Judul Blog dan Tag H1 Sebaiknya Berbeda

Beberapa dari Anda akan sering bermain dengan tag heading, dan sebagian lagi sama sekali belum pernah bermain. Tag Heading menjadi salah satu hal paling sensitif yang berkaitan dengan mesin pencari. Perombakan tag heading yang benar akan membawa Anda melesat di mesin pencari, sedang jika salah dan terjadi duolicat tag h1, ajaib juga blog Anda hilang dalam sehari dari edaran mesin pencari. weleeeeh...

Artikel-artikel sebelumnya:
- Lebih dari Satu tag Heading (h1) dalam satu halaman, berbahaya!
- Manipulasi tag h3 dan h1 agar berbeda untuk halaman utama dan postingan

Bagi Anda yang belum mengenal tag heading, saya uraikan singkat di bawah ini:
- Di dalam blog kita mengenal tag heading yakni h1, h2, h3, h4, h5, dan h6
- Urutan angka-angka itu adalah tingkat kepentingan objek mana yang harus diindex lebih dulu oleh robot mesin pencari saat mereka datang ke halaman blog Anda. Berurutan dari yang terpenting adalah h1 ke yang paling kurang penting yakni h6.
- Di Blogspot tag heading standard untuk judul blog adalah h1 dan untuk judul postingan adalah h3. Artinya setiap mesin pencari datang ke blog Anda, artinya judul blog lebih penting dari judul postingan.
- Sekarang, pengguna internet telah lebih cerdas dan cenderung ketikkan long tail keyword atau keyword panjang yang tentu lebih nyantel dengan judul postingan langsung daripada judul blog. Oleh karena itu tingkat kepentingan judul postingan menjadi sangat tinggi.

Judul Blog dan Tag H1 Sebaiknya Berbeda
Bagi Anda yang telah menerapkan hanya tampil judul postingan pada single page dan bagi Anda yang telah terapkan tag heading h1 untuk judul blog, maka akan terjadi kesamaan atau duplicat antara Judul Halaman dan Header 1 (H1).

Untuk optimasi yang lebih baik sebaiknya Anda menghindari kasus ini, dengan trik sederhana menambahkan judul blog di belakang judul artikel Anda.

Saat Anda mengoptimalkan agar judul postingan yang muncul di single page, maka Anda mengganti kode standart:
<title><data:blog.pageTitle/></title>

dengan kode berikut:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>


agar tidak terjadi kesamaan antara Judul Halaman dan Heading 1, maka yang Anda gunakan bukan kode di atas, melainkan kode berikut ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> -
<data:blog.title/></title>
</b:if>


Perbedaannya hanya pada yang berwarna merah yakni tag judul blog yang ditambahkan di belakang tag judul postingan. Untuk check silahkan Anda pergi ke Page Title and Header 1 Checker



Jika masih terjadi duplikat, maka akan ada pesan In a perfect world, your title and heading 1 would be different. Semoga bermanfaat

Komentar

  1. terima kasih banyak mas doyok, saya memang rada bingung dgn penggunaan tag H1 ini, takut salah salam menerapkannya..

    BalasHapus
  2. wah.. bener mbah, salah design nih..
    teng baja udah ngingetin mbah.. :D

    BalasHapus
  3. makasih atas infonya mas. tadi saya cek blogku muncul : it's best to avoid links in your heading 1 tag, heheh
    sekalian mau tanya, saya mengaktifkan tampilan blog mobile, kadang menemukan duplikat konten (m=0), itu harus dihapus manual dari webmaster ya? kalo duplikatnya banyak jadi repot hapusnya mas, gimana solusinya. terima kasih, maaf oot..

    BalasHapus
  4. baru sadar saya ternyata punyaku duplicat, ada 2 tag yg di buat.. hehehe

    BalasHapus
  5. coba-coba dulu aaaah pada blog coba-coba

    BalasHapus
  6. hmmm... kalo saya pas cek halaman artikel ada tulisan merah seperti berikut :

    "It's best to avoid links in your Heading 1 tag."

    gimana itu, mas? ehehee

    BalasHapus
  7. Baru tahu saya kalau ternyata title sama tag h1 bisa bikin duplikat. Tapi alhamdulillah saya menerapkan susunan title seperti di atas, yaitu judul posting terus diikuti dengan judul blog. Makasih infonya masdoy!

    BalasHapus
  8. Mungkin maksudnya judul title bar, kalau judul blog sepertinya lebih cenderung mengarah kepada nama header blog. Istilah "judul title bar" saya rasa lebih tepatzzz..

    BalasHapus
  9. wah, ilm ilmu webmaster ini sering bikin sya pusing waha

    BalasHapus
  10. Sekarang blogger dah support pages. jadi sebaiknya if contional untuk title juga di perbaharui supaya unik dan tidak jadi duplikat title diantara judul page. sepertinya if conditional title diatas berlaku untuk single post dan homepage saja dan tidak support untuk page.. keep good work mas

    BalasHapus
  11. @Kang Rohman
    iya kang makasih masukannya :D
    bisa juga ditambahkan untuk pages (static pages)

    saya sendiri ndak menggunakan statc pages hehehe
    jadinya sering kelupaan utk menambahkan kode itu

    makasih banget masukannya

    BalasHapus
  12. @Contoh Surat
    semangattt mas :D
    dicoba coba aja terusss

    BalasHapus
  13. @Ladida Cafe
    itu supaya link di tag h1 dihilangkan mas :D insyaAlloh segera di tulis kedepannya

    BalasHapus
  14. @Aini Sastra
    iyaaa mas :D coba aja dulu di blog lain mas kalau takutt

    BalasHapus
  15. @Alam Yuda
    oiyaaa maaf req postmu yg itu gak aku post posttt kang :D
    segeraaaaaa

    BalasHapus
  16. @Mas Doyok uke, saya tunggu postingan selanjutnya mas doy ☺

    BalasHapus
  17. masih bingung, tapi perlu dicoba nih, TFS ya mas

    BalasHapus
  18. sudah saya coba mas, yang menyoal diatas pernah mas doyok kasih kepada saya waktu di fb

    BalasHapus
  19. Cek duluuu ah,,,

    makasih banyak ,,


    btw membuat : http://www.themasdoyok.com/p/membuka-halaman-situs.html?url=http://www.givegoodweb.com/tools/page-check

    apa itu manual ya ?? atau setiap link keluar di blog ini otomatis jadi ke page gitu iframe???

    BalasHapus
  20. Thanks tipsnya mas Doy... berusaha mengikuti ilmu yg diberikan, TQ :)

    BalasHapus
  21. @Alam Yuda
    sabarr ya mas, sambil saya pelajarii :D

    BalasHapus
  22. @Gaptek
    ini kangg

    http://www.themasdoyok.com/2011/04/membuat-get-url-dengan-iframe-di.html

    BalasHapus
  23. saya coba check dulu apakah sudah berbeda / belum.

    BalasHapus
  24. thk mas doyok, jujur pasti bukan saya aja pasti ada kawan2 lain juga(ngarang.com) yang kurang kontrol di kode warna MERAH di atas.

    hehe

    BalasHapus
  25. Mantep tulisannya, sangat membantu khususnya bagi yang masih pemula seperti saya. Tapi kenapa begitu saya tes linknya ngga bisa dibuka ya mas, mohon dibantu untuk pencerahannya...

    BalasHapus
  26. Mas doy, punya saya title tagnya begini?


    Apa bedanya ya mas Doy sama yang di atas?

    BalasHapus
  27. @DAW-XP
    kalau yg ditanya sama dgn yang di chat tadi

    INDEX itu utk halaman depan, search dan label
    sefangkan ITEM
    utk halaman post aja

    BalasHapus
  28. @Mas Doyok Kira-kira bagusan mana ya mas Doy? Newbie :D

    BalasHapus
  29. @DAW-XP
    pakai INDEX saja mas :D
    terbukti gak terjadi duplicat

    BalasHapus
  30. kang. mau tuker link dong??
    di merahmarunluck.blogspot.com

    BalasHapus
  31. waduh gimana yaa.. la wong web saya bukan dari Wordpress .. gak tau pakek apaan nih web saya la saya pakek jasa tukang bikin web siih jadi gak tau web saya di buat dari apaan .. dari tepung terigu atau tepung ketan juga gak tau heheheh..... H1 H2 H3 juga saya gak tau apaan tuhhh... please share lebih detail dong mas bro

    BalasHapus
  32. @trading forex
    lewat fb mas :D
    facebook.com/masdoyok
    ntar konsultasi

    BalasHapus
  33. Untuk saat ini lagi ngetrend dinamyc heading mas..
    Home : H1 (BLog title) and H2 Post title
    Single Post : H1 (Post Title)

    BalasHapus
  34. kalo ada tulisan gini "That page title might be a little on the long side" apa maksudnya mas ?.. mohon pencerahan. thanks.

    BalasHapus
  35. mas fbx kok gk ada yg " facebook.com/masdoyok " mau konsultasi mas...

    BalasHapus
  36. mantap gan, makasih atas sharenya. salam kenal

    BalasHapus
  37. gan punya sya no header 1 found,, gimana yah cara benerinya..maklum buta nih tentang beginian.thx

    BalasHapus
  38. Mantap gan infonya bermanfaat banget :D
    Tapi punyaku kok ada bacaan gini?

    » That page title might be a little on the long side...
    Itu kenapa ya mas?

    Terus supaya saat cek header pada halaman utama tidak ada seperti masDoyok tulisannya gini:
    No Header 1 Found!
    Caranya gimana, apa yang harus saya edit mas? Trims sebelumnya..

    BalasHapus
  39. mas doy sya kurang paham ni gunanya buat pa yah? punya saya tidak di tambah cara di atas tapi tidak terjadi duplikat konten..btw thx untuk share. salam kenal

    BalasHapus
  40. Tutorialnya sangat bagus dan bermamfaat...
    Sepertinya blogger pemula seperti saya harus sering2 berkunjung ke blog ini.
    Terima kasih sob buat tutorialnya...

    BalasHapus
  41. saya juga berfikiran sama dnegan sobat, alias sangat setuju, tapi makasih sudah menguatkan pemikiran saya, salam sukses selalu

    BalasHapus
  42. terima kasih mas atas infonya.
    saya sangat bingun sekali tentang h1

    BalasHapus
  43. saya harus belajar banyak neh tentang hal ini soalnya masih belum mudeng benar mas???

    BalasHapus
  44. weleh-weleh mbak, menarik sekali bahasan seputar tag heading ini. Makasih ya atas tipsnya.

    BalasHapus
  45. saya cek punya anda sendiri kok masih ada masalah yah
    THEMASDOYOK | Majalah Blogger
    THEMASDOYOK | Majalah Blogger
    In a perfect world, your Title and Heading 1 would be different.
    demikian info yang saya dapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf templet ini baru dibangun kembali pak, masih kurang sana sini, dan saya jarang ol juga sekarang :D

      terima kasih koreksinya

      Hapus
  46. slam kenal mas doyok,setelah saya baca artikelnya, dan saya cek ke blog saya, ternyata kontennya duplikat semua, sy cb ikuti saran diatas,tp gak ada perubahan mas.tlg pencerahannya ya mas.
    tlg dijelaskan lbh detail,karna saya masih newbie mas.mks

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer