Tips Blog: Pentingnya Label dan Permasalahannya



Editor postingan blogger maupun berbagai layanan blog gratis lain telah mengenalkan fitr pembubuhan kategori/label untuk tiap postingan. Sayangnya banyak sekali blogger yang tak memanfaatkannya. Ketika Anda sering sekali melakukan posting, maka semakin cepat pula artikel lama Anda akan terkubur. Label memberikan jalan agar artikel lama tersentuh pembaca. Tempatkan label di sidebar Anda dan pastikan pembaca mudah menemukannya.

Anda akan sangat mudah menemukan file anda karena Label. Seperti halnya file di komputer Anda, file yang tersebar tanpa ada folder-folder yang memisahkannya akan sangat sulit bagi Anda untuk mencarinya. Begitu juga dengan label , selain pengunjung yang dimudahkan Anda dimudahkan mencari artikel Anda terdahulu pada editor postingan saat Anda login di blogger.

Pembaca selalu mencari yang spesifik. Label memberi 'bantuan' kepada pembaca untuk mempersempit blog Anda sehingga dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. Salah satu yang membuat pembaca kembali bahkan berlangganan di blog Anda adalah 'kemudahan'. Sering sekali saya membahas dan mengatakan, dan menjadi motto wajib bagi seoirang blogger adalah: 'Mudahkan Pembaca, Jangan Menipu, Interactif".

Berikan label yang menggambarkan isi sehingga pembaca tidak terkecoh begitu memilih label Anda. Ketika Anda memiliki sebuah situs Bologi, adalah sebuah kesalahan jika Anda memberikan label 'Bab 1", "Bab 2", "Bab 3" dan seterusnya. Pembaca tak selamanya ingat apa isi setiap Bab. Berikan label yang jelas, misal 'Mikrobiologi', 'Kultr Jaringan', "Genetik' dan lain-lain. Begitu pembaca melihat label Anda ia sudah memperkirakan apa yang ada di dalamnya.

Jangan berikan terlalu banyak label untuk judul postingan. Kesalahan besar kedua dan sangat sering ditemui pada blog-blog Anda, adalah terlalu banyak memberikan label pada satu judul postingan. Ingat tujuan semula label adalah untuk mempersempit blog Anda sehingga memudahkan pembaca untuk menemukan apa yang mereka cari. Postingan yang baik mengandung mengandung maksimal 3 label saja.

Salah satu hal yang membuat Anda memasukkan terlalu banyak label pada satu postingan adalahLabel anda kurang spesifik.Misal anda mempunyai sebuah artikel tentang "Membuat Link Pelangi"

anda mempunyai label "Modfikasi Blog" dan "Mempercantik Blog" maka Anda pasti berpikir akan memasukkan artikel tersebut ke dua label di atas. Seharusnya Anda membuat label yang lebih spesifik, misal "Modifikasi Link" dan hanya masukkan artikel tersebut pada label tersebut.

Berpikir seperti pembaca. Ketika membuat label berpikirlah seperti pembaca. Anda setidaknya mempunyai referensi untuk blog Anda. Menjadikan suatu blog sebagai sumber dan penuntun langkah Anda. Saat anda mencari suatu artikel di suatu blog maka Anda bertindak sebagai pemabaca, anda menginginkan sesuatu saat itu. Pikirkan hal sama ketika Anda membuat label untuk artikel Anda karena sebenarnya Anda sudah sangat berpengalaman sebagai pembaca. Misal ketika anda pertama kali memasuki sebuah situs software gratis, salah satu yang mungkin anda cari adalah 'Antivirus', maka sudah sepantasnya jika Anda mempunyai blog bertipe sama, anda gunakan 'Antivirus' sebagai salah satu label Anda.

Kategori menjadi salah satu kata keyword untuk mesin pencari. Oleh karena itu kategori menjadi sangat penting agar artikel ditemukan, selain pembaca juga oleh mesin pencari yang akan mengundang lebih banyak pembaca. Yang perlu diingat jangan terlalu berlebihan memberikan kata kunci yang sama dalam satu artikel atau dalam satu halaman blog Anda. Sesuatu yang berlebihan dapat dipikirkan oleh Google atau mesin pencari lain sebagai spam.


Semoga bermanfaat ...

Komentar

  1. Bagus Pak infonya, tapi saya masih suka bingung menentukan label yang cocok...

    BalasHapus
  2. Tuker link aj bro. Udah tak taruh dsini http://hadi-7.blogspot.com/2009/08/tuker-link.html thnx y

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. selalu berbagi info ,makasih kang sangat bermanfaat,dan aq prak tek kan neh...makasih.

    BalasHapus
  5. setuju bro,,
    punyaku masih tak pasang tuh labelnya..

    BalasHapus
  6. sip sob aku yo nek buat label rada mumet cari yang bagus

    makasih infonya!!!

    BalasHapus
  7. Terlalu banyak pernak pernik blog jadi bingung nih..., baiknya seperti biasa di simpan duluuu..., masukkan ke arsiiip...., & kalo dibutuhkan baru ke TKP ok. Trims Mas Doyok.

    BalasHapus
  8. wach lagi fokus di tips trik nich, oce dah mantap
    http://pemulabisnis-online.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. manteb uy......... cayoo Boz...

    di tunggu Ea postingan berikutnya.... berr

    BalasHapus
  10. @firyan sip deh firyannn
    @hadi segera sobattt
    @ocim sama sama mas...
    @wisata ria siiip supportnya

    semuanya thx udah coment yahhhhh

    BalasHapus
  11. @indo 15 sip deh makasih yaaa
    @wahyu makasih banget comentmu
    @ganool harus sob...
    @netmild emnnag gitu seriing pusing sendiri..

    BalasHapus
  12. @mas harto hehehe... biasa mas :D
    @angga dari dulu aku fokus hehehe
    @noer sip broo... tak kabari deh

    BalasHapus
  13. Aku g ad banner mas, cr bikin banner gmn? ;)

    BalasHapus
  14. Mas doyok infonya selalu keren dech makasih infonya ya mas..!!!!

    BalasHapus
  15. @hadi sip deh hadiii
    @maksaih juga udah coementtt
    @funny mantep fun iklanmu...

    BalasHapus
  16. om , kalo misalnya kita mau buat halaman , yg berjudul "internet" , lalu agar tampilannya bisa sama persis dengan tampilan label yang berjudul "internet" juga , apa yg hrus dilakukan setelah membuat halaman?

    BalasHapus
  17. Mas Doyok, Bagaimana cara membatasi isi tampilan label (label selanjutnya 'next ....'). Mis: dalam satu label kita punya 10 posting, padahal hanya 5 posting yg ingin kita tampilkan (yang lima lagi di tampilkan berikutnya (next..1,2,3,4,5)). Thanks

    BalasHapus
  18. Saya juga punya masalah yang sama dengan candi orchids...

    BalasHapus
  19. dengan rumus max-result mas

    ?max-result=5

    BalasHapus
  20. Mas Doyok ni mantap tap tap, alexa rank nya sekarang 170345, akasi info-infonya gan Mas!

    BalasHapus
  21. ilmu adalah sesuatu yang harus dibagikan, suwun mas doyok

    BalasHapus
  22. mampus dahh ...
    Lebel blog ane sudah terLanjur 1200 Lebih gan...!!! wkwkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer