Spam Blogger, Hapus atau Publikasikan?

Kita tahun beberapa bulan yang lalu Blogger menambahkan fitur anti spam di dashboard (baca: Memanfaatkan Sistem Komentar baru di Blogger). Nah, dengan fitur ini kita dimudahkan dalam menanggulangi spam. Spam di komentar itu sendiri bisa menjadi salah satu sebab terhapusnya suatu blog. Jadi, kita benar-benar terbantu dengan ini. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah?

- Bagaimana cara blogger mmenentukan komentar spam?
- Komentar yang dinilai spam oleh blogger, ketika kita lihat kadang sama sekali bukan spam menurut kita?

Lalu, Ada dua pilihan ketika kita masuk ke halaman filter spam di dashboard blogger. Kita bisa menghapusnya atau meloloskannya. Mana yang terbaik?


Pertama, Blogger menilai suatu komentar tergolong spam karena banyak faktor.
- Kesamaan kata atau kalimat yang berulang-ulang.
- Komentar yang sama persis yang di komenkan berulang-ulang dalam satu blog, meski di artikel yang berbeda.
- Link pengkomentar bermasalah, maksudnya adalah link alamat blog yang diisikan baik pada isi komentar, maupun pada nama pengkomentar.
- Dan banyak faktor lain yang tentu saya sendiri terbatas pengetahuannya...

Kedua, Komentar yang dinilai spam oleh Blogger, dan ternyata menurut kita adalah bukan spam, sebaiknya dihapus atau diloloskan?
Saya menganjurkan kepada Anda untuk menghapusnya saja karena,
- Sistem spam Blogger tentu sudah terintegrasi dengan sistem spam Google. Jadi, komentar yang dianggap spam oleh Blogger maka dianggap spam pulalah oleh Google.
- Banyaknya komentar spam tidak hanya bisa menjadi penyebab dihapusnya blog oleh Blogger, tapi dampak-dampak seperti tidak sehatnya blog di mesin pencari, sehingga posisi blog bisa turun di mata Google. Akhirnya traffic dari Google pun berkurang....

Selanjutnya, terserah Anda... Karena Blogger sendiri memberikan dua pilihan untuk Anda. Ini hanya anjuran dari pendapat saya, mungkin Anda berpendapat lain.... Salam Blogger...

Komentar

  1. kalo ada komentar yang dobel, spam langsung saya hapus mas. salam blogger :D

    BalasHapus
  2. Salam sahabat
    Ini mas doy kan? dari tampilan iPhone saya kok beda dari yang dulu mas hehehe
    Mengulas SPAM memang memiliki anggapan sebagai momok di website namun dari situ pesan memiliki arti tersendiri
    Makasih masDoy

    BalasHapus
  3. kalo saya sii lihat2 siapa yg ngasii SPAM , hehee

    mas, koreksi nih, kata "tahun" di kalimat pertama tuh harusnya "tahu" yah? heheee

    BalasHapus
  4. Makasih mas doyok pencerahannya .. saya sudah banyak meloloskan komentar yang dianggap blogger sebagai spam , karena menurut saya bukan spam ..

    Semoga tidak ada dampak apa-apa !!!!

    Dan Lain kali lebih berhati-hati deh ..

    Makasih mas !

    BalasHapus
  5. kalo saya biasanya dari orang yang tidak saya tahu dan cuma berisi link iklan baru deh saya hapus......tapi jika tidak biasanya saya ijinkan!!!

    BalasHapus
  6. asyikk saya bisa belajar lagi disini
    pertama tentang spamm dan harus bongkar2 artikel lawas disini mencari tetang SEO

    maksih mas Day

    BalasHapus
  7. kalau saya harus lihat dulu apa isi komentarnya baru bisa dianggap spam.

    BalasHapus
  8. lngsung hpus sja kalo sy mah...perangi spam...!!!

    BalasHapus
  9. Kalo misalnya kita Blogwalking, trus comment diblog yang satu niche ma kita & comment use name/Url, itu diaggap spam gk yak. Newbie mohon pencerahan

    BalasHapus
  10. @9205381617110090786.0
    enggak mas
    usahakan kalau komen jgn cuma copas tapi ketik ulang dan rubah kata katanya :D

    BalasHapus
  11. Spam Blogger, Hapus atau Publikasikan?

    saya jawab yang masih awam ini...bila merugikan kita...apus deh...
    bila menguntungkan kita...apus lagi deh...karena tak ada ridho (bukan roma) dari mbah google

    BalasHapus
  12. Menurut saya sih yg tergolong Spam itu:
    1. Komentar yg tidak relevan dgn artikel yg diulas.
    2. Komentar relevan dgn artikel tapi menyertakan link promosi.
    3. Komentar junk (contoh: keren, hai salam kenal.. kunjungi link ini, dll)
    4. Bukan komentar tapi justru promosi url blog bahkan link pishing.
    5. Tambahin dooong.. :D

    BalasHapus
  13. kalau saya asalkan tidak mengganggu pengunjung lain ya saya biarkan :)

    BalasHapus
  14. Amien saja, kalau google sudah memoderasi kita tinggal eksekusi saja, toh kalau bukan spam, nanti akan balik lagi seperti sedia kala

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer