dipraktekkan, makasih banyak masdoyok...!

    BalasHapus
  32. ..saya sangat tertarik dengan artikel ini dan udah ngebet kepengen pasang kodenya di blog saya..
    ..namun sayang.., sampai sekian kali..sampai blog ku ganti..., blum pernah berhasil....mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  33. terima kasih untuk artikelnya, sangat bagus..

    hmm, tapi mas yg masalah kalo ada dua kode



    setelah saya coba, ternyata yg bener, ditaronya di bawah kode yang pertama,,, gimana tuh? apa tergantung blognya yah?

    BalasHapus
  34. Makasih mas infonya.. Saya akan coba..

    http://www.putra-zha.blogspot.com

    BalasHapus
  35. pak..saya sudah buat, untuk beberapa postingan bisa di gunakan, tapi pada postingan bulan juni kok gak bisa ya? begitu di klik suka langsung muncul error

    BalasHapus
  36. thank infonya berguna banget By http://suryani.comze.com

    BalasHapus
  37. di template q koq g isa ya mas.??
    http://www.luth-fi.co.cc

    BalasHapus
  38. trims mas atas infonya....bgus bgt buat blogq...visit back ya giriayoga.blogspot.com

    BalasHapus
  39. bang kenapa tombol like facebook kadang error? tapi kadang bisa digunain?

    BalasHapus
  40. mantap ini saya cari mas Thank.....

    BalasHapus
  41. Tq..... slam knal..... jg lpa berkunjung.....

    BalasHapus
  42. Domain dengan co.cc, tombol Facebook Like nggak bisa dipake om. Cuman bisa domain .com, .net, dkk

    BalasHapus
  43. Tombol "suka" (facebook) di bawah postingn blog saya gak bisa digunakan dan tertulis "terjadi kesalahan"?
    Gimana yaa mas cara mengatasinya...?

    BalasHapus
  44. mas doyok...
    trims tips n trick nya....
    membantu pemula!!!

    BalasHapus
  45. @4344199139047941714.0
    makasih infonya bagus banget

    BalasHapus
  46. Mas masang kodenya itu dimana yah..? di blog edit Html atau di FB..? cuma kalau di FB dimananya..? makasih banyak..

    BalasHapus
  47. http://www.FreePremiumDomain.com/?r=305471

    BalasHapus
  48. Makasih ya..
    Liat blog saya udah ada LIKE nya..hehehe

    BalasHapus
  49. iihh kok gak bisa-bisa siii

    BalasHapus
  50. mas, di blogku tdk ada kode gmn ni solusinya?

    BalasHapus
  51. thx bro,, welcome to www.bloglanding.co.cc
    i'm newbiw

    BalasHapus
  52. tag coba di punyaq ga mau keluar ik mas,,,

    BalasHapus
  53. Terima kasih, sangat membantu. sudah saya terapkan dan 100% Sukses. Salam Berbagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer