Menggunakan Tulisan Miring (Italic) Pada Artikel Blog

Saya termasuk doyan banget memberikan effect tulisan miring pada tulisan-tulisan saya. Dalam penulisan skripsi atau novel pun ada aturan kata-kata tertentu yang harus ditulis miring. Meski ini hanyalah blog dan tidak ada aturan yang mengikat, Anda bisa menggunakannya untuk kata-kata tertentu. Sekali lagi! Karena ini blog dan tidak ada aturan tertentu, maka saya hanya membagikan tentang apa yang saya lakukan, yakni kapan saya menggunakan effect miring untuk postingan saya. MAri ktia bahas lebih jauh dan yang bercetak besar adalah contoh dari masing-masing list penggunaan kata miring pada artikel saya.

Untuk Istilah Asing
Yang satu ini standar penulisan di skripsi ataupun novel. Ketika Anda sisipkan kata-kata yang tidak baku, seperti misalnya Anda gunakan istilah berbahasa Inggris atau bahasa daerah Anda, sebaiknya ditulis miring. Ketika Anda memilih menggunakan bahasa baku untuk postingan Anda, bukan berarti Anda harus lupakan total istilah asing seperti bahasa daerah Anda. Penggunaan istilah asing di tengah rentetan kata-kata baku bisa sangat menyegarkan.

Entah saya dikatakan ndeso atau apa, namun memang saat itu saya belum kenal sama sekali dengan blog, barulah mulai beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan Juni seorang teman menyarankan saya...

Untuk Ekspresi Tertentu
Saya gunakan juga effect penulisan miring untuk kata-kata yang menunjukkan ekspresi tertentu. Biasanya saya bubuhkan di awal kalimat, seperti Nah,Wow!. Itu akan memberikan kesan tersendiri dan menambah kekuatan ekspresi itu sendiri.

Beberapa hari lalu, saya membahas mengenai cara mendaftar webmaster tools untuk optimalkan blog di Google. Kemudian muncul banyak pertanyaan bagaimana caranya mengoptimalkan blog di Yahoo!. Nah, kali ini saya akan membahas tuntas tentang site explorer Yahoo...

Hubungan Sebab Akibat
Setelah itu, saya juga sering menggunakannya untuk kalimat sebab akibat. Misalnya saja kalimat yang melibatkan kata Sehingga, Jadi, Lalu... dan beberapa kata lain. Ini juga untuk menambah kekuatan sebab akibat itu sendiri

Blogosphere adalah dunia yang luas. Kita membuat suatu blog dan kita terjun di dalamnya. Ada banyak blog dengan tipe tersendiri yang dibuat oleh blogger-blogger handal dengan sifat sendiri-sendiri juga. Jadi, sudah sepantasnya Anda juga tidak ketinggalan kereta dan mencoba bersaing...

Anda tidak harus kaku meniru apa yang saya lakukan karena blog Anda adalah milik Anda dan Anda bisa temukan sendiri ciri khasnya. Namun saya pribadi lebih senang menggunakan banyak kata bergaya miring ketimbang ahrus menumpuk bnyak kata bergaya tebal (bold) di dalam tulisan saya. Ini sangat menyangkut tentang kepuasan Anda pribadi dan Anda boleh menentukan sendiri bagaimana Anda merawat blog Anda... Meski begitu usahakan tulisan Anda tetap nyaman dibaca orang jika ingin mereka kembali...

Komentar

  1. Bisa buat keyword gak mas doy???

    BalasHapus
  2. @ega
    dalam psotingan ini sama sekali tidak membahas SEO
    namun kalau cuma effect miring saya berpendapat tidak berpengaruh terhadap kekuatan seo

    BalasHapus
  3. kalo buat komentar bisa gak ya?

    BalasHapus
  4. hahay, masdoy, katanya efek miring memperkuat postingan, apa benar tuh mas???

    BalasHapus
  5. @akbar
    apit saja katanya dgn kode i dan /i jgn lupa <>

    BalasHapus
  6. @arham
    misalkan pednapat saya salah dan effect lama itu masih dipertimbangkan, mungkin sangat kecil sekali pengaruhnya

    BalasHapus
  7. Italic . . . emang berpengaruh tuh . . . Mas, klo effek font yg ukurannya very large juga ada effeknya lho . . . . Aku pernah nyoba, langsung masuk google . . .kwkwkwwk . . .kayane

    BalasHapus
  8. setuju mas, tulisan miring memang bisa mempertegas suatu berita apalagi yang di garis miring menuju link ke dalam blog kita (menuju artikel yang lain)

    BalasHapus
  9. saya jarang menggunakan kalimat sebab akibat mas, hehe
    hmm, tak apalah, setiap blog pasti punya ciri tersendiri :)

    BalasHapus
  10. @arif
    sip kang
    kalau tulsian tebal saya rasa kesannya jadi memperpenuh ya :D kalau terlalu banyak

    BalasHapus
  11. @alam
    ya kang :D
    setiap penulis mempunyai gaya sendiri
    bahkan terkesan mirip sebenernya ada bedanya

    kecuali copas hehehe

    BalasHapus
  12. @damar
    kalau saya selama ni hanya untuk membedakan agar pengunjung mudah tahu kalau itu list per list
    dan sedikit kesampingkan pengaruhnya utk SEO

    BalasHapus
  13. wah betul mas, saya setuju banget.
    tulisan miring memang menghidupkan artikel

    BalasHapus
  14. saya jarang menggunakan italic dan keseringan dengan bold,

    Mas Doyok mau tanya nich:apakah benar penulisan kata yang diikuti kode strong lebih SOE friendly dari pada penulisan kata dengan kode bold?maaf jika menyimpang dari topik

    BalasHapus
  15. @congcot
    nah sebenere artikel ini bertujuan tentang tips emnghidupkan artikel diluar soal SEO :D
    tapi keknya semua emang lagi ngebet sama yg namanya SEO ya

    BalasHapus
  16. Dengan tulisan miring kita bisa membeda-bedakan kata-kata tertentu
    keren kang :D

    BalasHapus
  17. Mampir mas..sama saya juga sering menggunakan italic untuk kata2 yang berhubungan dengan keywords. Soalnya menurut hasil baca2 katanya penekanan kata seperti bold, italic dan underline akan lebih di dahulukan oleh googlebot. Tapi ga tau kenapa saya lebih memilih italic daripada bold dalam isi artikel. mungkin karena italic lebih kelihatan rapih daripada terlalu banyak bertaburan bold dalam artikel..

    BalasHapus
  18. sejak kapan masdoy jadi guru/dosen bhsa indonesia?

    BalasHapus
  19. @4486447646369040789.0
    haha..daripada jadi guru bahasa 4L@y, ya ga mas??

    BalasHapus
  20. @3826305110862080108.0
    kalo mau berpengaruh ke SEO, syntax-nya pake <em>...</em>
    tapi biasanya yang dicetak miring itu yang berhubungan dengan keyword, itu kalo buat SEO.

    BalasHapus
  21. kalo aku mas...
    selain bold dan italic..
    juga sering kukasih warna...
    biar keliatan jelas :D

    BalasHapus
  22. yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyampaikan isi tulisan mas doy ^_^ keep posting

    BalasHapus
  23. hhmmm.....

    jangan-jangan...??
    hahaha.. mungkin tidak lah,,

    BalasHapus
  24. thnks mas , jdi ingat pelajaran b indonesia !!
    ahahah !!!!

    BalasHapus
  25. Wahh mas doyok ni sperti tulisan miring aja dijelasinn mengenai maksudnya kenapa tulisannya dimringin.. hehhe.. mentapp dehh mas doyy

    BalasHapus
  26. yg gw tau sih tulisan yg di bold yg masuk dlm seo...klo miring blm pernah nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer