Menghidupkan Postingan Lewat Komentar

Pertamaaaaax gan! Sudah berapa kali Anda melihat komentar seperti ini di blog Anda? Komentar seperti ini kadang memang membuat sebel penulis. Apalagi penulis yang mempunyai idealis tinggi, yang benar-benar memperhatikan setiap tulisannya. Satu postingan yang ia lahirkan itu bisa jadi telah melalui pertimbangan yang matang, untuk blog tutorial misalnya tentu telah melewati tahap ujicoba yang lumayan melelahkan. Saya sebagai salah satu admin blog tutorial sendiri tidak akan pernah melarang Anda berekspresi seperti itu, namun (mungkin mewakili juga benak teman teman penulis lain) saya sangat senang ketika komentar yang masuk menghidupkan postingan saya...

Apa saja bentuknya?
Pertanyaan
Pertanyaan sama sekali tidak menggangu. Justru dengan adanya pertanyaan itu, penulis bisa tahu kekurangan dalam artikel. Mungkin penyampaian yang kurang jelas atau malah ada code yang salah ketik. Pertanyaan-pertanyaan yang bagus bisa menjadi rujukan juga bagi pembaca lain yang mengalami problem serupa. Timbal baliknya, adalah penulis mau segera membalas setiap pertanyaan yang ada agar pembaca tidak terlalu lama menunggu.

Opini
Opini yang berbeda akan membuat tuliusan lebih berimbang. Sah-sah saja Anda mempunyai pendapat yang berbeda dengan penulis dan alangkah sangat baik jika Anda mau menulisnya dalam komentar. Yang perlu diingat adalah untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan. Pendapat yang berebda ini juga akan memberikan rujukan dan pertimbangan bagi pembaca lain sebelum mereka benar-benar mempercayai artikel yang ada. Bahkan kritik sekalipun akan sangat baik untuk bisa menghidupkan suatu postingan.

Membantu Menjawab
Sebagai blogger yang baik Anda akan mendapat nilai plus jika Anda bersedia membantu menjawab atas kebingungan para pembaca lain di kotak komentar. Sah-sah saja Anda meninggalkan link rujukan ke postingan Anda misalnya, jika memang jawaban itu ada di postingan Anda.

Selain itu, ucapan terima kasih atau support juga menjadi bagian penting yang akan menambah semangat seorang penulis untuk tetap terus meng-update blognya. Yang terpenting adalah, untuk bisa memberikan komentar yang berkualitas dan menghidupkan postingan, Anda harus benar-benar membaca artikelnya terlebih dahulu... Untuk penulis sendiri, sebaiknya sesegera mungkin menjawab setiap komentar yang ada... Semoga bermanfaat...

Komentar

  1. @mas-shiro
    iyaaa mas :D
    semoga bermanfaat saja tulisan saya ya
    terima kasih kunjungannya

    BalasHapus
  2. Untuk kata-kata pertamax kebetulan Saya masih belum pernah mengalami. Berhubung blog Saya masih sepi pengunjung hehe...

    BalasHapus
  3. ada kmungkinan, bnyknya blogger melakukan spamming atau komentar yang tidak ada sangkut pautnya dengan blog di karenakan blogger tersebut tidak membaca artikel secara utuh, atau mungkin hanya membaca judul dan sedikit paraghraf di postingan, padahal bila di baca secara utuh mungkin bnyak bahan yang akan di bahas pada form komentar blog....

    khusus untuk blog tutorial saya rasa wajar saja mendapat apresiasi berupa komentar "nice tutor", "keren tutornya" dan segalanya tanpa memberi solusi atau apa segalanya ... karena tidak semua blogger yang menggunakan tutorial tersebut...

    Makasih atas pencerahannya mas doy ...

    BalasHapus
  4. @Tukang Pos
    iya masss :D
    pertamaaax ini sudah menjamur padahal di kotak komentar
    kalau bisa komentar pertama kali dan memberikan komentar yang baik pasti akan mengundang perhatian tersendiri dan menjanjikan traffic bagi si pengkomentar tersbut karena banyak yg penasaran

    BalasHapus
  5. @Khamardos Blog
    utk nice post dan komentar bagus :D di blog tutorial memang bukan cuma di indonesia tapi diluar negeri ucapan terima kasih seperti itu juga banyak dan saya juga yakin yang seperti ini tidak berniat melakukan spam :D

    seperti kutipan saya di akhir kang
    --------------------------
    Selain itu, ucapan terima kasih atau support juga menjadi bagian penting yang akan menambah semangat seorang penulis untuk tetap terus meng-update blognya.
    ----------------------------------

    BalasHapus
  6. @Mas Doyok Terima kasih mas atas artikelnya, ini sangat membantu saya tapi berhubung blog aku sepi komentar jadi masih tak terlihat hidup, kao berkenan mampir juga ke blog saya untuk komen mas, wkwkw..

    cara membuat komentar seperti ini dengan reply gimana yah mas??

    BalasHapus
  7. PERTAMAXX GANTI BENSIN HEHE ...... , tapi bener emang mas, coba coba sesuatu untuk dibuat artikel tapi komen gak nyambung

    BalasHapus
  8. @Manchester United Tech | Berita Sepak Bola
    hehehe iya kang :D
    yang penting utk jaga semangat...

    ini kan sma dengan yang dipakai di muftech cuma aku modifikasi saja

    BalasHapus
  9. @guest istiqlal
    iyaaa :D
    makanya mari bersama sama utk berkomentar lebih baik :D

    terima kasih utk komentar temen temen selama ini

    BalasHapus
  10. Betul-betul-betul, komentar adalah hal paling kita harapkan di article kita. dan menurut saya enggak jadi masalah kalaupun sang komentator memberikan komentar apa adanya, ga' nyambung, ataupun dengan link blog mereka, itu bagian dari amal jariyah kita :)

    BalasHapus
  11. @TokoOnlineBaru
    iya memang mau apapun komentarnya saya tidak bakal melarang kecuali jika bener bener konten xxx hehehe tentu bakal saya hapus :D
    tapi kalau komentarnya berkualitas jujur juga
    seneng si penulis berlipat ganda

    BalasHapus
  12. Minta kode

    Bagian ini templatenya donk mas.??



    saya dari kemarin udah ubek ubek ,masih sulit juga,banyak yang keliru,pada bagian ini

    BalasHapus
  13. @Anonim
    bagian apa kang?
    saran saya enak pakai tutorial gnuyen aja
    tinggan masukin blog ID terus klik create muncul kode yang harus di pasang

    http://www.vnblogspot.com/2011/09/chen-comment-phan-cap-vao-blogspot-cua.html

    BalasHapus
  14. @Manchester United Tech | Berita Sepak Bola
    aku pake FIREFOX
    turun seperti screenshhot berikut

    http://3.bp.blogspot.com/-cvo1ynt1BZA/TnQ2VZWqVhI/AAAAAAAAEAQ/5dIvI214U5I/s320/a.png

    kemarin kemarin emang nggak awalnya

    BalasHapus
  15. bagian dibawah b:includble ,di atas barusan udah ditulis,tapi ga kelihatan di komentar.

    Gaya kotak komentar saya juga kaya template ini,tapi saya mau kasih Reply kaya punya nya masdoy ini..... boleh minta script di bawah b:includable id comments var post mas?

    BalasHapus
  16. @Anonim
    scriptnya sama saja dengan tien nguyen mas
    semua kode dari b includable
    sampe /b includable diganti dgn yang disana

    BalasHapus
  17. gimana cara buatnya kolom komentar kaya gni mbah?

    BalasHapus
  18. @Manchester United Tech | Berita Sepak Bola
    oke...
    ternyata kalau tak cek disini
    menubarnya kebnyakan item
    coba hapus satu saja misal yang SITEMAP itu

    BalasHapus
  19. @Admin
    banyak yg bertanya serupa
    udah tak posting disini mas :D
    http://www.themasdoyok.com/2011/09/membuat-komen-dengan-reply-di.html

    di cek yaa
    rekomendasi saya pake yang tien nguyen

    BalasHapus
  20. @Mas Doyok Okeh kang, udah bagus nih, makasih banyak yah atas bantuan nya..

    BalasHapus
  21. MEmang demikianlah halnya ya Mas, kalau memang blog curhat aja seperti blog saya yang isinya serabutan mungkin nggak ada masalah berhitung pun nggak apa tapi kalau tutorial atau blog dengan artikel motivasi yang luar biasa sepertinya memang kurang etis kalau cuma dikomentari seperti itu

    BalasHapus
  22. @Bimapedia18
    sukses tesnya mas ::D
    makasih kunjungannya

    BalasHapus
  23. @Munir ardi
    iya mas munir bahkan dalam bentuk kritikpun sebenarnya penulis akan sangat berterima kasih

    BalasHapus
  24. tergantung apa yg diposting penulisnya. karena tidak smua postingan berbentuk opini. ada jg yg berbentuk joke, atau curhatan malahan..jadi disesuaikan aja..

    BalasHapus
  25. Terkadang bahkan sering aku menemuo komentar ada yang datang dari berbagai anchor tapi pemilik sama dan isinya walau kelihatan nyambung namun terlihat sekali kalau komentar dibuat tergesa2 tanpa membaca postingan , Jadi kalau sebuah postingan langsung rame,, padahal yang komen itu aja,,,,xixix

    BalasHapus
  26. @herman
    iya mas kalau hal hal lucu memang agak susah dikomentari
    mau berkomentar saja alhamdulillah
    :D, tapi saya ambil contoh utk blog tutorial karena tentu ada bahan utk komentar sebenarnya

    tapi seperti saya tulis di postingan
    saya tetap tak pernah melarang orang utk komentar apapun kecuali yang keterlaluan misalnya maho :D

    BalasHapus
  27. @Miftah Farid
    paling awal, saya ucapkan selamat ya mas
    atas kemenangan tulisannya :D
    sungguh luar biasa, saya juga pengen kapan2

    soal komentyar
    malah ada yang mengkomentari kalimatnya sama semua utk banyak post mas :D
    tinggal copas aja hehehe

    ya, semoga kita bisa menghidupkan kotak komentar seperti di site site luar yang kometnarnya bener2 utk diskusi

    BalasHapus
  28. aku paling suka sama komentar berupa saran, kritik dan pertanyaan karena sama-sama membangun blog itu sendiri. Tapi kayaknya blog aku jarang nemu gitu, namanya juga blog sepi. :)

    BalasHapus
  29. @Blog SEO
    iya kang :D
    paling ndak mari kita mulai dari diri kita sendiri dulu

    BalasHapus
  30. MAS DOYOK SALAH SATU MASTER BLOG INDONESIA YANG RAJIN MEMBALAS KOMENTAR DARI PARA PEMBACANYA... SUKSES MBAH

    BalasHapus
  31. Mas Doyok, teman saya sehabis mengikuti semacam kursus managemen di Filipina bercerita bahwa dia merasa heran atau kagum bahwa peserta dari negeri lain selain Indonesia banyak sekali yang mengajukan pertanyaan jika sesinya tiba. Jangan-jangan memang sudah membudaya di kita bahwa merasa tidak penting untuk bertanya dan juga tidak berkomentar ketika sehabis membaca postingan.

    BalasHapus
  32. Hmmm..Bener juga tuh.Kita sebagai penulis terkadang membutuhkan tanggapan dari pembaca buat memotivasi kita..Na, yang jadi pertanyaan bagaimana kalau blogger newbie yang mungkin blog nya jarang dijamah oran seperti Blog kami..hehhehe

    BalasHapus
  33. hehehe mas doyok keren~
    ayoo hidupkan postingan lewat komentar ~(^0^)~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer