Tata Letak Hilang, Ada Dimana? Layout Tab is Gone

Blogger sepertinya melakukan blunder besar. Seiring diresmikannya Blogger Template Designer (baca: New Preview dan Blogger Template Designer Resmi masuk Blogger.Com), blogger mengganti menu tata letak menjadi Rancangan. Hal ini tentu berdampak sangat besar bagi blogger tutorial seperti saya. Bayangkan ada berapa banyak blogger baru setiap harinya. Mereka akan belajar mendalami tutorial blogger. Tentu mereka akan sangat rajin googling mencari tutorial untuk mempercantik blog mereka. Tab tata letak adalah gerbang penting untuk menuju halaman editing template.


Bagi blogger baru tentu akan kebingungan ketika mereka membaca tutorial-tutorial yang sebagian besar masih menggunakan kata tata letak sementara kini blogger telah menggantinya dengan rancangan. Para blogger baru bisa jadi tidak menemukan tata letak dan tidak menyadari bahwa kini hanya berganti nama menjadi rancangan. Lebih buruk lagi mereka menganggap artikel kami SALAH!.

Di pihak lain, saya sebagai seorang pengelola blog akan sangat kesulitan jika harus cek dan merubah satu persatu artikel sementara sampai saat ini saya telah posting 664 buah. Jadi saya rasa ini memang kesalahan Blogger yang sangat mendasar. Ini adalah sebuah blunder...

Bagi Anda yang memang telaten akan sangat baik jika Anda bisa edit dan perbarui artikel Anda. Tapi saya lebih berharap Blogger melakukan penyesuain ulang kedepannya...

Mari kita ramai-ramai komplain ke email berikut: support(at)blogger(dot)com

Komentar

  1. jadi blogger baru semuanya pasti pada bingung kok tata letak tidak ada...

    BalasHapus
  2. kalau punya saya Design mas , soalnya english mode ^_^

    BalasHapus
  3. @aditx
    sama fatalnya
    layout rubah jadi design

    BalasHapus
  4. iya kang, kasian yang blognya isinya tutorial :D

    BalasHapus
  5. saya sekarang menggunakan blogger draft ^^

    salah terjemahan kaleeee

    BalasHapus
  6. ternyata membahas hal yang sama....
    blogger bikin aku berkeluh kesah juga...
    untuk mengatasinya saya memberi kotak pengumuman di bawah artikel ku, jadi tambah ribet aja ni blogger.

    BalasHapus
  7. iya mas day..pas tadi pagi login cukup kaget juga..ada apaan nih..tata letak koq ngilang.. haha

    BalasHapus
  8. mesti nguprek2 posting lama nih...buat ganti teks tataletak jadi rancangan ^__^

    thx mas Doyok atas infonya

    BalasHapus
  9. kurang ajar banget sich admin blogger.com

    gak blg2 ma mas dayat dulu klo mo melakukan perubahan, jadinya mas dayat marah2 nich.... orang lagi sakit malah disakitin! wuakakakakakakkaakakak

    BalasHapus
  10. wah.... Seep mas doy..
    blogger kini lagi sombongin feature nya...
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  11. @2012
    ini malah bikin mumet ilham

    BalasHapus
  12. @fadel
    wah saya malah gak sadar :D
    gak pernah make

    BalasHapus
  13. @hamba
    semoga cepet dibenahin :D

    BalasHapus
  14. @osi
    wah mbak :D
    selamat datang kembali ya

    BalasHapus
  15. @jaya
    yg kita kita ini mumet hahaha

    BalasHapus
  16. @indam
    saya cuma bisa blogspot hehehe

    BalasHapus
  17. Iya mas sempat kaget juga ,, wong preview postingan aja jadi ga ada ... jadi harus liat ke jendela luar...

    Demo mas ayo aku dukung dari belakang ... :D

    BalasHapus
  18. mas daya, saya ada solusi yg mungkin bisa dipertimbangkan.
    supaya blogger baru gak bingung..
    sematkan aja kotak info dibawah posting dgn memanfaatkan kode b:if..
    kotak info tersebut berisi pemberitahuan bahwa tata letak udah berubah jadi rancangan..

    BalasHapus
  19. Pasang aja mas seperti Pesan Dibawah Postingan.... Tata Letak sekarang diganti menjadi Rancangan... heheh

    BalasHapus
  20. tadi juga pertama aku buka blogger aku bingung
    wkwkwkwkwk..
    mksh infonya mas

    BalasHapus
  21. Benar banget tuh postingan saya yang pertama saja hilang semuanya sebanyak 150 postingan pada hari senin kemaren ini jelas2 kesahan pihak blogger,,,... yang sengaja menghapus postingan saya,,,...!!!

    BalasHapus
  22. hahaha jangan bingung dong...coba masuk ke dashboard ada edit post toh???
    hahaha...doyok doyok...wkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. @mul
    maaf mas saya hapus kepanjangan soalnya :D ee nya jadi acak 2 an blog saya

    BalasHapus
  25. hahhaha.. gitu aja binggung... wakkwkkaka..

    BalasHapus
  26. @akh
    bingung pembaca juga yg nulis :D

    BalasHapus
  27. @gudang
    mau sampai kapan maslaahnya
    dan kalau cuam gitu
    postingan saya jadi kadaluara dong :D

    BalasHapus
  28. @belajar seo
    masalahnya mau sampe kapan pasang itu :D

    BalasHapus
  29. masdoyok tolong dijawab...
    terus kalau kita mau ganti template sama yang...
    thisaway rose...
    dots...
    dll dari blogger itu gimana???
    aku kangen lho!

    BalasHapus
  30. @8810190539869210706.0
    eh masdoyok ga jadi!! aku dah nemu'in di mana! ternyata kita ke edit html >> dibawahnya ada kok! linknya klik ajah

    BalasHapus
  31. @1752107325043973243.0
    memang ada
    namun jadi bemasalah karena urutannya kan jadi lain :D ut tutor tutor

    BalasHapus
  32. Namanya jg inovasi mas. Jd tambh keren.Cm...Bg sy yg newbie tambh mumet. Mampir ke www.Tikafika.Co.Cc

    BalasHapus
  33. tambah lama tambah membingungkan...

    BalasHapus

  34. kira2 habis pake rancangan, kedepannya pake apa lagi ya?? :D

    fufu

    BalasHapus
  35. huuaaa...
    pantesan..
    udah ampe ubanan cha nyari tata letak dimana..
    masih g' ktemu.. =(


    bingung..
    masiih newbie..
    kmarn beli buku tentang blog..
    trus ngikutin tutor na..
    eehh.. malah jadi stress..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer