Apa itu Google SiteLink/Taut Situs?

Melanjutkan postingan saya sebelumnya, ketika saya baru saja mendapatkan sitelink dari google, (Baca: Mas Doyok Mendapatkan Sitelink atau Taut Situs), banyak blogger yang bertanya kepada saya tentang apa sebenarnya sitelink. Tampaknya ini masih asing dan kalah tenar ketimbang PageRank, meski sudah diperkenalkan sejak tahun 2005.

Yang saya lingkari di bawah ini adalah contoh sitelink. Itu sitelink dari blog ini, saat pengambilan screenshoot masih berjumlah 5, namun tampaknya satu bulan ini saya berhasil optimasi beberapa keyword lagi dan akhirnya mendapatkan 8 sitelink.

Perhatikan gambar di bawah ini:


Apa Itu Sitelink atau Taut Situs?
Seperti diperlihatkan gambar di atas, sitelink adalah kumpulan link yang muncul di hasil cari di bawah suatu blog bertraffic tinggi. Sitelink membatu memberi penjelasan lebih tentang suatu blog. Sitelink biasanya muncul ketika orang ketikkan keyword pendek yang seperti merk atau brand. Misal nya saja 'Mas Doyok'. Jadi ketika Anda ketikkan keyword 'Blog Terbaik' atau 'Blog Teramai', kemungkinan Anda tidak akan menemukan sitelink.

Apa Kegunaan Sitelink?
Sitelink memang kalah tenar ketimbang PageRank dan orang belum banyak tahu meski ini telah diperkenalkan sejak tahun 2007. Banyak juga yang bertanya kepada saya apa kegunaannya? Berbicara soal kegunaan tentu ada banyak hal. Pertama, tentu saja ini menunjukkan bahwa Google semakin mengakui kita, berarti jgua tingakt kepentingan blog kita di mata Google smakin meningkat. Kedua, Sitelink menjadi gengsi tersendiri bagi seorang blogger atau webmaster. Ini disebabkan karena Google tidak menjelaskan algoritma pemberian sitelink dan ini masih menjadi sesuatu yang 'langka'. Hanya blog berperingkat bagus dan bertraffic tinggi yang mendapatkannya. Setidaknya sampai sekarang seperti itu. Ketiga, Sitelink mengukuhkan kita akan dominasi keyword tertentu, artinya posisi teratas kita dengan keyword tertentu akan sulit digeser.

Kabar Baik Tentang Sitelink
Ada beberapa kabar baik mengenai sitelink.  Dulu hanya blog nomer satu di halaman satu hasil cari yang akan mendapatkannya. Ini karena Google memberikan sitelink setelah blog tersebut setidaknya memiliki lebih dari 5 sitelink. Sejak Google memperkenalkan 'satu baris' sitelink, itu menjadi lebih longgar. Bahkan memungkinkan dalam satu keyword, dalam satu halaman cari ada beberapa blog yang memiliki sitelink. Gambar di bawah ini adalah sitelink satu baris dengan 3 sitelink saja.

Kabar baiknya lagi, ternyata anggapan banyak master jika umur blog menentukan sitelink bisa jadi salah. Kebanyakan artikel tentang cara mendapatkan sitelink mengatakan setidaknya blog berumur 'satu tahun atau lebih'. Sementara blog ini mendapatkan sitelink dalam umur 10 bulan.


Sitelink di Update
Sama seperti pagerank sitelink ternyata di Update oleh Google. Sitelink Anda bisa bertambah, bisa berkurang atau bahkan hilang jika blog itu dinilai tidak kompeten dan tidak update lagi.

Sitelink Berkebalikan Dengan Spam Link
Sitelink berkebalikan dengan spam link. Maksudnya cara pembangunan atau optimasi keyword ini berbeda dengan optimasi yang dilakukan oleh seorang spammer. Sederhananya Anda harus menggunakan tehnik SEO Alami dan bukan SEO hitam, atau paling tidak Anda membuat Google menilai Anda membangunnya secara alami. Jadi jangan percaya dengan jasa pembuatan sitelink atau pembangunan link berbayar, karena Google menentukan ini sendiri.

Meski Google menentukan sendiri sitelinknya, dan tak membocorkan tentang algoritmanya, saya memiliki beberapa hal yang saya nilai berkaitan dengan sitelink. Anda boleh percaya dan tidak, sementara seperti saya katakan di awal, saya berhasil optimasi lagi dengan menambah 3 sitelink satu bulan ini. Saya akan membahasnya esok hari tentang usaha yang perlu Anda lakukan untuk merayu Google memberikan sitelink kepada Anda. Semoga bermanfaat...

Komentar

  1. bingung mas...
    aku sering dapetin sitelink kayak gitu juga waktu googling,tapi tetep gak ngerti.matur tengkiyu mas..

    BalasHapus
  2. @aktifis
    yg beruntung ya yg punya, jadi kalau kita yg googling ya cuma bisa ;pengen; ayo optimasi terus, kamupun pasti bisa.. optimasi aja keyword 'SANDAL JEPIT' itu sebagai brand

    BalasHapus
  3. Berkunjung salam kenal, sambil belajar nih, lagi belajar ngeblog mas, mampir ya ... dikasih saran-saran.. makasih ...

    BalasHapus
  4. saya nginep diblog ini ah...nungguin postingan berikutnya... :D

    BalasHapus
  5. @1566296116358387513.0
    Kayanya mesti jadi No. 1 untuk keyword tertentu dulu ya mas? Habis itu baru dapet sitelink?

    BalasHapus
  6. @3655507877929301227.0
    iya mas :D

    BalasHapus
  7. Wah selmat ya mas...
    makin di perhatikan Google aja ni...

    BalasHapus
  8. Ditunggu cara mendapatkan sitelinknya mas doyok

    BalasHapus
  9. sip masdoyok, ditunggu info selanjutnya, sapa tw blog saya juga bisa dpt sitelink, xixixi :p

    BalasHapus
  10. sip masdoyok, ditunggu info selanjutnya, sapa tw blog saya juga bisa dpt sitelink, xixixi :p

    BalasHapus
  11. Hmm... Bagus mas doy infonya.. tapi cranya gimana seh untuk dapetin sitelink?

    BalasHapus
  12. kok mas doy bisa dapet,, saya juga mau donk.. :)

    BalasHapus
  13. hehehehe sama saya juga bingung mengenai sitelink ini!!!!!

    BalasHapus
  14. tipsnya tambahin mas, kudu banyak doa dan solat tahajud :D

    BalasHapus
  15. gimana rasanya dapat sitelink seperti blog ini...
    ada tirk mas...???

    BalasHapus
  16. tak tunggu caranya agar saya dapat sitelink dari mbh google mas..

    BalasHapus
  17. hmm....jadi pengen nih dapet sitelink, yang pasti sitelink itu kayanya cara buat lebih mempermudah pengguna internet yang lagi cari informasi untuk lebih mudah menjelajah suatu situs atau blog. Kaya punya mas ya, aku juga sering liat sih, klo lagi browsing. Thank mas infonya, tar kau tunggu nih kiat2nya.

    BalasHapus
  18. wah susah mas dapet backlink ^_^

    BalasHapus
  19. wah,,,enak ya kola yang udah dapat sitelink.
    sayang blogku belum dapat,,,optimasinya keywordnya juga masih binggung....mohon petunjuknya mas.

    BalasHapus
  20. Nampak situsnya rajin update...jadi diberikan tautan link oleh google...situs ini sangat bermanfaat...salam kenal ya sob...

    BalasHapus
  21. yah telat nih bacanya...
    Jujur saya baru tau tentang sitelink ini mas doyok, lagi memperdalam juga nih.

    BalasHapus
  22. manteb tenan mbah koe
    punyaku baru 2 bulanan
    jadi belum dianggaep cucu google
    mampir balik ya mbah ada postingan baru ki

    BalasHapus
  23. walahh kalau soal seo gw puyeng dah zzzzz. tapi info dr mas bermanfaat

    BalasHapus
  24. penjelasannya medetail nich mah biasa doank ya????????????/

    BalasHapus
  25. Walaupun masih belum mengerti, tapi kayaknya asyik nih.

    BalasHapus
  26. bingung, langsung dikasih btrahu tutorialnya aja mas biar bisa dicoba. terima kasih

    BalasHapus
  27. betul betul mas... heheheh... mantap mas..

    BalasHapus
  28. mas cara buatnya gimana supaya blog kita tampil saat di googling..trus aye juga mau tanya membuat adsense google yang ada tulisan ads by google biasanya di tiap postingan ada tu mas.gimana..masih awam banget dengan adsense..tx ya mas

    BalasHapus
  29. Oh... gitu toh mas...
    wah, penasaran nih untuk ngejar sitelink...
    cz udah ada beberapa kata kunciku yg super ampuh... tp blm msk dlm sitelink.. hehehe

    BalasHapus
  30. coba dulu ah... mohon bantuannya.

    BalasHapus
  31. Owh,,aku baru tau,,

    thx infonya,,

    oya,berkunjung ke blognya aku juga,ya,, :)
    Aku tunggu :)

    BalasHapus
  32. Infonya good Mas...kapan aku juga dapat sitelink ya..
    salam kenal...kunjung balik ya!

    BalasHapus
  33. wah,info bagus nich mas....trims ya...

    BalasHapus
  34. ane dapet sitelink cukup 4 bulan bang ! hohoho

    dapet 8 sitelink ... masih komplit ... hehe

    BalasHapus
  35. masi harus banyak belajar Mas untuk optimasi..hehe
    thx for ilmunya..sukses..

    BalasHapus
  36. Salam blogger mas,
    nitip lapak mas
    http://website99.blogspot.com/
    Makasih mas atas infonya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  37. informasi yang sangat berguna mas, baru tau juga apa itu sitelink setalah membaca artikel di blog ini. trims atas sharenya.

    BalasHapus
  38. rada susah ya biar dapetin sitelink, blog ane baru 1 bulan sih denger2 harus sampe 2 tahun baru bisa dapet...
    harus lebih giat lagi nih mas,,,

    BalasHapus
  39. tanks mas doyok,salam sukses

    BalasHapus
  40. Makasih Mas Doyok Atas Pencerahannya,.. Sukses Selalu

    BalasHapus
  41. KCara mengisi sitelink di webmaster gimana ya????

    BalasHapus
  42. informasi yang sangat membantu untuk blogger pemula seperti saya. terima kasih dan salam kenal sob..

    BalasHapus
  43. bingung mas,, maklum masih newbie..

    BalasHapus
  44. Wah bagus juga infonya, menambah ilmu tentang google webmaster

    BalasHapus
  45. saya coba2 jajal masukin taut sitsu di alat web master tapi masih bingung2 jadi takut salah.

    BalasHapus
  46. Akan lebih baik.jika ada tuts nya

    BalasHapus
  47. mas kasih tau dong caranya gimana biar cepet dapet sitelinknya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer