Membuat List Artikel Terbaru dan Komentar Terbaru (Feeds) dengan Marquee

Beberapa sahabat blogger beberapa kali menanyakan tentang pembuatan Artikel Terbaru dan Komentar Terbaru dengan marquee. Tujuannya? Tentu saja selain untuk mempercantik juga untuk menghemat tempat. Menambahkan effect marquee memang akan menambah loading blog, pilihan kembali kepada Anda. Seperti biasa dalam semua artikel saya, saya tidak meminta Anda melakukannya mentah-mentah atau menolaknya mentah-mentah, tergantung kebijakan dan keperluan Anda. Seringkali saat posting tentang efek blog, ada pertanyaan "Bukankah Anda suka Ringan, mengapa Anda posting seperti ini?" atau pertanyaan lain "Lalu kenapa Anda tidak memakai efek itu?". Menurut saya, saya tidak harus terbatas posting tentang apa yang saya lakukan terhadap blog saya, karena banyak sekali ilmu yang 'tentunya' tak mungkin saya aplikasikan semuanya ke blog saya, tapi di sisi lain itu benar-benar dibutuhkan blogger lain.

Sedikit bercerita di awal dan mari kita langsung ke pembahasan.
1. Login ke blogger
2. Tata Letak
3. Add Gadget
4. Pilih HTML/Java Script
5. Masukkan kode di bawah ini

<script style="text/javascript" src="http://digitalgupshup.110mb.com/DigitalGupshup_scrolling_blogger_posts.js"> </script><script style="text/javascript"> var nMaxPosts = 10; var sBgColor; var nWidth; var nScrollDelay = 175; var sDirection="left"; var sOpenLinkLocation="N"; var sBulletChar="•"; </script> <script style="text/javascript" src="http://yourblog.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&callback=RecentPostsScrollerv2"> </script>

- Angka 10 menunjukkan jumlah artikel terbaru atau komentar terbaru.
- Angka 175 menunjukkan kecepatan effect
- Left menunjukkan marquee berjalan ke arah kiri, ganti right untuk kenanan.
- Yang berwarna merah terakhir ganti dengan alamt feeds Anda. Untuk tahu penulisan feeds artikel terbaru, komentar terbaru atau artikelt erbaru per label tertentu Anda bisa baca di Blog konsultasi 6: Tentang Feeds

Catatan: Sebaiknya Anda host sendiri script seperti yang ditujukan berwarna hijau (http://digitalgupshup.110mb.com/DigitalGupshup_scrolling_blogger_posts.js) agar lebih cepat dalam loading karena tidak dipanggil bersamaan oleh banyak blogger.(Baca: Membuat Java Script Menjadi Milik Pribadi). Akhirnya, semoga postingan ini bermanfaat, saya harap Anda tidak bosan dengan tutorial saya yang di update setiap hari.......

Komentar

  1. PERTAMAX g ya.. :D

    f.uf.u

    BalasHapus
  2. Bisa juga pertamax di masdoyok. senengnya.. :)



    f.uf.u

    BalasHapus
  3. mantabs :D udah nyoba nih mbah aq

    BalasHapus
  4. @8415408432799020689.0
    Oiya, ada pengaturan lebrnya gak Mbah...??

    BalasHapus
  5. pagi2 udah dpt tips dr mas doyok...thx mas doyok,

    kapan2 saya praktekkan nih....

    BalasHapus
  6. Ada contoh (demo) nya Mas Doyok. Jadi tertarik. Tapi pingin lihat dulu demonya.

    Terima kasih. Salam ukhuwah

    BalasHapus
  7. @mas harri kan tergantung di letakin dimana, nah kalau mau tambah lebar atuir aja wadhny utk scrip iini

    BalasHapus
  8. @beda
    kalau mau mudah tes demo gunakan trik ini
    http://www.masdoyok.co.cc/2010/02/cara-cepat-tes-html-atau-javascript.html

    BalasHapus
  9. pakde pernah menggunakan script seperti ini, tapi akhirnya pakde hapus karena menambah beban loading, apalagi kalau pas koneksi internetnya lelet

    BalasHapus
  10. setuju bgt sama mas doy "karena banyak sekali ilmu yang 'tentunya' tak mungkin saya aplikasikan semuanya ke blog saya, tapi di sisi lain itu benar-benar dibutuhkan blogger lain.
    "

    BalasHapus
  11. aq sependapat sama mas doy "karena banyak sekali ilmu yang 'tentunya' tak mungkin saya aplikasikan semuanya ke blog saya, tapi di sisi lain itu benar-benar dibutuhkan blogger lain.
    "

    BalasHapus
  12. terkadang ada sebagain yang berkomentar begitu mas...

    ini tutor bukannya memberatkan blog
    kenapa tidak di pasang di blog ini.
    hahaha jika kita pasang semua mau di tempat kan di mana. lagian yang kita post adalah untuk orang yang memerlukannya.

    tutor yang bermanfaat mas. thanks

    BalasHapus
  13. mas doy klo mau pasang komentar terbaru aja (ga pake post baru).. hilangin yg mn tuch ^_^?

    BalasHapus
  14. wah, muangstab mas. ane coba dulu, berat g ya??
    kalo berat g jadi deh. hehehe

    BalasHapus
  15. Mampir kang doyok makasih atas ilmunya ^_^

    BalasHapus
  16. Makasih mas Dhe,..tutornya,..diikutin terus...
    Sukses ya,..

    BalasHapus
  17. cantik ato tdk tmplan g bpgaruh pd pgujung blog. menurut sy konten lbh pntg drpd tmpln blog...apalagi kl bkn lola.....thanks infoy

    BalasHapus
  18. makasih gan tutornya
    salam kenal dari http://aby-umy.blogspot.com/

    kalau ada waktu mampir ya?? :)

    BalasHapus
  19. Berat euy... pake yg gitu2an... hehehe...

    BalasHapus
  20. iya mas,saya juga bingung soal loading blog...
    antara kecepatan loading,isi kontent dan tampilnya.maklun newbie..
    tapi saya tetep suka yang ringan2 saja mas.alasanya,agar pengunjung tidak kabur saat kelamaan nunggu blog muncul sempurna.haha

    BalasHapus
  21. malah dapat informasi menari dari komentar ni...
    tentang "mudah tes demo".hehe
    makasih mas doy...

    BalasHapus
  22. oh gitu toh, ok mas thank infonya. Aku bookmark dulu nih hehehe.

    BalasHapus
  23. Untuk merubah lebar coba ganti var nWidth; menjadi var nWidth = 300px;

    kalau gak bisa(abaikan) tambahkan ini!

    <div style="witdh:300px;background:transparent;>

    masukkan code tadi disini


    <!-- salam http://www.indaam.com
    :)
    -->
    </div>

    kalau gak bisa lagi edit di external javascripnya, kalo usaha pasti ketemu.

    BalasHapus
  24. wah kangf terimakasih atas infonya..semoga makin sukses..lis artikel saya pernah coba tapi kurang maksimal... saya akan coba lagi..kalo ada waktu mampir kang.. follow juga ditunggu mas....

    BalasHapus
  25. Mantab tutorialnya, sekali coba langsung berhasil, kalo teman-teman blogger ada yg pengen lihat seperti apa hasilnya mampir ajah di http://SaputraMZ.com

    BalasHapus
  26. udah langsung dipraktekkan nih, mas tanks

    BalasHapus
  27. Tips nya sangat bermanfaat sekali bagi saya..trims ya sob atas share info nya

    BalasHapus
  28. wah thanks mas, saya coba dlu

    BalasHapus
  29. Banyak Ilmu yang saya ambil dari Blog ini, thanx ya..

    My Blog : www.daffaarkana.blogspot.com

    BalasHapus
  30. ok sob...
    makasih banget tas infonya ......

    BalasHapus
  31. Terima kasih, atas informasinya. Salam kenal semuanya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer