Re-Branding, Membangkitakan Lagi Semangat Ngeblog
Ada banyak hal yang membuat suatu produk -blog kita ini bisa dikatakan sebuah produk- menjadi dikenal. Salah satu yang terdepan tentu saja soal branding. Setiap produk memiliki strategi sendiri-sendiri untuk menarik pemirsa. Contohnya dalam bisnis pertelevisian, branding menjadi syarat mutlak. SCTV dengan Satu Untuk Semua-nya, dan tentu kita masih ingat sejak dahulu kala ketika RCTI menggunakan RCTI Oke!. Pada suratkabar, tabloid hingga majalahpun demikian. Tak ketinggalan adalah soal blog. Blog ini sendiri memilih kalimat "Blogging Is Caring"
Bukan tanpa tujuan, branding menjadi alat penting untuk mempromosikan suatu nama. Blog saya yang berisi ratusan artikel ini tentu akan sulit dijelaskan secara keseluruhan, namun dengan kata-kata Blogging Is Caring, pembaca akan mudah menangkapnya, dan saya harap kata-kata itu menjadi sesuatu yang sopan dan menarik.
Brand sendiri diartikan sebagai merk yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Misalnya THEMASDOYOK.Com. Sementara Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk membangun dan membesarkan Brand.
Tidak dapat dipungkiri, kegiatan blogging kadang mencapai satu titik jenuh yang lebih dari biasanya. Edit Template males, mau update postingan tidak ada inspirasi. Ditambah pembaca yang mulai bosan datang karena blog Anda monoton, baik dari segi tampilan yang tidak fresh atau artikel yang tidak di update.
Nah, re-Branding menjadi solusi yang tepat untuk membangun kembali semangat pada blog itu. Ini akan menyemangati diri Anda sendiri bahkan juga pembaca. re-Branding juga baik untuk Anda yang telah lama vakum dari dunia blogging dan memutuskan kembali menulis di blog Anda.
Beberapa tips ketika melakukan Re-Branding:
- Siapkan artikel fresh pembuka yang hebat, ibarat episode pertama pada Sinetron yang harus benar-benar bisa menarik pengunjung
- Template anyar yang lebih fresh, yang pasti sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika melakukan rebranding saya lebih suka membuat template yang benar-benar berbeda dari sebelumnya.
- Persiapkan konsep yang lebih bagus daripada sebelumnya.
- Ketahui target pembaca Anda untuk bisa membuat slogan yang tepat.
- Dalam membuat slogan (seperti Blogging Is Caring) harus menggunakan kata-kata yang menarik dan khas, tidak sama dengan blog-blog lain. Slogan ini termasuk dalam branding.
- Optimis! Anda pasti bisa membuat sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.
Tidak ada alasan untuk menghentikan hobi Anda menulis, ketika Anda sampai pada titik jenuh, Anda hanya cukup bersabar dan beristirahat untuk kemudian meledakkan semangat menulis Anda lagi. Buat sesuatu yang fresh, lakukan rebranding jika perlu, berikan yang berbeda namun bermanfaat bagi semua orang...
Blogging Is Caring...
Bukan tanpa tujuan, branding menjadi alat penting untuk mempromosikan suatu nama. Blog saya yang berisi ratusan artikel ini tentu akan sulit dijelaskan secara keseluruhan, namun dengan kata-kata Blogging Is Caring, pembaca akan mudah menangkapnya, dan saya harap kata-kata itu menjadi sesuatu yang sopan dan menarik.
Brand sendiri diartikan sebagai merk yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Misalnya THEMASDOYOK.Com. Sementara Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk membangun dan membesarkan Brand.
Tidak dapat dipungkiri, kegiatan blogging kadang mencapai satu titik jenuh yang lebih dari biasanya. Edit Template males, mau update postingan tidak ada inspirasi. Ditambah pembaca yang mulai bosan datang karena blog Anda monoton, baik dari segi tampilan yang tidak fresh atau artikel yang tidak di update.
Nah, re-Branding menjadi solusi yang tepat untuk membangun kembali semangat pada blog itu. Ini akan menyemangati diri Anda sendiri bahkan juga pembaca. re-Branding juga baik untuk Anda yang telah lama vakum dari dunia blogging dan memutuskan kembali menulis di blog Anda.
Beberapa tips ketika melakukan Re-Branding:
- Siapkan artikel fresh pembuka yang hebat, ibarat episode pertama pada Sinetron yang harus benar-benar bisa menarik pengunjung
- Template anyar yang lebih fresh, yang pasti sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika melakukan rebranding saya lebih suka membuat template yang benar-benar berbeda dari sebelumnya.
- Persiapkan konsep yang lebih bagus daripada sebelumnya.
- Ketahui target pembaca Anda untuk bisa membuat slogan yang tepat.
- Dalam membuat slogan (seperti Blogging Is Caring) harus menggunakan kata-kata yang menarik dan khas, tidak sama dengan blog-blog lain. Slogan ini termasuk dalam branding.
- Optimis! Anda pasti bisa membuat sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.
Tidak ada alasan untuk menghentikan hobi Anda menulis, ketika Anda sampai pada titik jenuh, Anda hanya cukup bersabar dan beristirahat untuk kemudian meledakkan semangat menulis Anda lagi. Buat sesuatu yang fresh, lakukan rebranding jika perlu, berikan yang berbeda namun bermanfaat bagi semua orang...
Blogging Is Caring...
PERTAMAX..............
BalasHapusKeep spirit mas doy.............
iya kang
BalasHapussemangaaaat
Jangan gonta-ganti tema template. Seperti mbah Doyok yang selalu konsisten dengan warna birunya. Menggonta-ganti template hanya akan meghilangkan karakter lama yang sudah terbentuk. Istilah kerennya:Character Assassination
BalasHapusBuat blog dengan konsep posting yang sejenis, jangan dicampur adukkan. Kalau berniat membuat posting dengan lebih banyak konsep lebih baik diatasi dengan membuat blog lebih dari satu.
Perencanaan posting yang terstruktur juga dapat dijadikan sebagai jurus tendangan maut dan obat kuat lembur asoy bagi para penulis.
@tukangpos
BalasHapushal ini memang ndak mutlak utk setiap blog
o-om misalnya yg sudah sangat mapan maka beliau tidak banyak melakukan perubahan pada templetnya
berbeda dgn blog blog yg masih belum mapan benar dan ketika sampai pada titik jenuh ada kalanya diperlukan perombakan besar2an bahkan pada segi templet :D bahkan SCTV atau TPI saja berani mengganti logo yg lebih mengidentitas selama bertahun-tahun
sekali lagi memang ndak mutlak
dan lihat sesuai sikon
kali ini memang saya memilih mempertahankan warna biru...
terima kasih tambahannya kang...
wahhhh...........iya ya saya aja masih sering utak-utek template maklum masih mencari-cari bentuk yang enak hehehehhe!!!
BalasHapusselamat siang sobat!!
@jhoni
BalasHapusiyaaa kang :D
kalau sudah mapan
lalu promoooo :D
salam sahabat
BalasHapusmet lebaran ya mas,maaf telat
@dhana
BalasHapusiyaaa mbaak
mohon maaf lahir bathin juga yaa :D
Keep Spirit masss..!!
BalasHapusBlogging is Caring..
jangan menyerah yah kang..
@arham
BalasHapusthhx berat supportnya selama ini kang
mantabs..
BalasHapusbaca posting ini aja saya udah cukup smngt. lanjut mas, gak ada loe gak rame... :D
BalasHapus@rohman
BalasHapusterima kasih banyak kang kunjungan
dan komentarnya
@armin
siip mas
mari menul;is
dan menulis
terus
menulis
Mas, blog saya terlanjur menggunakan nama yang ga jelas, dan itu membuat saya ga semangat. gimana solusinya ya?
BalasHapuskadang kehabisan ide menulis
BalasHapus@massugeng
BalasHapusblog yang mana mas :D
@guest istiqlal
iyaa kitya butuh inspirasiii mas :D
kalau sedang khabisan ide nulis saya biasanya browsing mas, atau kalau lagi jenuh saya milih utk gak bewrurusan sama internet dan pergi jalan2 :D
dan gak lupa main pro evolution soccer
branding ini yang susah banget mas
BalasHapushehehe, mas doyok terinspirasi dari kerjasama kita ya? iya nih mbah..blog saya pengunjung setianya ga nambah2, padahal yang baca buku saya banyak pol..jadi saya mulai dari membenahi kategori dengan mindmapping, terus membentuk karakter baru dengan slogan baru, dan akhirnya baru pesen template sama mbah..
BalasHapus@munir ardi
BalasHapushehehe ayo mas :D tajamkan mata dan temukan hehehe
@lookj
bukunya yang mana kang?
Memulai sesuatu pasti tidak mudah, butuh persiapan yang matang dan kerja keras :)
BalasHapusYang terpenting beda dan belum pernah dipake Blog lain ya mas? tapi sepertinya re-branding misal dari blog berbahasa Indonesia ke blog berbahasa Inggris yang susah mas...
BalasHapus@yohanes
BalasHapusbetulll kang :D
yang penting semangattt hehehe
@share
bisa saja kang
aplagi memang benar benar target berubah memang harus re branding
duh blog saya belum punya slogan nih.ditambah hal negatif seperti malas muncul.duh nasib-nasib.makasih banyak atas infonya Mas.
BalasHapus@egoo
BalasHapusayoo semangat masss :D
Saya sedang membuat template untuk situs kucoba 2012
BalasHapusMudah-mudahan produk tersebut sukses dan tidak gagal seperti layaknya lounge.kucoba.com yg di re-branding 1 Agustus kemarin
sebenernya mau rebranding juga tapi masih bingung dengan pemilihan tema blog yang saat ini kebanyakan cuman hasil modif an dari karya asli dan gk berbeda jauh ma yang asli :( kalau mau ngedit tema sendiri masih belum mampu :D mungkin mas doyok mau bantuin :v (ngarep) hhehehehe
BalasHapuskalau bayar bisa lah wkekeke :D bercanda kaaang
Hapus:v wkwkwk okelah kapan kapan konsultasi aja :D
Hapus