Cara Menambah / Membuat Facebook Komentar di Bawah Postingan

Setelah sebelumnya saya memposting tentang: Cara membuat kotak testimonial memanfaatkan Facebook Comment, kini saya akan berbagi cara membuat kotak komentar ala facebook untuk masing-masing tiap postingan. Berbeda dengan kotak testimonial facebook yang di set hanya untuk URL tertentu, kali ini akan menyesuaikan dengan URL postingan di mana ia di buka.
Kotak komentar Facebook membantu pengunjung untuk lebih mudah berinteraksi dan berekspresi setelah membaca komentar Anda. Namun, berbeda dengan komentar blogger yang bisa dikendalikan penuh (Baca: Menentukan Waktu Moderasi Komentar), ketika Ada orang yang komentar ke blog Anda dengan Facebook Comment mungkin Anda tidak akan langsung tahu.

1. Silahkan pergi ke http://developers.facebook.com/setup (saat saya membukanya, saya diminta untuk mengkonfirmasi lewat hand phone atau kartu kredit, kemudian saya pilih lewat handphone. Kode konfirmasi baru saya terima selang satu hari.)
2. Jika Anda sudah sukses masuk ke halaman create an App silahkan Anda isi nama apps dan URL blog Anda. Dalam menulis alamat blog silahkan tambahkan garis miring / di belakang alamat blog (misal: www.masdoyok.co.cc/). Setelah itu silahkan klik Create App.
3. Isikan Captcha sesuai yang tertera. Lalu klik Submit.
4. Jika sukses, maka Anda akan mendapatkan App Id  dan App Secret
5. Langkah terakhir adalah dengan memasukkan kode berikut ini ke dalam template Anda (dashboard -> rancangan -> Edit HTML). Jangan lupa centang Expand template Widget. Masukkan di bawah kode <data:post.body/> Jika ada beberapa kode yang sama karena penggunaan readmore, maka cobalah letakkan setelah kode <data:post.body/> kedua.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
  <div id='fb-root'/>
  <script>
  window.fbAsyncInit = function() {
  FB.init({appId: &#39;APPID&#39;, status: true, cookie: true,
  xfbml: true});
  };
  (function() {
  var e = document.createElement(&#39;script&#39;); e.async = true;
  e.src = document.location.protocol  +
  &#39;//connect.facebook.net/en_US/all.js&#39;;
  e.async = true;
  document.getElementById(&#39;fb-root&#39;).appendChild(e);
  }());
  </script>
  <fb:comments/>
  </b:if>
Ganti APPID dengan id aplikasi Anda. Kemudian Simpan template Anda. Anda bisa memilih untuk tetap menampilkan kotak komentar Blogger sehingga ada dua macam kotak komentar di blog Anda, atau bagi Anda yang hanya ingin menggunakan komentar ala facebook, Anda bisa menghapus kotak komentar blogger dengan cara masuk ke Dashboard -> Pengaturan -> Komentar. Pada bagian Komentar pilihlah Sembunyikan. Semoga artikel ini bermanfaat, salam fresh pagi ini...

Komentar

  1. mas, kalo buat blog tumblr bisa nggak?

    BalasHapus
  2. @blog sodic
    silahkan ducoba mas

    BalasHapus
  3. @hazel
    belum pernah coba
    tapi kayaknya bisa

    BalasHapus
  4. wah keren, layak dicoba deh

    BalasHapus
  5. kelemahanya commen model ini.., gak ada pemberitahuan di email, jadi kadang kita ada comment pengunjung yg terabaikan.. keuntunganya tiap ada yg comment = share di FB (default). lumayan nambah pengunjung

    BalasHapus
  6. pernah pasang tapi kurang sregg jd di ilangin lg . ..heheh
    nice trik mas doy

    BalasHapus
  7. @joe
    silahkan mas :D
    semoga berhasil

    BalasHapus
  8. @dhanee
    iya mas dhany :D
    emang sepertiitu
    kalu centangnya gak diilangin kan jadi kelihatan hehehe di fb

    BalasHapus
  9. @dolspot
    iya mas :D
    sampe sekarang sya juga masih mikir mikir terus hehehe

    BalasHapus
  10. saya sudah pernah pasang mas, tapi gak diblog utama saya, hehe.. makasih atas triknya :D

    BalasHapus
  11. @alam
    sama sama mas :D
    semoga bermanfaat ya

    BalasHapus
  12. mencoba tapi belum sukses .. hehehe .. banyak mencuri ilmu dari blog ke mas doy ..

    BalasHapus
  13. mas doyok , kan ketika fb komentnya keluar yg tutorial ini kan panjang amat sampek lebih dari 7 komentar, pertanyaannya, bagaimana cara agar koment nya hanya muncul 2 saja, dan untuk selebihnya tekan next contoh di terselubungdotcom

    BalasHapus
  14. @istiqlal
    ayo dicoba terus mas
    semoga sukses

    BalasHapus
  15. @pairin
    semoga sukses ya mas :D

    BalasHapus
  16. @daris
    komen fb nya atau komen bloggernya mas?

    BalasHapus
  17. @daris
    masuk aja ke developer facebook dan ambil kode nya dari sana
    kalau yg ini otomati tiap 5 komen akan dibaut di halaman baru

    BalasHapus
  18. Pengen coba juga ne mas Doy heheee

    BalasHapus
  19. Wkwkwkwkk bekerja mas Doy :d

    BalasHapus
  20. @Ramlan
    siiip deh kang :D
    lam gak jumpa kang

    BalasHapus
  21. Kalau ga' salah cara diatas ini untuk Pages FB ya...jadi kita harus punya FB Fanspage dulu, tapi kalau komentar langsung ke beranda FB lebih simple gan ga' pakai daftar aplikasi tapi langsung copas script comment FB. hasilnya seperti di web saya ini tiap article produk aq kasih Comment FB.
    Maap bukan promosi cmn sdkit berbagi ;D

    BalasHapus
  22. itu hanya berlaku untuk posting yang di koment ya kang, saya pernah pasang script dari fb hasilnya c0ment tsb muncul pada semua postingan.
    makasih infonya mas doyok. coba dulu and salam kenal

    BalasHapus
  23. itu hanya berlaku untuk posting yang di koment ya kang (1 post), saya pernah pasang script dari fb hasilnya c0ment tsb muncul pada semua postingan.
    makasih infonya mas doyok. coba dulu and salam kenal

    BalasHapus
  24. Terimakasih tutorialnya mas doyok...

    BalasHapus
  25. Mas, blog saya background nya hitam, sementara kotak komentar facebook tulisan dan backgroundnya juga hitam... gimana caranya supaya bisa kayak kotak komentar fcebook milik mas???

    Kotak komentar fcebook mas kan putih, smentara backgroundnya biru... gimana cara setel warnanya mas??? tolong master.

    BalasHapus
  26. mas doyok, udh ane coba tp pas di buka blognya, malah muncul " The comments plugin requires an href parameter." kenapa tuh???bales ke cht box ane ye mas, makasih

    BalasHapus
  27. makasi atas infonya
    sehingga blogg sya bisa jd seperti ini
    http//tuan-hanamichi.blogspot.com

    BalasHapus
  28. mantap postinganya, mudah di mengerti... :)

    BalasHapus
  29. oke gan.,....
    kalimatnya to the point, jd enak,..,

    BalasHapus
  30. Kalau buat komentar seperti punya masdoyok gmna caranya ??

    BalasHapus
  31. kalau punya saya ini komentar blogger yg di edit css nya saja mas :D

    BalasHapus
  32. mas cara hapus yang versi sebelumnya gimana dan ganti komentar fb yang ini.... gimana ya....

    BalasHapus
  33. makasih mas ... bermanfaat sekali .... kunjungi juga blog saya ya .... saya udah like dan filow balik ...!!!

    BalasHapus
  34. tinggal hapus saja kok.. cari di html di bawah

    BalasHapus
  35. mas saya tidak paham maksudnya. maklum gaptek.

    BalasHapus
  36. keren infonya.. trik ini akan saya coba neh, keliatan di komen semua berhasil.. thanks u sob!

    BalasHapus
  37. Artikel yang menarik dan bagus untuk meningkatkan traffic.......

    http://2lisanku2u.blogspot.com/

    jalan jalan ke blog ane ea gan......

    BalasHapus
  38. gak bisa .. kenapa ya? http://koleksi-berita.blogspot.com ini blog nya :(

    BalasHapus
  39. manteb manteb,,,, tq ndan. ^_^ ijin coba ya.

    BalasHapus
  40. lha nak cara menghilangkan "Facebook Komentar" e kui gimana mas??

    BalasHapus
  41. Horeee,,, berhasil ane buat na,, :D
    sankyu mbah ilmuna,,,

    BalasHapus
  42. ini baru bagus gan selama ini saya cari tutornya gak ada yang jelas

    BalasHapus
  43. ndak bisa diterapkan di wordpress, mas ... mungkin hanya u/ blogspot yah

    BalasHapus
  44. masih bingung waktu buat APP ID-nya :(

    BalasHapus
  45. Wuah mantab gan ini saya cb di blog saya bisa, tapi pakai template yang model lama, klo yg terbaru skrg kok ga bisa yach, ada info lain ndak, pliss help dunk... thx b4

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer