Jangan Gampang Percaya Dengan CopyScape


Banyak sekali tutorial di berbagai blog tentang hal copy paste artikel. Banyak juga yang memberikan trik menyeleidiki mereka yang copas dengan situs http://www.copyscape.com/. Tapi... saran saya berhati-hatilah Anda dan jangan asal percaya atau membuat kesimpulan dari hasil temuan copyscape. Bagi yang belum tahu caranya, silahkan saja buka copyscape dan masukkan URL Anda, tidak mesti URL utama, URL yang lebih spesifik hingga judul artikel pun bisa. Lalu klik GO. Maka akan muncul list artikel yang mirip bahkan sama dengan artikel kita beserta blog yang nampangin artikel itu.

Yang perlu diwaspadai
- Yang ditampilkan disana belum tentu penjiplak artikel kita, mereka hanya menampilkan yang mirip/sama. Jika kita menjiplak, misal kita masukkan URL kita, sumberpun akan terpampang.
- Kode widgetpun pengaruh. Ini yang saya rasakan lucu. Ketika saya mempunyai beberapa blog dan menggunakan widget yang sama, eh dilihat sebagai copas juga hahahaha. Jadi belum tentu yang sama artikel Anda...
- Bisa saja mereka tak berkaitan. Misal di blog trik seperti saya yang mencontohkan kode-kode HTML, maka ketika di cek disana akan banyak kesamaan, padahal itu hanya beberapa list pada kode HTML yang tentu memungkinkan sangat besar kesamaan. Kode HTML kan ada dasarnya jadi gak mungkin jauh-jauh berbeda kaaan.....

Tapi fasilitas ini tetap berguna asal Anda bijak, cek dulu list yang tampil dan membuka blog sumber. Apakah menjiplak atau hanya mirip 'sedikit'. Dan bagi yang benar-benar menggunakan ini beralih saja ke premium yang lebih proffesional.

Artikel ringan semoga bermanfaat,

Komentar

  1. wah betul juga ya mas, bisa jadi nanti kita salh menjudge bloger lain copas padahal belum tentu copas, kalo di saya mah ok aj di copas,gmn mas?

    BalasHapus
  2. pabila artikel kita di copas orang lain, berarti artikel kita dianggap bagus, tapi udah permisi pa belom

    BalasHapus
  3. kalo saya ga papa kok d copas, tapi saya akan seneng dan thx kalo dikasih sumber iya gak????? hehehehe

    bat shanusi nah lebih bagus kalo permisi :D tapi ga permisi ga papa, kasih sumber buat thx yah ...

    BalasHapus
  4. Benar tUH, SAya juga heran am copyscape!!
    apa dia search engin x y!!
    hhaa

    BalasHapus
  5. @imam iya hahaha, tapi luamayan bantu asal teliti sob

    BalasHapus
  6. ooo gitu ya mas??? baru tau saya... tapi gak apalah itung2 berbuat amal... hehehe...

    BalasHapus
  7. @tutor iya amal artikel, saya juga gapapa kok.... ini cuma bagi yg pengen iseng tahu aja artikelnya di copas enggak tapi pesen saya hati hati dan telitilah :D

    BalasHapus
  8. yup, saya setuju sama mas doyok,klo blog sy copas tanpa dikasih sumber saya gak papa tapi lebih gak papa lagi kalo dikasih sumber, itung-itung nambah backlink (bener gak mas :) kalo salah diralat yo mas, lagi belajar) hehe
    lebih gakpapa lagi kalo nambahin logo copypaste nya , gmn mas?

    BalasHapus
  9. iya bener saya setuju ma jo, ikhlas aja gue kok bagi ilmu hehehe, la wong blog juga hobi... seneng rasanya ada yang apresiasi (dalam bentuk copas wkakakkakakakkakaka) huahua

    BalasHapus
  10. informasi yg bermanfaat sekali, trimakasih bro atas ilmunya...
    kunjungan perdana saya, salam kenal..trimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana saya..



    salam, ^_^

    BalasHapus
  11. @caride thx juga comentnya yah maaas

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. wah mantap nih mas
    baru tau saya nih...
    mas...ini layoutnya dapet darimana?? BOleh minta??
    ato minta duitnya aja deh=>ditendang mas doyok pake tangan

    salam kenal yah mas

    BalasHapus
  14. Bagus banget mas artikelnya

    BalasHapus
  15. layout dapet dari bietemplates.com
    @maz deby dan belajr blog terima kasih yah commetnya

    BalasHapus
  16. Info yg bagus mas, emang hak cipta itu penting, ane sendiri belum tertarik pake copyscape, buat temen2 yg mau jiplak apapun dari blog ane silahkan tapi tolong cantumkan nama blog ane di situ, itu lebih bijak !!
    Thanks

    BalasHapus
  17. jiplak yang bijak yah sob :D beneeeeeeeeeer

    BalasHapus
  18. dlu aku pernah pake juga mas, tapi sekarang gak pake.. kerena tujuan kita khan berbagi, lha terus gimana klo gak boleh dicopy? khan gak berbagi itu mas... tapi ya tergantung masing-masing c...

    BalasHapus
  19. iya boleh boleh aja bagi saya

    kalu pengen hormati ya itu kasih sumbernya :D

    BalasHapus
  20. makanya percaya dengan "copy aje". haha

    BalasHapus
  21. @ferie oke dah copy aje udah saya pasang tuh hehehehe

    promo ga ada mati yah soal copy aje :D

    BalasHapus
  22. Memang kita harus cek ke blog/site yg diduga copas itu. Setahuku Copyscape memberikan batasan lebih dari sekian persen kesamaannya (yg sama persis) baru dianggap copas

    BalasHapus
  23. memang mbak
    tetapi bagi blog yg nyediain kode html jadi semuanya dianggep copas
    padahal yg sama cuma bagian kode html
    soal kode HTML bisa jadi dianggep bener bener mirip karena susunan karkater karakternya hampir sama kan...

    padahal kan dalam penyampaian dan pembukkaan maupu penutup jauh berbeda

    yang pasti kita hrus teliti :D

    BalasHapus
  24. kita yang copas artikel orang atau orang lain yg copas artikel kita kadang mucul juga, jd bingung.

    BalasHapus
  25. Kalo saya gak papa dikopas, soalnya kebanyakan hasil kopasan juga, hahahahah, wajar lah kan blog berita, sekedar meneruskan kabar-kabar... hehehhe

    BalasHapus
  26. iya mas... yang penting gak asal dan lebih bagus kalo disampein dengan gaya sendiri :D

    BalasHapus
  27. Sekarang ma alat ciplak juga lebih canggih mas, artinya ada artikel bisa di daur uang ampe beberapa kali.

    BalasHapus
  28. wah disini ga boleh percaya ma CopyScape, jadi bingung ni aku he he

    BalasHapus
  29. Kalo mirip itu hal yang wajar, karena kadang kita nulis juga terinspirasi dari tuisan orang lain,,

    tp lo artikel kita di copas,,??
    g pa2 lah, brarti artikel kita laku, yg pnting jg di aku2in...:D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer