Pasang Google Translate Tabbed untuk Hemat Tempat

Google Translate. Salah satu fasilitas Google yang seahri-hari menemani saya. Maklum, saya tidak begitu paham Bahasa Inggris. Mungkin Anda juga, dan mungkin ada jutaan orang yang mengalami kendala serupa. Yakni harus menggunakan bantuan translate Google untuk membaca artikel yang tidak berbahasa Indonesia. Jika kejadiannya dibalik. Misalnya ada orang Inggris nyasar ke blog Anda, tentu mereka kebingungan juga. Apalagi yang belum pernah tahu bahasa Indonesia. Solusinya adalah Anda memberi alat Translate pada Blog Anda sehingga dengan mudah orang bisa klik untuk merubah bahasa sesuai keinginan mereka.

Namun, banyak yang tidak menggunakannya juga karena alasan yang beragam. Mulai karena 'yakin' pembacanya hanya orang Indonesia ataupun karena permasalahan 'habisnya' tempat di sidebar. Bagi Anda yang merasa kesulitan mencari tempat, Anda bisa mencoba menggunakan mode peletakan tabbed. Dengan cara ini, tool google translate Anda, akan menempel di bagian bawah atau atas jendela browser Anda.

1. Silahkan Anda kunjungi: Google Translate Tools
2. Pada bagian select the language of your webpage, silahkan isi dengan bahasa artikel Anda. Namun saya menyarankan Anda memilih detect Language. Ini cocok bagi yang menulis dalam berbagai bahasa di blognya, karena Google akan detect otomatis bahasa artikel Anda.
3. Klik Show Optional Settings
4. Pada Translation Languages silahkan pilih All Languages jika ingin Artikel Anda bisa di translate ke semua bahasa yang telah support. Tapi jika hanya ingin menampilkan beberapa pilihan bahasa, silahkan pilih Specific Language dan tentukan sendiri ke dalam bahasa apa saja blog Anda akan bisa di transliterasi.
5. Pada display mode pilih Tabbed. Kemudian pilih sendiri lokasi penempatan google translate gadget.


6. Copy script yang ada dibawahnya dan isikan ke Gadget HTML (Baca: Cara menambah Gadget HTML di Blogspot) Anda. Semoga bermanfaat, dan semoga lebih banyak orang yang bisa membaca artikel Anda....

Komentar

  1. kalau misalnya code scriptnya tidak di tampilkan di sidebar, tp ditampilkan langsung di postingan, maksudnya, jd semua postingan ada menunya otomatis translite this post, saya pernah lihat di blog tp saya lupa blognya apa

    BalasHapus
  2. ok mas doy dah nyaman tak pasang di blog aq

    BalasHapus
  3. @618363949672578376.0
    tinggal taruh kodenya di bawah kode aja mas :)

    BalasHapus
  4. Terimakasih Mas Dhe tutornya
    Irit space nich

    BalasHapus
  5. wah mantap pakek itu cmn ... bkn berat ja ... klau pakek itu mas

    BalasHapus
  6. Blogku belum ada transtoolnya :(

    BalasHapus
  7. Hahahaha

    Iya juga ya mas doy

    dipandang juga lebih enak

    salam human. hahaha

    BalasHapus
  8. Emang kadang sangat diperlukan mas doyok, terutama jika kita membaca sesuatu yang kita ingin ketahui, namun bahasa nya ngak dimengerti

    BalasHapus
  9. Kalau saya menaruhnya di bagian sidebar

    BalasHapus
  10. Saya pasang gadget google translate di sidebar, namun google translate sering kali menterjemahkan kata perkata, karena itu sering susah dipahami hasil terjemahannya hususnya terjemahan dari bahasa inggris ke Indonesia. sebelum publish posting sebaiknya kita juga cek dahulu hasil terjemahan kedalam bahasa inggris.

    BalasHapus
  11. terima kasih atas infonya,mas . :)

    BalasHapus
  12. bagus juga mas.tapi kira2 lodingnya jadi berat ngak mas?

    BalasHapus
  13. setelah takut dan riisih dengan tampilan google translate akhirnya pagi ini saya mengunakannya. semua berkat tips keren ini.
    salam; www.bangngangan.com

    BalasHapus
  14. coba pasang di blogku ah...
    kali aja ada orang inggris nyasar ke blog aku

    BalasHapus
  15. Thx Info Nya Gan..
    Mampir Juga Ya..
    Ditunggu...

    BalasHapus
  16. makasih banyak ni bro...main2 ke blog gua y..sekalian ajarin.hheeh

    BalasHapus
  17. Artikel yang Bagus...

    BalasHapus
  18. makasi infonya sangat membantu..........

    BalasHapus
  19. terima kasih mas doy, sudah saya coba :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer