Apakah .Co.Cc Akan Sampai Disini Saja?

Berita paling heboh minggu terakhir adalah seputar domain .co.cc yang di suspend Google. Keputusan Google ini tentu merugikan banyak pihak, namun kita tidak bisa menyalahkan seluruhnya. Seperti kita tahu domain .co.cc adalah domain gratisan yang menurut saya paling baik dan konsisten. Alhasil, banyak sekali blogger yang menggunakan domain ini untuk blognya, tak terkecuali para spammer yang hobi menimbun blog dengan domain ini. Karena gratisan, tidak menjadi masalah untuk membuat blog spam sebanyak apapun. Akhirnya, domain .co.cc menjadi penyumbang terbesar blog-blog sampah di pencarian Google. Termasuk juga AGC yang (maaf) saya masih beranggapan blog-blog seperti itu hanya mengganggu saja.

Tidak ubahnya di dunia politik. Kadang kesalahan sebagian pihak menyebabkan kerugian bagi keseluruhan. Sebelumnya kita mengenal oknum polisi atau oknum dewan perwakilan rakyat, kini kita bisa mulai mentenarkan kata-kata oknum blogger. Tidak dipungkiri lagi, tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab dari para spammer yang menggunakan .co.cc menjadikan jutaan blog lain dengan artikel asli yang bermanfaat berdomain serupa ikut ditendang oleh Google.

Beberapa hal yang akhirnya saya lakukan setelah di suspend nya .co.cc dari Google:
- Cek hasil pencarian Google dengan kata kunci .co.cc dan ternyata memang telah tidak ada dari hasil cari Google. Google tampaknya mengikuti langkah Bing yang sudah sejak tahun lalau menghapus .co.cc.
Baca Juga: Benarkah Bing Jiplak Hasil Cari Google?
- Cek hasil pencarian dengan kata kunci Mas Doyok di Google, dan ternyata beberapa blog yang membahas tentang blog saya jadi ketiban untung karena bisa nongol di halaman pertama hasil pencarian Google. Seperti artikel: Mas Doyok Vs Google di HalurMala
- Menghubungi para pengiklan di blog saya dan menyarankan mereka untuk segera mencabut iklan di blog saya sehubungan dengan hilangnya blog saya dari Google. Tentu hilangnya blog saya dari Google merugikan mereka karena 80 persen kedatangan pengunjung blog saya dari Google.
- Mencoba melakukan submit URL manual di Google AddURL dan Submit Sitemap Ulang
Baca: Submit Blog ke Google Add URL, Submit Sitemap di Google Webmaster Tools

Muncul di benak saya, jika Google dapat mensuspend blog-blog tertentu dari top level domain, seharusnya google juga bisa meloloskan blog-blog tertentu dari domain-domain gratisan seperti .co.cc. Semoga saja....

Diluar dari semua yang saya utarakan di atas, Top Level Domain tetap menjadi pilihan terbaik untuk Anda... Semoga bermanfaat....

NB: Seperti dugaan, dashboard baru blogger hanya berubah dari sisi tampilan. Dan dari sisi fungsional, NOL....

Komentar

  1. sepertinya tidak begitu juga mas, harapan masih ada kok. Saya dapat kabar klo pihak CO.CC sendiri sedang bernegosiasi dengan Google.

    selengkanya disini mas: UPDATE: Benarkah Domain CO.CC Hilang Dari Peredaran? - Dibanned Google!

    BalasHapus
  2. Mereka bilang blog AGC itu legal dan tidak dilarang tapi pada dasarnya tetap saja merugikan pengguna google..
    Jadi menurut saya keputusan Google adalah yang terbaik.. Walaupun yang ga salah jadi korban, seperti sampean ini..

    BalasHapus
  3. Andai saja google mengerti perasaan kita, para blogger yang sempat menggunakan domain .co.cc

    Tetap berjuang Mas.... aku pengunjung blogmu yang setia....

    Adi Tri Gunawan

    BalasHapus
  4. mas doy gak pindah aja ke domain berbayar?

    mungkin karna mas doy tidak punya akun paypal dan sejenisnya untuk transaksi di internet?
    hehehe.. kalau gitu sama kita mas doy.. :)

    iya dashbord saya juga berubah, gak ada yang bermanfaat sana sekali dari segi fungsi! cuman beda tampilan aja,,
    Tampilannya susah di buka dan sangat tidak friendly mobile..
    mending balik lagi ke dashbord lama deh mas doy,, KECEWA

    oya mampir juga yaa ke blog ku,, faktadunia.co.cc

    Salam hangat..

    BalasHapus
  5. Itu hanya Sementara...
    ane lgi ribut nih ma google...
    gra" tante alexa selingkuh ma mbah google...

    BalasHapus
  6. Ok dech mas doy, smga mas bisa tabah dlu,,,,
    kita harap aja masalah ini cpat slasai dan google bisa membedakan blog yang bermanfaat dan spamming ...

    BalasHapus
  7. untuk ane gk pke co.cc tpi dot tk...

    BalasHapus
  8. Turut sedih kang, tapi coba aja submit lagi blognya di webmaster

    BalasHapus
  9. wah pertamax....
    Semoga bisa balik mas.. blog utamaku juga kena makan :D

    BalasHapus
  10. Ini tanggalnya kok 6 juni ya?
    Pantesan gak muncul di homepage...

    BalasHapus
  11. Saya juga korban Bro. ;(Saya juga korban Bro. ;(

    BalasHapus
  12. Horre ,saya pertamax . :LOLHorre ,saya pertamax . :LOL

    BalasHapus
  13. Semangat Mas...
    Semua ini ada jalak keluarnya..
    dan ambil hikmah di balik ini...
    karena Blog yang berbau Busuk (AGC) mulai Hilang dari Perederan Google..

    BalasHapus
  14. Mas Doy, coba domain aja bos

    BalasHapus
  15. ramlan
    iya masss nanti mungkin bisa dicoba

    loker
    iya memang bener mas :D
    kabar baiknya banyak AGC yg terhapussss

    BalasHapus
  16. kabar yang sangat menggetarkan dada sebenarnya kemaren , tapi itulah kenyataanya ,,.,,

    BalasHapus
  17. sabar mas bro... kreatifitas tidak berhenti sampai disini...

    BalasHapus
  18. waduh, harus cari2 yang gratisan alternatif dong...

    BalasHapus
  19. kunjungi..
    http://enallifestyle.blogspot.com/2011/07/jawaban-anak-jenisu-pas-ujian.html

    BalasHapus
  20. sudah ramai kembali blog-nya kang...seperti kata pepatah orang pintar takhilang akal...#Semangat!

    BalasHapus
  21. kalo AGC disebut oknum blogger kalo .co.cc itu pedagang kali lima yang tak mau sewa tempat hahahaha just kiding...

    BalasHapus
  22. Wah sangat disayangkan sekali. ...

    BalasHapus
  23. @oknum blogger
    mungkin benar juga...
    tapi soal pedagang kaki lima, siapa yg punya lapak? apakah google? sementara .comnya bukan bayar utk google hahaha :D

    google itu ibarat iklan kecik tapi iklan kecik elite hahaha

    BalasHapus
  24. nice info,,salam love,peace and gaul.

    BalasHapus
  25. ditunggu-tunggu hasil dari google apakah di index lagi ataow tidak kok gk muncul yah mbah doy? .. di deindexnya domain co.cc dari google, ada yang merasa dirugikan juga ada yang merasa di untungkan.. pasalnya ada yang bilang setelah domain co.cc hilang dari peredaran google banyak blog dari temen2 yang katanya naik drastis visitornya, yang dirugikan mereka yang singgah di subdomain co.cc.. termasuk saya he..he... ke banned juga mas. sama google.

    BalasHapus
  26. gimana bang akhirnya,tetep pakai co.cc atau pindah ke blogspot ataukah domain TLD???

    BalasHapus
  27. blog saya juga kena deindex kang.:((
    terpaksa ganti ke blogspot dan membangun backlink lg

    BalasHapus
  28. mas doyok tetap semangat, saya dengar ada pembicaraan google dengan domain co.cc..mungkin lagi di cari solusi terbaiknya mas doy..sabar mas doy..mungkin bentar lagi..nonggol..salam..:))

    BalasHapus
  29. Masdoyok, dulu saya pernah nanya waktu blog masdoy pake template merah-merah. Masdoyok bilang 'belum dikasih nama' dan akan dishare klw udah ganti template.

    Nah, skrg masdoy udah ganti template. Mgkin saatnya masdoy share template yg merah2(firefox).Masdoyok, dulu saya pernah nanya waktu blog masdoy pake template merah-merah. Masdoyok bilang 'belum dikasih nama' dan akan dishare klw udah ganti template.

    Nah, skrg masdoy udah ganti template. Mgkin saatnya masdoy share template yg merah2(firefox).

    BalasHapus
  30. blog ane rugi bung.. setelah co.cc de-indeks google..
    haddahh

    BalasHapus
  31. Udah mas..ganti domain aja..lagian kalo mas ganti domain nanti juga bakal terkenal lagi soalnyakan udah pada tau blog Masdoyok

    BalasHapus
  32. pantesan blog gua 1500 per hari jadi tinggal 25 biji doang..... teerpaksa dech pindah ke blogspot lagi ..... rugi teman2 mamppir ke domain lama gue di www.fisika-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  33. Kesal juga sih soalnya kalo ganti domain ke .Com harus ulang dulu ke Feed burner lah atau ke widget yang lain yang memakai domain.co.cc padahal saya sudah ikuti cara mbah membuat Sub domain di .Co.Cc males saya harus ulangi cara itu di domain .Com huft nasib orang berbeda-beda

    BalasHapus
  34. Menurut mas doyok, Apakah kedepan domain co.cc akan di index lagi oleh google ? paling tidak yang bayar lah !

    Tapi dari info mas doyok di atas, Bing saja udah menghapus co.cc tahun lalu, kemungkinan untuk google index kembali tampaknya sulit ya.

    Apakah harus ganti ke TLD ? Benar seperti dikatakan mas Boy di atas, kita harus susah payah ubah sana ubah sini. repot.

    Sebenarnya saya juga sudah menyiapkan domain .com, jika selama sebulan ini belum ada tanda2 baik dengan co.cc.

    Ada saran ngak mas ?

    BalasHapus
  35. spekulasi yang saya dapat di luaran kok tambah serem ya mas ya. kata beberapa blog terkemuka, kemungkinan suspend atau banning co.cc mungkin akan dilakukan dalam waktu yang gak sebentar. Bahkan, katanya masih ada daftar antrian situs-situs yang hendak di ban oleh Google ke depannya.
    Blog berdomain co.cc saya baru saja dapet PR 2. EH selang 3-4 hari kemudian indeksnya hilang semua. ganti domain, apapun jenisnya, berarti harus memulai segala upaya SEO dari nol lagi.
    Memang benar Google bukan segalanya, tapi jelas traffic kita mayoritas dari sana.
    Kira-kira ada saran apa ya mas, kalo mas Doyok sendiri rencana ke depannya bagaimana? Tq

    BalasHapus
  36. yang namanya gratisan. sekalipun bagus pasti akan ada klemhannya,, mngkn blogspot pun akan di cabut jka google udah gak butuh blogspot.

    BalasHapus
  37. Mas, saya udah pindah ke ,,, co.cc almarhum bagi saya yg ndak pernah terlupakan, semoga co.cc masdoyok diganti dg yg lbh baik (jika ndak bisa bangun lagi) hihihihi

    BalasHapus
  38. Mungkin sudah saatnya blog masdoyok yang rame pengunjung ini dimodali mas, hehehe! saya baru beli domain .com cuman 69rb loh untuk 1 tahun murah kan?

    BalasHapus
  39. bener... di google dah nggak ada domain .co.cc

    BalasHapus
  40. jadi mas belum ada rencana move k top level domain (.com, .net, dsb)?
    masih betah menggunakan co.cc? :D

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah,,,blogku juga ke suspen nih !!!
    untung dah beli TDL...
    bersabar aja yuk...sapatau google berbaik hati dan mencabut suspentnya

    Semanggat...Salam EDAN.

    BalasHapus
  42. kayanya domain gratisan mau dbrantas ma google..

    BalasHapus
  43. Saya juga salah satu korban mas, sekarang saya lebih memilih domain asli nya saja deh biar aman,,,he.he...! Thnk's info nya Mas.

    BalasHapus
  44. wah pantesan mas,..saya search di google, blog mas g ketemu,..lha trus ini gimana mas,.apakah co cc tidak bisa di pulihkan lagi???

    BalasHapus
  45. Emang sedih yaa T_T
    Tampilan blogger baru, keren lagi. Tapi sayangnya Co.CC di Suspend, jujur jadi males ngeBlog loh bang :D

    BalasHapus
  46. @agung
    sepertinya masih dalam penggodokan mas :D

    BalasHapus
  47. saya juga korban bos ...... memang amsyong ....blog ku baru pr 2 dah kena tendang juga .....kalo brader2 ada solusi bisa di share , sesama pemake .co.cc khan harus saling berbagi ..... TETEUP SEMANGAT NEVER EVER GIVE UP .....

    BalasHapus
  48. @#zeus
    saya jujur masih mempertimbangkan banyak hal dan untuk sementara bertahan duulu

    BalasHapus
  49. @mas uwah
    iya hahaha .co.tv juga kena imbassss

    BalasHapus
  50. @dony
    blogku pr 3 mentalll habis hahahaha

    BalasHapus
  51. @tutorial menarik
    sampai saat ini masih tetap menggunakan .co.cc sambil mikir2 hehehe

    BalasHapus
  52. @domain oh domain
    saya tabrak di artikel se3lanjutnya kang soal google vs co cc hehehe

    BalasHapus
  53. @hazel
    mas doyok ikut kena imbas kang hahaha

    BalasHapus
  54. @toko online baru
    sebenernya saya mau memperkenalkan ke para blogger baru
    yg kebanyakan belum punya rekening dll tentang
    'semuanya bisa dengan gratisan'

    tapi mungkin nanti terpaksa beralih juga masss

    BalasHapus
  55. @saveblogger
    .co.cc adalah sejarah bagi saya mas :D

    BalasHapus
  56. @chord guitar
    ada wacana kalau bakal diganti menjadi GOOGLEBLOG :D

    BalasHapus
  57. @tips-trick blogger
    mungkin bakal beralih ke TLD mas :D
    mungkinnnnn

    BalasHapus
  58. @blog news
    sepertinya bakal lama menurut saya mas
    tapi google sedang gencar2nya dikritisi
    coba baca artikel setelah ini

    BalasHapus
  59. @boy
    iya agak repot juga mas soal backlink sama temen2 juga :D

    BalasHapus
  60. @faisal
    iya tetep semangat m,as :D
    kang rohman pake domain asli juga tetep melenggang kannnn

    BalasHapus
  61. @angga
    iya semoga ya mas dalam waktu dekat masih dalam tahap RAPAT hehehe

    BalasHapus
  62. @linggau
    banyak sekali yg senasib kang :D

    BalasHapus
  63. @din wahyu
    ini salah satu yg bikin gelo mas
    templet itu bikinnya cukup rapi dan tak perhitungkan betul angkanya
    eh kompi malah mati dan ganti hardisk :(
    maaf sekali karena belum sempat dibagikan

    BalasHapus
  64. @SEO drakula
    agak pesimis kang :D

    BalasHapus
  65. @gambutku
    tapi kalau utk pindah ke blogspot
    PR kemungkinan akan segera kembali...
    tapi kalau pindah dari SLD ke SLD hmmm pasti mumett :D butuh beberapa saat

    BalasHapus
  66. @niam
    jelas dgn hilangnya .co.cc domain lain jadi berkurang saingannya :D

    BalasHapus
  67. @saryadinilan
    selamat datang juga mass :D

    BalasHapus
  68. @bang yudha
    iya mas :D
    saya juga agak kecewaaa

    BalasHapus
  69. @adetruna
    semoga bisa begini terus meski kesempatan menulis sangat jarang :D

    BalasHapus
  70. @pandhawa
    kalau utk yg gratisan lain sebenernya banyak sekali sep[erti co.tv misalnya tp sudah dihapus juga, gak menampik yg lain mungkin juga nyusull

    BalasHapus
  71. @alaysdy :D
    tentuuu mas :D
    makasih supportnyaaa

    BalasHapus
  72. @istiqlal
    hehehe iya mas :D
    pasti banyak yg jadi down juga
    tapi mari tetep semangat semuanytaa

    BalasHapus
  73. @jangka
    iya gara gara tgl kompi hehehehe :D

    BalasHapus
  74. @rafli
    di webmaster indexnya mash tetap penuh :D tp tidak ditampilkan di search result

    BalasHapus
  75. @love is blogger
    makasih kang dukungannya
    makasih semangatnyaaa

    BalasHapus
  76. @fakta
    seperti jawaban saya pada semuanya
    masih mikir mikir
    dirapatin hehehehe

    BalasHapus
  77. Turut bersedih juga, karena Co.cc menghilang dari google.. :D Mampir ke blog aku ya mas.. http://kiosunduh.blogspot.com/

    BalasHapus
  78. Entah mengapa saya yakin blog ini bisa terus eksis walau ter suspend google. kalau firasat saya, google dan robotnya akan memantau diam-diam mana blog yang tetep eksis karena kualitasnya mana blog yang mati karena sampahnya. kalau yang bisa bertahan kemungkinan akan di angkat kembali oleh google. Mudah-mudahan Mas. Tetep semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan juga nih, saya masih pakai co.cc karena masih bingung, bisa diakses tapi hilang dari peredaran.

      Hapus
  79. Mas doyok aku mau tanya tentang blogging yang lain nich.. Kalo cara buat banner flash tapi mempunyai link gimana sie..?

    BalasHapus
  80. Pak, ada link informasi pasang iklan di blog ini? terima kasih

    BalasHapus
  81. sudah lama tidak lihat blognya mas doyok, sekarang tambah keren. makasih artikelnya mas, saya jadi nelangsa nih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer