Apakah Restricted by Robots.txt Pada Webmaster Tools Perlu di Bersihkan?

Berbicara soal webmaster tools selalu menarik. Oleh karena itu sebaiknya Anda ikuti tutorial lengkap mulai dari nol optimasi blog dengan webmaster tools untuk kesuksesan blog Anda. Yang mirip yang saya posting sebelumnya mengenai google webmaster tools adalah tentang Not Found Link (Baca: Bersihkan Not Found Link di Google Webmaster Tools).


Apa itu Restricted by Robots.txt (Dibatasi Oleh Robot.txt)
Sama seperti laporan not found link, angka pada Laporan restricted by robot.txt juga menunjukkan halaman-halaman yang gagal diakses. Jika pada not found link, gagal aksesnya karena halaman tidak ditemukan, soal restricted by robots.txt ini, Google tidak bisa akses karena memang ditolak oleh robot.txt meski sebenarnya halaman tersebut ada. Penolakan itu bisa beraneka ragam sebabnya. Misalnya Anda tidak ingin gambar-gambar di blog Anda diindeks Google, maka Anda bisa sisipkan perintah di robot.txt untuk lakukan penjagaan dan menolak saat google akan indeks gambar Anda. Nah, setiap kali google ditolak, dia laporkan tersebut di webmaster tools.

Saya Tak Lakukan Apapun
Banyak yang berpikir, saya tak lakukan apapun, kenapa tiba-tiba angka itu bisa membengkak? Perlu diketahui, untuk mesin blogger secara default memang sudah ada pembatasan utk robot google. Yakni untuk akses label. Label dituliskan:
http://www.bloganda.blogspot.com/search/label/namalabel

Halaman label memang diatur agar tidak dikunjungi bot. Semakin banyak label di blog Anda memungkinkan semakin banyak angka laporan restricted by robots.txt.

Mungkin Saya Tak Lakukan Apapun
Saya merasa tak melakukan apapun, namun mengapa laporannya bukan hanya untuk halaman-halaman label? Untuk masalah ini mungkin hanya karena tidak sadar saja Anda telah tambahkan kode. Misal saja Anda menambahkan gadget realated posts yang didalamnya mengandung script pembatasan agar tak terjadi duplicat content. Selain itu jika Anda temukan seperti ini
http://www.masdoyok.co.cc/search?updated-max=2010-05-10T16%3A08%3A00%2B07%3A00&max-results=6

artinya itu adalah halaman hasil klik older post link atau newer post link pada blog Anda. Sama saja ini juga dibatasi.

Lalu, Apakah Bermasalah?
Anda mungkin akan kebingungan karena angka yang ditunjukkan bisa sangat besar pada bagian ini. Namun ini bukan masalah. Google bahkan menyediakan fasilitas di webmaster tools yang bisa digunakan untuk membatasi halaman tertentu yang tidak ingin diindeks. Beberapa orang curang menggunakannya untuk halaman tukar link mereka sehingga link keluar mereka bukan lagi back link yang efektif. Tapi semoga Anda adalah blogger yang bertanggung jawab.

Apa Kata Google?
Jawabn resmi Google soal ini adalah:
"Google was unable to crawl the URL due to a robots.txt restriction. This can happen for a number of reasons. For instance, your robots.txt file might prohibit the Googlebot entirely; it might prohibit access to the directory in which this URL is located; or it might prohibit access to the URL specifically. Often, this is not an error. You may have specifically set up a robots.txt file to prevent us from crawling this URL. If that is the case, there's no need to fix this; we will continue to respect robots.txt for this file.
If a URL redirects to a URL that is blocked by a robots.txt file, the first URL will be reported as being blocked by robots.txt (even if the URL is listed as Allowed in the robots.txt analysis tool)."
sumber: http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35235
Intinya Google mengatakan bahwa pembatasan oleh robot.txt itu tidak masalah. Jika Anda lakukan pembatasan untuk konten tertentu dalam blog Anda, Google menghormatinya jadi mereka tidak akan memaksa masuk atau menganggapnya sebagai pelanggaran.

Check Untuk Tenangkan Anda
Jika Anda ingin check apakah terjadi pembatasan yang tak seharusnya mengenai blog Anda, silahkan cek halaman robot Anda di http://alamatanda.blogspot.com/robots.txt
Secara default seperti ini
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search

Sitemap: http://www.bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Untuk edit atau atur pembatasan robot.txt, silahkan
1. Login WebmasterTools
2. Klik blog yang Anda inginkan
3. Pilih Konfigurasi Situs lalu klik Akses Perayap

Semoga postingan ini menambah pengetahuan Anda... Semoga apa yang saya berikan selama ini bisa bermanfaat.... Selasa?... sepertinya akan menjadi hari yang menyenangkan...

Komentar

  1. Oo... saya bau tau mas tentang robot.txt dari artikel ini...

    BalasHapus
  2. Saya juga tidak melakukan apa2 mas. Bahkan untuk halaman yangtidak ditemukan. Namun, sedikit demi sedikit berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

    BalasHapus
  3. Saya belum Tauh Tetang robot.txt

    BalasHapus
  4. klo aku sih dari hasil baca2, pakai metatag biar nggak restricted by robot.

    BalasHapus
  5. tapi dibiarkan aja juga nggak masalahkan, ntar juga hilang sendiri..

    BalasHapus
  6. makanya dibiarkan saja :D
    gak masalah :D

    justru meta tag memungkinkan adanya restricted soalnya meta tag kan serinhg dikasih kode biar gak duplicat :D

    BalasHapus
  7. Ooo... ternyata gak masalah to...
    Apakah nanti bisa hilang dengan sendirinya mas?

    BalasHapus
  8. @rock
    bisa kan bot datang lagi berkala
    pas bot datang lagi kan laprannya sudah beda

    kemungkinan gak hilang cuma angkanya yg mengecil atau membesar

    kalau pengen minimal sih
    gak usah pakai label pada semua postingan :D kwkwkwkwkww

    BalasHapus
  9. Terima kasih Mas Doyok, perlu dibaca lagi pelan-pelan biar lebih mengerti.

    Jadi lebih memahami webmaster dan optimasinya...

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  10. Nice post gan...
    mw nanya ni gan emang, ngeremove Crawl errors tu gak bisa sekaligus??? capek neh ngeremove satu2 :(

    BalasHapus
  11. Cuek bebek untuk restric area, tapi atasi pada halaman not found. setidaknya itu berpengaruh sedikit di serp, dalam artian not found bisa jadi broken link.

    mas doy, bahan artikel nih.. atau mungkin udah di tulis ya.. di HTML suggestion kok saya nemu duplicate description :D antara artikel dan url comments.. how how

    BalasHapus
  12. @4296910978024270905.0
    mas dheny
    kalau bisa email screenshootnya kang :D
    dooyokatgmaildotcom

    BalasHapus
  13. mantab mas doy, cuma yang aq rasakan, sebelum adanya Restricted by Robots.txt yang aq lihat d web master sebanyak itu, sejak saat itu aq coba cek judul postingan q g terlihat di halam google bahkan aq cek samapi ke halam 10 lebih masih g kelihatan, nah setelah nyoba tips dari gus ikhwan dan blognya juragan, sudah sedikit mulai pulih, misalnya saja aq coba cek juduul postingan q "Memberi Penekanan Pada Label" terlihat ada di halaman pertama, y meskipun bukan link postingannya, tp aq y dah cukup seneng, aq coba cek yang lain dah kembali normal lagi mas doy, cuma yang aq pengentahu lagi kenapa kok link homenyayang terlihat kok bukan link postingannya, sedangkan aq lihat yang lain termasuk coba mas doy, yang terlihat link postingannya, kira2 apa yah mas doy masalahnya, apa aq salah pasang meta ?

    BalasHapus
  14. curiga ini yg dilakukan exchangelink jg nih...xixixixi
    prikitiw!!!

    BalasHapus
  15. @rizky
    masalahnya bukan pad resrrictednya :)
    mungkin kamu lakuin hal lain
    soalnya angka restricted tentu sudah ada sejak dulu

    BalasHapus
  16. Mw nanya nih mas.... jadi intinya gak apa2 kan Restricted Robots.txt karna punya ane juga banyak .... pengaruh gak tuh sama index kita digoogle....

    BalasHapus
  17. O jd gitu y mas doy.. jadi tau banyak nich.. makasih ilmu-nya mas ^_^

    BalasHapus
  18. oh ternyta gak apa2 toh mas, baru tahu nih...

    BalasHapus
  19. terima kasih mas,
    sekarang saya jadi lebih tahu mengenai Restricted by Robots.txt

    BalasHapus
  20. maka dari itu label mw saya ganti mas.. ntr ganti cara aja...blm luncur tapi...hehehe. n older atw newer post sudah tidak ada...

    tapi tenang aja.. g masalah itu...

    BalasHapus
  21. wah saya sempat kebingungan kok angkanya membengkak mas... thanks atas ilmunya... visit juga ke blog saya ya ?

    BalasHapus
  22. KAng, kalo kita mau bikin 1 domain dengan 5 domain, untuk pengaturan robots.txtnya gmana???

    BalasHapus
  23. Pilih Konfigurasi Situs lalu klik Akses Perayap habis step ini diapain lagi mas doyok? ngegantung ni,, ku mohon banget ni pencerahannya,, seoalnya uda meta tag n site mapnya uda oke banget tapi di google lum kedetek,, soalnya saya selalu ngelink menu navigasi dengan label,, mendesak mas,, please

    BalasHapus
  24. ga bisa di edit tau mas Test robots.txt nya,, terus solusinya gemana ni,, sy uda ngikutin labelnya dibikin nofollow eh masih aja lum kedetek google,, buat meta blog sy bisa mas cek sendiri pake meta tag analizer,, sy uda pusing mas,, hee

    BalasHapus
  25. wah, bermanfaat sekali infonya..
    sering2 maen kesini ah..

    BalasHapus
  26. Keuntungan dan kerugian ketika Url dibatasi Robot apa ya mas doyok???

    BalasHapus
  27. Terim kasih atas penjelasannya. Tapi kalau memang masalah yang disebutkan di atas disebabkan oleh penggunaan label untuk artikel/posting yang ada, bagaimana dengan blog mas ini. Di sidebar mas kan terdapat banyak katagor. Dan apakah semua artikel yang berada pada satu label tidak akan terlihat di hasil pencarian Google ?

    Bagaimana dengan masalah kueri penelusuran? Pada kueri penelusuran saya melihat sebuah yang posisi rata-ratanya 1,0. Saya mencari dengan katakunci yang ada tetapi kenapa tidak hasilnya tidak terlihat?

    Sebenarnya masih banyak pertanyaan yang ingin saya ketahui jawabannya tapi untuk saat ini saya cukupkan segini pertanyaan saya sama mas, Entar saya cari di situs lain lagi dah.

    Thanks

    BalasHapus
  28. Huuhhh!! Jadi tenang sekarang :D

    BalasHapus
  29. Terimakasih informasinya ini Mas. Artikel ini sangat membantu.

    Sukses selalu

    BalasHapus
  30. Mas, baru kemarin saya menggunakan robot.txt namun sepertinya berefek bagi pencarian search engine, biasanya saya posting 3 menit sudah terindex, namun setelah pakai robot.txt menjadi setengah hari

    BalasHapus
  31. iya..blog saya banyak sekali dapat seperti ini, padahal seperti anda katakan, saya tidak melakukan apapun.. Apakah masalah seperti ini mengganggu dalam SEO?? makasih ^_^

    BalasHapus
  32. @300659481930629551.0
    mas pada dasaranya restricted tidak masalah
    :D jadi gak masalah mas utk blogger

    BalasHapus
  33. @1372038974117484828.0
    seperti artikel di atas mas dan yg dapet dari para master, semua sepakat tidak masalah

    BalasHapus
  34. semoga tidak menjadi masalah yang begitu mengganggu blog saya .....thx artikelnya

    BalasHapus
  35. thanks infonya gan,,kebetulan lg cari nih

    BalasHapus
  36. Thanks bro..pendek kata jangan pening pikir pasal bende ni...biarkan sahaja...

    BalasHapus
  37. nah, ,sampai disitu saya paham, yang pas didalamnya lagi baru tak paham :(

    BalasHapus
  38. apakah google akan menolak pendaftaran blog ketika ada skrip meta deskripsi yang telah ms doyok ajarkan di blog ini?

    BalasHapus
  39. wah...

    Terima kasih gan informasinya...

    Akhirnya saya jadi tahu

    BalasHapus
  40. wah.. mantap gan infonya, jadi tambah pengetahuannya :D

    BalasHapus
  41. keren gan....
    various-gadgets.blogspot.com

    BalasHapus
  42. mantap mas, saya baru tw tentang Restricted by Robots.txt, ternyata blog sya tidak erlalu banyak. Alhamdulillah

    BalasHapus
  43. wah mantap penjelasannya gan, lengkap sekali tuh

    BalasHapus
  44. mas doyok , idem dengan diatas,saya tidak melakukan apa apa tapi kenapa banyak yang dibatasi robot txt, kalau tidak masalah kenapa ketika masuk webmaster tool di katakan blog ane punya masaalah kesehatan yang di sebabkan halaman di batasi robot txt

    BalasHapus
  45. lantas gimana ya supaya tidak dibatasi robot txt? kan rugi ada link yang tidak keindex...

    BalasHapus
  46. lega juga akhirnya setelah ngbaca postingan mas doyok, terimakasih banyak yah

    BalasHapus
  47. ooalaah gitu to... saya sampe kaget liatnya karena yang di blok kok banyak, tp memang label yang saya pakai untuk blog banyak.. Makasih Infinya ya Mas (Y)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer