Memasang Rating Bintang Rich Snippets

Tutorial Memasang Rating Bintang di Rich Snippets plus reviewer di Rich Snippets Google sudah banyak sekali beredar. Namun, banyak teman blogger yang mengirimi pesan kepada saya masih mengalami kesulitan menerapkan tutorial-tutorial itu.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa fungsinya? Dari sisi pemeringkatan saya belum menemukan perbedaan yang signifikan, jujur saya belum bisa berkesimpulan (bagi sahabat blogger sangat dibutuhkan masukannya). Di luar itu, ini menandakan Google telah memberikan akses yang lebih bebas dan lebih dalam kepada webmaster tools. Juga, paling tidak pengaturan ini akan membuat hasil cari blog kita di Google tampak lebih professional karena dilengkapi rating 'meski' kita buat sendiri :D.

Pertama, Harus Sudah Memiliki Akun Google+
Google+ menjadi salah satu bagian penting seorang blogger kini. Baca: Merubah Profil Blogger ke Google+

Menambah Tag Publisher
Jika sebelumnya, kita sudah menambah tag author seperti pada artikel: Verifikasi Penulis Suatu Postingan, kali ini kita akan menambahkan tag publisher. Hal yang tidak diperhatikan beberapa kawan blogger adalah tag publisher yang dobe dengan tag author. Google sendiri menyarankan tag publisher untuk homepage, dan tag author untuk halaman postingan. Silahkan tambahkan kode berikut ini di bawah <head>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><link href='https://plus.google.com/102276605407576860455' rel='publisher'/></b:if>

yang berwarna merah silahkan ganti dengan alamat profil Google+ Anda. Kemudian Simpan Template terlebih dahulu. Kemudian siahkan Anda Test di: Rich Snippets Testing Tools.
- Masukkan alamat homepage Anda, hasilnya adalah:

- Masukkan alamat postingan Anda, hasilnya adalah:

Jika sukses, mari lanjut ke step berikut...

Memasukkan Kode Rich Snippets
- Masukkan kode utama berikut ini setelah <body> (jangan lupa centang expand template widget)
<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
kemudian tambahkan penutup berikut tepat sebelum </body>
</div></div>
Ilustrasinya:

<body>
<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
-------------------------------------
-------------------------------------
</div></div>
</body>

Masukkan Kode Reviewer dan ItemReviewed
Anda hanya perlu menambahkan kode berikut ini di bawah tag postingan Anda:
- Reviewer: <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span> -
ItemReviewed: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span>
Letakkan kode tersebut setelah  <data:post.body/>
NB: Jangan letakkan di bawah <data:post.body/> yang untuk readmore. Letakkan pada kode tersebut yang berada di dekat  <div class='post-body entry-content'>

Masukkan Kode Star Rating dan Deskripsi
Untuk Star Rating lebih baik dimasukkan secara manual ke postingan, agar tiap postingan bintangnya lebih bervariatif. Untuk Deskripsi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah keyword.
Tambahkan kode berikut ini di bawah postingan Anda (dalam mode Edit HTML bukan Compose)
Description: <span itemprop="description">Deskripsi Anda Disini</span>
Rating: <span itemprop='rating'>4.5</span>
Untuk mempermudahnya agar otomatis masuk ke editor postingan Anda, silahkan Anda tambahkan kode tersebut pada template postingan di Setelan -> Format kemudian scroll ke arah bawah. Masukkan pada bagian Post Template kemudian Simpan. Dengan cara ini, Anda hanya perlu rubah isi rating (antara 0.5 - 5) dan deskripsi artikel Anda (isi dengan keyword yang mendukung judul)

Untuk postingan lama, selamat bersedih karena Anda harus memasukkan semuanya manual juga satu persatu. Untuk hal seperti ini, pengguna blogger memang pantas iri dengan wordpress yang semuanya dimudahkan dengan plugins. Semoga bermanfaat...

NB: Pada alat perubahan akan langsung terasa, tapi tidak pada Google...

Article Information:
Description: Memasang Rating Star menambah kredibilitas hasil cari, Maksimalkan Rich Snippets Google

Komentar

  1. info yg bagus nih gan, pantes ko yg lain pada ada bintangnya ya. .

    BalasHapus
  2. kang, ko udah dijalanin step by step tp hasilnya ga ada bintangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bisakah di tes pas sampai pemasangan tag publisher? baca postku yg sebelumnya juga lo kang

      Hapus
  3. udah kang, coba cek ya sistem-otomotif.blogspot.com
    Maaf ya kalo banyak nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebayanakn salah letakin kode yang di bawah
      data:post.body/

      jangan di kode itu yang utk readmore
      tapi yang deket dengan
      div class='post-body entry-content'

      Hapus
  4. aku sudah coba, tapi koq tidak keluar yah bintangnya?
    ditunggu kunjungan baliknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebayanakn salah letakin kode yang di bawah
      data:post.body/

      jangan di kode itu yang utk readmore
      tapi yang deket dengan
      div class='post-body entry-content'

      Hapus
  5. kebayanakn salah letakin kode yang di bawah
    data:post.body/

    jangan di kode itu yang utk readmore
    tapi yang deket dengan
    div class='post-body entry-content'

    BalasHapus
  6. Muantep kang, praktek dolo baru ijin share jg triknya \m/

    BalasHapus
  7. Udah ane praktekin jg kang... masalh yg sama
    Bener jg gak nongol neh bintangnya.
    Steep dari dasar udah aq praktekin semua.
    Semoga dapet solusinya neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua elemen harus terisi mas... jangan sampai gak, nambahin rating bintang ke postingan dalam mode edit html,

      ada keterangan eror apa di bawahnya mas?

      Hapus
  8. Emmm... saya coba masukan kode yg untuk rating pd salah postingan. Tidak keluar keterangan error.

    Tapi..
    Alhamdulillah Mass SUKSES !! :D
    Coba cek: kode-blogger.blogspot.com
    Sekalian koreksinya mas, kali aja masih ada kekurangan.
    Tq mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah suksess kan.. :D
      udah saya coba kok cara ini lebih simple ketimbang yang beredar

      heheh selamet deh kang :D

      Hapus
  9. Solusi tambahan:
    untuk kode yg ditaruh dibawah "data:post.body/" bila ada dua, taruh dibawah "data:post.body/" yg ke dua.

    Iyo kang, tp masih ada sedikit yg ngganjal neh.
    Soal penambahan kode di postingan:
    Description:
    Rating:

    itu biar gak muncul dipostingan gmn yah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang makasih masukannya :D
      pokoknya dicoba coba aja struktur templet beda beda

      Hapus
    2. Bingung Mbah, apa postingan lama yang belum dirating harus di bongkar juga?

      Hapus
    3. jujur saya ratingnya tak tempatin otomatis 5 bintang semua wkekeke :D di bawah yang reviewer dan reviewed sekalian hahaha

      Hapus
  10. kang, kok ada tulisan gini, harus gimana nih Warning: Both rel="publisher" and rel="author" are present on the page. You should put rel="author" on content pages and rel="publisher" on your home page only (unless this is the home page of a single author site).

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti saya katkaan di awal

      dihomepage sebaiknya cuma rel publisher
      dan dipost rel authornya

      itu pas di cek halaman homepage apa halaman psotingan?

      Hapus
    2. halaman home page mas doy
      kalo postingan gini pemberitahuannya

      The following errors were found during preview generation:
      This page does not contain authorship or rich snippet markup.

      mohon pencerahannnya

      Hapus
  11. Sudah saya terapkan mas. terima kasih

    BalasHapus
  12. gan, saya punya kasus nih, setelah di cek di webmaster tools Rich Snippet, blog ane dah ada bintangnya di semua posting, tapi masalahnya, kenapa tidak ada satupun posting saya yang ada rating bintangnya? apa itu pengaruh blog saya tidak memajang google+ page ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya gak muncul di hasil cari google? kalau emang gitu, cobalah bersabar sehari mas, kalau gak muncul hubungi saya lagi

      Hapus
  13. kenapa ada tulisan ini mas?
    Warning: Both rel="publisher" and rel="author" are present on the page

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pas ngetes tulisannya di homepage atau di halaman postingan?

      Hapus
  14. Mas doyok punya saya yang muncul sperti ini....

    https://lh5.googleusercontent.com/-UIhde2914yI/TxNOgalM0JI/AAAAAAAAAOg/qoX7V2_vEaM/s800/Untitled-1.png

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.themasdoyok.com/2012/01/merubah-profil-blogger-ke-google-plus.html

      ini kang dibaca

      Hapus
  15. Mas, sy ada kirim pesan di fb berkaitan dengan tutorial ini.
    mohon bantuannya ya..

    BalasHapus
  16. iya mas, dah sehari nih, tetep gak muncul juga, di webmaster, ada penjelasan hchardnya kosong, apa ane salah masukin kodenya ya??soalnya ada buanyak yang mirip. hehe. ane coba lagi tutornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas lewat fbku aja

      facebook.com/masdoyok

      kita konsultasi disitu

      kalau di alatnya kalau bener gak nunggu sehari langsung nampak

      yang aku suruh nunggu sehari di pencarian nyatanya :D

      Hapus
  17. mas doy punyaku kok jika diferivikasi muncul dua ya
    n warning
    ni linknya http://royansableng.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Wah saya coba dlu mas.....thx ya.a...... :)

    BalasHapus
  19. Ini neh yamg banyak dicaari2 kawan blogger,

    Oh iya setelah aku memasang google page di blogku, kok button google plus ku jadi hilang om :)

    BalasHapus
  20. mas bisa di jelaskan ini nggak klu di tool web master bintannya keluar tapi pas aku cari di google kok hilang yah?

    trus muncul yang seperti ini

    Warning: At least one field must be set for Hcard.
    Warning: Missing required field "name (fn)".

    BalasHapus
  21. Mantap tutorialnya Mas. Ijin nyoba ya
    Salam

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah bisa berkunjung lagi kerumah sahabat yang blognya penunh dengan ilmu blogging, mengenai rating bintang saya juga sudah membuktikannya atau mencobanya dan menurut saya ini cukup berpengaruh juga sebagai seo optimasi karakter situs yang kita kelola, dan dimesin pencari keyword yang mengait pada deskripsi artikel atau mungkin judul artikel, membuat konten kita lebih menarik, tetapi tidak tahu juga bagi pandangan master blogging lainnya. o iya artikel anda sangat membantu sekali bagi yang menginginkannya khususnya seperti artikel anda tentang memasang rating bintang, terimakasih banyak sahabat dan salam ukhuwah.

    BalasHapus
  23. Gan ane udah pasang dan berhasil, namun bintang hanya muncul pada url postingan saja, gimana caranya agar url blog saya (url utama blog) dapet bintang juga di SE.

    saya liat punya agan dapet dua2nya..

    thanks yah gan..

    BalasHapus
  24. mas nunggu rich snippetnhya muncul biasanya nunggu berapa hari ??? saya masang kemarin kok belum muncul yaaa??? langkah sudah benar.. THX

    BalasHapus
  25. mohon pencerahanya mas,
    saya menggunakan auto readmore, dan di template saya
    ada 3 tag "" ...

    mohon bantuanya mas, dimana saya harus meletakan coe tersebut. apa ada sedikit bocoran kodenya di bawah code apa?

    dan saat saya memasukan tag publisher, saat di test ada baris warningnya.

    terima kasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mas Doyok Cuman Sedikit Membantu Atas Pengalaman Saya, kalo Buat Yang Auto Readmore Silahkan Simpan Kode Reviewer dan ItemReviewed

      Di Bawah Kode Yang Ketiga 3

      Karena Setelah Saya Coba Tutor Dari Mas Doyok Belum Muncul Pada Rich Snippet Tools. Setelah Saya COba Cara Ini Saya Berhasil

      Hapus
  26. mas, baru langkah pertama kok sudah error ya...?
    ada pesan gini mas...
    publisher
    linked Google+ page = https://plus.google.com/110289524047292022907
    Error: This page does not include verified publisher markup.
    moho pencerahan... :(

    BalasHapus
  27. wah ribet juga ya, udah utak atik sejam ga jadi juga. perlu pencerahan nih. udah di test sempet muncul author, tp setelah bikin artikel ga muncul bintangnya,,,,

    BalasHapus
  28. Mas kira2 rating ini dimunculkan di search engine berata lama ya
    terima kasih

    BalasHapus
  29. makasih banyak, sangat membantu saya , saya akan mencoba cara ini,

    BalasHapus
  30. wah artikel y bermanfaat nih..

    menuju TKP..

    BalasHapus
  31. Mantap tutorialnya. Rating bintang bisa mengangkat/menunjukkan kredibilitas.

    BalasHapus
  32. mas doyok, tlong berikan tutor untuk bagian homepage + bagian posting yang ketika di tes itu sma kaya www.themasdoyok.com ini, rapi bngt :-)

    BalasHapus
  33. Mas saya sudah lakukan proses dari verifikasi author ,publisher sampai memasang kode rich snippednya dan ketika saya cek di webmasternya google utk rich snipped dan alhamdulilah muncul mas,, tapi kok waktu di pencarian google belum muncul mas ? udah 1 minggu lho..

    mohon di cek mas ,apa ada yang salah
    http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets?view=&url=onepiece-ever.blogspot.com

    terima kasih mas sebelumnya :D

    BalasHapus
  34. mbah pesen tolong posting cara menambahkan meta tag item disetiap postingan....maaf nglantur komentku...

    BalasHapus
  35. google search new star good sharing thank you

    BalasHapus
  36. tak coba dulu kang..
    ntar..

    jaringan lg lemooot..
    heuheu..

    kunbal ya..

    BalasHapus
  37. makasih mbah...berhasil,bisa cek...hanya tulis "zona gspl" di gugel langsung nongol..tp yang masih ada kendala banyak "warningnya" mbah di Rich Snippets Testing Tool.
    terus anu mbah....apa pengisian rating itu terserah kita,maksut ane apa asal aja,yg penting gk lebih dari angka 5 ato gimana tho mbah....suwun

    BalasHapus
  38. Makasih infonya mas

    BalasHapus
  39. Wah, keren nih. Saya lagi coba mudah2an berhasil
    Trims.

    BalasHapus
  40. hemm masih bingung,,, ane pasang di http://perangsangwaletkaltim.blogspot.com/
    tapi belum nongol juga bintangnya,,,,

    BalasHapus
  41. mohon ijin berkunjung mas, sambil nyimak. trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  42. Masdoy, malah muncul gini:

    Error: Author profile page does not have an authorship link to a Google Profile

    BalasHapus
  43. saya coba deh mas doyok, mudah mudahan ketiban bintangnya ... heheh :D

    BalasHapus
  44. Lapor,, di blog saya tidak muncul Om bintangnya,.


    penempatannya udah kucoba di berbagai tempat kok sesuai tutor diatas (readmore) "kebayanakn salah letakin kode yang di bawah
    data:post.body/

    jangan di kode itu yang utk readmore
    tapi yang deket dengan
    div class='post-body entry-content'"

    Lalu di homepage juga kedouble mas , muncul author dan publisher.

    mhon bantuannya terimakasih

    BalasHapus
  45. saya gak pakai blog.. bisa gak ya mas ?

    BalasHapus
  46. punya q blm jd, ok lah tak coba lg. Semangadth... Hehe





    Blogger Banjarnegara: Learning & Sharing --->
    Tips ngeBlog l SEO l Blog Teknologi l Blog Informasi l HTML CSS l Info Teknologi Terbaru l Download Template l Software

    BalasHapus
  47. Template Udah aq save.Tp saat aq check di webmaster tool gag bisa bang tulisanya malah :
    Warning: Missing required field "updated".
    Warning: Missing required hCard "author".

    BalasHapus
  48. Ane udah coba berbagai cara kang .. . tapi tetep aja gak bisa, soalnya masalah invalid publisher.

    numpang nyimak aja deh :D
    http://ravikhayyu.blogspot.com

    BalasHapus
  49. kalau untuk yang pakai wordpress gmn sob :D

    BalasHapus
  50. mohon bantuannya mas... tolong cek ini http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets?view=cse&url=http%3A%2F%2Fafilez.blogspot.com%2F

    ada warning di Extracted rich snippet data from the page yaitu Warning: The name of reviewed item is not supplied by "item" field.

    bagaimana cara memperbaikinya... saya tunggu ya mas..

    BalasHapus
  51. kalo ga berhasil apa apa langkah selanjutnya gan?

    BalasHapus
  52. cara yang otomatis ga pake nambahin kode di setiap postingan ada ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya saya ~ item Rating: ~ tak kasih di footer blog mas hehehe jadi semua post otomatis ke detect RATING 5

      Hapus
  53. berhasilll mas doy,,, makasih share nya,,, jadi lebih idup di search,,, :)
    alamat fb dunk mas,,, hikzzz

    BalasHapus
  54. Wahh... terima kasih mas,

    informasinya sangat membantu saya yang masih newbie blogger.

    salam kenal mas, :)

    melisa
    pemula blogger indonesia (^_^)

    BalasHapus
  55. wah ane gagal mulu brad kalo soal ginian kodenya ga sama coba di rewiew nih gan http://berryzona.blogspot.com/

    BalasHapus
  56. jancuk!!!thanks brur..setelah ngubek-ngubek google selama hampir 3 jam di pagi buta akhirnya nemu tutorial ini.thanks berat nih...wah kalo rumah sampean deket sini..bakalan tak traktir makan simomay :D sekali lagi thanks berat!!!!

    BalasHapus
  57. kayaknya wjib dicoba nih mas rich snippetnya. . .

    salam.

    BalasHapus
  58. Ribet Bgt Ya mas...Kaga jadi dah....postingan dah terlanjur banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya saya ~ Rating: ~ nya tak kasih di footer blog :D jadi otomatis untuk semuanya hehehe

      Hapus
  59. kalo untuk menampilkan bintang di hasil penelusuran gmn, sy udah pasang snippet tp tdk keluar gmr bintang d hasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon bersabar tunggu proses mas :D

      jangan lupa item rating: nya jgn ketinggalan

      Hapus
  60. Kalau yang ada fotonya itu gimana sob? Apa yang harus ditambahkan lagi? Biar bagus jadi ada foto sama bintang 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang link google plus Anda di blog otomatis nanti akan tersambung, selaion juga pasang rel publisher profil google plus itu

      juga ubah profil blogger ke google plus

      Hapus
  61. terima kasih infonya,,mungkin ini salah satu penyebab saya gak di terima di adsense,,mantep infonya :D

    BalasHapus
  62. Akhirnya blog saya punya bintang sekarang

    trims sharingnya mas :)

    BalasHapus
  63. weeekkss...

    selalu dapet yang otomatis...

    mas kalo ratingnya yg manual ada gak, pengunjungnya sendiri yg rating bukan kita....

    kalo ada share yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin njen bisa coba pasang rating post blogger
      1. Tata Letak
      2. Pada area post di tata letak, kanan bawah klik Edit
      3. Aktifkan dengan centang rating post

      Hapus
    2. yahh kalo yg itu sya udah tau mas :(

      maunya sih yg pake bintang itu tapi bisa terindex sama google...

      Hapus
  64. kalau mau nyimpen dibawah postingan dan terindex gimana ya ???
    aku pake readmore otomatis...

    BalasHapus
  65. Apa Kabar Kang Doyok ^_^ Lama Gak Kunjung Kesini heheheheh
    Rich Snippet Banyak banget Di Cari (y)

    Oh Ya Kang, Mau tanya Nih Seputar Rich Snippet, Kalo Di Rich Snippet Testing Tool Udah Sempurna Biasanya Bisa Muncul Di Mbah Google Itu Kapan ?
    Apakah Semua Postingan Yang Pake Kode Snippet Bisa Ada Bintangnya Semua ?

    Maaf Kang kalo Ribet :) #Nuhun Kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal semua item yg dibutuhkan sudah dimiliki artikel, seperti item description, item author dan item rtating maka akan muncul.. kalau sudah muncul di test tool biasanya akan muncul juga, alau saya biar otomatis semua post bintang 5, maka item rating tak kasih di footer :P

      Hapus
    2. Oh Gitu Ya Mas, Tapi Saya Hanya Muncul Beberapa Mas, Padahal Di Testing Tool Sudah Oke Semua, Mungkin Mbah Google Butuh Waktu Kali Ya Mas :) .Terimakasih Mas Atas Infonya :)

      Hapus
  66. Ijin nyimak mas....moga isa saya praktekan

    BalasHapus
  67. boleh juga nih dicoba ke blog baru saya. blogwalking back ya.

    BalasHapus
  68. Misi baru saja mencoba cara mas doyok ini.

    Saya terapkan pada :
    http://mahesesa.blogspot.com/

    Namun saat di tes di webmaster, tidak muncul bintang.

    http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets

    Dan ada error sepert berikut di webmaster.

    hatom-feed
    category:
    name: Home
    rel: tag
    url: http://mahesesa.blogspot.com/
    hatom-entry:
    entry-title: Menghapus Read More pada Page Blogger
    entry-content: Menghapus Auto Readmore pada Halaman Statis Siapa yang tidak mengetahui kehebatan dari sebuah script auto readmore? Tentu hampir semua orang tahu akan kehebatan script tersebut. Namun tidak...
    published: 2012-11-17T18:53:00+07:00
    author:
    Warning: At least one field must be set for Hcard.
    Warning: Missing required field "name (fn)".
    bookmark:
    name: permanent link
    rel: bookmark
    url: http://mahesesa.blogspot.com/2012/11/menghapus-auto-read-more-pada-page-blogger.html
    Warning: Missing required field "updated".


    Kenapa ya kira - kira?
    Thanks, salam blogger!

    BalasHapus
  69. mantap sob informasinya add juga blog saya sob, masih sepi lum ad teman heheh

    BalasHapus
  70. wah saya harus banyak belajar dari mas, sungguh bermanfaat sekali artikel ini bagi blog ger pemula seperti kami.

    makasih...
    Santi

    BalasHapus
  71. gan ikut lomba seo di blog saya http://akramberbagi.blogspot.com/2012/12/kontes-seo-januari-2013.html

    BalasHapus
  72. terima kasih mas, sangat bermanfaat... :)

    BalasHapus
  73. Saya Mau Coba Dulu Ya Mas Doyok ... Semoga Aja Saya Berhasil, Amin ..
    Dan Makasih Atas Tutorialnya :)

    BalasHapus
  74. Di blog aku sdh pasang author rich snipet, kira2 bisa tidak dipasang rating snippet lagi ya mas?
    Thanks sebelumnya dan salam kenal :)

    BalasHapus
  75. makasih gan, mau kucoba diblog aku mudah-mudahan berhasil

    BalasHapus
  76. Tapi tahukan kamu apa saja bahaya rich snippet?

    BalasHapus
  77. Terima kasih mas, sudah dicoba cuman halaman utama ko ga bisa ya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer