Pantau Keyword Dengan Google Alerts

http://marketing4recruiters.files.wordpress.com/2009/09/google-alerts-main_full.jpgMenarik, ketika saya mendapatkan pesan di cbox beberapa waktu lalu yang berisi bahwa 'konten blog ini makin tak berkualitas'. Saya menganggap itu masukan dan pemacu bagi saya, namun saya juga tidak lupa berpesan kepadanya jika saya melayani ratusan orang perharinya yang membaca blog ini dan bukan hanya dia. Sangat mungkin, satu hal yang benar-benar basi bagi orang tertentu, tapi di lain pihak itu benar-benar belum dijamah.

Kembali lagi ke bahasan tentang google, hari ini kita berbicara tentang Google Alerts. Fasilitas ini memang telah 'lama' ada dan mungkin basi bagi beberapa orang, namun saya berusaha menyajikannya berbeda dan mudah bagi Anda memanfaatkannya.

Google alerts memberi tahu Anda setiap kali ada hal baru berdasar kata kunci yang Anda tentukan. Misalnya saja saya masukkan keyword 'mas doyok'. Maka setiap kali google mendapatkan hal baru tentang 'mas doyok' dia akan memberi tahu saya. Hebat bukan?

Lalu apa gunanya untuk Anda? Bukankah ini bisa digunakan untuk memantau kata kunci tertentu. Misal Anda mengincar kata kunci 'info handphone terbaru'. Namun tentu Anda tidak sendirian mengincar keyword seperti itu. Ada banyak blog lain yang menggunakan keyword sama. Karena sama-sama mengincar keyword 'info handphone terbaru', Anda dan blog-blog kompetitor Anda akan banyak menulis artikel yang mengandung kata kunci tersebut. Anda akan tahu setiap kali Anda menggunakan kata kunci tersebut untu postingan Anda, namun apakah Anda bisa cepat tahu jika blog-blog lain juka melakukan hal serupa?

Nah, jawabannya kita gunakan Google Alerts. Dengan fasilitas ini Anda daftarkan 'info handphone terbaru' dan ketika Google menemukan hal baru tentang kata kunci tersebut, Google akan memberi tahu Anda.

Berikut Cara Penggunaan Lengkapnya:
Silahkan Anda pergi ke http://www.google.com/alerts. Login dengan akun gmail Anda.
 

Pada Search Terms tentukan keyword yang ingin Anda pantau. Misal Anda pantau keyword info handphone terbaru. Agar hasil lebih tepat Anda masukkan dengan diapit tanda petik, sehingga keyword tersebut menjadi satu kesatuan. Isikan pada kolom "Info Handphone Terbaru"
Jika Anda hanya ingin memantau blog kompetitor tanpa menyertakan blog Anda di hasil cari, tambahkan tanda minus diikuti domain Anda. Penulisan "Info Handphone Terbaru-www.domainanda.com"
 
Pada Type Anda bisa memilih media yang akan dilacak google. Anda bisa pilih web, news, group (menitik beratkan pada diskusi dan grup google) atau comprehensive untuk menggabungkan semuanya.
Pada How Often, Anda isi dengan frekuensi laporan yang ingin Anda terima. Tentu ini disesuaikan dengan keyword yang Anda pantau. Anda bisa memilih setiap saat, setiap hari atau setiap minggu.
 
Pada Email Length tentukan berapa banyak alert yang Anda terima. Terserah Anda.
Terakhir, pada Deliver To pilih kemana alert akan dikirimkan. Jika Anda pilih email Anda, alert akan dikirimkan ke inbox email, sedang jika Anda pilih feed, maka Anda bisa cek pemberitahuan lewat google reader. Jika semua sudah Anda isi, silahkan klik tombol Create Alert.
Setelah anda klik tombol tersebut, Anda akan di bawa ke halaman pengaturan yang memungkinkan Anda menghapus alert yang telah Anda buat, atau menambahkan alert lain.

Mudah bukan? Jika selama ini Anda bersusah payah secara manual pantau kata kunci di Google Search, saya rasa ini jauh lebih mudah karena Anda cukup menunggu 'klakson'. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. nice nice...kunjungan malemmm nih..pergi dulu deh abis berkunjung. nyari makan malem...

    numpang promosi blog..

    BERITA BOLA ONLINE

    BalasHapus
  2. ok mas, ini info yang sangat aku butuhkan

    BalasHapus
  3. Pencerahan yang sangat jelas.

    Terima kasih atas ilmunya

    BalasHapus
  4. wah dicoba ah.....bermanfaat sekali mas..tapi masih pemula seperti saya ini mungkin agak kesulitan mas...mohon bimbingannya

    BalasHapus
  5. kalau saya sih mantau buat merek-merek dagang saya atau juga nama blog...jadi kalo ada yang ngomongin saya langsung tahu

    BalasHapus
  6. @jopi
    izin memaksa nafsu ngeblog..
    pumpung kamar masih kosong tanpa perawat dan dokter jaga
    makasih infonya

    BalasHapus
  7. info nya saya simpan dulu,,
    soalnya masih banyak PR dirumah

    BalasHapus
  8. makasih infonya masdoy, bisa dicoba nih....
    keep posting mas... :))

    BalasHapus
  9. Infonya bermanfaat sekali Mas doyok,aku langsung coba saja biar maknyos deh..

    BalasHapus
  10. update seteha hari sekali ya,mas???
    nggak takut kehabisan bahan neeh kyk Kang Rohman ^_^

    BalasHapus
  11. ini termasuk SEO ngga Mas??
    saya sering dengar google alert tapi belum pernah coba..hehehe
    saya coba dulu deh

    BalasHapus
  12. Info yang bermutu kang..... jadi gak perlu cek2 lagi dunk kang... tinggal nunggu aja info terbaru yang berdering.... Thanks abis...

    BalasHapus
  13. loh siapa bilang konten mas doyok tidak berkualitas,,justru yang bilang seperti itu yg tidak berkualitas justru kontenya sangat bermanfaat karena setiap saya datang pasti saya bilng kontenya bermanfaat bukan kontennya berkualitas,,
    menyebarkan suatu ilmu adalah hal yang mulia dan itulah kualitas dari seseorang,,bahwa seseorang itu lebih dari yang lainnya meski yang lain sudah tau,,tetapi belum tentu mereka dapat dan bisa menyebarkannya..masalah search engine memang kualitas karena mereka adalah sebuah mesin,tapi masalah manusia adalah manfaat,mempunyai suatu konten yang berkualitas belum tentu bermanfaat,tetapi mempunyai konten yang bermanfaat sudah pasti dan tentu berkualitas,,ilmu adalah konten yang sangat bermanfaat...
    hanya sekedar pendapat.

    BalasHapus
  14. setuju ama kang hendro kalau buat aq yg penting manfaatnya dr konten tersebut bukan kualitasnya, itu kalau menurut Rizky loh mas doy, konten berkualitas tp manfaatnya g ada kan y sama dengan bohong..... ok mas doy manteb lang sung d coba.... yg penting semangat mas doy.... menyajikan yg terbaik buat para pembaca blognya mas doy, uky !

    BalasHapus
  15. wah yang pasti isi blog ini berguna dan bermanfaat baik untuk yang awam atau yang dah lama bergelut di bidang blog yang merasa content di blog ini tidak berkwalitas ya suidahlah kita harus menghargai pendapat orang lain' mungkin dia punya pandangan berbeda dan sudah tau seluk beluk blog jadi wajar bilang seperti itu..

    BalasHapus
  16. @4536211054920626262.0
    Saya setuju sama anda

    BalasHapus
  17. @mas hery
    makasih banget yak mas :D
    saya juga berima kok mas
    :D

    itu artinya dia ka ngarep lebih dari blog ini :D
    saya seneng berarti dia menganggap blog ini bagus :D

    yg penting poist dan posttt

    BalasHapus
  18. @rizky
    aku juga ndak mikir berlarut larut kok riz :D
    bagi aku kalian suppirt itu sebuah kekuatan
    dan bikin aku semangat utk post terus setiap hari :D

    BalasHapus
  19. @hazel
    makasih banget ya mas ikut dukung

    BalasHapus
  20. @hendro-
    oke mas saya seneng banget baca komen mas
    rasanya saya jadi bener bener ndak sendiri membesarkan blog ini

    gak mungkin kan tim bola besar tanpa suporter :)

    makasih banget mas
    saya usahakan menjawab kepercayaan semuanya dgn terus update

    BalasHapus
  21. @ridwan
    iya saya juga tiap hari udah dapet nih

    lihat kompetitor hehehe

    BalasHapus
  22. @seputar-internet
    yak kalau soal SEO sih adakaitannya yakni kita bisa pantau kompetitor
    tapi kan ke personalnya kita
    maksudnya cuma buat pantau jadi soal praktek nya kan tinggal gimana kita menindak lanjuti hasil pantauan kita

    BalasHapus
  23. @ardi33
    kang rohman mah ndak kehabisan bahan
    cuma lagi sibuk ma proy4knya aja tuh :D

    saya usaha deh semoga gak habis habis yak
    artikel tentang blog

    BalasHapus
  24. @kang suroto
    monggo wes kang langsung dicoba saja
    mugo maknuyos tenanan :D

    asal dudu nyos seterika kang kwwk

    BalasHapus
  25. @ryan
    oke yk mas makasih sudah bekunjung dan berkomentar
    semoga bisa dipake yak mas

    BalasHapus
  26. @blogdunia
    jangan lupa dibendel aja mas :D
    biar ndk hyelip dibawah bantal hehehe

    makasih ya kunjungan dan komentarnya

    BalasHapus
  27. @secangkir
    heheh monggo affan
    semoga bermanfaat yakk

    BalasHapus
  28. @4859497857985403619.0
    betul Mas, gak mungkin tim bola besar tanpa suporter

    yg dibutuhkan suporter bola bukan hanya kualitas permainan, tapi manfaat dari permainan sepak bola.

    jadi saya setuju dengan Mas Hendro kalau artikel blog Mas Doyok memang sangat bermanfaat karena berkualitas

    Maju terus Mas Doyok! :)

    BalasHapus
  29. @bukan
    bener juga mas :D
    heheheh
    saya malah baru mau bahas itu lebih jauh rencananya

    BalasHapus
  30. @muhammad
    oke mas silahkan dicoba saja ya

    BalasHapus
  31. @didik
    komennya pasti memelas
    gak ada variasi kwkwk

    sip sip wesss

    BalasHapus
  32. @kang marno
    oke kang monggo ditelen :D

    BalasHapus
  33. @berita
    wah iyo bang salom
    kan bisa buat pantau hasil bola toh

    BalasHapus
  34. @4400611080953828886.0
    makasih ya mas
    dukungan temen temen semua sangat berarti kok :)
    itulah sebabnya meski kemarin sakit saya tetep nyempetin posting :d

    alhamdulillh sekarang sudah lumayan fit lagi

    BalasHapus
  35. @kamar
    udah baikan yah gus katanya
    wah makasih banget
    sakit tapi masih mampir

    BalasHapus
  36. @jopi
    sip makasih ya sudah jadi yg pertama
    segera berangkat joppp

    BalasHapus
  37. hehhee...meneketehe ah...ora mudeng master...

    BalasHapus
  38. bagi orang lain mungkin ini basi, tapi bagi saya ini hal yang sama sekali baru, saya belum pernah ngotak-atik yang seperti ini

    BalasHapus
  39. iya sobat menanggapi yang awal, masih banyak manfaatnya kok dan tetap berkualitas...
    salam

    BalasHapus
  40. Wah ga sia sia ny bngun subuh, dpt masukan trims ya mas..sekalian kunjungan balik..

    BalasHapus
  41. Lowongan Kerja
    Bermanfaat Sekali artikelnya, salam kenal mas doyok...makin yahud aja blognya
    http://hera-inspirasi.blogspot.com/search/label/Lowongan%20Kerja

    BalasHapus
  42. @inspirasi
    oke mas :D
    makasih sudah berkunjung kesini ya

    BalasHapus
  43. @ratasoe
    sama sama mas :D
    salam blogging /....

    BalasHapus
  44. Thank's infonya mas, mau saya pelajari dulu

    BalasHapus
  45. @iphud
    ok sama sama mas ifud
    semoga bermanfaat
    makasih sudah berlomnetar sekali lagi

    BalasHapus
  46. @arya
    makasih mas supportnya ya :D
    silahkan dicoba saja

    BalasHapus
  47. @sunarno
    yo wis monggo ndang dicoba wae wesss :D
    semoga sukses

    BalasHapus
  48. @beben
    sing bener wae kang :D
    baca sek ah kang

    BalasHapus
  49. @msafru
    oke monggo mas
    makasih ya kunjungannya

    BalasHapus
  50. @rizki
    semoga aja ya kang
    makasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  51. terimah kasih infonya mas..
    silakan klo mau di share mas..
    klo mau disahre mending yang bagian awal cerita dulu mas..

    terimah kasih telah mampir mas

    BalasHapus
  52. Thanks infonya mas, saya akan mencoba juga...
    ..salam..

    BalasHapus
  53. hehehe.. blog aja pake kompetitor juga ya mas?? baru tau saya.. saya sih gak pernah merasa berkompetisi dalam ngeblog. gak tau kalo nanti tujuannya udah melenceng dari tujuan saya ngeblog sekarang:D

    salam;p

    BalasHapus
  54. terima kasih mas doyok telah berkunjung ke rumah sederhana ku,,

    BalasHapus
  55. wah info yg bagus nihh kebetulan keyword saya menghilang dari pencarian google biasanya terindex google skarang hilangg...keep bookmark nihhh

    BalasHapus
  56. setelah beberapa klai kunjug ke istana mas doyok akhirnya mas doyok mau juga singggah di gubuk reyot saya..!
    Thanks mas doyok atas kunjungannya merupakan suatu kehormatan nih di datengin sang master blog..

    BalasHapus
  57. kunjungan pagi kang,mantap....btw sabar aja kang

    BalasHapus
  58. Keren. Q praktik langsung Mas Doy!

    BalasHapus
  59. memang bagus banget gogle alert, terutama buat para snipper keyword he he.. maturnuwun infonya..
    lama banget saya ga mampir mas ... makin kereeen nih blognya.. semoga sehat selalu :)

    BalasHapus
  60. habis sakit ya mas, jangan terlalu dipaksakan, kalau untuk saya mas saya nggak berani menilai para master seperti anda, kang Rohman, Om-om

    BalasHapus
  61. wuaaaah... bermanfaat sekali ni Mas buat yg lagi ikutan kontes SeO, saya simpan alamatnya, makasih

    BalasHapus
  62. Hebat dan fantastik infonya.. Aku baca sampai habis... Mas, ada trik untuk referensi keyword gak? Thanks KATALOG BUKU AGUS MUSTOFA

    BalasHapus
  63. wah saya baru tahu.. makasih bos.. untuk bahan evaluasi nih

    BalasHapus
  64. wah mau coba ahhh, mumpung dipandu sm master doyok hehe

    BalasHapus
  65. @mr.
    haha ade ade aja
    semoga bermanfaat aja deh mas

    BalasHapus
  66. @dhar
    ya yg penting judul blognya dibuat itu aja mas

    BalasHapus
  67. @kang sugeng
    monggo monggo dibookmark yak

    BalasHapus
  68. @aditx
    monggo
    semoga bermfnaat aja yaa

    BalasHapus
  69. @munir
    iyak mas :D
    sekarang lumayan fit

    BalasHapus
  70. @alkatro
    oke sip kang
    makasih ya dah mampir :D

    BalasHapus
  71. @parenting
    monggo
    semoga berhasil wae mas

    BalasHapus
  72. @sms cinta
    oke sippp :D
    hehe makasih supportnya

    BalasHapus
  73. @ipin wah biasa saja mas :(
    saya sering ke mas tapi dulu keknya ndak ada sb sama komen box nya jadi bingung

    BalasHapus
  74. @ipin
    wah biasa saja mas :(
    saya sering ke mas tapi dulu keknya ndak ada sb sama komen box nya jadi bingung

    BalasHapus
  75. @blogdunia
    sama sama ya makasih dah mampir disini

    BalasHapus
  76. @belajar internet dan
    semoga bermanfaat yaa

    BalasHapus
  77. @hadidiot
    kalau mau duduk di pringkat atas pasti harus nyingkirin banyak orang nih

    BalasHapus
  78. @hadidot
    kalau mau duduk di pringkat atas pasti harus nyingkirin banyak orang nih

    mAU NDAK MAU hehehe

    BalasHapus
  79. @dinoe
    monggo monggo semoga sukses yak

    BalasHapus
  80. @kang tejo
    udah tak balik balik kok mas
    siiip

    BalasHapus
  81. kalau mau cek nama
    berarti kita isikan nama kita ya kang????

    BalasHapus
  82. bener masukin aja namamu disitu
    dan kirim
    baiknya kan isi dengan nama lengkap :D
    misla nama andy odang firmansyah
    kalau cuma andy kan terlalu banyak nama orang di dunia yg andy

    jadinya yaaa lengkap masukinnya
    sehingga akalu ada yg bilang andy odang formansyah di google lalu kabarin kamu

    BalasHapus
  83. thanx infonya ya mas. dangat bermanfaat sekali buat para pekerja IT.

    BalasHapus
  84. @ihsan
    semoga bermanfaat saja yakk

    BalasHapus
  85. @geote
    semoga bermanfaat beneran
    makin banyak yg pake makin banyk pahala semoga

    BalasHapus
  86. Wah.... mantap nih.... bisa dicoba nih... Tapi e-mail bakalan penuh dong... hehe... Oh ya itu bisa diatur ya,,, heheh... Lupa..

    BalasHapus
  87. Baru tau nih mas. jangan khawatir takut basi. Selamanya informasi tak pernah basi jika masih ada blog di dunia maya. hehe. Trims

    BalasHapus
  88. Sangat menarik mas dicoba dulu ah @_@

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer