Tips Blog: Gunakan Kotak Search dari Google

Sebenarnya ini adalah tips ringan, tetapi memberikan dampak yang sangat besar. Ketika saya berkelana di berbagai blog ada ada saja masalah mengenai template (walau blog saya juga masih jelek kok). Nah, salah satunya adalaha kotak search. Yang parah adalah kotak sarch yang tak berfungsi, ada lagi kotak search bawaan template yang jika ketikkan keyword dan kita 'enter' untuk mendapatkan hasilnya, eh bukannya hasil yang di dapat malah redirect ke situs pembuat template. (Untuk masalah ini saya punya solusi, Baca: Search di Fresh Magazine Tak Berfungsi).

Dan untuk yang sama-sama berfungsi pun saya menyarankan Anda mengganti kotak search bawaan template Anda dengan kotak search dari google.
Jika Anda perlu bukti, coba Anda masukkan keyword terserah Anda. Misalnya Anda masukkan kata 'link' di kotak search saya dan cari. Biarkan dulu halaman saya. Lalu Anda ketikkan suatu keyword di halaman blog Anda (di kotak search asli template) nah tekan enter untuk mencari. Bandingkan hasil yang di dapatkan....

Untuk lebih mudahnya saya tampilkan dua gambar berikut ini:
Berikut gambar hasil pencarian dari kotak search bawaan template

Keterangan: Awalnya kotak search akan menampilkan hasil pencarian dengan dilengkapi isi postingan. Tapi jika hasil temuan banyak tentu kurang bagus dan tak terlihat semuanya apalagi yang belum menggunakan readmore.

BErikut ini yang sudah dimodifikasi:
Akan menampilkan hasil pencarian seperti ini

Keterangan: Ini sama dengan yang pertama, hanya saja cuma menampilkan judulnya saja sehingga memuat lebih banyak hasil.

Tapii.... ada kelemahan besar pada kedua model di atas. Ketika Anda mengetikkan suatu keyword tertentu maka hasilnya kadang tidak menunjukkan keyword itu di judul artikel pada hasil pencarian. Lihatlah hasil pencarian di atas dengan keyword link. Hasilnya banyak sekali judul yang tidak memuat kata link. Padahal orang mengetikkan suatu keyword dan mencarinya bertujuan untuk melihat kata yang ia cari. Nah, kalau hasilnya saja tercampur dengan hasil lain yang tak diinginkan tentu pembaca akan malas.

Nah, akhirnya disinilah saya menyarankan Anda menggunakan kotak search google yang akan menampakkan hasil seperti ini. Coba saja di blog saya

Hasilnya sangat pas dan tepat sasaran. Keyword yang kita ketikkan bercetak tebal. Ada rangkuman artikel yang telah dirangkum otomatis. Desain simpelyang justru memberikan jawaban danmemuaskan pembaca.

Anda sudah mulai menangkap maksud saya bukan? Bagi yang ingin menggunakan kotak search ini langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini:
1. Login ke blogger
2. Tata Letak
3. Elemen Halaman
4. Add Gadget (Pilih posisi yang jelas terlihat pembaca, biasanya kotak search di kanan atas)
5. Pilih Kotak Penelusuran
6. Klik Simpan

Mudah sekali bukan tetapi dampaknya sangat besar sekali.... Semoag bermanfaat...

Komentar

  1. hemmmmmmmm niech yang namanya tips ngeblog........ manteb Uy.... berrrrrrrrr...

    aku mau nyoba... Daach.. tanks yaaaaaa,...

    BalasHapus
  2. @go blog thxxxxxxx buat comentnyaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  3. wew keren niy tipsnya,, beda tutorial ma yg lain,,, niy kliatan original mas doyok,,,

    BalasHapus
  4. Gmana kalo gunain kotak di http://facebook-hot.blogspot.com
    nitip kang

    BalasHapus
  5. Mantrap!! search engin q Juga gitu!!

    BalasHapus
  6. wah, tips yang bagus buat aku yang nyubi nih...
    thenx kawan

    BalasHapus
  7. Tips yang bermanfaat mas..ringan tapi sangat bermanfaat..terus berbagi..

    BalasHapus
  8. Huhuhu...makin mantap ah si mas ini
    oia mas, ntu sharing icon yang dibawah posting mas dapat dari mana yah??

    BalasHapus
  9. siip n matabs, mas doy... telat mulu ne aq wkwkkwk

    BalasHapus
  10. @roomen siip
    @angga punya kamu sudah sama dgn aku kok cuma beda model tampilannya.. sip kayak kita ngga, kan jelas too
    @imam iya mam aku tahu :D

    BalasHapus
  11. walah baru tahu mas, langsung di coba, thanks infonya

    BalasHapus
  12. @kumpulan sip deh sama sama nuwbe
    @dev iayah kan aku sudah bilang wkekekeke

    BalasHapus
  13. @udin mantap coyyyy
    @belajar blog.. jadi gini.,.. dulu saya gaktahu kalo itu namanya apa.. nah template saya udah asli.. jadi say bedah saja kode template saya dan coba saya terapkan utk modif berbagai template lain dan ternyata berhasil
    akhirnya say post dengan judul Share Pack, Cara Mudah Berbagi Artikel Anda

    BalasHapus
  14. @jaiman gapap sob yg penting belum ditutup wkekekek
    @kang suroto siip ma semoga bermanfaat

    BalasHapus
  15. infonya mantebs banget neh sob....

    BalasHapus
  16. @tukang edit siip deh thx yahhh

    BalasHapus
  17. Wah wah wah bener yaa Mas, ilmu itu luaasss banget. Terus terang untuk masalah internet & per bloggeran saya sama sekali masih nol. Tapi Alhamdulillah saya masih bersyukur banyak para pakar blogger yang berbaik hati mau menyumbangkan ilmu2nya yang terpendam seperti sobatku ini MAS Doyok. Terima kasih infonya yaa..., saya save dulu buat arsip n nanti dipelajari lebih lanjut.

    "Lautan ilmu adalah lautan tanpa batas, yang akan membuat kita selalu ingat dan ingin kembali berlayar diatas ombaknya".

    BalasHapus
  18. uish.. uish.. keren sob..
    blogku menggunakan yang kedua diatas..
    keren nich yang ke tiga..

    BalasHapus
  19. @mas harti siip deh mas... monggo..
    thx yah massss

    BalasHapus
  20. @imoel sip deh comentnyaaaaaaaa

    BalasHapus
  21. good info
    http://gooddell.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. mantep banget nih tipsnya,.... saya tunggu tips-tips yang laen. Salam kenal

    BalasHapus
  23. jadi tambah ilmu nih, makasih ya...
    salam kenal.:}}

    BalasHapus
  24. @newbi thx deh comentnya
    @gooddell siip deh del
    @blogger pemula okeh sob
    @moh karis siip salam kenal juga
    @sinahu nulis siip deh

    BalasHapus
  25. Trik yang menarik dan Baguss Sobattt. Thanks ya...

    BalasHapus
  26. @ronaldo siip deh makasih udah mampirrr

    BalasHapus
  27. @kumpulan siip deh
    @pecinta oke sama sama udah coment thx yah

    BalasHapus
  28. wah mas doyok emang keren nih
    salut

    BalasHapus
  29. @siiip deh udah coment thx udah supportttt

    BalasHapus
  30. waduh mas, aku smpi gak sempat koment..rame banget sih blog sampeyan... :)

    BalasHapus
  31. @aryo siip deh aryo hehehe
    thx udah mampiiiiiiir

    BalasHapus
  32. Helow lam knal smua...... N' mampir jg ke blog Q . :) hehehehe...

    BalasHapus
  33. iya tu mas doyok,ampuh. n putry tambahin melalui serch navbar blogger juga sama ampuhnya lho...

    BalasHapus
  34. akhirnya serch google ditaruh di atas juga.. hahaha

    BalasHapus
  35. salam sobat
    trims tipsnya mas...
    sangat membantu para blogger.
    semoga sukses selalu

    BalasHapus
  36. anda sangat jeli... anda layak dapat bintang he he he

    BalasHapus
  37. selalu datang dan selalu pulang bawa hal yang bermanfaat makasih infonya kang.salam indonesia damai

    BalasHapus
  38. Pinter banget mas Doyok ini..

    makasih atas tutorialnya mas, blog sya bisa berkembang karena beberapa tutorial Mas Doyok.

    BalasHapus
  39. @untuk lam kenal jugta
    @putri sip deh om kempul
    @NURA makasihmbak udah coment yahhh
    @waroeng ubuntu sip deh makasih
    @peace sip deh mesti balik lagi yahhhhh
    @gema thxx mas supportnyaaaaa

    BalasHapus
  40. Wah info bagus mas doyok... tapi aku inginnya kotak search dari GA.. gimana caranya KAng Doyok...???

    BalasHapus
  41. mas,, kayaknya post yang doloe dech mas??? apa perasaan qu aja,, rasa2nya mas pernah post yang ini???

    BalasHapus
  42. semoga bermanfaat semuanya :D
    dan sukses

    BalasHapus
  43. makasih nih tutorialnya mas... salam kenal yah ^_^

    BalasHapus
  44. Mas doyok, yang punya aku koq teks dan tombolnya gk keliatan,,,
    kenapa ia,,
    krena warnanya bukan,, kalau ia,, gimana caranya untuk mengganti warna teks dan button tersebut,, mohon bantuannya ia mas doyok,,
    kalau mau liat sok aja mas, sambil di mampir,,
    silaturahmi itu kan baik mas,,
    he,,,

    BalasHapus
  45. tapi dimana caranya biar mesin pencari tidak hanya mencari keyword yang ada di blog saja.

    BalasHapus
  46. Wah yang ini saya baru tahu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer