Pengunjung Datang Untuk Blogspot atau .Co.Cc Anda?

Setelah absen hampir dua bulan dari dunia blogging, akhirnya aktifitas online kembali pulih. Termasuk cek interaksi di Mas Doyok Answers (Silahkan daftar bagi yang belum ikutan). Dan, saya menemukan satu pertanyaan menarik yang mungkin juga, selama ini menjadi pertanyaan dalam benak Anda. Saya kutipkan...
"Jika para pengunjung mengunjungi blog saya yang berdomain .blogspot.com, itu berarti pengunjung blog saya sebenarnya mengunjungi blog saya yang berdomain .co.cc atau yang berdomain .blogspot.com?"

Nah, kembali lagi soal URL dan URL. Sebelumnya Anda harus tahu terlebih dahulu tahu jika penggunaan domain .co.cc bisa dengan dua cara. Yakni, hanya URL Forwarding saja atau dijadikan sebagai domain tetap. Penggunaan cara yang berbeda akan mengakibatkan hasil yang berbeda pula. Berikut beberapa point permasalahan mengenai hal ini:

http://i52.tinypic.com/rs8ll1.jpg


1. Yang dibahas kali ini adalah satu blog. Jangan salah paham ketika saya menggunakan kata-kata alamat blogspot Anda dan alamat .co.cc Anda maka Anda mengiranya ada dua blog berbeda yang diperbandingkan. Blogspot yang telah diubah domainnya, maka blog tersebut bisa diakses dengan dua alamat. Yakni alamat aslinya menggunakan blogspot dan alamat domain barunya (misal .co.cc). Jadi, yang diperbandingkan adalah 2 alamat dalam satu blog.
2. Jika berganti domain, maka gunakan domain sebagai domain permanen (zone record) dan bukan hanya URL forwarding saja.
3. Setelah Anda mengganti domain secara permanen (zone record) maka domain itu menjadi domain utama, sehingga setiap orang mengetikkan alamat blogspot Anda, maka otomatis alamat yang tertera pada address bar akan berubah menjadi .co.cc
4. Nilai Alexa berbeda antara alamat blogspot asli dan .co.cc. Yang dipantau Alexa adalah alamat  .co.cc, bukan alamat asli blogspotnya, karena yang dicatat sebagai kunjungan oleh Alexa adalah alamat yang tertera saat blog selesai di load yaitu alamat .co.cc seperti point nomer 3.
5. Pagerank blogspot dan .co.cc Anda akan sama. Matt Cutts (pentolan karyawan Google soal SEO) pernah mengatakan dalam blognya (www.mattcutts.com) bahwa perubahan domain tidak akan mempengaruhi dengan pageRank. Namun untuk antisipasi sebaiknya, setelah Anda berganti domain sesegeralah mungkin mencari backlink untuk domain yang baru. Coba Anda tes dengan cara ketikkan di Google site:alamatblogspotAnda dan site:alamat.co.cc Anda.
6. Yang lebih kuat muncul di mesin pencari adalah domain .co.cc Anda  karena alamat blogspot sudah dialihkan ke domain .co.cc sesuai point 3 dan 4. Yang lebih sering muncul dan yang memiliki peringkat lebih baik di mesin pencari adalah .co.cc, maka kedatangan ke blog Andapun lebih banyak untuk .co.cc Anda.

Jika kita buat suatu perumpamaan....
Misalkan Anda memiliki nama Budi dan karena suatu alasan akhirnya Anda merubah nama Anda menjadi Roni. Nah, memang ketika Anda dipanggil Budi ataupun dipanggil Roni, maka Anda akan sama-sama datang,. Namun secara legalitas Anda harus merubah AKTA hingga KTP Anda agar Anda di akui oleh negara. Seperti ketika Anda mengganti domain, maka Andapun harus daftar ulang di Google Webmaster Tools agar blog Anda diakui oleh Google. Dan karena sekarang nama legal Anda adalah Roni, maka Anda pun harus selalu menggunakan nama Roni. Ketika Anda berkenalan dengan teman baru, maka sekarang Anda mengatakan "Saya Roni", begitupun saat bertukar link, sebaiknya Anda sekarang menggunakan domain yang baru. Sampai akhirnya Anda lebih dikenal sebagai Roni dan bukan lagi Budi. Contoh nyata adalah blog ini yang lebih dikenal sebagai masdoyok.co.cc daripada blog-trik-tip.blogspot.com, meski ketika Anda memanggil dengan cara yang kedua blog ini akan tetap tampil... Selamat malam dan semoga tulisan ini bermanfaat...

Komentar

  1. Postingan Mas Doyok ini menjawab keraguan aku untuk pindah dari blogspot ke (Dot)tk. Makasih Mas

    BalasHapus
  2. informasi yg sangat bermanfaat nih mas doy buat yg menggunakan domain dot co dot cc

    BalasHapus
  3. wah masalah pagerank yang repot mas doy, kemarin masih blogspot pagerank 2, setelah ganti ke co.cc malah jadi nol besar :D, dan sekarang saya ganti jadi domain.com, ngak belum tau apa hasilnya kedepan nanti..

    BalasHapus
  4. masalah pagerank saya pernah mengalami saat ganti domain, saat masih blogspot PR saya 3 tapi setelah ganti domain baru dua bulan PR saya kembali ke angka 3. nice post

    BalasHapus
  5. Ulasan yg mantab, apalagi disertai analoginya... Makin kuat aja argumennya :))

    BalasHapus
  6. salam sahabaat
    ternyata berpengaruh juga yach mas nama domain sampai harus daftar lagi ke webmaster.good luck

    BalasHapus
  7. waw..
    mesti diselidiki...neeh..
    nais inpoh mas doy...

    BalasHapus
  8. kalau dengan perpindahan domain tidak mempengaruhi pagerank, kayaknya patut dipertimbangkan untuk pindah domain nih..
    Bolehngeblog

    BalasHapus
  9. owh, jadi gitu yah mas doy, baru tahu nih..
    mantap postnya
    tetap semangat..

    BalasHapus
  10. Iseng iseng ngecek, ternyata Mas Doyok sudah aktif lagi... dan saya ketinggalan beberapa update postingan... hehe

    BalasHapus
  11. 5. Pagerank blogspot dan .co.cc Anda akan sama. Matt Cutts (pentolan karyawan Google soal SEO) pernah mengatakan dalam blognya (www.mattcutts.com) bahwa perubahan domain tidak akan mempengaruhi dengan pageRank. Namun untuk antisipasi sebaiknya, setelah Anda berganti domain sesegeralah mungkin mencari backlink untuk domain yang baru. Coba Anda tes dengan cara ketikkan di Google site:alamatblogspotAnda dan site:alamat.co.cc Anda.

    Yang ini saya kagak setuju mas.... karena waktu saya berganti domen ke co.cc pagerank saya gak balik... alias kembali ke NOL.

    BalasHapus
  12. @kang uchiha
    saya membuktikan sendiri mas, bahkan di adsense-id juga pernah dilakukan percobaan :D
    misalkan kita punya blog ber pr 3 yg sudah diganti domain, maka blog ber pr 3 dn domain blablabla.com dipindahkan ke blogspot yg lain, maka domain.com itu tettap 3 dan blog yg blogspot awal utk domain.comnya yg masih 3 juga gak hilang

    tiongal soal antisipasi, effect penyamaan atau utk yg kemudian membuang domain dan seharusnya pr akan berbeda lagi butuh waktu, makanya saya katakan antisipasi dgn terus cari backlink bantuan utk katrol

    BalasHapus
  13. @wayne
    iya mas :D
    keamrin sempet sakit soalya :D maaf ya mas

    BalasHapus
  14. @3137304032391534494.0
    ini peter ya :D
    wah makasih bangewt... mampoir lagi
    lama vakum nih aku
    salam blogginggg

    BalasHapus
  15. @5818873777516422821.0
    menurut matt cutts begitu
    dan saya termasuk orang yg setuju mas :D
    tapi masih tetep butuh penyesuaian

    BalasHapus
  16. @8094160966988355454.0
    iya dhana mesti daftar AKTA lagi hahaha

    BalasHapus
  17. @6845576288662988353.0

    yaps... blog saya yg pake domain trus domainnya saya copot dan kembali ke blogspot lg gak ngaruh alias blogspotnya tetap berPR.. tp domainnya hilang PR pas dipindah ke blogspot yg lain yg gak ada PR..

    BalasHapus
  18. @271393865406488362.0
    betul mas :D
    makanya seringkali sbeelum domain yg tadinya untuk blogspot A ber pr 3 dipindah ke blogspot b ber pr 0
    jadi ngikut yg B, banyak yg ngetrik langsung nyari backlinbk segede gedenya, paling gak biar gak terlalu njomplang mengingat perbedaan bl blogspot a dan b

    BalasHapus
  19. @4648591344168270763.0
    makasih mas
    komen Anda bikin ane semangatttt

    BalasHapus
  20. @8734427691217335284.0
    ya sekali lagi apa yg dikatakan mattcutts saya setuju
    hanya butuh penyesuaian

    BalasHapus
  21. @7999939889651714253.0
    kalau belum pulih jgn keburu digonta ganti terus mas domainnya
    butuh penyeeeesuaian :D

    BalasHapus
  22. mksh bgt mas doy infonya
    lama nih ga main disini....

    BalasHapus
  23. mz doy,punya saya kalau di cari pake yg dot co dot cc ko ga ada hasilnya ya,tp kalau pake blogspot ke index semua,mohon bantuanya maz doy...

    BalasHapus
  24. O..gitu ya Mas...ngerti-ngerti...
    terimakasih banyak Mas atas infonya...
    saya jadi tau sekarang....

    Selamat hari Sumpah Pemuda Mas...

    BalasHapus
  25. Mungkin yang jelas . . sama - sama datang untuk blog kita he..3x maaf mas doyok baru bisa berkunjung :D sudah lama kita tidak bertemu . . ^_^

    BalasHapus
  26. Thanks atas sharing ilmunya Mas
    Numpang tanya mas,
    Setting DNS di domain dot tk agar terhubung dengan blogspot gimana ya
    Trims sebelumnya

    BalasHapus
  27. Wah... artikelnya menarik banget mas doy... blogku juga yg co.cc lebih dikenal dari pada yg blogspot :)

    BalasHapus
  28. Hmm.. saya sejak dulu penasaran dengan prospek domain co.cc di SERP. tapi kalau melihat blog mas doyok saya jadi yakin, kalau Co.cc juga bisa bagus di SERP nya google.
    salam kenal

    BalasHapus
  29. saya malah masih bingung tentang co.cc soalnya masih newbi. Apa domain dg co.cc ini ada masa aktifnya (expired) untuk yang free???

    BalasHapus
  30. makasih infonya bro, saya jadi tidak ragu lagi :)

    BalasHapus
  31. setuju mas, karena sudah banyak baca artikel disini jadi saya tidak banyak kesulitan. hee. ma kasih banyak sharingnya mas.

    BalasHapus
  32. terima kasih atas informasinya yang sangat berguna buat saya dan pemula lainya...blognya saya link di http://iklansungaipenuh.blogspot.com

    BalasHapus
  33. Wow... informasi yg sngat bgus... Singkat, jlas dan padat...

    BalasHapus
  34. wah...wah...wah.... pertanyaanQ slama ini terjawab dsni...
    makasih mass...
    sangat membantu... mampis di blogQ mas...

    BalasHapus
  35. wah memang mas yang satu ini selalu bikin saya iri dalam urusan blog iri yang memicu saya terus belajar dan belajar tentang blog hehe..makasih mas infonya

    BalasHapus
  36. @Nandiya
    Saya ini Newbie, artikel Mas Doyok ini membantu sekali, walau saya masih banyak bingung ^^ thanks anyway...

    BalasHapus
  37. weleh.. punya saya maih blogspot.. tidak apalah, tetap berjuang.. , mohon dukungannya

    BalasHapus
  38. makasih infonya gan. saya kehilangan pagerank ketika make co.cc

    BalasHapus
  39. mas, sya sudah berhasil alihkan blog sya ke co.cc
    tpi pas co.cc sya load yang muncul pesan seperti ini:
    www.abas-djumadi.co.cc
    Please set up the domain in 48 hours. If not, we will cancel the registration Set up the Domain >>
    If you want to build a site at this address, please visit us at www.co.cc
    Free domain service
    .CO.CC

    trus cara set up gmn??? spy co.cc bisa kya blgspot yng ad postingannya gitu.........pkknya kya gitu deh..............

    mohon pencerahannya
    abasd04@gmail.com

    BalasHapus
  40. saya bingung ne mas,,,mana yg betul itu saya gk tau lho wong sayanya aja masih junior eeee..welehwelelh..saya mohon pada mas2,tu kunjungi aku ya..to

    BalasHapus
  41. Sy juga pake Co cc dan indekx gak kalah ama dOT com dkk :)

    BalasHapus
  42. Thx infonya gan ,,, tp saat ini saya masih makek blogspot dot com ..

    BalasHapus
  43. mas doyok, emank doyokkk, slalu menjawab prtaxaan pra pengunjung blogxa , trima ksih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer